6 Tips Buka Usaha Jasa Pengiriman dari Nol (+ Bisa Gabung Menjadi Agen)

Ifan Prasya 09 Agu 2021 4 Menit 0

Kalau kita mencari-cari tips buka usaha jasa pengiriman dari nol, mungkin akan butuh waktu yang lama. Mengingat pendirian usaha juga tergolong memakan waktu dan proses administrasinya pun rumit.

Karena itu, alih-alih langsung memberikan langkah demi langkahnya, kami akan suguhkan tips-tips yang bisa dipraktikkan langsung. Dalam tulisan ini, kami sudah merangkum beberapa hal:

  • Langkah-langkah untuk membuka bisnis jasa kurir,
  • Tips dan trik mendaftar menjadi agen ekspedisi.

Namun sebelum itu, ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar tidak ketinggalan update sewaktu post ini diperbarui. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Cara & Tips Buka Usaha Jasa Pengiriman

Ada baiknya kita memperhatikan hal-hal penting sebelum membuka usaha jasa pengiriman. Dalam hal ini, tidak lain dan tidak bukan adalah membuat bisnis plan untuk mematangkan usaha ke depannya.

Termasuk juga menyusun analisis SWOT untuk mengetahui kelebihan, kekurangan, peluang hingga tantangan yang akan dihadapi. Lalu, apa sajakah itu? Berikut penjelasannya yang lebih rinci.

1. Target Pasar

Kita tentu harus mengetahui siapa yang akan menjadi konsumen dari usaha yang akan dijalankan. Apa saja kendala yang mereka hadapi sehari-hari, dan apa sebenarnya tujuan mereka dalam jangka pendek maupun panjang.

Dengan mengenali mereka itu siapa, tinggal di mana, berapa usianya, apa hobinya, dan sejenisnya; maka kita akan semakin kenal dengan calon pelanggan yang disasar. Hal ini merupakan sebuah kewajiban bagi setiap pengusaha.

Jam kerja kurir j&t express

(c) indocargotimes. Com

Mengenal siapa calon pelanggannya. Caranya? Cukup dengan survei dan tanya-tanya kepada target pasar. Menentukannya bagaimana? Ya, dengan menjawab pertanyaan: siapa yang menggunakan jasa pengiriman?

Lalu, dilanjutkan dengan pertanyaan-pertanyaan seperti:

  • Apa tujuan mereka pakai jasa pengiriman?
  • Apa kendala saat memakai jasa pengiriman?
  • Seperti apa profil mereka?

Dengan begitu, kita akan mendapatkan data yang lebih rinci. Untuk kevalidannya, kita perlu terjun langsung untuk tanya kepada mereka yang sesuai dengan target pasar kita.

2. Spesialisasi

Mengingat persaingan sudah semakin ketat, maka kita perlu mengandalkan sektor yang masih realistis untuk diraih. Yakni sektor yang lebih spesifik.

Prosedur ekspor barang ke luar negeri

Flowchart prosedur kegiatan ekspor

Contoh:

  • Jasa pengiriman khusus barang furniture
  • Jasa pengiriman khusus ke luar negeri
  • Jasa pengiriman khusus paket Shopee

Dan ide-ide lainnya. Untuk mengetahui hal ini secara lebih detail, maka kita memerlukan riset yang lebih detail juga. Lagi-lagi, tanyakan apa kebutuhan yang paling besar dari target pasar kita tadi.

3. Modal Usaha

Yaps, bisnis jasa pengiriman bukanlah bisnis yang biasa-biasa saja. Melainkan, butuh perencanaan matang dan juga modal usaha yang mapan. Karena banyak sekali kebutuhan usaha yang wajib dicukupi.

Pinjaman modal dari bank

Pinjaman modal usaha (c) bca. Co. Id

Modal usaha ini akan dibutuhkan untuk menutup biaya-biaya yang ada di bisnis jasa pengiriman. Meliputi:

  • Biaya sewa ruko
  • Biaya operasional
  • Biaya transportasi
  • Gaji kurir & karyawan kantor
  • dan masih banyak lagi

Kalau kamu ingin tau lebih detail mengenai modal usaha, kami sudah menuliskan tips triknya di postingan yang berbeda. Kamu bisa membacanya di sini:

4. Lokasi Usaha

Tips berikutnya adalah menentukan lokasi usaha yang strategis dan menjadi pusat perhatian bagi calon pelanggan. Tahap pertama tadi, kita singgung tentang target pasar. Nah, saat menanyakan profil, tanyakan juga tempat tinggal mereka.

Dari situ, akan terlihat demografi yang dimiliki oleh target konsumen. Bagaimana mereka menjalani rutinitas sehari-hari, jalan mana yang sering dilalui, dan pada akhirnya memutuskan untuk sewa ruko di lokasi yang strategis.

Halaman Selanjutnya
...

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Ifan Prasya
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com