Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Sebagai Penjual dan Pembeli

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
26 Agustus 2021
Waktu membaca
5 Menit

Cara membatalkan pesanan di Shopee baik sebagai penjual maupun pembeli, tetap bisa dilakukan, kok. Asal mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh Shopee.

Dalam panduan praktis ini, kami akan menyampaikan beberapa poin penting terkait hal tersebut. Meliputi:

  • Jenis-jenis pembatalan pesanan di Shopee (instan, non instan, otomatis),
  • Cara membatalkan pesanan di Shopee sebagai penjual maupun pembeli,
  • Estimasi pengembalian dana Shopee dari hasil pembatalan pesanan.

Namun sebelum itu, ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Jenis-jenis Pembatalan Pesanan di Shopee

Berdasarkan sumber valid dari Shopee langsung, ada setidaknya 3 jenis pembatalan pesanan bagi pembeli di Shopee, yakni:

  • Instan
  • Non Instan
  • Otomatis

Untuk penjelasan yang lebih rinci, simak tabel berikut ini.

Jenis PembatalanKeteranganContoh Kasus
InstanPembatalan dilakukan dalam waktu 1 jam setelah pembayaran terverifikasi.

Klik “Batalkan Pesanan” sebelum Penjual mengatur pengiriman atau memasukkan nomor resi.

Pembayaran pesanan terverifikasi pukul 09.00 WIB.

Jika kamu meng-klik “Batalkan Pesanan” pada pukul 09.30 WIB (sebelum Penjual mengatur pengiriman atau memasukkan nomor resi), maka pesanan dibatalkan secara instan dan tidak membutuhkan respon dari Penjual.

Non InstanPembatalan dilakukan dalam waktu 1 jam setelah pembayaran terverifikasi.

Klik “Batalkan Pesanan” dan mohon menunggu respon Penjual dalam waktu 1×24 jam.

Jika Penjual tidak memberikan respon dalam waktu yang ditentukan, sistem akan secara otomatis akan melakukan pembatalan dalam waktu 1×24 jam berikutnya.

Pembayaran pesanan terverifikasi pukul 09.00 WIB.

Jika kamu meng-klik “Batalkan Pesanan” pada pukul 12.00 WIB, maka pengajuan pembatalan pesanan memerlukan respon Penjual dalam waktu 1×24 jam.

OtomatisPesanan otomatis dibatalkan apabila:

  1. Penjual tidak mengirimkan pesanan setelah masa “Dikirim Dalam” berakhir.
  2. Penjual tidak menyerahkan paket ke kurir penjemput atau mengantarkan paket ke counter jasa kirim dan resi pengiriman tidak terverifikasi dalam 2 hari sejak masa “Dikirim Dalam” berakhir.
Kamu melakukan pemesanan dengan Masa Pengemasan berakhir pada 30 Agustus 2021.

Jika Penjual tidak kunjung melakukan proses pengiriman sampai dengan tanggal tersebut, maka di hari berikutnya pesanan akan dibatalkan secara otomatis.

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Dalam prosedur pembatalan pesanan di Shopee, kami membaginya dalam 2 tipe:

  • Sebagai pembeli
  • Sebagai penjual

Berikut penjelasan selengkapnya.

Sebagai Pembeli

1. Buka aplikasi Shopee, lalu pilih menu “Saya” di pojok kanan bawah.

menu pesanan saya

(c) shopee.co.id

2. Setelah terbuka halaman akun, pilih menu “Belum Bayar” / “Dikemas” / “Dikirim“.

pesanan dibatalkan pembeli

(c) shopee.co.id

3. Pilih pesanan yang ingin dibatalkan.

pembatalan pesanan pembeli

(c) shopee.co.id

4. Ketuk tombol “Batalkan Pesanan” lalu pilih “Ya” untuk konfirmasi pembatalan.

konfirmasi pembatalan pesanan pembeli

(c) shopee.co.id

5. Selesai!

Sebagai Penjual

1. Buka aplikasi Shopee, lalu pilih menu “Saya” di pojok kanan bawah. Kemudian, pilih menu “Toko Saya” di pojok kanan atas.

halaman toko saya

(c) shopee.co.id

2. Pilih menu “Penjualan Saya“, kemudian pilih menu “Belum Bayar” / “Dikemas” / “Dikirim“.

halaman penjualan saya

(c) shopee.co.id

3. Pilih pesanan yang akan dibatalkan. Lalu, ketuk “Jawab” dan pilih alasan pembatalan pesanan.

batalkan pesanan penjual

(c) shopee.co.id

4. Ketuk “Konfirmasi” untuk melanjutkan proses pembatalan.

konfirmasi pembatalan pesanan penjual

(c) shopee.co.id

5. Selesai!

Catatan

  • Bagi pembeli, apabila pesanan yang akan dibatalkan berada dalam tab Belum Bayar / Dikemas, maka pembeli tidak dapat memilih satu produk yang ingin dibatalkan. Melainkan, hanya dapat membatalkan semua produk dalam pesanan.
  • Bagi penjual, apabila pesanan yang akan dibatalkan berada dalam tab Belum Bayar / Perlu Dikirim, maka penjual tidak dapat memilih satu produk yang ingin dibatalkan. Melainkan, hanya dapat membatalkan semua produk dalam pesanan.
  • Apabila produk berada dalam tab Dikemas, maka pembeli dapat memilih produk yang akan dibatalkan. Sedangkan, penjual tidak bisa (tetap harus semua dibatalkan).
  • Pembatalan hanya bisa dilakukan 1x untuk setiap pesanan. Apabila Pembeli membatalkan pengajuan pembatalan pesanan atau Penjual menolak pembatalan, maka fitur pembatalan pesanan untuk produk tersebut tidak akan bisa digunakan kembali.

Baca juga konten menarik lainnya:

Estimasi Pengembalian Dana Shopee

Setelah pengajuan pembatalan pesanan di Shopee berhasil disetujui oleh Penjual, maka Pembeli akan mendapatkan pengembalian dana dari Shopee.

Pengembalian dana tersebut disesuaikan dengan metode pembayaran yang telah dipakai saat pemesanan produk. Untuk keterangan lebih lanjut, simak tabel berikut ini.

Metode PembayaranMetode Pengembalian DanaWaktu Proses
Shopee PayShopee Pay1×24 jam
Transfer Bank ManualShopee Pay1×24 jam
Virtual AccountShopee Pay1×24 jam
Indomaret & AlfamartShopee Pay1×24 jam
KredivoKredivo1-3 hari kerja
AkulakuAkulaku1-3 hari kerja
Kartu KreditKartu Kredit7-14 hari kerja
Debit OnlineShopee Pay1×24 jam
One KlikShopee Pay1×24 jam
Cicilan Kartu KreditKartu Kredit7-14 hari kerja
Cash on Delivery (COD)Shopee Pay1×24 jam
Shopee Pay LaterShopee Pay Later2×24 jam

Rangkuman

  • Sistem pembatalan pesanan di marketplace Shopee terbagi menjadi 3, yakni instan, non instan, dan otomatis.
  • Sebagai pembeli, cara pembatalannya: Menu Saya > Belum Bayar / Dikemas / Dikirim > pilih pesanan yang akan dibatalkan > Batalkan Pesanan > Ya.
  • Sebagai penjual, cara pembatalannya: Menu Saya > Toko Saya > Penjualan Saya > Belum Bayar / Dikemas / Dikirim > pilih pesanan yang akan dibatalkan > Jawab & pilih alasan > Konfirmasi.
  • Pengembalian dana dari pembatalan pesanan disesuaikan dengan metode pembayaran yang dilakukan. Rata-rata dikembalikan melalui Shopee Pay. Jika tidak punya, akan ditransfer melalui bank yang sudah terdaftar di akun Shopee.

Bagaimana, sampai di sini cukup jelas ya?

Apabila ada bagian yang belum dimengerti, jangan sungkan-sungkan untuk Tinggalkan Balasan (✍) di kolom komentar. Sebisa mungkin kami akan bantu jawab dan carikan solusi praktisnya.

Bagikan konten menarik ini kepada teman-teman lewat tombol share sosial media di bawah. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya pada sesi Artikel Terkait (📌) di bawah postingan ini.

Akhir kata, terima kasih dan semoga membantu yaa~ 🙏

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *