Fokus ke GoTo, William Tanu Wijaya Resmi Mundur sebagai CEO Tokopedia

Anisa 10 Feb 2023 2 Menit 0

ADVERTISEMENT

Setelah 15 tahun menjabat dan mengurus platform belanja online yang dibangunnya, William Tanuwijaya akhirnya resmi merelakan jabatannya sebagai CEO (Chief Executive Officer) Tokopedia dan akan memfokuskan diri pada GoTo.

Keptusan tersebut diambil lantaran William ingin mengurus serta mengabdikan diri di PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk agar perusahaan terus tumbuh dan mempertahankan eksistensinya dalam dunia bisnis.

Lewat sebuah pengumuman Resmi, William menyatakan jika dirinya akan terus berusaha menjalankan tanggung jawab sebagai Co-Chairman bersama dengan partner-nya yakni Garibaldi Thohir sebagai bagian dari Dewan Komisaris GoTo. William juga mengisyaratkan kalau dirinya akan terus memberikan dukungannya pada manajemen GoTo dalam menerapkan berbagai strategi bisnis di masa depan.

Tentu saja hal ini mendapat tanggapan serta apresiasi yang positif oleh Andre Soelistyo selaku Direktur Utama GoTo.

Sebagai e-Commerce kedua yang menjadi rumah bagi banyak online shop, tidak dipungkiri jika Tokopediamampu memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi berbasis digital di Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya berharap jika keberadaan William nantinya dapat membawa GoTo menjadi perusahaan yang lebih terbuka di sektor bisnis.

Andre Soelistyo mengaku bahwa dirinya sudah tidak sabar ingin segera melihat dan menjadi saksi atas ide-ide cemerlang yang akan diimplementasikan oleh pria lulusan Universitas Bina Nusantara dan Harvard Kennedy School tersebut.

Selain William yang ditunjuk sebagai Co-Chairman di GoTo Group, manajemen perusahaan juga telah mengajukan empat kandidat yang bakal menduduki kursi Komisaris baru. Sebut saja, Patrick Sugito Walujo (Co-Founder dan Managing Partner Northstar Group); Agus D.W. Martowadjojo (Gubernur Bank Indonesia tahun 2013-2018); Winato Kartono (Founding Partner Provident); dan Marjorie Lao (anggota direksi Logitech).

Perubahan atau pementukan jajaran kepemimpinan ini, menurut informasi yang beredar akan dilaksanakan pada 2 Maret 2023 mendatang melalui RUPSLB (Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa).

Dalam RUPSLB mendatang, seluruh petinggi dan jajaran GoTo Group akan membahas mengenai sejumlah agenda khusus tentang penunjukkan dan pengukuhan seluruh bagian di Dewan Komisaris, Komisaris Independen Baru, serta Direksi yang dipilih.

Sementara itu, usai mundurnya William Tanuwijaya, CEO Tokopedia nantinya akan ditempati oleh Chief Human Resources Officer atau Direktur grup GoTo serta Chief Operating Officer Tokopedia, yakni Melissa Siska Juminto.

Melissa akan memegang peranan sebagai CEO Tokopedia setelah sebelumnya menduduki jabatan sebagai Accounting and Finance Lead serta Vice President of Business Tokopedia.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Referensi:

  • William Tanuwijaya Lepas Jabatan CEO Tokopedia – https://tekno.kompas.com/read/2023/02/10/07340037/william-tanuwijaya-lepas-jabatan-ceo-tokopedia
  • 15 Tahun Sukses Bangun Tokopedia, William Kini Fokus ke GoTo – https://www.cnbcindonesia.com/market/20230209145552-17-412478/15-tahun-sukses-bangun-tokopedia-william-kini-fokus-ke-goto
  • 15 Tahun Bangun Tokopedia, William Tanuwijaya Bakal Duduk Bareng Boy Thohir di Kursi Komisaris GOTO – https://www.liputan6.com/saham/read/5202856/15-tahun-bangun-tokopedia-william-tanuwijaya-bakal-duduk-bareng-boy-thohir-di-kursi-komisaris-goto
Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *