Cara Pengembalian Barang di Shopee dengan Cepat [Terbukti Sukses]

Diterbitkan pada
10 Januari 2022
Waktu membaca
5 Menit

Apa kamu tahu bagaimana cara pengembalian barang di Shopee? Nah, pasti kalian sering mengalami beberapa kendala dalam transaksi secara online.

Proses mengembalikan barang ini berbeda dengan cara membatalkan pesanan di Shopee, ya. Ketika barang tidak sesuai pasti kalian ingin mengajukan mengembalikannya. Untuk mengetahui bagaimana caranya, bisa lihat pembahasan ini sampai selesai, ya.

Beberapa Alasan Pengguna Melakukan Retur Barang

Jika kita sering belanja di Shopee, perlu diketahui bahwa melakukan pengembalian atau retur barang ini tidak bisa sembarangan dilakukan, ya. Harus ada alasan yang jelas dari pembeli.

Di Shopee telah ada fitur khusus yang membantu pembeli dan penjual melakukan retur barang. Fitur ini sangat berfungsi jika ada pembeli yang komplain.

Beberapa alasan dan faktor mengapa pengguna sering mengajukan pengembalian barang yaitu :

  • Barang tidak diterima oleh pembeli.
  • Barang yang dikirim penjual tidak sesuai apa yang telah dipesan pembeli.
  • Produk yang diterima cacat atau rusak.
  • Terjadi kekurangan barang.
  • Produk berbeda dengan deskripsi.

Nah, itulah beberapa alasan pembeli mengembalikan barang di Shopee. Pembeli bisa menerima pengembalian tersebut berupa barang atau dana yang akan di transfer ke ShopeePay.

Namun, sebelum itu coba lihat beberapa informasi mengenai syarat dan ketentuan mengembalikan barang di Shopee. Langsung saja check it out..

Syarat & Ketentuan Pengembalian Barang di Shopee

Supaya proses pengembalian dana/barang di setujui pihak Shopee dan juga penjual, ada beberapa kebijakan yang telah dikeluarkan oleh Shopee melalui website resmi.

Berikut poin-poin yang telah kita rangkum syarat dan ketentuannya :

  1. Pembeli hanya bisa mengajukan proses ini jika :
    • Belum menerima barang.
    • Barang rusak atau cacat.
    • Barang tidak sesuai (ukuran, warna, jumlah, dll).
    • Barang berbeda dengan deskripsi.
  2. Permohonan pengajuan retur barang harus melalui situs.
  3. Pembeli bisa mengajukannya pengembalian sebelum masa garansi Shopee berakhir.
  4. Pengguna bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan berkomunikasi secara pribadi sehingga mencapai suatu kesepakatan bersama.
  5. Jika terjadi perubahan pikiran dari pembeli, maka pengajuan permohonan pengembalian tidak akan disetujui.
  6. Shopee akan meninjau dan memeriksa kasus pengembalian ini sebelum menyampaikan ke penjual.
  7. Jika penjual keberatan, bisa mengajukan permohonan secara tertulis kepada tim Shopee.
  8. Penjual harus menanggapi pengembalian tersebut sesuai jangka waktu yang telah ditetapkan.
  9. Jika sudah disetujui oleh penjual, sebagai pembeli harus mengembalikan semua barang termasuk barang gratis/bawaan.
  10. Saat melakukan unboxing, pembeli bisa mengambil video unboxing yang bisa digunakan untuk bukti.
  11. Biaya pengiriman pengembalian bergantung kepada kesepakatan yang sudah disepakati penjual dan pembeli.
  12. Jika penjual dan pembeli tidak mencapai kesepakatan, maka pihak Shopee akan menentukan sendiri siapa yang akan bertanggung jawab mengenai biaya pengiriman barang.

Jika sudah memahami seluruh kebijakan Shopee diatas, selanjutnya kita bisa mengajukannya melalui pembahasan selanjutnya.

Untuk itu, jangan kemana-mana yuk simak berikut..

Cara Pengembalian Barang di Shopee COD & Barang Sudah Diterima

Bagaimana cara pengembalian barang di Shopee melalu COD dan barang sudah diterima? Terdapat 2 macam pengembalian yaitu pembelian dari (1) Shopee Mall, (2) Non-Shopee Mall.

Jika penjual dan pembeli sudah mencapai kesepakatan bersama, berikut ini langkah-langkah mengembalikan barang di Shopee Mall dan Non-Shopee Mall.

1. Pengembalian Barang di Non Shopee Mall

  • Buka dan Login ke Aplikasi Shopee.
  • Pilih menu “Saya” pada bagian bawah kanan.
  • Klik “Pesanan Saya”.
  • Pada halaman pesanan saya, klik menu “Dikirim”.
  • Pilih produk yang akan dilakukan pengembalian.
  • Kemudian akan masuk ke rincian pesanan, klik “Ajukan Pengembalian”.
  • Pilih lagi (ceklis) barang yang akan diajukan pengembalian barang/dana.
  • Pilih alasan pengembalian yang berisi :
    • Saya tidak menerima pesanan.
    • Produk yang diterima tidak lengkap.
    • Produk yang diterima cacat.
    • Produk yang diterima tidak berfungsi dengan baik.
    • Produk berbeda dengan deskripsi atau foto.
  • Tambahkan foto sebagai bukti pendukung yang kuat.
  • Tulis keterangan alasan pengembalian untuk memperkuat pengembalian (opsional).
  • Pilih Solusi.
    • Bisa pengembalian berupa dana/uang.
    • Atau barang dikirim kembali oleh penjual.
  • Masukkan alamat email.
  • Klik “Kirimkan”.
  • Selesai !

Nah itulah, tutorial pengajuan retur barang di Non-Shopee Mall. Selanjutnya, kita akan memberikan tutorial retur barang di Shopee Mall.

Sebenarnya langkahnya tidak jauh berbeda. Tapi supaya lebih jelas lagi, yuk simak dibawah ini!

2. Pengembalian Barang di Shopee Mall

  • Buka dan login ke aplikasi Shopee.
  • Pilih menu “Saya” pada bagian bawah kanan.
  • Klik “Pesanan Saya” untuk melihat riwayat pesanan.
  • Tekan menu dengan status “Dikirim”.
  • Pilih barang yang akan diajukan pengembalian.
  • Kemudian akan masuk ke halaman rincian pesanan, klik “Ajukan Pengembalian”.
  • Pilih alasan yang sedang dialami, yaitu mencakup :
    • Saya tidak menerima pesanan.
    • Produk yang diterima tidak lengkap.
    • Salah ukuran,warna, atau beda produk.
    • Produk yang diterima cacat, tidak original, tidak berfungsi dengan baik.
    • Produk berbeda dengan deskripsi/foto.
  • Tambahkan foto sebagai bukti.
  • Tambah keterangan lagi untuk memperkuat alasan pengembalian (opsional).
  • Pilih “Jasa Kirim” untuk mengembalikan barang supaya bisa gratis ongkir di Shopee.
  • Masukkan alamat email.
  • Tekan tombol “Kirimkan”.
  • Selesai !

Berapa Lama Proses Pengembalian Barang di Shopee?

Ada prosedur pengembalian menurut kalender yang telah dibuat oleh tim Shopee. Untuk waktunya ini tergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Jika mereka merespon dengan cepat dan tanggap, maka proses ini bisa berjalan dengan lancar. Nah berikut ini waktu yang diberikan Shopee untuk penjual Shopee Mall dan Non-Shopee Mall :

berapa lama proses pengembalian barang di Shopee

Pengajuan pengembalian ini tidak langsung mengembalikan seluruh dana ke pembeli. Adapun prosesnya seperti dibawah ini :

proses pengembalian barang non-shopee mall

Jadi, lama proses pengembalian barang ini, pembeli diberikan waktu 5 hari. Kalau pembeli tidak juga melakukan pengiriman melebihi waktu yang ditentukan, maka pengajuan ini akan otomatis dibatalkan sistem, dan dana akan diterima Penjual.

Adapun tabel jangka waktu bagi penjual dan pembeli dalam melakukan kesepakatan pengajuan retur barang, berikut tabelnya :

tabel batas waktu untuk Penjual & Pembeli menanggapi diskusi-min

Note :

Jika penjual tidak merespons pengembalian barang melebihi waktu 7 hari, maka pengajuan akan disetujui secara otomatis oleh sistem.

FAQ

Bagaimana, sudah paham kan penjelasan diatas? Bagi kamu yang masih memiliki pertanyaan, bisa lihat di sesi FAQ ini.

Dibawah ini sudah kami rangkum beberapa pertanyaan yang sering diajukan serta jawabannya. Semoga membantu, ya…

  • Pengembalian barang lewat Shopee ongkir ditanggung siapa?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas. Biaya ongkos kirim ini akan diputuskan melalui diskusi antara penjual dan pembeli. Jadi, dari diskusi tersebut akan menghasilkan kesepakatan biaya ongkos kirim.

  • Jika mengajukan pengembalian barang di Shopee apakah uang kembali?

Uang akan dikembalikan ke saldo pembeli jika penjual telah menyepakati perihal pengembalian barang tersebut.

  • Apakah bisa tukar barang di Shopee?

Barang bisa ditukar dengan cara mengembalikan dan mengirim ulang ke penjual. Namun, dengan prosedur dan ketentuan yang sudah dijelaskan diatas.

  • Bagaimana jika penjual menolak pengembalian barang di Shopee?

Penjual berhak untuk menolak atau menerima pengembalian barang. Namun, sebagai penjual juga ada prosedurnya. Penjual harus mengajukan penolakan ke tim Shopee dan memberikan dokumen pendukung. Misalnya seperti bukti chat dengan pembeli.

Penutup

Nah, itulah penjelasan mengenai cara pengembalian barang di Shopee. Jika masih ada pertanyaan yang kurang jelas bisa tulis di “kolom komentar“, ya.

Kami juga selalu memberikan informasi menarik lainnya di media sosial, lho! Yuk, coba kepoin Instagram kami di @Pintarjualan.id, dan jangan lupa untuk follow!

Sekian dari kami ya, pantengin terus perkembangan postingan dari kami dan bagikan juga ke teman kalian. See you 🙂

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *