Cara Membuat Toko Online Gratis Untuk Jualan Tanpa Ribet (5 Menit Jadi)

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
25 Agustus 2021
Waktu membaca
5 Menit

Cara membuat toko online gratis kini sudah tersedia cukup banyak opsi. Banyak platform yang sudah menyediakan layanan untuk merilis toko online tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Hanya saja, fasilitas yang diberikan mungkin dibatasi. Untuk mendapatkan yang lebih bagus, maka pengguna disarankan berlangganan. Dalam tulisan ini, kita akan fokus ke layanan gratisnya dulu beserta poin penting lainnya. Meliputi:

  • Alasan mengapa kita membutuhkan toko online sebagai platform jualan,
  • Beberapa platform membuat toko gratis secara online tanpa ribet.

Namun sebelum itu, ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar tidak ketinggalan update di kemudian hari. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Alasan Kenapa Harus Bikin Toko Online

Sebelum mengikuti petunjuk cara membuatnya, mari kita lihat dulu alasannya kenapa. Apa kelebihannya bagi pemilik usaha untuk membuat sebuah toko yang bisa diakses secara online?

Jika dirangkum, ada 5 alasan kenapa harus membuat toko online:

  1. Menaikkan kredibilitas toko
  2. Bisa jadi katalog online
  3. Lebih hemat waktu
  4. Bisa akses 24 jam
  5. Menaikkan repeat order

Untuk penjelasan selengkapnya, lihat ulasan berikut ini.

1. Menaikkan Kredibilitas Toko

Kredibiltas toko bisa naik drastis dengan hanya membangun toko online sendiri. Pembeli bisa dengan mudah melihat toko kamu tanpa harus melihat kompetitor seperti yang terjadi di marketplace.

2. Bisa Jadi Katalog Online

Banyak yang menggunakan Instagram sebagai katalog, itu memang bagus. Terlebih dengan adanya fitur Instagram Shopping yang memudahkan pengguna. Namun, dengan toko online, kamu jadi lebih fleksibel untuk membuat katalog online sendiri.

3. Lebih Hemat Waktu

Dalam toko online, kamu bisa cantumkan hal-hal yang sering ditanyakan oleh pelanggan (FAQ) supaya tidak perlu repot-repot untuk membalas satu per satu. Bisa juga menerbitkan halaman ketentuan order, retur, dan banyak lagi.

4. Bisa Akses 24 Jam

Sama dengan fitur-fitur marketplace pada umumnya, toko online kamu bisa diakses dengan mudah selama 24 jam non stop. Tanpa perlu takut server down, karena sudah diatur oleh penyedia toko (platform).

5. Menaikkan Repeat Order

Konsumen yang sudah menjadi pelanggan biasanya akan dengan mudah untuk melakukan pembelian ulang (repeat order). Dan kalau kamu buat kampanye dan diskon di toko online sendiri, itu akan memperbesar peluang terjadinya penjualan lagi.

Baca juga konten menarik lainnya:

Bagaimana, sudah semakin yakin untuk membuat toko online untuk usaha kamu? Jika iya, dalam sesi berikutnya kita akan kupas platform apa saja yang bisa kamu gunakan, gratis.

Platform Cara Membuat Toko Online Gratis

Dalam sesi ini, kami akan menjabarkan beberapa platform untuk membuat online store secara gratis. Jika menginginkan fitur yang lebih komplit, kamu tinggal membayar biaya langganan yang juga terjangkau.

Jika diringkas, ada beberapa platform untuk membuat toko online gratis:

  1. TokoTalk.com
  2. Sakoo.id
  3. Desty.app
  4. Natatoko.com
  5. Sirclo.com

Untuk penjelasan selengkapnya, simak ulasan di bawah ini.

1. TokoTalk.com

TokoTalk merupakan platform pembuatan toko online gratis dan cepat. Sudah ada 530 ribu toko online yang dibuat dari platform TokoTalk. Proses pembuatan yang mudah, serta banyak fitur gratis yang kredibel.

Apa saja keunggulannya?

  • Desain Web Profesional. Beragam desain menarik dan profesional sudah disediakan oleh pihak TokoTalk, kamu tinggal memilih mana yang paling disukai dan sesuai dengan produk jualanmu.
  • Upload Produk Unlimited. Kamu dapat mengunggah produk jualan sebanyak apapun yang kamu mau, tanpa harus membayar biaya tambahan. Benar-benar unlimited.
  • Kelola Order Otomatis. Apabila terjadi penjualan di toko yang kamu bangun, TokoTalk akan secara otomatis memberi tahu dan merekomendasikan proses pesanan secara otomatis pula.

Link daftar TokoTalk gratis: https://tokoadmin.tokotalk.com/signup

2. Sakoo.id

Sakoo juga tidak kalah bagusnya dengan platform yang lain. Sejauh ini ada banyak fitur yang memudahkan pemilik toko untuk mengelola produk, mencatat penjualan secara otomatis, hingga fitur promosi untuk menaikkan penjualan.

Berikut beberapa kelebihan platform Sakoo:

  • Pengelolaan Terpusat. Seluruh data produk, stok, pengiriman, hingga chat dengan pelanggan yang terhubung dengan marketplace hanya perlu diakses dalam 1 dashboard saja, yakni Sakoo.
  • Simpan Data Pelanggan. Pemilik toko dapat menyimpan data-data pelanggan yang membeli produk, secara otomatis. Tanpa harus repot mencatat lagi.
  • Fitur Promosi. Ada banyak fitur menarik untuk mempromosikan toko kamu dengan mudah. Mulai dari potongan harga hingga gratis ongkir.
  • Analisa Bisnis. Sakoo akan memberikan laporan secara mendetail mengenai penjualan toko, mulai dari produk terlaris, stok yang menipis, hingga penjualan terbaik sebagai bahan pertimbangan kamu.
  • Laporan Akunting. Tidak perlu repot-repot lagi untuk mencatat pendapatan secara manual, karena seluruh transaksi sudah tercatat otomatis ke dalam sistem Sakoo.
  • Multi Admin. Kamu dapat menambahkan admin tambahan untuk mempermudah urusan kamu sebagai pemilik, serta efisiensi untuk bisnis kamu ke depannya.

Link daftar Sakoo gratis: https://app.sakoo.id/register

3. Desty.app

Desty bisa dibilang sebagai pelopor pembuat situs mikro untuk beragam kebutuhan. Mulai dari pemilik toko online, merchant, influencer, content creator, penyedia layanan, dan masih banyak lagi.

Penggunaannya mudah, daftarnya cepat, dan gratis pula. Bisa juga untuk membuat bio builder, sebagaimana yang dilakukan oleh Linktree. (Baca juga: Cara Membuat Linktree untuk Bio Instagram)

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki Desty Store:

  • Kelola Bisnis Mudah. Bisa buat katalog, mengatur pesanan yang masuk, terima pembayaran, hingga melacak pengiriman langsung dari dasbor.
  • Bebas Atur Desain. Kamu bisa dengan mudah memodifikasi tampilan yang ada. Bisa disesuaikan dengan brand toko kamu secara keseluruhan.
  • Bebas Biaya Transaksi. Tidak ada biaya transaksi setiap kali ada penjualan di Desty Store. Semuanya gratis.

Link daftar Desty.app gratis: https://www.desty.app/signup

4. Natatoko.com

Sebagai platform pendatang baru, Natatoko juga tidak boleh diremehkan. Memiliki fitur yang tidak kalah menarik dan komplit, serta gratis untuk (setidaknya) 2 bulan pertama berlangganan.

Keunggulan yang dimiliki oleh Natatoko antara lain:

  • Custom Domain. Toko kamu bisa di-custom sesuai dengan nama brand. Tidak perlu khawatir dengan nama pasaran, karena di sini kamu bisa membuatnya menjadi lebih unik.
  • Integrasi Kurir. Toko yang dibuat sudah otomatis terintegrasi dengan beragam ekspedisi di Indonesia. Bisa langsung menghitung biaya kirim sesuai dengan jarak dan ekspedisi yang dipilih.
  • Ragam Metode Pembayaran. Pembeli bisa menggunakan banyak metode pembayaran mulai dari transfer bank hingga dompet digital.
  • Katalog Produk. Semua produk bisa langsung dikelola mulai dari upload, edit, hingga detail pesanan yang masuk dan statistiknya.

Link daftar Natatoko gratis 2 bulan: https://app.natatoko.com/daftar

5. Sirclo.com

Sirclo Store menghadirkan beragam fitur menarik dan gratis. Mulai dari mengelola order dan pemasaran secara digital. Pilihan tampilannya juga boleh dibilang cukup variatif.

Setidaknya, berikut adalah beberapa kelebihan menggunakan Sirclo:

  • Mobile-friendly. Toko online yang dibuat sudah langsung bisa diakses lewat perangkat apa saja, termasuk mobile, tablet, hingga komputer. Semua fungsinya tetap berjalan lancar tanpa hambatan.
  • Admin Panel. Ada dashboard yang mudah untuk diakses dan dioperasikan bahkan oleh pemula sekalipun. Digunakan untuk unggah produk, edit tampilan, hingga memproses orderan.
  • Hitung Tarif Ongkir. Secara otomatis bisa mengestimasi berapa biaya tarif pengiriman yang digunakan: JNE Express, SiCepat Ekspress, GoSend.
  • Sistem Pembayaran. Ada banyak alternatif bagi pembeli untuk melakukan proses pembayaran. Melalui transfer bank, dompet digital, m-banking, hingga kartu kredit.
  • Atur Diskon. Bisa custom promo dan diskon untuk produk-produk pilihan yang dijual di toko. Termasuk untuk diskon gratis ongkir.

Link daftar Sirclo gratis: https://store.sirclo.com/create-online-shop-2.0

Rangkuman

  • Keuntungan bagi pemilik usaha untuk membuat toko online antara lain: meningkatkan kredibilitas toko, meningkatkan kesempatan untuk repeat order, bisa jadi katalog online, bisa diakses 24 jam, dan lebih hemat waktu.
  • Platform yang bisa digunakan untuk membuat toko online secara gratis antara lain: TokoTalk.com, Sakoo.id, GoStore, Desty.app, Tokoko.id, Natatoko.com, dan Sirclo.com.

Bagaimana, sampai di sini sudah cukup jelas, ya? Jika ada yang ingin ditanyakan, Tinggalkan Balasan (✍) di kolom komentar di bawah. Sebisa mungkin akan kami respon dan bantu berikan solusi praktisnya.

Mungkin cukup sampai di sini dulu topik bahasan kita kali ini. Baca juga konten menarik lainnya di sesi Artikel Terkait (📌) di bawah postingan ini. Bagikan ke teman-teman jika kamu suka, ya.

Akhir kata, terima kasih dan semoga membantu ❤

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *