Advertisement

Peluang Usaha Bisnis Jualan Pulsa Pemula [+Tips & Analisa Modal]

Diterbitkan pada
06 April 2022
Waktu membaca
5 Menit

Peluang usaha bisnis jualan pulsa menjadi salah satu ide usaha yang cocok untuk pemula dan prospek saat ini. Siapapun bisa memulai bisnis ini baik untuk pemula sekalipun. Karena modalnya sangat minim.

Cocok juga untuk ide usaha sampingan mahasiswa atau pelajar yang butuh uang jajan tambahan. Karena modal yang dibutuhkan sederhana, yaitu hanya handphone saja.

Walaupun begitu, namun ada beberapa rahasia dalam bisnis pulsa supaya bisa laris manis. Untuk itu, akan kami bagikan beberapa tips bisnis pulsa untuk pemula beserta analisa modal dan keuntungan.

Sebelum itu, klik tombol Bookmark ( ⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini, ya. Jika sudah, yuk simak panduan memulai bisnis pulsa untuk pemula berikut ini. Stay tuned!

Peluang Usaha Bisnis Jualan Pulsa Omsetnya Tinggi

Jualan pulsa termasuk jenis usaha yang tidak ada matinya. Karena selalu dibutuhkan orang setiap harinya untuk komunikasi.

Ditambah munculnya pandemi Covid-19, bisnis pulsa makin diburu orang-orang. Pulsa menjadi salah satu kunci masyarakat untuk tetap bisa berkomunikasi walaupun dalam jarak jauh.

Selain pulsa, juga bisa ditambah jualan kuota internet, voucher data, voucher game, dan lainnya supaya lebih lengkap. Jadi keuntungan yang didapatkan tidak hanya dari pulsa saja.

Lalu, kenapa sih memilih bisnis pulsa? Peluangnya apa saja kok bisa sangat prospek? Ini dia poin-poin yang wajib kamu ketahui :

  • Kebutuhan pulsa dan data internet masyarakat selalu meningkat setiap harinya.
  • Bisnis jualan pulsa termasuk bisnis yang bisa bertahan lama dan tidak musiman.
  • Bisa mulai dengan modal yang minim dan fleksibel.
  • Tidak perlu pemasaran yang rumit.
  • Keuntungan yang menjanjikan.

Gimana? peluang usaha bisnis jualan pulsa diatas terlihat menggiurkan bukan? Nah, kalau tertarik untuk terjun memulai bisnis pulsa, kami ada beberapa tipsnya. Simak pembahasannya di part selanjutnya, ya!

Tips & Cara Bisnis Pulsa dan Kuota Untuk Pemula

Ingin sukses dalam jualan pulsa dan kuota internet? Kami ada kiat-kiat ampuh supaya bisnis pulsa dan kuota kamu memperoleh omset tinggi.

Langsung saja simak tips dan cara menjual pulsa dan kuota untuk pemula yang bisa kamu ikuti :

1. Siapkan Modal yang Cukup

Bagaimana cara jualan pulsa untuk pemula? Tips yang pertama yaitu pastikan kamu mempunyai modal yang cukup untuk berjualan.

Untuk pemula yang minim modal, bisa memanfaatkan gadget dan isi saldo pulsa saja dahulu. Karena bisnis pulsa ini bisa dijalankan lewat online maupun offline. Jadi kamu tidak perlu untuk menyewa tempat usaha yang memakan budget lumayan besar.

Namun, bagi kamu yang punya modal besar. Bisa juga berjualan secara offline ditambah online supaya lebih maksimal. Memang modal yang dikeluarkan cukup besar. 

Hal ini karena banyak keperluan untuk biaya tempat usaha ditambah peralatan yang dibutuhkan untuk konter pulsa. Untuk rincian modal lebih lengkapnya sudah kami berikan di part paling bawah. Stay tuned terus..!

2. Pilih Distributor Pulsa yang Terbaik

Tips yang tidak kalah pentingnya yaitu memilih distributor atau agen pulsa yang tepat. Adapun beberapa tips memilih agen pulsa, sebagai berikut :

  • Pilih distributor yang terpercaya dan pastikan reputasinya sudah baik.
  • Pilih agen pulsa yang servernya stabil supaya tidak terjadi kendala.
  • Lakukan riset harga ke beberapa agen pulsa dan pilih agen yang harganya murah.

Mencari distributor pulsa caranya cukup gampang kan? Kamu juga bisa mencari agen pulsa secara online, namun tetap perhatikan tips diatas, ya! Selamat mencoba~

3. Sediakan Layanan Produk yang Lengkap

Pulsa memang salah satu produk wajib yang ada dalam bisnis ini. Namun ada lagi beberapa produk dan layanan lain selain pulsa yang dapat meningkatkan pendapatan seperti :

  • Kuota data internet.
  • Voucher data internet.
  • Layanan pembayaran tagihan listrik PLN, air, dan lainnya.
  • Layanan top up Dana, OVO, dan e-wallet lainnya.
  • Voucher game.
  • Aksesoris HP (headset, case handphone, baterai, dll)

Jika usaha pulsa kamu mempunyai semua produk dan layanan diatas, dapat dipastikan akan laris manis.

4. Tentukan Harga yang Wajar

Keuntungan dari jual pulsa memang sedikit. Namun, karena peminatnya banyak jika ditotal keuntungan jual pulsa perbulan bisa sangat menjanjikan.

Lalu berapa ambil keuntungan jualan pulsa?

Berdasarkan riset kami, untuk produk pulsa keuntungan yang diambil Rp 500 – Rp 2000, tergantung nominal isi pulsa yang dilakukan pembeli. Misalnya harga jual pulsa Rp 5000 yaitu Rp 5.500, sedangkan harga pulsa Rp 100.000 yaitu Rp 102.000.

Jadi semakin besar nominal, maka akan semakin tinggi keuntungan yang didapatkan. Pastikan kamu mematok harga pulsa ini jangan terlalu mahal, ya.

Selain itu, kamu juga bisa mengambil keuntungan dari kuota internet, isi token listrik, voucher game, dll. 

5. Pilih Lokasi yang Strategis

Bagi kamu yang ingin mempunyai konter pulsa secara offline, pastikan lokasi yang kamu pilih bagus. Adapun kriteria cara memilih lokasi yang bagus untuk wirausaha jualan pulsa, antara lain :

  • Dekat dengan pusat kota.
  • Mudah dilihat dan akses jalan mudah.
  • Pilih lokasi di pinggir jalan raya.
  • Lokasi yang ramai dikunjungi orang.
  • Pilih lokasi yang belum banyak pesaing.

Untuk memilih lokasi usaha memang agak terlihat sulit. Untuk pemula, bisa membuka konter pulsa kecil-kecilan di depan rumah. Dengan modal spanduk dan etalase kecil saja sudah siap untuk jualan.

6. Layani Pelanggan dengan Baik

Cara memulai usaha jual pulsa salahsatunya dengan memberikan layanan yang terbaik untuk pelanggan.

Pelayanan menjadi salah satu teknik supaya pembeli bisa menjadi pelanggan tetap. Layanilah pembeli dengan ramah dan senyum. Jangan sampai terlihat cuek dan judes, ya.

Selain itu, layanan secara teknis juga perlu diperhatikan. Misalnya seperti gangguan dalam pengiriman pulsa, kuota data internet tidak bisa digunakan, hingga terkendala server dari distributor.

Layanan secara teknis ini sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan baik. Tentu saja para pembeli akan merasa kecewa dan tidak lagi percaya untuk membeli lagi.

7. Promosikan di Media Sosial & Jualan Secara Online

Jualan pulsa tidak cukup jika hanya dengan berdiam diri dirumah atau di konter pulsa saja. Kita harus pintar memanfaatkan media sosial untuk promosi produk yang menarik. Apalagi promosi di media sosial ini gratis dan efektif menjangkau pembeli yang luas.

Misalnya dengan melakukan promosi di Facebook, Instagram, maupun WhatsApp. Media sosial tersebut juga bisa menjadi penyalur hubungan baik antara penjual dan pembeli.

Jadi, lewat media sosial para pembeli bisa membeli pulsa secara online. Nah, disini kamu juga bisa membuat akun e-commerce untuk platform jualan pulsa online. Bisa menggunakan online shop Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya. Cukup mudah kan?

Analisa Modal dan Keuntungan Bisnis Pulsa

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Modal bisnis pulsa bisa dimulai dengan nominal yang kecil. Makanya peluang usaha bisnis jualan pulsa cocok banget untuk pemula yang baru mau merintis usaha.

Ya, modal minimal yang diperlukan hanya handphone dan isi saldo. Yang penting bisa untuk SMS untuk melakukan transaksi ke server agen.

1. Modal Investasi

Berapa modal awal jualan pulsa? pertama yaitu siapkan modal investasi. Modal ini merupakan biaya awal untuk jangka panjang. Misalnya seperti Handphone, etalase, dll.

Untuk yang ingin jualan pulsa rumahan saja tanpa buka konter, modal yang dikeluarkan relatif kecil. HP yang digunakan bebas, bisa handphone jadul maupun smartphone. Maka modal minimal yang diperlukan, antara lain :

  • Handphone/Smartphone : Rp  1.500.000
  • Isi saldo pulsa : Rp 500.000
  • Total : Rp 2.000.000

Sedangkan untuk modal investasi jualan pulsa dalam bentuk konter, adapun rinciannya sebagai berikut :

  • Biaya sewa per bulan : Rp 700.000
  • Biaya karyawan : Rp 1.000.000
  • Etalase : Rp 1.500.000
  • Handphone : Rp 2.000.000
  • Rak : Rp 1.000.000

Jadi total modal investasi untuk jualan pulsa konter yaitu Rp 6.200.000

2. Biaya Bahan Baku (Operasional)

Berikut rincian biaya operasional untuk jualan pulsa, antara lain :

  • Deposit Pulsa : Rp 500.000
  • Paket kuota internet : Rp 2.000.000
  • Produk lain (Voucher game, Top Up, dll) : Rp 1.000.000
  • Listrik : Rp 50.000

Jadi total biaya operasional sebesar Rp 3.550.000

3. Omset dan Keuntungan Bersih

Untuk menghitung omset dan keuntungan bersih dari jualan pulsa ini lumayan rumit jika tidak ditulis secara pembukuan. Hal ini karena keuntungan dari jualan pulsa maupun produk lainnya berbeda-beda.

Kami akan memberikan contoh omset dan keuntungan bersih dari modal deposit pulsa Rp 500.000. Deposit tersebut bisa dilakukan untuk beberapa nominal.

Misalkan 5 kali transaksi dengan nominal 100 ribu, laba kotor yang didapat hanya 10 ribu. Jika 100 kali transaksi dengan nominal 5 ribu, maka bisa mendapatkan laba kotor sebesar 150 ribu.

Supaya gampang menghitung omset dari jualan pulsa, kita batasi penjualan maksimal 25 ribu, dan jumlah transaksi per hari 20x, maka laba kotornya..

  • Rp 1.500 x 20 x 30 = Rp 900.000

Untuk omset paket data internet dan voucher lainnya kita asumsikan keuntungan tiap produk yaitu sebesar 20%, maka laba kotornya…

  • Rp 3.000.000 x 20% = Rp 600.000 + Rp 3.000.000 = Rp 3.600.000

Kemudian dikurangi pengeluaran biaya listrik, sewa perbulan, dan karyawan sehingga mendapat keuntungan bersih sebesar…

  • Rp 900.000 + Rp 3.600.000 – Rp 50.000 – Rp 1.700.000 = Rp 2.750.000

Lumayan juga kan hasilnya untuk tambahan uang jajan kalian? Selamat mencoba, ya!

Penutup

Cukup mudah kan untuk memulai jualan pulsa? Jangan sampai kamu menyia-nyiakan peluang usaha bisnis jualan pulsa yang menjanjikan ini, ya.

Jika masih bingung, bisa diskusi dengan kami langsung melalui “kolom komentar” dibawah. Selain itu, juga bisa di media sosial Instagram di @Pintarjualan.id. Jangan lupa follow dan nyalakan lonceng (🔔) notifikasinya.

Share postingan ini ke teman, kerabat, dan keluarga yang ingin berbisnis pulsa tapi masih bingung. Untuk itu postingan ini bisa dijadikan referensi juga.

Semoga bisa bermanfaat, ya. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya. Babaiii 🙂

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *