Advertisement

25 Peluang Usaha Bisnis Sampingan Menjanjikan di 2022

Noer
Penulis
Noer
Diterbitkan pada
11 Januari 2022
Waktu membaca
8 Menit

Bagi kamu yang masih punya waktu setelah bekerja, kamu bisa mencoba peluang usaha sampingan di 2022 ini. Peluang usaha ini sangat menjanjikan, menguntungkan, dan bisa dengan modal kecil. Meski juga bisa dikatakn sebagai usaha kecil-kecilan.

Tidak hanya peluang usaha sampingan modal kecil, dalam artikel ini, kami juga akan memberikan, peluang usaha sampingan untuk Ibu rumah tangga, peluang usaha sampingan di desa, peluang usaha sampingan karyawan pabrik, dan peluang usaha sampingan rumahan.

Oleh karena itu, simak terus artikel ini sampai selesai. Jangan sampai ketinggal sedikit pun informasi terkait peluang usaha sampingan. Sebelum itu mari simak dulu tips memulai usaha sampingan.

Tips Memulai Usaha Sampingan

  1. Tidak Mengganggu Pekerjaan Utama

Tips yang pertama, ini yang paling penting. Jangan sampai usaha sampingan mengganggu pekerjaan utama. Kecuali pendapatan dari usaha sampingan lebih besar dari pendapat pekerjaan utama.

  1. Sesuai dengan Passion

Namanya juga usaha sampingan, jadi cobalah usaha yang sesuai dengan passion. Jika pekerjaan utama dan usaha sampingan tidak sesuai passion, kamu malah bisa-bisa stress.

  1. Catatan Keuangan yang Rapi

Meskipun usaha sampingan, jangan lupa untuk tetap membuat catatan keuangan yang rapi. Kamu bisa membuat catatan keuangan sederhana. Seperti cukup dengan catatan uang masuk dan keluar.

Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil

Peluang usaha sampingan yang pertama adalah peluang usaha sampingan dengan modal kecil. Kamu bisa menjalankan usaha sampingan di bawah ini hanya dengan modal kecil saja.

1. Blogger SEO

Tujuan utama menjadi blogger SEO agar bisa mendapat penghasilan itu setidaknya ada dua. Pertama, kamu bisa memasang iklan di website. Kedua, kamu bisa menjual website kamu.

Kamu bisa mendaftar ke Google AdSense (yang lain juga ada) agar kamu bisa memasang iklan di website. Dari situ kamu akan bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Pilihan yang kedua, kamu bisa menjual website kamu setelah jadi. Biasanya ada orang-orang tertentu yang mencari website untuk dibeli. Dari sini kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

2. Desain Grafis

Kamu punya keahlian dalam hal desain grafis? Tidak salahnya untuk mencoba peluang usaha ini. Jasa desain grafis bisa jadi salah satu usaha sampingan yang cukup menjanjikan dan menguntungkan.

Apalagi di tahun 2022 sekarang ini. Banyak sekali orang yang membuat poster untuk keperluan misalnya mencari karyawan, memasarkan produk, membuat pengumuman, dan seterusnya.

Kamu bisa memulai usaha ini dengan bergabung lebih dulu ke grup-grup khusus desain garfis yang ada di Facebook. Biasanya ada juga orang yang membutuhkan seorang desain grafis di situ.

3. Layouter

Peluang usaha sampingan yang satu ini khusus buat kamu yang mahir menggunakan software Adobe Indesign. Biasanya mereka yang butuh layouter mengharuskan menggunakan software tersebut.

Peluang usaha ini jelas tidak membutuhkan banyak modal. Kamu hanya perlu laptop yang bisa atau kuat untuk menjalankan software Adobe Indesign. Softwrae ini tidak butuh koneksi internet.

Kamu bisa memulai layout setelah pulang kerja. Agar sama-sama enak, kamu juga bisa memberi batas waktu kapan kamu bisa menyelesaikan pekerjaan, misalnya melayout buku atau jurnal.

4. Fotografer

Meski dengan kamera yang sama, terkadang foto yang dihasilkan memiliki kualitas yang berbeda. Mungkin, karena menjadi seorang fotografer juga butuh sense tersendiri.

Peluang usaha sampingan bisa kamu coba jika kamu memiliki selera yang tinggi akan hasil sebuah jepretan. Kamu tinggal membuktikan bahwa foto hasil jepretan kamu lebih bagus.

Laman: 1 2 3 4 5

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *