Advertisement

Ciri Ciri Penipuan Paket Luar Negeri Berkedok Kirim Hadiah [+Cara Lapor]

Diterbitkan pada
11 Januari 2022
Waktu membaca
4 Menit

Pernah mendapat telpon dari luar negeri yang memberitahu kamu akan mendapat hadiah? Waspadai modus ini dan segera lapor, ya. Untuk itu, yuk kenali ciri ciri penipuan paket luar negeri dan cara melaporkannya pada postingan ini.

Pengiriman paket barang atau uang dari luar negeri memang wajib diperhatikan. Hal ini karena data kita seperti nomor telepon, email, alamat, dll akan tersebar dengan mudah.

Penipuan ini bisa terjadi lewat WA (WhatsApp) dari luar negeri. Pelaku memanfaatkan biaya bea cukai dan biaya admin sebagai modusnya.

Nantinya, korban diminta membayar biaya tersebut dengan besaran yang tidak masuk akal. Bahkan bisa melebihi harga produk yang dikirim.

Biar sobat lebih pintar lagi dalam mengenali modus-modus penipuan ini, yuk langsung saja kita simak dibawah ini!😉

Kenali Ciri-Ciri Penipuan Kiriman Paket Dari Luar Negeri yang Sering Terjadi

Penipuan sering terjadi di dalam negeri maupun di luar negeri. Apalagi saat ini belanja online sedang marak di seluruh kalangan masyarakat.

Kalau sobat tidak aware dan pintar dalam mengenali berbagai modus penipuan ini, kita bisa menjadi korban berikutnya.

Sebenarnya modus kirim paket dari luar negeri ini sudah sejak lama sering terjadi. Kemudian, akhir-akhir ini kembali marak karena pandemi covid-19.

Kalau sobat sering menggunakan media sosial, waspadai berbagai modus yang terjadi disini. Media sosial ini sudah menjadi makanan bagi pelaku penipuan. Dari sinilah mereka akan bergerak mencari target selanjutnya.

Biasanya mereka menggunakan media sosial seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, hingga Twitter.

Nah, untuk itu waspadai tindakan yang mencurigakan dari media sosial ini ya, Sob. Mungkin sebenarnya simpel, tapi jangan sampai kalian terjebak dan percaya dengan janji palsu pelaku ini.

Yuk, langsung saja kita simak!

Ciri ciri penipuan kiriman paket dari luar negeri diantaranya :

1. Jasa Kirim Milik Sendiri dan Tidak Terdaftar

Kalau kalian teliti, pelaku ini akan menggunakan jasa kirim milik sendiri. Nah, sebenarnya perusahaan jasa kirim ini hanya palsu dan tidak terdaftar.

Untuk itu, pelaku akan memberikan biaya pengiriman yang murah dari pada menggunakan jasa kirim yang resmi. Misalnya seperti jasa kirim DHL Express, Aliexpress, dan lainnya.

2. Menggunakan Website Palsu

Namanya juga penipu, pasti mereka akan menggunakan berbagai cara untuk bisa meyakinkan korban.

Nah, ada penipu yang niat banget sampai membuat website palsu. Website ini digunakan untuk meyakinkan korban. Jadi korban ini dibuat seolah-olah akan mendapatkan paket.

Di website ini juga diberikan informasi mengenai detail alamat, nama lengkap, hingga pajak yang harus dibayar. Untuk itu, jangan mudah tergiur ya, Sob!

3. Telepon dari Petugas Bea Cukai/Bandara/Kargo

Ciri-ciri penipuan selanjutnya yaitu akan ada telepon palsu yang mengatasnamakan dari Petugas Bea Cukai, Petugas Bandara, atau Petugas Cargo.

Telepon ini biasanya akan terjadi pada saat pengiriman sedang berlangsung. Jadi pelaku membuat drama seolah-olah barang tersebut bermasalah, ilegal, dan belum membayar biaya pajak, biaya cukai, dan lainnya.

Berbagai ancaman dari pihak yang mengaku petugas ini misalnya jika tidak membayar akan dikenakan ancaman penjara atau pidana.

4. Menggunakan Rekening Pribadi

Selanjutnya, petugas yang menelepon dan mengaku dari Bandara, Cukai, atau Cargo tadi akan memberikan rekening pribadi.

Sebenarnya dari sini kita patut mencurigai. Karena yang mereka berikan adalah rekening pribadi, bukan rekening resmi dari perusahaan.

Namun, walaupun korban harus membayar pajak tersebut, harga hadiah yang akan diterima masih terbilang murah jika dijual kembali. Biasanya korban akan terjebak disini. Hati-hati ya, Sob!

5. Hilang Tak Ada Kabar Lagi

Jika sudah berhasil mendapatkan bayaran dari korban, pelaku akan menghilang tanpa kabar lagi.

Penipu luar negeri ini akan menghilangkan jejak digital dan wajah yang berhubungan dengan korban. Biasanya seperti memblokir WhatsApp, mengganti nomor telepon, dan lainnya.

Halaman Selanjutnya
[su_note]...

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

31 Comments

  1. Tati Udianti berkata:

    Makasih infonya kak. Kayaknya sy terkena deh ini….bisa bantu sy utk lapor kak?

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Halo Kak. Terima kasih ya feedbacknya.
      Maaf, apakah sampai saat ini belum melapor? Atau bagaimana kronologinya kalau kami boleh tahu?

  2. Ros berkata:

    Sepertinya saya juga kena. Bagaimana cara mengatasinya. Dia membawa -bawa agen FBI jika saya tidak membayarnya. Apa yang harus saya lakukan..???

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Jangan percaya Kak kalo mereka bawa-bawa nama FBI. Karena perkataan tersebut sudah termasuk ancaman dan bisa dilaporkan ke pihak berwajib.
      Kalau kakak tidak pernah merasa memesan barang dan malah diperas, sebaiknya blokir nomor mereka dan laporkan ke kantor polisi Kak.

      1. Nur berkata:

        Saya juga diancam mau dilaporkan ke pihak FBI kalau saya tidak mau membayar dan anehnya pas saya disuruh transfer mengapa harus transfer ke bang bri apakah ada diluar sana bank bri

        1. Anisa Juniardi berkata:

          Hai Kak, jangan takut ya kalo diancam. Mereka memang seeperti sindikat penipuan dan bukan orang luar negeri tetapi juga dari Indonesia. Tidak perlu diladeni ya Kak ^^

  3. Linda Siska berkata:

    Saya mau melaporkan bahwa saya tertipu mendapatkan paket dari luar negeri dan kehilangan uang 3.2 juta dan sampai sekarang masih belum nyampe ke pintu rumah..dan saya punya kenalan orang luar negeri dan dia pun mengirimkan saya paket,bahwa saya mendapat kan kabar tersebut dari UNIGLOBE STAR LOGISTICS jasa pasokan & Pengiriman!!Tolong jelaskan apakah saya tertipu atau tidak dan saya ingin mengambil uang saya kembali….

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Halo Mbak Linda. Sebelumnya kami turut sedih dan prihatin atas musibah yang menimpa Mbak Linda. Jika Mbak Linda merasa tidak pernah membeli paket dari luar negeri dan tidak mengenal orang tersebut, sebaiknya tidak perlu diterima dan dibayar. Untuk melaporkannya juga akan sulit karena berkaitan dengan ranah dan hukum internasional.

      1. Linda Siska berkata:

        Bahwa kurirnya bilang paket tersebut udah datang di kota Jambi dan kurir nya meminta uang untuk bayar biaya pajaknya takutnya paket tersebut diperiksa oleh pihak berwajib,, benar apa tidak kk,,dan juga pihak perusahaan pengiriman barang mengirimkan photo paket tersebut melalui WhatsApp,,

        1. Anisa Juniardi berkata:

          Hai Kak Linda, boleh diceritakan lebih detil kronologinya gimana? Biar kami bantu untuk mendeteksi masalah tersebut masuk ke penipuan atau bukan.

          1. Linda Siska berkata:

            Begini kk,, cowok itu nanya kesukaan saya apa dan alamat saya dan saya jwb,,masa ia baru kenal 1 BLN kirimkan saya hadiah dan masa ia siang nya dia belanja malamnya paket ny datang dr luar negeri,dan sekitar pukul Jam 21:00 wib MLM tiba-tiba perusahaan pengiriman chat dan photoin box paket dan juga videoin paketnya yg lagi di keramasi untuk dikirim ketempat saya dan mereka bilang saya mendapat kan kiriman paket dri Thailand dan sy di bayar biaya pajak berat paket tersebut 10 kg,, sampai sekarang belum nyampe kerumah paket tersebut,,jika seseorang mengirimkan paket dari luar negeri apa penerima yg bayar semua biaya tersebut,,bantu saya kk

          2. Anisa Juniardi berkata:

            Hai Kak. Nggak akan pernah ada paket apa pun kak. Karna itu jelas penipuan.
            Karna tidak mungkin paket dr luar negeri hanya satu malam sudah sampai.
            Meski Thiland dan Indoensia dekat, tapi minimal 2 minggu barang biasanya baru tiba.
            Intinya kalau kenal orang seperti itu, langsung blokir kontak dan akunnya saja kak Linda.
            Sudah jelas-jelas itu penipuan dan kasusnya banyak dialami oleh pembaca di sini Kak. Harap berhati-hati ya kak ^^

  4. Dwi berkata:

    Kak . Mau tanya .
    Apakah paket dari luar negeri kita harus bayar bea cukai. Saya takut penipuan kak.
    Saya sebenarnya ingin menunjukkan foto no resi nya .saya tidak tahu apakah itu asli atau tidak.

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak Dwi. Benar, kita harus bayar pajak bea cukai. Jadi, biasanya pihak kepabean akan mengabari lewat email, nomor kontak yang tertera atau telepon langsung. Jadi bea cukai beda sama ongkir ya Kak ^^

  5. riri berkata:

    sy jg mau tanya ..apakah kalo ada yg beli brg sy dr LN sy bisa kena tipu jg kak ?mohon solusi nya

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak Riri. Belinya lewat marketplace resmi atau bukan Kak?

  6. yunita berkata:

    Saya punya teman dari luar negri,katanya saya dikirimkan paket,berupa perhiasan,sepatu tas dll,bahkan ada uangnya juga,ditunjukan semua buktinya ke saya,dan saya diminta kirim alamat,lalu tadi pagi saya di kabarin lewat jasa penerbangan udara OCS katanya,saya diminta membayar sebesar 5 juta,saya gak mau kok diblg saya penipu dan akan dilaporkan,

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak.. tidak perlu takut ya. Selama kakak tidak memesan barang dari seseorang, atau beli dari marketplace luar negeri, tidak perlu takut akan ancaman dari anonim atau oknum tidak bertanggungjawab tersebut. Langsung saja diblokir kak akunnya.

  7. Trobi berkata:

    Hay kak saya mau tanya
    Saya curiga ini penipuan , saya juga aneh padahal nomer saya baru ga ada yg tau
    Ad

    Dia whatsaap saya dengan kata asalamualaikum awal nya
    Kode negara nya +234
    Akhir ya kita chatingan dan dia mau mengirimkan uang lewat fedeex office
    Dan saya nanti suruh bayar uang pengiriman nya sebesar 7 juta bila barang sudah sampai
    Apakah itu benar?

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai kak, itu jelas sekali penipuan ya Kak. Kalo tidak kenal seseorang atau tidak melakukan pembelian apa pun, mohon jangan ditanggapi. Langsung blokir ya. Makasih ^^

    2. Ayu berkata:

      Sama kak ini no depan yg menghubungi saya.. Kelanjutannya gmn kak apakah paketnya datang.. Org yg menghubungi sy jg dr lindon.. Ksh tau sy gmn sekarang kak karena saya ada di posisi kakak saat itu saat ini saya

  8. Syafrida Eri Suryani berkata:

    Saya Jumat pagi 2 Agus 2022 dihubungi dari layanan pengiriman custom atas nama delta caurier yg di JKT, berhubung dgn pernyataan teman sosmedku lewat wa, yg bilang Kamis malam bahwa dia megirimpaket dari London ke alamat saya yg sdg dijambi,
    Oleh yg mengaku sebagai layanan pengiriman itu, saya diminta utk membayar uang 7 juta agar paket bisa diambilkan dan kemudian akan dikirim ke alamat saya dijambi, kmdian teman saya sosmed yg dilondon itu mengatakan itu benar2 paket darinya dan saya disuruh segera melunasi uang 7 JT itu kpd rekening yg bernama Sadam husen BNI dgn no rek……., , Apakah itu penipuan.???

    Saya binggung, tolong saya, dan bagaimana cara utk bisa tahu daftar nama2 paket yg tersayang datang dari London ke Indonesia utk saya yg dijambi, apakah bisa dilihat di internet, Krn pihak mereka tak menampak resi, dan hanya lewat tulisan wa saja, tanpa berbicara, bantu saya, apakah ini komplotan penipu luar negeri melalui persahabatan FB, kmd ke wa, ditunggu, dlm hormat.

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak Eri. Kalo boleh tahu sudah kenal berapa lama ya dengan oknum dari London tersebut?
      Biasanya orang asing yang mau mengirim barang sebagai tanda pertemanan atau persahabatan tidak akan meminta nominal atau pembayaran tertentu.
      Ada pun uang pajak biasanya tidak sebesar itu untuk barang-barang yang nominalnya juga tidak besar.
      Kalo menurut kami itu jelas-jelas penipuan ya Kak. Segera blokir nama dan nomor tersebut dan jangan sembarangan berkenalan dengan orang asing di media sosial. Terima kasih.

  9. Ayu berkata:

    Kak saya mau tanya ini sepertiny saya juga kena tipu.. Tp saya belum kirim atau bayarkan uangnya.. Jd awalnya bertmn dengan org luar sm kasusnya dgn yg lain ditny apa kesukaany minta alamat sy bekerja dan bodohnya saya ksh.. Yg ingin saya tanyakan gmn cr menolak paket tersebut jika mmg paket tsb dtg

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak Ayu, kalo menurut mimin sampe kapan pun itu paket nggak akan datang. Mereka ga mungkin kasih barang secara cuma-cuma dan ngeluarin uang sebegitu banyaknya untuk dikirim secara random. Saran mimin, cepet hapus komunikasi dgn orang tersebut. Kalo bisa blokir akun medsos dan kontaknya 🙂

  10. Rose berkata:

    Hai kak boleh berbagi info gk?
    Jd saya punya kenalan org amerika dan dia sdh mengirim barang” spt tas,sepatu,hp,laptop dan uang sebagai hadiah persahabatan.
    Kemudian dia mengatakan bahwa nanti saya harus membayar pajak bea cukai.
    Barang itu di kirim dr nama perusahaanya,nah yg mau saya tanya apa dia penipu?
    Barangnya memang baru di kirim dan belum sampai tp apakah benar saya harus membayar pajakbea cukai?
    Dan kira” harga pajak itu brp ya kak?
    Soalnya saya belum pernah spt ini takut di tipu.

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak, memang benar harus membayar pajak bea cukai dan EMS ke kantor pos. Tapi pembayaran tersebut biasanya diinformasikan oleh orang pos dan pihak kepabean. Tapi mendengar cerita kakak, mimin pikir itu sama modusnya yakni penipuan. Orang asing yang baru kenal dengan orang lain terutama di medsos, dia ga akan mau dan langsung menganggap kita sahabat apalagi kirim barang-barang mewah. Karena itu sudah pasti akan memakan pajak yang sangat tinggi. Harap diabaikan dan segera akhiri komunikasi dengan orang tersebut Kak.

  11. A.Angr Agung Jamiadmika berkata:

    Halo kak saya seperti nya tertipu
    Ada yang mengaku tentara Amerika di Suriah mengirimkan barang berupa uang kesaya dalam jumlah banyak dan dia menginginkan paket uang tersebut dengan nama ekspedisi nya skylimit di resinya dia mengaku suka sama saya
    Paket itu dia kirim kan 2september 2022 dua hari katanya sampai
    Dan saya setelah itu di telpon oleh orang kurir di Jakarta dan mengatakan bahwa paket itu harus bayar pajak dan cukai dan sebesar 9 juta dan mereka meminta uang untuk sertifikat keamanan dari uang itu biar bisa di kirim ke alamat saya dan sempat ragu dan akhirnya saya kirim 20 juta dari tabungan saya dan minjam ke orang,dan ternyata katanya 35 juta untuk melengkapi surat sertifikat itu dan saya tidak sanggup dan si pengirim paket itu terus mendesak saya untuk mengirimkan sisa pembayaran itu disuruh minjam lagi setelah selesai dia katanya akan datang untuk saya setelah dia mengajukan pengunduran dirinya dari dinas tentara dan akan membagi uang itu kesaya,saya jadi curiga dengan itu, tetapi sampai saat ini dia masih komunikasi dengan saya dan terus meminta saya untuk membayar dan ragu dan takut karena itu uang banyak dan anehnya tiba tiba akun nya di medsos banyak sekali dan di akun tersebut ada Poto Poto tentara, anehnya lagi Poto tersebut hanya isi beberapa Poto dan akun tersebut banyak atas namanya
    Jadi saya takut seandainya itu benar artinya saya terlibat money laundry
    Oohya rekening yang saya kirim kan itu atas nama pribadi atas nama ucu Hermawan rek BNI apakah ini penipuan ?

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak, sayang sekali harus mimin katakan kalo kakak kena penipuan. Saran mimin jangan langsung mau kenal dengan orang asing yang tiba-tiba ingin mengirimkan hadiah. Kakak bisa baca-baca balasan komentar mimin di blog ini ya pasti langsung ngeh kalau itu penipuan. Fyi, orang kepabean nggak akan langsung getok palu dan meminta kakak mengirimkan uang sebesar itu tanpa ada penjelasan singkat dan profesional. Kakak bisa melaporkan kasus ini langsung ke pihak berwajib agar segera diproses.

  12. Intan berkata:

    Apakah bisa laporannya ke polres ka, saya juga mengalami hal yang sama dan saya sudah mengeluarkan uang yang banyak

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Bisa Kak.. sertakan saja bukti-buktinya, seperti transfer, chat, dan lain-lain. Soalnya korbannya juga udah banyak. Lain kali berhati-hati ya Kak ^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *