Cara Membuat Frozen Food Tahan Lama, Ini Dia Teknik Jaga Kualitas & Rasa

Hanif 12 Feb 2023 4 Menit 0

ADVERTISEMENT

Bagi yang memulai usaha makanan beku, cara membuat frozen food tahan lama harus diketahui. Dengan teknik ini, kualitas dan rasa bisa terjaga untuk memuaskan pelanggan.

Frozen food adalah solusi praktis untuk memenuhi kebutuhan makan instan saat kita tidak memiliki waktu atau bahan baku yang fresh. Oleh karena itu, bisnis makanan ini cukup banyak diminati untuk menyasar keluarga modern.

Namun, jika tidak dikelola dengan benar, maka frozen food bisa saja rusak dan kehilangan kualitas dan rasanya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara membuat frozen food tahan lama agar dapat memenuhi kebutuhan makan sehat dan lezat setiap saat.

ADVERTISEMENT

1. Pastikan Kondisi Bersih dan Segar

Mempersiapkan kondisi makanan yang akan dibekukan adalah hal yang sangat penting untuk memastikan bahwa frozen food tetap berkualitas dan tahan lama.

Hal yang perlu dilakukan adalah membersihkan bahan baku. Pastikan bahwa bahan baku yang akan dibekukan sudah dalam keadaan bersih dan bebas dari kotoran. Terutama untuk frozen food yang berupa makanan segar, seperti buah dan sayuran.

Namun jika mencuci dengan air, pastikan juga makanan dikeringkan terlebih dahulu. Jika ada air di dalamnya, dikhawatirkan akan banyak bunga es di dalam packaging yang akan mengurangi kualitas makanan frozen food.

Kemudian, pastikan bahan baku dikeringkan dengan benar sebelum dibekukan. Dengan memastikan bahwa kondisi makanan yang akan dibekukan dalam keadaan bersih dan segar, frozen food jadi lebih tahan lama.

ADVERTISEMENT

2. Packing Rapat Kedap Udara

Packing yang kedap udara sangat penting untuk membungkus frozen food karena mempengaruhi kualitas dan daya tahan makanan tersebut. Ini berlaku untuk semua jenis makanan frozen food.

Dengan packing yang kedap udara, kelembaban makanan bisa terjaga, sehingga mencegah proses pembusukan dan memperpanjang daya tahan makanan.

Efek lainnya, packing yang kedap udara akan memastikan bahwa makanan tidak terkontaminasi oleh bakteri. Sehingga kualitas makanan tetap sama seperti saat pertama dibekukan.

Kamu bisa menggunakan packaging dengan plastik klip ataupun dengan menggunakan alat mesin heat sealing press untuk membuat kemasan kedap udara dengan cepat dan profesional.

Cara membuat frozen food tahan lama - kemasan packaging vacuum

ADVERTISEMENT

3. Vacuum Kemasan

Selain packing yang kedap, sebagai pengusaha frozen food kamu bisa mengambil langkah lebih untuk membuat frozen food lebih tahan lama.

Meski begitu, tidak semua makanan frozen food cocok untuk divacuum, ya. Misalnya risoles, nugget dan makanan lain yang akan rusak jika divacuum tentunya kurang cocok jika ditreatment dengan vacuum.

Alternatifnya, bisa divacuum tetapi tidak hingga benar-banar vacuum. Bisa juga menggunakan packaging plastik mika kotak untuk menjaga bentuk makanan tidak berubah.

Tetapi untuk frozen food seperti bakso, dimsum, sosis, bandung, dan makanan lain yang tidak rusak ketika difrozen, melakukan treatment ini bisa membuat peluang bisnis makanan ini makin sukses.

Vacuum adalah teknik membuang udara dari dalam suatu wadah atau bahan pembungkus sehingga menciptakan tekanan negatif. Aplikasi teknik ini pada proses pembungkusan frozen food sangat penting karena memiliki beberapa keuntungan dalam menjaga kualitas dan daya tahan makanan tersebut.

Vacuum membantu mempertahankan aroma, rasa, dan tekstur makanan, sehingga memastikan bahwa kualitas makanan tetap sama seperti saat pertama dibekukan.

Cara vacuum yang sederhana, seperti memasukkan ke dalam air memakan waktu yang lama dan memungkinkan kontaminasi. Kamu bisa menggunakan alat vacuum dan packing khusus agar produk frozen food bisa disimpan dalam keadaan vacuum dengan baik.

ADVERTISEMENT

4. Gunakan suhu Optimal

Suhu yang optimal untuk menyimpan frozen food adalah 0°F (-18°C) atau di bawah titik beku. Ini memastikan bahwa makanan tetap beku dan tidak mengalami proses pembusukan.

Bakteri dapat berkembang dan menyebar dalam suhu yang hangat, sehingga mempercepat proses pembusukan dan mempengaruhi kualitas makanan.

Sedangkan suhu yang terlalu rendah dapat mempengaruhi tekstur dan rasa makanan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa freezer memiliki suhu yang stabil dan konstan di kisaran 0°F (-18°C) atau di bawah titik beku.

Informasi mengenai suhu optimal untuk menyimpan frozen food bisa didapati dari USDA (United States Department of Agriculture) dan FDA (Food and Drug Administration)

Cara membuat frozen food tahan lama - freezer chiller

ADVERTISEMENT

5. Perhatikan Kapasitas Freezer

Perlu memperhatikan kapasitas freezer untuk menyimpan frozen food karena hal ini berpengaruh pada kualitas dan keamanan makanan.

Jika kapasitas freezer tidak sesuai dengan jumlah frozen food yang akan disimpan, suhu dalam freezer akan terpengaruh.

Selain daya pendinginan yang kurang maksimal, peletakan isi freezer/chiller yang terlalu rapat bisa menghambat sirkulasi di dalamnya. Akhirnya, suhu di dalamnya tidak rata.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *