Advertisement

Peluang Usaha Bisnis Jualan Thrift Shop Baju Bekas [+Analisa Modal]

Diterbitkan pada
05 April 2022
Waktu membaca
5 Menit

Peluang usaha bisnis jualan thrift shop baju bekas saat ini sangat menjanjikan. Bisnis thrift shop ini identik dengan jualan baju bekas dari luar negeri.

Namun, sebenarnya ada beberapa barang yang bisa menjadi thrift shop seperti sepatu, buku, jam tangan, tas dan aksesoris lainnya.

Buat kamu pemula yang belum tahu bagaimana cara memulai usaha thrift shop, jangan khawatir kami ada beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk pemasaran thrift shop supaya laris.

Selain itu, kami juga sudah sajikan rincian analisa modal hingga keuntungan yang akan didapatkan dari bisnis ini. Pasti sudah penasaran kan? Eits, sebelum itu jangan lupa klik tombol “Bookmarks”( ⭐) di pojok kanan atas browser supaya tidak kehilangan tulisan ini.

Jika sudah, langsung saja simak dibawah ini. Check it out…

Peluang Usaha Bisnis Jualan Thrift Shop Baju Bekas

Sebelum ke pembahasan inti, tahukah kamu apa itu bisnis thrift shop? Jadi, thrift shop merupakan salah satu bisnis jualan barang-barang bekas layak pakai.

Biasanya thrift shop ini juga berupa barang-barang langka bahkan branded. Mulai dari baju, aksesoris, jam tangan, sepatu, tas, buku, dan lainnya.

Untuk mendapatkan barang ini, para pelaku bisnis biasanya mencarinya di situs-situs atau platform luar negeri. Ya, walaupun thrift shop juga bisa dari dalam negeri tapi biasanya masyarakat Indonesia lebih suka brand/merek dari luar negeri.

Lalu, apakah dengan jualan baju thrift shop akan berpeluang mendapatkan keuntungan yang menjanjikan? Ya, tentu saja! Inilah beberapa faktor mengapa bisnis usaha thrift shop baju bekas sangat prospek :

  • Bisnis ini sangat banyak peminatnya dari kalangan remaja, dewasa, hingga orang tua.
  • Jualan thrift shop baju bekas sedang menjadi trend kekinian di Indonesia.
  • Produk banyak diminati orang karena harganya murah.
  • Walaupun terbilang murah, tapi keuntungan yang didapatkan bisa berkali-kali lipat.
  • Bisa dimulai dengan modal kecil.
  • Banyak platform yang bisa digunakan untuk mencari supplier thrift shop baju bekas.

Nah, dari peluang-peluang di atas apakah masih tergiur untuk terjun menjalani bisnis thrift shop baju bekas? Jika tertarik, bisa lihat tips dan cara memulai usaha thrift shop sekaligus strategi pemasarannya supaya laku keras.

Langsung saja lihat di part selanjutnya, berikut ini!

Tips & Cara Memulai Usaha Thrift Shop Baju Bekas

Kamu masih pemula, dan ingin memulai usaha thrift shop? Tenang, kami ada beberapa strategi pemasaran dan tips untuk membuka usaha thrift shop baju bekas supaya menguntungkan.

Tidak usah berlama-lama lagi, baca tips dibawah ini sampai selesai ya…

1. Lakukan Riset Produk

Untuk membangun niche atau karakteristik toko, bisa melakukan riset produk terlebih dahulu. Misalnya untuk produk baju bekas, riset lah baju bekas yang seperti apa yang akan kamu pasarkan ke pembeli.

Contohnya baju bekas dengan merk branded, baju bekas import luar negeri, atau baju bekas pemakaian pribadi. Selain itu, bisa juga dengan produk yang akan dijual. Bisa satu jenis saja, misalnya hoodie/jaket/sweater saja, atasan wanita saja, kaos dan kemeja pria saja dan lainnya.

Tujuannya supaya toko kamu mempunyai ciri dan karakteristik yang berbeda dari toko baju thrift shop lainnya. Selain itu, bisa menjadi daya tarik pembeli yang suka dengan koleksi baju tertentu.

2. Buat Merek

Tips yang kedua yaitu, buatlah nama merek toko kamu yang singkat, mudah diingat dan unik. Selain itu buatlah logo toko sebagai salah satu identitas supaya toko kamu terlihat profesional.

Jangan sampai membuat merek hanya asal saja. Jika toko kamu nantinya semakin besar dan berkembang, merek ini sangat bermanfaat sebagai salah satu branding perusahaan.

3. Tentukan Target Pasar

Cara memulai usaha thrift shop selanjutnya yaitu dengan menentukan target pasar thrift shop. Hal ini supaya sasaran produk tersebut bisa tepat sasaran.

Target pasar ini harus jelas ya, apakah kamu ingin menarget pasar untuk kalangan menengah kebawah atau menengah keatas. Ini dilakukan sebagai patokan kisaran harga produk yang akan dijual.

Selain itu, umur juga bisa dijadikan target pasaran. Misalnya untuk kalangan umur remaja, dewasa, atau orang tua. Nah, untuk itu kamu juga perlu up to date trend kekinian untuk usia yang akan kamu targetkan.

4. Cari Supplier atau Gunakan Platform Terpercaya

Bagaimana cara mendapatkan barang thrift untuk dijual? Ada beberapa tips untuk mencari supplierthrift shop baju bekas, antara lain :

  • Pilih supplier yang terpercaya dan pastikan track recordnya baik.
  • Menjual dengan sistem paket usaha sehingga mendapat harga lebih murah.
  • Bisa menggunakan platform untuk kulakan seperti Alibaba, EBay, Aliexpress, dan lainnya.
  • Pastikan barang masih layak untuk dijual kembali.

Nah sangat gampang kan untuk mencari supplier, apalagi sekarang banyak platform dari luar negeri yang bisa digunakan untuk kulakan. Jika kamu beruntung, kamu bisa mendapatkan pakaian branded dengan merek ternama.

Jadi, kalau kamu beli paket usaha dalam bentuk ball (karungan) pasti bisa mendapatkan keuntungan yang banyak. Menurut pengalaman saya di bisnis thrift shop ini, jika membeli baju bekas dari luar negeri bisa dijual dengan harga 5x lipat dari harga kulakan.

Halaman Selanjutnya
[baca_juga section="2"]...

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *