25 Peluang Usaha Bisnis Sampingan Menjanjikan di 2022

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
11 Januari 2022
Waktu membaca
8 Menit

Bagi kamu yang masih punya waktu setelah bekerja, kamu bisa mencoba peluang usaha sampingan di 2022 ini. Peluang usaha ini sangat menjanjikan, menguntungkan, dan bisa dengan modal kecil. Meski juga bisa dikatakn sebagai usaha kecil-kecilan.

Tidak hanya peluang usaha sampingan modal kecil, dalam artikel ini, kami juga akan memberikan, peluang usaha sampingan untuk Ibu rumah tangga, peluang usaha sampingan di desa, peluang usaha sampingan karyawan pabrik, dan peluang usaha sampingan rumahan.

Oleh karena itu, simak terus artikel ini sampai selesai. Jangan sampai ketinggal sedikit pun informasi terkait peluang usaha sampingan. Sebelum itu mari simak dulu tips memulai usaha sampingan.

Tips Memulai Usaha Sampingan

  1. Tidak Mengganggu Pekerjaan Utama

Tips yang pertama, ini yang paling penting. Jangan sampai usaha sampingan mengganggu pekerjaan utama. Kecuali pendapatan dari usaha sampingan lebih besar dari pendapat pekerjaan utama.

  1. Sesuai dengan Passion

Namanya juga usaha sampingan, jadi cobalah usaha yang sesuai dengan passion. Jika pekerjaan utama dan usaha sampingan tidak sesuai passion, kamu malah bisa-bisa stress.

  1. Catatan Keuangan yang Rapi

Meskipun usaha sampingan, jangan lupa untuk tetap membuat catatan keuangan yang rapi. Kamu bisa membuat catatan keuangan sederhana. Seperti cukup dengan catatan uang masuk dan keluar.

Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil

Peluang usaha sampingan yang pertama adalah peluang usaha sampingan dengan modal kecil. Kamu bisa menjalankan usaha sampingan di bawah ini hanya dengan modal kecil saja.

1. Blogger SEO

Tujuan utama menjadi blogger SEO agar bisa mendapat penghasilan itu setidaknya ada dua. Pertama, kamu bisa memasang iklan di website. Kedua, kamu bisa menjual website kamu.

Kamu bisa mendaftar ke Google AdSense (yang lain juga ada) agar kamu bisa memasang iklan di website. Dari situ kamu akan bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Pilihan yang kedua, kamu bisa menjual website kamu setelah jadi. Biasanya ada orang-orang tertentu yang mencari website untuk dibeli. Dari sini kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

2. Desain Grafis

Kamu punya keahlian dalam hal desain grafis? Tidak salahnya untuk mencoba peluang usaha ini. Jasa desain grafis bisa jadi salah satu usaha sampingan yang cukup menjanjikan dan menguntungkan.

Apalagi di tahun 2022 sekarang ini. Banyak sekali orang yang membuat poster untuk keperluan misalnya mencari karyawan, memasarkan produk, membuat pengumuman, dan seterusnya.

Kamu bisa memulai usaha ini dengan bergabung lebih dulu ke grup-grup khusus desain garfis yang ada di Facebook. Biasanya ada juga orang yang membutuhkan seorang desain grafis di situ.

3. Layouter

Peluang usaha sampingan yang satu ini khusus buat kamu yang mahir menggunakan software Adobe Indesign. Biasanya mereka yang butuh layouter mengharuskan menggunakan software tersebut.

Peluang usaha ini jelas tidak membutuhkan banyak modal. Kamu hanya perlu laptop yang bisa atau kuat untuk menjalankan software Adobe Indesign. Softwrae ini tidak butuh koneksi internet.

Kamu bisa memulai layout setelah pulang kerja. Agar sama-sama enak, kamu juga bisa memberi batas waktu kapan kamu bisa menyelesaikan pekerjaan, misalnya melayout buku atau jurnal.

4. Fotografer

Meski dengan kamera yang sama, terkadang foto yang dihasilkan memiliki kualitas yang berbeda. Mungkin, karena menjadi seorang fotografer juga butuh sense tersendiri.

Peluang usaha sampingan bisa kamu coba jika kamu memiliki selera yang tinggi akan hasil sebuah jepretan. Kamu tinggal membuktikan bahwa foto hasil jepretan kamu lebih bagus.

Kamu bisa memulai peluang usaha sampingan yang satu ini dengan membuat portoflion terlebih dulu. Share saja hasil jepretan-jepretan kamu melalui media sosial seperti Facebook.

5. Video Editor

Video editor mungkin akan menjadi salah satu peluang usaha yang banyak dibutuhkan hingga mungkin tahun 2030. Pasalnya, video dinilai lebih efektif untuk banyak hal saat ini.

Mulai dari untuk media belajar, hingga untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi Youtuber. Oleh karena itu, ke depan jasa edting video mungkin akan banyak dibutuhkan.

Hanya saja, menjadi seorang editing video memang tidak mudah. Kamu bisa menjalankan peluang usaha sampingan ini dengan modal kecil jika sudah memiliki laptop atau komputer.

6. Freelance Penulis

Peluang usaha sampingan modal kecil yang terkahir adalah menjadi freelance penulis atau penulis bebas. Untuk bisa menjadi penulis bebas, kamu hanya butuh laptop dan lihai menulis saja.

Kamu bisa mengirimkan tulisan-tulisan kamu ke media-media nasional maupun media-media online. Mereka biasanya akan membayar tulisan yang berhasil diterbitkan.

Selain itu, kamu juga bisa menjadi seorang penulis bayaran. Seperti misalnya menjadi penulis SEO atau seorang copywriting. Soal bayaran, semua bisa sesuai dengan kesepatan saja.

Peluang Usaha Sampingan di Desa

Peluang usaha sampingan di desa tentu tidak sama dengan peluang usaha sampingan misalnya modal kecil atau untuk Ibu rumah tangga. Tidak semua peluang usaha cocok dijalankan di desa. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini peluang usaha sampingan yang bisa dijalankan di desa.

1. Jual Pulsa & Paket Data

Tidak hanya orang kota, orang-orang di desa juga butuh pulsa dan paket data sekarang. Maraknya penggunakan HP membuat semua orang butuh pulsa dan paket data.

Kamu bisa memanfaatkan itu sebagai salah satu peluang usaha sampingan di desa. Bahkan, selain pulsa dan paket data, kamu juga bisa menambah seperti misalnya token listrik dan sebagainya.

Peluang usaha yang satu ini termasuk peluang usaha yang sebenarnya tidak begitu membutuhkan modal besar. Cukup dengan HP dan uang 50rb saja misalnya, kamu sudah bisa mencoba peluang usaha jual pulsa dan paket data ini. Dengan catatan tidak ada yang ngutang.

2. Buka ATM Mini

Sama seperti pulsa dan paket data, hampir semua orang, baik itu di kota maupun di desa sudah menggunakan ATM untuk bertransaksi (kirim uang dan sebagainya) sekarang ini.

Buka ATM mini atau jasa kirim uang antar bank juga bisa menjadi salah satu peluang usaha sampingan yang cukup menjanjikan dan menguntungkan jika dijalankan di desa.

Pasalnya, mesin ATM biasanya hanya ada di kota saja. Hampir atau jarang sekali mesin-mesin ATM ada di pedesaan. Jika ada pun biasanya seringkali eror atau tidak bisa digunakan.

3. Jasa Kirim Paket

Maraknya jual beli online lewat marketplace sekarang ini, membuat jasa kirim paket juga akhrinya banyak dibutuhkan. Kamu bisa memanfaatkan peluang usaha ini jika di desa tempat kamu tinggal ada banyak orang yang sudah mencoba berjualan secara online.

Bayangkan saja, jika setiap hari ada lebih dari 50 paket yang harus dikirim. Kamu bisa mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit dari peluang usaha yang satu ini.

Hanya saja, usaha ini tidak bisa dibilang sebagai usaha sampingan. Agar bisa menjadi usaha sampingan, kamu bisa menyewa karyawan dengan sistem bagi hasil untuk menghindari kerugian.

4. Toko Kelontong

Setelah pulang kerja, kamu bisa membuka toko kelontong. Tidak perlu sampai larut malam, agar ketika pagi kamu bisa bekerja lagi entah sebagai guru atau pegawai bank misalnya.

Kamu tidak perlu menyetok barang-barang tertentu terlalu banyak. Cukup sediakan saja barang-barang yang dibutuhkan oleh orang-orang desa. Seperti rokok, mie instan, dan sebagainya.

Jika dikelola dengan baik, peluang usaha yang satu ini cukup menjanjikan. Apalagi barang-barang yang dijual adalah barang-barang kebutuhan pokok semua.

5. Buka Rental PS

Meskipun game-game HP sudah marak, masih banyak juga orang-orang yang suka bermain game lewat PS. Biasanya atau terutama adalah orang-orang atau anak-anak desa.

Bisa jadi karena di desa sinyal masih susah, mereka akhirnya lebih memilih PS. Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang usaha ini jika sinyal di desa kamu masih cukup susah.

Kamu bisa menjaga rental PS kamu sendiri atau menyewa karyawan. Hanya saja, modal untuk membuka jasa rental PS tidak sedikit. Untuk satu paket saja bisa mencapai 5 jutaan.

6. Potong Rambut

Jangan kamu kira, orang-orang desa itu memotong rambutnya dengan pisau atau alat sejenisnya. Mereka juga akan pergi ke jasa atau tukang potong rambut jika mau memotong rambut.

Jika kamu memiliki keahlian memotong atau memangkas rambut, manfaatkan saja peluang usaha sampingan yang satu ini. Kamu bisa membuka jasa potong rambut setelah pulang kerja.

Biasanya, biaya potong atau pangkas rambut di desa berkisar antara 8 ribu sampai 10 ribu. Bayangkan saja, jika misalnya sejak jam 7 sampai jam 9 malam, ada 7 sampai 10 orang yang mau memotong rambutnya. Lumayan cukup menjanjikan juga bukan.

7. Jual Beli Kredit

Terakhir, peluang usaha sampingan yang bisa kamu jalankan di desa adalah jual beli kredit. Jangan salah, orang-orang desa juga suka belanja. Sama pereti orang-orang kota.

Tidak sedikit orang-orang desa yang akhirnya membeli barang (kasur, kompor, dan seterusnya) secara kredit karena lebih sesuai dengan keadaan keuangan mereka.

Jika memiliki modal yang cukup atau memiliki relasi untuk menyeidkan barang-barang yang orang kampung butuhkan, tidak ada salahnya juga untuk mencoba peluang usaha jual beli kredit ini.

Peluang Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Kamu sudah menjadi seorang Ibu rumah tangga? Cocok sekali, kali ini kami akan memberikan beberapa peluang usaha sampingan khusus untuk para Ibu rumah tangga.

1. Reseller & Dropshipper

Buat para Ibu Rumah tangga, peluang usaha rumahan ini sangat layak dicoba. Pasalnya cukup hanya dengan modal HP dan kuota saja, kita sudah bisa menjalankan usaha yang satu ini.

Jika memilih menjadi dropshipper, maka kita hanya perlu memasarkan barang-barang atau produk yang akan dijual saja. Packing dan kirim akan dilakukan dari toko.

Sedangkan jika memilih jadi reseller, maka kita mau tidak mau harus membeli barang atau produknya terlebih dulu. Biasanya kita akan mendapat potongan yang lumayan banyak jika menjadi reseller.

2. Jual Aneka Kerupuk

Kerupuk biasanya menjadi andalan para Ibu rumah tangga. Selain harganya yang lumayan murah, rasanya juga cocok untuk menjadi teman makan atau sekedar cemilan.

Ada banyak jenis kerupuk yang bisa dijual dan bisa menjadi peluang usaha rumahan untuk para Ibnu rumah tangga. Mulai dari kerupuk emping, kerupuk petis, dan seterusnya.

Buat para para Ibu rumah tangga yang mau menjajal usaha ini, manfaatkan saja momen-momen tertentu, seperti arisan misalnya, untuk mempromosikan aneka kerupuk yang dijual.

3. Jual Peralatan Dapur

Para Ibu mana yang tidak membutuhkan alat-alat dapur seperti panci, wajan, dan seterusnya. Hampir semua para Ibu rumah tangga sepertinya membutuhkannya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya juga jika menjajal pepluang usaha rumahan ini. Barangkali saja, malah Ibu satu RT atau RW bisa berlangganan setiap kali mau membeli peralatan dapur.

Jika terkendala modal, kita juga bisa mencoba menjual peralatan daput dengan sistem dropshipper. Jadi, setiap kali ada yang mau membeli peralatan dapur, kita hanya perlu bilang ke toko saja.

4. Jual Aneka Kue

Tidak semua orang bisa membuat kue, tapi hampir semua orang suka dengan kue. Nah, khusus para Ibu rumah tangga yang bisa membuat kue, coba saja peluang usaha sampingan ini.

Kue biasanya menjadi salah satu alternatif untuk oleh-oleh atau hanya sekedar makanan pendamping saja. Seringnya, kue dibutuhkan ketika ada ucara ulang tahun.

5. Jasa Les Privat

Buat para Ibu rumah tangga yang pernah menjadi mahasiswa (terutama yang mengambil jurusan PGSD) tidak ada salahnya juga mencoba peluang usaha yang satu ini.

Tidak sedikit para orang tua yang biasanya juga memilih les privat untuk para anak-anaknya. Mulai dari les Matematika, Bahasa Indonesia, hingga les membaca Al-Qur’an.

Peluang usaha ini sangat cocok untuk para Ibu rumah tangga. Selain tidak membutuhkan waktu yang banyak, pendapatan yang bisa didapatkan juga lumayan cukup banyak.

Peluang Usaha Sampingan Karyawan Pabrik

Menjadi pengawai pabrik biasanya tidak memiliki banyak waktu luang. Oleh karena itu, peluang usaha sampingan khusus untuk karyawan pabrik juga berbeda. Tapi tenang, berikut ini 3 peluang peluang usaha sampingan khusus untuk karyawan pabrik.

1. Jualan Parfum

Peluang peluang usaha sampingan khusus untuk karyawan pabrik adalah jualan parfum. Apalagi hampir semua karyawan memakai parfum. Kamu bisa membeli dulu parfum dengan segala jenisnya. Setelah itu baru kamu tawarkan ke teman sesama karyawan pabrik.

2. Jadi Calo (Perantara)

Teman-teman sesama karyawan juga biasanya memiliki usaha sampingan. Barangkali saja ada di antara mereka yang misalnya usaha sampingannya adalah jualan motor. Kamu bisa menjadi perantara setiap kali ada orang yang misalnya membutuhkan motor.

3. Jual Aneka Kopi

Peluang usaha sampingan ini hampir sama dengan peluang usaha samping jualan parfum. Kamu hanya tinggal membeli kopi-kopi tertentu, arabika atau robusta, lalu mencoba menawarkannya ke teman sesama karyawan. Barangkali saja ada 1 atau 2 orang yang tertarik.

Peluang Usaha Sampingan Rumahan

Peluang usaha sampingan rumahan ini bisa kamu coba jika kamu sendiri sudah memiliki keahlian tertentu. Usaha-usaha rumahan biasanya adalah usaha-usaha yang tergolong mandiri. Tanpa berlama-lama, berikut ini adalah peluang usaha rumahan yang mungkin bisa kamu coba.

1. Jasa Pembuatan Website

Kamu bisa membuat website? Kenapa tidak mencoba untuk membuka jasa pembuatan website saja. Mumpung di tahun 2022 ini sepertinya sudah banyak orang yang sadar akan pentingnya website. Baik untuk usaha mereka atau lembaga-lemba tertentu.

Sama perti peluang usaha sampingan lainnya, peluang usaha yang satu ini juga bisa kamu jalankan setelah pulang kerja. Kamu bisa menyisihkan waktu 3 – 4 jam untuk membuat website. Jika tidak ada kendala, dalam waktu satu minggu mungkin 1 website sudah jadi.

2. Jasa Service Laptop & HP

Selain bekerja di kantor sebagai tukang service laptop maupun HP, kamu juga bisa mencoba membuka usaha yang sama di rumah sebagai usaha sampingan.

Barangkali saja ada laptop dan HP tetangga yang rusak dan mereka tidak ada waktu untuk pergi ke temapt service. Selain itu, biasanya jasa service laptop dan HP rumahan lebih dipercaya ketimbang jasa service laptop dan HP yang sudah besar.

Apalagi jika biaya servicenya murah tapi hasilnya bagus. Tidak menutup kemungkinan juga akan sangat menjanjikan dan menguntungkan untuk ke depannya.

3. Budi Daya Tanaman & Ikan Hias

Buat kamu yang punya hobi menanam tanaman hias atau memelihara ikan hias juga bisa saja mencoba peluang usaha sampingan ini. Setelah tanaman atau ikan yang kamu rawat tumbus besar atau sudah layak jual, kamu bisa menjualnya.

FAQ

  • Kerja sampingan apa yang menguntungkan?

Kerja sampingan yang menguntungkan adalah kerja sampingan yang transaksinya besar. Seperti misalnya seorang calo mobil-mobil mahal. Pasti juga akan mendapat persenan yang tinggi juga.

  • Usaha apa yang cocok di malam hari?

Warung kopi dan makanan. Di malam hari rata-rata orang lebih suka ngopi sembari makan ketika lapar. Kamu bisa mencoba keduanya langsung. Menyediakan kopi sekaligus makanan.

  • Usaha apa yang bisa sambil kerja?

Ada banyak usaha yang bisa dijalankan meski sambil bekerja di kantor misalnya. Kamu hanya tinggal pandai-pandai mengatur waktu saja. Kamu bisa jual kopi serbuk atau buka jasa services.

Akhir Kata

Demikian kira-kira peluang usaha sampingan di 2022 yang mungkin bisa kamu jalankan setelah pulang kerja. Agar tidak tambah stress, buka saja usaha sampingan yang sesuai passion.

Akhir kata, terima kasih telah berkunjung ke website kami dan membaca artikel ini sampai selesai. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman kamu. Barangkali saja kamu bisa bekerjasama dengan teman kamu untuk menjalankan usaha sampingan.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *