Advertisement

Peluang Usaha Bisnis Jualan Baju Anak [+Tips & Analisa Modal]

Diterbitkan pada
05 April 2022
Waktu membaca
5 Menit

Menjelang lebaran banyak sekali peluang bisnis yang bisa dijadikan cuan. Seperti bisnis jualan kue lebaran, jualan takjil ramadhan, jualan sahur dan lainnya. Di industri fashion, peluang usaha bisnis jualan baju anak pada momentum lebaran juga tidak kalah menariknya.

Sebenarnya bisnis fashion baju anak ini tidak hanya cocok saat lebaran tiba saja. Namun, pada bulan-bulan biasa ternyata cukup banyak peminatnya.

Seperti yang kita tahu, baju merupakan kebutuhan pokok. Maka dari itu, jualan baju merupakan salah satu ide yang prospek dan menjanjikan.

Lalu, bagaimana peluang bisnis jualan baju anak saat ini? dan bagaimana cara memulai jualan baju supaya laris manis? Tenang, kami sudah berikan tipsnya melalui tulisan dibawah ini.

Selain itu juga sudah kami sajikan rincian biaya modal dan keuntungan yang didapatkan dari usaha jualan baju anak. Langsung saja simak berikut, Stay tuned!

Peluang Usaha Bisnis Jualan Baju Anak Untuk Pemula

Kamu seorang pemula yang baru terjun di dunia bisnis? Kalau iya, wajib coba untuk jualan baju anak.

Apakah bisnis jualan baju anak sangat berpeluang besar bisa mendapatkan keuntungan saat ini? Ya, tentu saja!

Ada beberapa faktor mengapa bisnis ini merupakan kesempatan emas bagi pemula yang ingin memulai usaha, antara lain :

  • Banyak orangtua yang gemar membeli baju untuk anaknya daripada untuk pribadi.
  • Anak akan terus mengalami pertumbuhan dan membutuhkan baju yang berbeda seiring perkembangan umurnya.
  • Target pemasaran yang luas dan bisa menjangkau semua kalangan.
  • Usaha baju anak bisa dimulai dengan modal kecil.
  • Tingkat persaingan yang sedikit.
  • Bahan baku produksi sedikit, namun harga jual lebih tinggi dibandingkan baju orang dewasa.

Bisnis jualan baju untuk anak bisa dijadikan salah satu ide usaha yang cocok untuk pemula. Karena peluang-peluang yang disebutkan diatas, dapat dipastikan bisnis baju anak kamu akan laris manis.

Eits, sebelum itu ketahui dulu beberapa tips dan cara menjual baju anak agar laris pada pembahasan selanjutnya. Yuk, langsung saja simak dibawah ini!

Tips & Cara Memulai Usaha Baju Anak Agar Laris

Apakah bisnis pakaian anak menjanjikan? Ya, tentu saja dong!

Tertarik untuk mencoba jualan baju anak? Tenang aja, kami sudah berikan tips dan cara jual baju anak supaya laris manis.

Langsung saja simak poin-poin penting dibawah dengan seksama, ya!

1. Siapkan Modal

Tips yang pertama yaitu menyiapkan modal yang cukup. Modal ini salah satu faktor yang membuat bisnis kamu akan berkembang.

Jika seorang pengusaha kekurangan modal, dapat dipastikan bisnis yang dijalankan akan sulit berkembang. Nah, modal ini nantinya akan digunakan untuk biaya investasi dan biaya untuk membeli produk baju anak.

Ohya, dalam bisnis fashion ini kamu bisa memilih sebagai dropshipper, reseller atau membuat usaha jahit baju anak sendiri . Tentu saja jika dropshipper tidak memerlukan modal yang banyak, lain halnya dengan reseller atau produk sendiri.

2. Jenis Baju Anak

Cara memulai usaha baju anak selanjutnya yaitu dengan menentukan jenis baju apa saja yang akan dijual. Misalnya dari usia anak, jenis pakaian formal, baju tidur, casual dan lainnya.

Supaya menarik pembeli, kamu bisa menyediakan baju anak di semua usia yaitu dari newborn hingga 13 tahun.

3. Cari Supplier/Distributor yang Tepat

Selanjutnya yaitu carilah supplier atau distributor yang tepat. Supplier disini bisa diartikan sebagai pemasok bahan kain atau pemasok produk baju anak yang sudah siap dijual kembali.

Tentu saja tergantung jenis bisnis yang akan kamu rintis nantinya. Nah, lalu bagaimana cara mencari supplier yang tepat?

  • Pilihlah supplier yang mengikuti trend fashion model terkini.
  • Pastikan kamu bisa mengambil keuntungan dari harga yang ditentukan supplier.
  • Pastikan track record supplier baik dan bertanggung jawab.
  • Barang yang diproduksi supplier berkualitas dan harganya bisa besaing.

4. Mengikuti Tren & Up to date

Model fashion setiap tahun bahkan setiap bulan mengalami perubahan tren. Nah, jangan sampai kamu tidak up to date mengenai produk baju anak yang sedang naik daun, ya.

Tentu saja jika barang-barang yang kamu miliki sangat mengikuti tren terkini, pasti akan banyak pembeli yang menjadi langganan. Pastinya para pembeli akan penasaran dan ingin melihat model terbaru di tokomu.

Maka dari itu, mengikuti trend model baju anak terbaru sangat penting dilakukan. Dijamin usaha baju anak kamu akan laris, deh!

5. Tentukan Harga yang Kompetitif

Baju anak memang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan baju orang dewasa. Nah, untuk menentukannya harga jual dari supplier, kamu bisa riset terlebih dahulu di pasaran.

Bisa riset langsung di toko-toko pakaian, atau riset melalui platform media sosial dan e-commerce. Hal tersebut bisa membantu kamu dalam menentukan harga yang wajar dan kompetitif.

Jangan sampai sembarangan mematok harga tinggi, ya. Hal ini justru akan membuat pembeli tidak jadi belanja. Untuk itu, tentukan harga jual dengan melihat kualitas bahan juga.

6. Pilih Tempat Usaha yang Strategis

Bagi kamu yang ingin berjualan secara offline, wajib perhatikan lokasi usaha, ya. Cara memilih lokasi yang bagus untuk memulai wirausaha adalah strategis dan ramai. Selain itu, perhatikan juga akses jalan menuju tempat usaha.

Pastikan tempat usaha yang dipilih mudah dijangkau, dan tersedia tempat parkir untuk pembeli. Sehingga, pembeli akan nyaman saat memilih produk untuk dibeli.

7. Manfaatkan Media Sosial dan E-commerce

Tips yang terakhir yaitu dengan memanfaatkan media sosial sebagai cara promosi produk. Media sosial ini terbukti efektif menjangkau pembeli secara luas.

Kamu bisa mempromosikan produk melalui media sosial Instagram, TikTok, Facebook, maupun WhatsApp. Dengan begitu, tentu akan menghemat biaya pemasaran secara offline.

Selain media sosial, manfaatkanlah e-commerce untuk jualan secara online. E-commerce yang cocok untuk jualan baju anak yaitu Shopee, Tokopedia dan Bukalapak.

Untuk analisa bisnis dan rincian modal usaha yang diperlukan untuk memulai bisnis usaha baju anak, akan kami sampaikan pada part selanjutnya dibawah ini!

Analisa Bisnis & Rincian Modal Usaha Baju Anak

Gimana, apakah tertarik terjun ke bisnis jualan baju anak? Pasti kalian bertanya-tanya berapa sih modal usaha baju anak? dan bagaimana cara mengambil untung dari jualan baju anak?

Tenang, kami sudah berikan analisis bisnis dan rincian modal serta keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Ada beberapa perlengkapan jualan baju anak, modal investasi, biaya variabel (bahan baku), dan total keuntungannya.

Langsung saja simak berikut ini!

1. Modal Investasi

Analisa yang pertama yaitu modal investasi. Rincian modal investasi ini berisi seluruh peralatan apa saja yang digunakan dalam jangka panjang.

Peralatan ini akan digunakan untuk menunjang berjalannya usaha baju anak. Nah, berikut ini rincian peralatan investasi beserta harganya :

Investasi

Harga

Sewa tempat per bulanRp 700.000
EtalaseRp 3.000.000
Hanger PakaianRp 1.000.000
Meja KursiRp 1.000.000
Mesin KasirRp 1.500.000
Peralatan LainRp 1.000.000
Renovasi RuanganRp 1.500.000
Gaji KaryawanRp 1.600.000
KacaRp 1.000.000

Total

Rp 12.300.000

2. Biaya Variabel (Bahan Baku)

Analisis yang kedua yaitu biaya variabel atau bahan baku. Biaya ini berisi rincian pembelian produk baju anak beserta bahan baku lainnya. Berikut ini rincian bahan baku beserta harganya :

Bahan Baku

Harga

Pembelian Pakaian AnakRp 20.000.000
Biaya Listrik dan AirRp 200.000
Telepon dan internetRp 150.000
Biaya lainRp 200.000

Total

Rp 20.550.000

3. Omzet yang Didapatkan

Peluang usaha pakaian anak ini sangat menjanjikan. Hal ini terbukti dengan keuntungan yang didapatkan. Dari rincian analisis diatas, mari kita lihat omzet serta keuntungan bersih yang didapatkan :

Misalkan kita mematok untuk 20% dari total pembelian :

Jadi omzet yang bisa kita dapatkan adalah Rp 20.000.000 x 20% = 25.000.000

Laba bersih Rp 25.000.000 – Rp 20.000.000 = Rp 5.000.000

Jadi keuntungan bersih yang akan kita terima yaitu Rp 5 juta. Wah lumayan juga kan untuk tambahan penghasilan? Yuk praktekkan sekarang juga, ya!

Penutup

Gimana? Tertarik untuk mencoba peluang usaha bisnis jualan baju anak? Yuk, mulai sekarang juga dengan tips yang sudah disampaikan diatas, ya.

Jika masih ada pertanyaan bisa tulis di kolom komentar dibawah. Jangan lupa untuk share postingan ini ke teman, kerabat, dan keluarga yang ingin mencoba memulai usaha jualan baju anak. Semoga bermanfaat!

Ohya, selain di blog pintar jualan kami juga aktif di Instagram yaitu @Pintarjualan.id. Jangan lupa follow dan nyalakan lonceng (🔔) notifikasinya, supaya tidak ketinggalan informasi menarik dari kami.

Sekian dari kami, sampai jumpa di artikel menarik lainnya 🙂

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *