Advertisement

Cara Memulai Usaha Jasa Kurir Ekspedisi Dijamin Sukses [+Biaya Modal]

Diterbitkan pada
31 Maret 2022
Waktu membaca
4 Menit

Tahukah kamu, peluang usaha waralaba jasa kurir kini sedang menjadi incaran banyak orang, lho! Namun, masih banyak juga yang bingung bagaimana cara memulai usaha jasa kurir ekspedisi. Maka dari itu, simak sampai tuntas, ya!

Adanya pandemi Covid-19 ternyata membuat para penjual online kebanjiran orderan. Tentu saja, para penjual memerlukan ekspedisi untuk membantu mereka mengirimkan paket pembeli.

Banyak juga perusahaan ekspedisi yang bermunculan karena adanya kesempatan ini. Nah, buat kamu yang masih pemula tenang aja, ya.

Pada pembahasan kali ini sudah rangkum dengan lengkap bagaimana cara membuka usaha jasa kurir hingga rincian modalnya.

Sudah gak sabar kan? Yuk, langsung saja simak dibawah ini. Lets go!

Apa itu Usaha Jasa Kurir? Bagaimana Peluangnya?

Usaha jasa kurir merupakan bisnis pengiriman barang atau paket sebagai perantara untuk mengirimkan barang dari pengirim (penjual) ke penerima (pembeli) ke seluruh wilayah jangkauannya.

Lalu bagaimana peluangnya? Tentu saja peluang usaha jasa ini sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Adapun beberapa jenis usaha jasa kurir yang bisa kamu berpeluang menghasilkan banyak keuntungan yaitu :

  • Menjadi agen/drop point jasa pengiriman dari suatu perusahaan ekspedisi.
  • Membeli franchise/merek/brand dari perusahaan pengiriman yang sudah terkenal.
  • Mendirikan jasa kurir pribadi.

Tentu saja dari masing-masing jenis usaha jasa kurir ada kelebihan dan kekurangannya. Jika mendirikan usaha jasa kurir pribadi, kita harus butuh effort yang lebih berat lagi.

Sedangkan kalau ingin membeli franchise atau daftar sebagai agen/drop point/mitra ekspedisi kita tinggal menjalankan saja tanpa perlu untuk memasarkan.

Berapa Modal Buka Usaha Jasa Pengiriman?

Sebelum memulai buka usaha jasa pengiriman, ada baiknya kita ketahui dulu rincian modal yang diperlukan. Adapun rinciannya sebagai berikut :

Biaya Modal Investasi

Berikut ini rincian biaya modal investasi untuk membuka usaha jasa kurir :

Biaya Modal InvestasiJumlah
Sewa tempat usahaRp 15 juta per tahun
Alat transportasi mobil dan sepeda motorRp 150 juta
Timbangan digitalRp 1 juta
Komputer dan PrinterRp 5 juta
Meja, kursi, dan rakRp 5 juta
Surat izin usaha jasa kurirRp 1 juta
Peralatan lain-lainRp 5 juta

Total

Rp 182 juta

Biaya Operasional

Berikut ini rincian biaya operasionalnya :

Biaya OperasionalJumlah
Upah pegawai untuk 2 orangRp 4 juta per bulan
Biaya internet, telepon, air, listrikRp 1 juta
Biaya tak terdugaRp 1 juta

Total

Rp 6 juta

Cara Memulai Usaha Jasa Kurir Ekspedisi

Sudah mantap ingin membuka usaha jasa kurir? Suatu hal yang wajar jika suatu bisnis ada beberapa tantangan, maka dari itu kamu harus optimis dan terus berinovasi supaya bisnis kamu sukses.

Nah, kamu tidak perlu khawatir lagi. Ada beberapa tips dan cara untuk memulai usaha jasa logistik. Yuk, simak langkah-langkah mendirikan usaha jasa kurir ekspedisi berikut :

1. Siapkan Modal & SDM

Seperti yang kita tahu, suatu usaha pasti perlu modal. Modal untuk buka jasa pengiriman sudah kami rincikan diatas.

Modal ini digunakan untuk menjalankan bisnis kamu supaya bisa berkembang. Jadi, nantinya cepat atau lambat modal yang kamu keluarkan bisa kembali lagi dalam jumlah yang lebih banyak.

Asalkan kamu bisa mendirikan usaha jasa kurir ini dengan baik, dan berhasil menghadapi segala rintangan, pasti uang modal akan cepat balik.

2. Cari Lokasi Usaha yang Strategis

Selain modal, lokasi usaha yang strategis juga sangat penting untuk dipikirkan. Apalagi usaha jasa kirim ini memerlukan lahan parkir untuk kendaraan besar seperti mobil.

Untuk itu, pastikan akses jalan lokasi usaha bisa dilewati oleh kendaraan besar.  Usahakan pilih lokasi yang di pinggir jalan ramai, ya.

Hal ini untuk menarik para konsumen dan meminimalisir biaya untuk pemasaran. Lokasi yang mudah dijangkau oleh konsumen ini merupakan salah satu strategi agar bisnis kamu cepat sukses.

3. Daftarkan Merek & Surat Izin Usaha Jasa Kurir

Merek dagang sangat penting dibuat sebagai suatu identitas perusahaan. Jika sudah punya nama merek yang akan digunakan untuk usaha jasa kurir, kamu bisa langsung mendaftarkannya secara online di situs dgip.go.id.

Selain mendaftarkan merek, kamu juga perlu mengantongi surat izin usaha kurir. Surat ini bisa kamu di Kantor Dinas Perhubungan Kota/Provinsi setempat.

4. Siapkan Transportasi untuk Mengantar Paket

Transportasi kendaraan yang mencukupi sangat penting digunakan untuk mengantarkan paket. Jika pengiriman  usaha jasa ekspedisi kirim barang kamu membludak, maka butuh lebih dari satu kendaraan.

Untuk awal mula mendirikan, kamu bisa menyiapkan 2 mobil dan 3 motor untuk kurir. Kalau usaha sudah mulai berkembang, bisa dipikirkan untuk menambah kendaraan. 

5. Tentukan Jenis Layanan Pengiriman & Jangkauan

Tiap perusahaan ekspedisi, pasti mempunyai beragam pilihan jenis layanan yang bisa digunakan oleh konsumen.

Maka dari itu, kamu perlu mempunyai daftar layanan pengiriman. Supaya usaha jasa pengiriman banyak diminati, tinggal sesuaikan saja jenis layanan pengiriman dengan kebutuhan konsumen saat ini.

Selain itu, menentukan jangkauan wilayah pengiriman juga penting dilakukan. Semakin luas jangkauan wilayah usaha jasa kurir ekspedisi maka akan semakin dilirik oleh konsumen.

6. Tentukan Tarif/Ongkir Pengiriman

Cara memulai usaha jasa kurir ekspedisi selanjutnya adalah dengan menentukan tarif ongkir pengiriman. Biaya ongkir ini pasti berbeda-beda. Tergantung dengan jenis layanan yang dipilih dan lokasi tujuan pengiriman.

Nah, ada baiknya kamu mempunyai website resmi untuk perusahaan jasa pengiriman yang baru dirintis. Hal ini untuk memudahkan para konsumen melakukan cek tarif ongkir maupun cek resi untuk melacak paketan.

7. Promosikan Secara Offline & Online

Langkah terakhir yaitu dengan memasarkan usaha jasa pengiriman baik secara offline maupun online. Jika secara offline, kamu bisa menyebar brosur atau memasang spanduk baliho di pinggir jalan supaya menarik konsumen.

Sedangkan untuk promosi secara online, kamu bisa memanfaatkan berbagai media sosil. Jadi perlu membuat akun resmi milik usaha jasa ekspedisi, misalnya akun Instagram, Facebook, Twitter, dan TikTok.

Dengan media sosial ini, bisa menggunakan fitur ads supaya menjangkau pengguna yang lebih luas. Gampang kan? Yuk, cobain!

Penutup

Gimana? Sangat gampang kan buka usaha jasa pengiriman? Mungkin cukup sampai disini dulu informasi mengenai cara memulai usaha jasa kurir ekspedisi. Semoga bisa bermanfaat, ya!

Jangan lupa untuk share ke teman, kerabat, dan keluarga kalian yang ingin mendirikan usaha jasa kurir. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya, Babaiii 🙂

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *