Advertisement

Live Shopping Shopee, Instagram & TikTok Jadi Cara Baru Belanja Online

Diterbitkan pada
01 April 2022
Waktu membaca
4 Menit

Kini cara belanja online makin bervariasi. Live shopping jadi cara baru belanja online selain melalui platform e-commerce maupun online shop. Tentu saja, cara baru ini memberikan pengalaman belanja yang unik.

Live Shopping dilakukan dengan memulai siaran langsung atau sering disebut dengan live streaming. Jadi penjual dan pembeli bisa berinteraksi secara langsung layaknya video call. Namun, pembeli hanya bisa berkomunikasi melalui kolom komentar yang disediakan.

Bagi kamu yang belum tahu apa itu live shopping, apa saja keuntungannya, dan bagaimana cara memulai live streaming, langsung saja simak dibawah ini. Stay tuned!

Apa itu Live Shopping?

Sudah tahu apa itu live shopping?

Live Shopping adalah kegiatan penjual melakukan siaran langsung mengenai produk yang akan dijual. Kemudian, konsumen bisa berinteraksi dalam live shopping tersebut melalui kolom chatting.

Jadi, komunikasi antara penjual dan pembeli bisa dilakukan saat siaran langsung dimulai. Biasanya penjual akan mereview satu per satu barang yang dijual dan pembeli bisa bertanya mengenai bahan, harga, dan informasi produk lainnya.

Saat berlangsungnya live shopping, penjual akan memberikan jadwal mulai hingga berhenti siaran langsung. Jadi, interaksi jual beli di live shopping ini berlangsung dengan singkat.

Di platform tertentu, penjual juga bisa menyimpan video live shopping yang sudah dilakukan. Ada beberapa platform yang mendukung fitur live shopping.

Penasaran apa saja? Yuk lihat part selanjutnya dibawah ini!

Live Shopping di Instagram, Shopee, dan TikTok

Ada beberapa platform yang mendukung layanan live shopping atau live streaming yaitu Shopee, Instagram, dan TikTok. Shopee memang merupakan e-commerce untuk belanja online, berbeda dengan Tiktok dan Instagram yang awalnya hanya sebuah media sosial.

Namun, TikTok dan Instagram tidak mau kalah dengan e-commerce besar seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Kini kedua media sosial tersebut sudah berisi paket lengkap. Bisa untuk sekedar bermain di media sosial bahkan sekaligus belanja online.

Fitur di media sosial tersebut adalah Instagram Shopping dan TikTok Shop. Lalu apa bedanya live shopping dengan belanja online melalui platform biasa?

Nah, biasanya kalau kita gabung menonton, pembeli akan mendapatkan hadiah dan diskon khusus. Biasanya berupa voucher gratis ongkir maupun diskon produk besar-besaran.

Selain itu, para pembeli juga bisa melihat dengan real produk tersebut. Karena biasanya foto produk banyak yang tidak sesuai dengan aslinya. Apalagi kecenderungan masyarakat Indonesia lebih suka konten video daripada hanya foto.

Maka dari itu, ini merupakan peluang usaha bisnis online yang menjanjikan untuk menarik para konsumen. Adapun keuntungan lain jika kamu menggunakan live shopping untuk bisnis yang akan kami bahas di part selanjutnya. Stay tuned!

Keuntungan Menggunakan Live Shopping Untuk Bisnis

Perilaku belanja online masyarakat kini berubah-ubah dan susah ditebak. Sebagai pelaku bisnis, harus pintar dan mencari celah agar bisnis online bisa meningkat.

Adanya fitur terbaru live shopping di beberapa platform seperti Shopee, TikTok, dan Instagram tentu saja menjadi peluang besar untuk meningkatkan penjualan bisnis. Selain itu, ada beberapa keuntungan lain jika pelaku bisnis online menggunakan live shopping, diantaranya :

  • Membangun brand awareness.
  • Meningkatkan followers dan menjangkau user yang lebih luas.
  • Memberikan konten terbaru dan lebih natural.
  • Menarik perhatian calon pembeli.
  • Menghubungkan brand dengan penonton secara langsung.
  • Membangun engagement secara langsung.
  • Bisa menjadi strategi marketing dan bisa menjadi pengalaman baru.
  • Bisa untuk riset dan survei kepuasan pembeli pada produk yang dijual.
  • Produk cepat terjual dan tentu saja meningkatkan keuntungan.

Nah, supaya live shopping kamu berjalan dengan optimal. Kamu bisa memanfaatkan para influencer yang sedang naik daun untuk melakukan live streaming di toko milikmu.

Mengapa hal ini perlu? Karena dengan adanya influencer tentu akan menambah kepercayaan dan ketertarikan penonton untuk membeli produk tersebut.

Maka dari itu, kamu harus pintar-pintar memilih influencer yang relevan dengan produk yang sedang kamu jual. Pastikan influencer tersebut bisa membangun brand awareness yang baik untuk tokomu.

Cara Memulai Live Streaming Shopping

Lalu bagaimana cara memulai live shopping yang baik dan benar? Jangan khawatir, bagi kamu yang jualan di Shopee, Instagram Shopping maupun TikTok Shop sudah kami akan berikan caranya dibawah ini. Yuk, simak berikut ini!

1. Peralatan Live Streaming

Langkah pertama yaitu menyiapkan peralatan untuk live shopping. Adapun beberapa alat-alat yang perlu disiapkan antara lain :

  • Smartphone dengan baterai yang full dan koneksi internet lancar/stabil.
  • Gunakan tripod untuk menyesuaikan posisi kamera dengan lebih fleksibel.
  • Gunakan mikrofon supaya suara terdengar dengan jelas.
  • Background yang menarik, atau bisa dengan background polos saja.
  • Gunakan ring light supaya pencahayaan bagus dan terlihat jelas.
  • Koneksi internet minimal 4 mb/detik.

2. Lakukan Dengan Rutin

Supaya brand awareness tokomu meningkat, kamu harus konsisten dalam melakukan live streaming. Adapun beberapa tipsnya berikut ini:

  • Lakukan live streaming 1-2 kali dalam 1 minggu.
  • Produk yang ditawarkan konsisten supaya mudah diingat oleh penonton.
  • Ramah dan selalu berinteraksi dengan penonton.
  • Buat judul dengan copywriting yang menarik. Misalnya dengan kata-kata “Obral, Diskon, Promo” dan lainnya.
  • Pastikan produk dan wajah sudah pas tampil seluruhnya di depan kamera dan tidak ada yang terpotong.

3. Berkomunikasi Dengan Penonton

Pada saat melakukan live shopping, jangan lupa berinteraksi juga dengan penonton. Jangan terlalu tegang dalam berkomunikasi dengan penonton, ya. Supaya penonton betah dan nyaman, kamu bisa berkomunikasi dengan santai.

Tipsnya, sapalah penonton sesekali saat melakukan live streaming. Kamu juga harus aktif menjawab komentar di live chat yang diajukan oleh penonton. Misalnya pertanyaan seputar harga barang, nama barang, bahan, dan lainnya.

Sesekali masukkan candaan yang menghibur para penonton. Pasti live streaming kamu akan sangat dinanti-nantikan oleh para penonton.

4. Promosi di Media Sosial

Cara promosi di media sosial sangat mudah dan simpel. Selain itu, promosi melalui media sosial terbukti efektif menjangkau pengguna yang lebih luas.

Selain berinteraksi dengan penonton, kamu juga harus mempromosikan di media sosial. Sebelum live shopping dimulai, bisa di diinformasikan di kanal media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan lainnya.

Berikan informasi yang detail mengenai jam tayang, produk apa saja yang akan dijual, hingga promo yang bisa menarik pembeli. Sehingga waktu live streaming, sudah banyak penonton yang menunggu dan antusias untuk bergabung.

Penutup

Gimana? Sangat menarik kan? Demikian pembahasan mengenai live shopping cara baru belanja online. Semoga bisa bermanfaat, ya!

Ohya, jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar dibawah. Kamu juga bisa bagikan postingan di atas dengan ke teman, kerabat, dan keluarga yang membutuhkan informasi ini.

Mungkin sampai disini dulu, ya. Terimakasih sudah membaca, see you 🙂

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *