Advertisement

Cara Mulai Bisnis Makanan Pre Order Online Agar Laris [+Ide Jualan]

Diterbitkan pada
01 April 2022
Waktu membaca
4 Menit

Istilah pre order sering kita dengar dalam online shop. Namun, selain merambah ke dunia online shop kini bisnis makanan pre order online juga banyak bermunculan.

Sistem pre order atau “PO” memang tidak mudah untuk menarik pembeli. Nah, bagi kamu yang ingin berjualan online dengan sistem PO wajib simak pembahasan ini sampai selesai, ya.

Kami akan memberikan beberapa tips dan cara jualan makanan pre order online supaya laris manis. Selain itu, ada banyak ide makanan yang cocok dengan sistem PO.

Tanpa lama-lama lagi, yuk simak berikut ini!

Seperti Apa Sistem Pre-Order?

Sistem Pre Order merupakan sistem pembelian dengan cara pembeli memesan sekaligus membayar produk yang diinginkan di awal. Kemudian barang baru akan diterima sesuai jangka waktu yang telah ditentukan.

Banyak para penjual yang menggunakan sistem pre order untuk bisnis makanan karena modal yang diperlukan kecil. Selain itu, keuntungan pre order online bagi pembeli yaitu interaksi terbatas, waktu tunggu yang lebih singkat karena sudah memesan di awal daripada pembeli yang tidak menggunakan sistem PO.

Tata cara pre-order ini mengharuskan pembeli membayar setengahnya di awal, ada juga yang harus membayar full, dan ada juga yang tidak perlu membayar. Syarat dan ketentuan dari sistem pre order ini tergantung dari penjual.

Untuk bisnis makanan online, sistem pre order ini biasanya membuka slot pembelian dengan jumlah stok yang terbatas. Jika slot telah penuh dan pembeli sudah transfer, maka sistem PO akan ditutup.

Tentu saja dengan sistem pre order, penjual tidak perlu kebingungan barang dagangan tidak terjual. Hanya tinggal membuatkan makanan sesuai jumlah slot yang telah dipesan pembeli.

Apa Keuntungan Bisnis Pre Order Online?

Dengan sistem pre order atau pesanan terjadwal akan membantu menarik pelanggan. Selain itu, ada beberapa keuntungan bagi pelaku bisnis pre order online, antara lain :

  • Modal kecil, karena bisa dikerjakan dirumah.
  • Menghemat waktu jadi lebih efisien, efektif, dan produktif.
  • Kerugian kecil, karena membuat pesanan sudah sesuai slot.
  • Bisa dijadikan strategi marketing dan survei kepuasan pelanggan.
  • Bisa promosi dengan online.

Nah, itu tadi beberapa keuntungannya. Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi dan ide makanan yang cocok untuk jualan pre-order. Langsung saja simak part di bawah, lets go!

Ide Makanan yang Cocok Untuk Pre-Order

Ide Makanan yang Cocok Untuk Pre-Order

Usaha makanan pre order ini bisa dijadikanpeluang usaha bisnis sampingan yang menjanjikan. Kalau kamu masih mahasiswa dan butuh uang tambahan untuk jajan, cocok banget nih buat kamu!

Gak usah bingung mau buat bisnis makanan apa yang cocok dengan sistem pre-order, dibawah ini sudah kami berikan 6 ide makanan untuk pre-order.

Langsung saja simak dibawah ini. Check it out..

1. Dessert Box

Ide yang cocok untuk bisnis makanan pre order yang pertama yaitu dessert box. Saat ini makanan dessert box sedang trend di kalangan anak muda.

Rasa yang manis dan lembut menjadikan makanan ini banyak diburu orang. Ada beberapa varian rasa dessert box yang laris di pasaran yaitu coklat oreo, cheese, tiramisu, dan red velvet.

2. Menu Makan Siang/ Rice Bowl

Menu makan siang seperti rice bowl ataupun makanan cepat saji menjadi andalan untuk para pekerja karyawan yang tidak sempat memasak. Maka dari itu, hal ini bisa dijadikan peluang usaha bisnis online yang menjanjikan.

Kamu bisa memberikan list menu dan lauk pauk makanan apa saja yang bisa dipesan. Misalnya seperti ayam goreng, lele, ikan, dan lainnya.

3. Sambal

Ide selanjutnya yaitu sambal. Sudah pasti sambal adalah menu pendamping makanan yang menjadi favorit orang Indonesia. Kamu bisa membuat berbagai macam rasa sambal. Misalnya seperti sambal cumi, sambal bawang, sambal teri, sambal terasi dan lainnya.

Untuk pengemasan bisa dikemas dalam botol kaca atau botol plastik kecil. Pastikan rasa sambal yang kamu buat begitu pedas, ya. Supaya para pelanggan akan ketagihan dan ingin membelinya lagi.

4. Kue Kering

Kue kering merupakanide jualan makanan menyambut ramadhan yang cocok dengan sistem pre order. Misalnya seperti nastar, cookies, kastengel, putri salju, dan lainnya.

Pesanan kue kering pasti akan membludak pada saat perayaan hari-hari tertentu. Maka dari itu, dengan sistem pre-order akan sangat membantu pelayanan lebih efektif dan efisien.

5. Salad Buah

Ide yang terakhir adalah salad buah. Selain menyehatkan, salad buah menjadi cemilan favorit semua kalangan. Rasanya yang segar, masam dan manis menjadikan makanan ini diburu semua orang.

Apalagi membuatnya juga gampang. Hanya cukup menyiapkan aneka buah segar dan dicampur dengan yogurt dan mayonaise yang nikmat. Jika sudah jadi, cukup menyimpannya di kulkas dan siap untuk dijual.

Cara Jualan Makanan Pre Order Online

Diatas kita sudah mengetahui bagaimana tata cara sistem pre order, keuntungan, hingga ide bisnis makanan yang cocok untuk pre-order. Lalu, gimana sih cara memulai bisnis makanan pre order online supaya bisa laku keras?

Nah, kami akan membantu kamu memberikan tips dan cara jualan makanan pre order hingga contoh pemasaran secara pre order. Langsung saja simak langkah-langkah berikut :

  1. Siapkan modal yang cukup untuk pembelian bahan dan transportasi pengiriman makanan PO.
  2. Tentukan menu yang banyak trend/disukai orang dan pastikan kamu bisa membuatnya dengan enak.
  3. Pastikan peralatan dan bahan untuk memasak sudah memadai.
  4. Tentukan harga yang mampu bersaing dengan kompetitor.
  5. Buat produk yang unik dan kembangkan inovasi sesuai kreatifitasmu, supaya bisa bersaing dengan bisnis serupa.
  6. Buat jadwal pre-order setiap akhir bulan atau awal bulan.
  7. Manfaatkan sosial media seperti Facebook, Instagram, WhatsApp untuk mempromosikan produk makanan PO kamu.
  8. Buat promosi dengan copywriting yang menarik konsumen.
  9. Buat alur pemesanan yang jelas dan detail.
  10. Tentukan jumlah pesanan/slot makanan untuk PO.
  11. Catat pesanan yang masuk apa saja.
  12. Proses pesanan yang masuk.
  13. Kirimkan semua pesanan ke pembeli yang memesan.
  14. Selesai!

Gimana? cukup mudah kan cara memulai bisnis makanan pre order online? Yuk, mulai dari sekarang dengan cara yang sudah disebutkan diatas. Goodluck!

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai bisnis makanan pre order online, semoga bisa bermanfaat ya! Jangan lupa untuk share postingan ini ke teman, kerabat, dan keluarga yang membutuhkan informasi diatas.

Jika masih ada pertanyaan, bisa diskusikan dengan kami di kolom komentar dibawah. Sampai jumpa di artikel menarik kami lainnya, See you 🙂

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *