Advertisement

Apakah Menerima Paket Luar Negeri Harus Bayar? Lihat Pajaknya!

Diterbitkan pada
12 Januari 2022
Waktu membaca
4 Menit

Apakah menerima paket luar negeri harus bayar? Kalau sobat merasa membeli paket dari luar negeri, ya tentu harus bayar. Tapi jika merasa tidak pernah membeli, jangan coba-coba untuk langsung menerima ya, Sob!

Banyak sekali modus penipuan yang berkedok kirim hadiah. Ini merupakanciri ciri penipuan kirim paket luar negeri yang sedang marak sekali melalui media sosial.

Sebenarnya, memang ada banyak biaya tambahan yang harus kita penuhi untuk bisa menerima paket luar negeri tersebut.

Apa saja biayanya, dan berapa yang mesti kita bayar? Yuk, langsung simak saja ulasan di bawah ini. Check it out..

Apakah Menerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar?

Apakah paket dari luar negeri kena bea cukai? Pertanyaan ini sering kali diajukan masyarakat di Indonesia yang akan menerima paket dari luar negeri.

Mungkin sobat adalah seorang pengusaha yang mempunyai supplier di luar negeri. Sehingga mau tidak mau harus sering melakukan transaksi ini.

Apalagi di Indonesia sudah banyak e-commerce yang masuk dan bisa digunakan untuk belanja ke luar negeri. Misalnya saja seperti Alibaba, Aliexpress, eBay, 1688, dan lain sebagainya.

Jadi, pada intinya kita harus membayar biaya tambahan lagi supaya bisa menerima barang tersebut.

Nah, biaya ini disebut dengan pajak. Seperti yang kita ketahui, pengiriman barang dari luar negeri masuk ke indonesia disebut impor. Untuk bisa menerima barang impor, kita harus membayar biaya bea cukai atau pajak ini.

Kami telah menemukan informasi mengenai aturan pajak dan bea masuk barang impor sesuai Peraturan Menteri Keuangan No. PMK 199/PMK.10/2019. Yang intinya :

Seluruh paket barang kiriman dari luar negeri dengan harga lebih dari 3$, maka akan dikenakan pungutan pajak impor yang wajib dibayarkan oleh yang bersangkutan.

Berapa pajak kirim barang dari luar negeri? Adapun informasi biaya pajak impor ini menurut kategorinya, yaitu :

  • Untuk kategori jenis barang yang umum, dikenakan pajak sekitar 17.5%, dihitung dari harga barang dan biaya ongkos kirim ke Indonesia.
  • Kategori tas, akan dikenakan pajak sekitar 32.5-40%, dihitung dari harga barang dan ongkos kirim.
  • Kategori sepatu, dikenakan pajak sekitar 42.5-50%, dihitung dari harga barang dan biaya ongkos kirim.
  • Untuk kategori pakaian, tekstil, baju, akan dikenakan pajak sekitar 32.5-45% dari harga barang dan biaya ongkir.

Nah, sampai sini apakah sudah paham? Agar lebih jelas lagi, yuk pahami bagaimana cara bayar pajak barang dari luar negeri di part selanjutnya, dibawah ini~

Bagaimana Cara Membayar Pajak Barang dari Luar Negeri?

Sebenarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi ongkos biaya pengiriman dan pajak cukai. Ini dia faktornya :

Pertama, jarak antar negara. Jarak ini memang berbeda-beda, karena tiap negara ada yang tidak terpisah dengan pulau, namun ada juga yang sangat jauh dipisahkan oleh pulau, samudra, dll.

Kedua, berat paket yang akan dikirim. Berat ini sangat mempengaruhi dan biasanya dihitung per kg.

Ketiga, ukuran paket. Size paket yang besar atau panjang, pasti biaya pengirimannya lebih mahal dari pada yang kecil.

Keempat, barang yang penting atau harus dengan perlindungan khusus.

Bagaimana cara bayar cukai pengiriman barang dari luar negeri ke indonesia? Sobat, gak usah bingung lagi. Dibawah ini sudah kami rangkum cara yang praktis untuk membayarnya.

Ada 2 macam cara membayarnya yaitu :

  1. Apabila menggunakan jasa kirim kantor pos.
  2. Apabila menggunakan jasa kirim perusahaan dari luar negeri.

Untuk tutorialnya, langsung saja simak dibawah ini :

Halaman Selanjutnya
1. Melalui Kantor Pos...

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

68 Comments

  1. Indah berkata:

    Saya mendapat paket yg berupa 1 tas dan sepasang sepatu dari teman dr london dia juga memberi kwitansi pengiriman lewat foto di washApp lalu besoknya ada telfon dari bea cukai saya harus membayar 7 juta sebelum saya mengirim di rumah karena katanya ongkos lokal itu lebih mahal,saya tidak begitu saja mentranfer karena bagi saya 7jt itu mahal,mending saya buat belanja dikota saya sudah dapat beraneka ragam,lalu dari bea cukai marah karena saya tidak mau membayarnya,itu bagaimana mohon penjelasannya? Trimakasih🙏

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Halo Mbak Indah, kalau boleh tahu, teman dari London mengirim paket menggunakan ekspedisi apa ya Mbak? Karena pajak 7 juta harus dilihat dulu transparansinya.
      Dari pajak sendiri memberikan rincian berikut:
      Nilai impor lebih dari USD3 hingga USD1500 per kiriman akan Dikenakan Bea Masuk 7,5% dan PPN 10%.
      Jadi mesti dihitung dulu dari barangnya. Apakah masuk kategori barang sangat mahal atau bukan.
      Kalau tidak dibayar biasanya barang akan tertahan di sana, Mbak.

      1. Sri Wahyuni berkata:

        Assalamualaikum mbak ,saya mau bertanya saya mempunyai teman dari Turki dan dia mengirim kan hadiah untuk saya sebab saya ulang tahun tgl 11 Agustus kemarin,dan sekarang pihak bea cukai mengirim saya pesan bahwa paket saya sudah ada di bandara Jakarta ,dan saya mengharuskan membayar sebesar 5 juta rupiah ….saya ingin bertanya apakah ini benar atau kah penipuan …mohon kak informasinya🙏

        1. Anisa Juniardi berkata:

          Hai Mbak Sri, menurut saya ini harus diselidiki dulu. Hadiah apa yang dia kirim, kenapa pajaknya mahal sekali? Bahkan untuk harga barang jutaan rupiah sja pajaknya hanya ratusan ribu.
          Apakah Mbak Sri sudah berteman lama dengan beliau atau baru sebentar?

        2. Putri maudita Nurhasanah berkata:

          Saya mendapat kiriman dari seorang teman di London, melalui courir internasional, tapi saya disuruh bayar buat biaya cukai senilai 3 jt dan saya membayar nya, belum lama dia bicara katanya didalam kiriman paket ada uang dollar senilai 20 dolar dia bilang harus ada sertifikat nya, kalo gk ada sertifikat harus membayar senilai 5 juta, dan saya menolak takut nya penipuan

          1. Anisa Juniardi berkata:

            Halo kak Putri, itu memang jelas penipuan ya Kak.
            Sudah banyak dan seringnya modus penipuan begini Kak. Mohon berhati-hati..

  2. Juliana berkata:

    Saya dapat kiriman dari London dan saya sebelum menerima paket itu a
    Harus membayar biaya sebesar 3 juta tapi saya takut di tipu

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Halo Mbak, kalau boleh tahu paketnya apa ya Mbak? Apakah dapat pesan dari Bea Cukai Mbak?

  3. Pricil berkata:

    Saya punya teman dari USA dan dia mengirim hadiah untuk saya dan kurang lebih 2 hari setelah dia kirim barang ada telfon masuk yang mengaku bahwa dia sebagai pihak dari delta courier service dan meminta saya untuk membayar pajak sebesar 7jt lebih dan saya di arahkan untuk transfer ke nomor rekening yang dia berikan di WhatsApp, dan saya bilang minta bukti data nya saja minta di kirimkan fotonya ke saya tapi dia bilang tidak bisa intinya saya harus bayar atau transfer dulu soalnya barangnya masih di tahan di Bea Custom dan tidak bisa di foto katanya soalnya saya belum bayar, tapi saya takut kalau itu penipuan

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Yang telfon atau kirim pesan bukan dari Bea Cukai ya Mbak?
      Biasanya yang menginfokan pajak dan cukai itu pihak Kepabean.
      Tapi Delta Courier service memang ada Mbak.
      Namun memang agar tidak tertipu, Mbak Pricil harus minta datanya secara lengkap.
      Transfer ke bank atas nama siapa dan apakah sudah sesuai alur transaksinya.

  4. Tara Aulia berkata:

    Kak mau nanya, kalau dapat kiriman dari London, misalnya handphone, handphone iPhone bea cukai nya berapa ya kak. Makasih sebelumnya

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak, untuk biaya biasanya tidak bisa dipastikan seperti cek ongkir Kak.
      Karena bagian bea cukai pun yang akan memberitahukannya sendiri lewat notifikasi WA, Email, dll.

  5. Diana berkata:

    Baru2 ini saya juga dapat kiriman dr London katanya sih berisi hp, jam tangan dan uang. Saya takut itu penipuan karna baru semalem dia bilang kirim masak pagi saya sdh dapat tlpn harus mengambil barang dan pajaknya sebesar 8 JT. Menurut kakak apa ni trmsk penipuan

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Wah, kalo dari London ga mungkin dalam satu malam Kak. Besaran pajaknya juga terlalu tinggi kalo HP, Jam tangan, dan uang.
      Btw, yang telpon nomornya berapa Kak? Kami coba bantu untuk inspeksi dan cek.

  6. Icha berkata:

    ya kemarin aku juga dapat kiriman paket dari teman di London tas mewah seperangkat perhiasan lalu iPhone dan sejumlah uang dolar, tapi baru 2 hari paket nya diinformasikan sudah sampai kemudian aku disuruh transfer uang 15jt rupiah sebelum barangnya dikirim
    apa itu penipuan atau sungguhan ya mba?

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Sudah konfirmasi ke temannya langsung Mbak?
      Kalo sampai dua hari sih kok terlalu cepat ya? Biasanya pengiriman dari luar negeri itu memakan waktu yang cukup lama, Mbak (pakai Fedex saja bisa 7 hari-2 minggu harian). Jarang ada yang sampai dua hari. Maaf, diinformasikannya lewat apa ya Mbak kalo boleh tahu? dan apakah nomor tersebut resmi dari Kepabean?

  7. Quincy Earley berkata:

    Artikel ini menjadi ide buat orang-orang yang membacanya. Aku yakin artikel anda amat berkontribusi banyak untuk seluruh orang yang berkunjung ke website ini, terima beri.

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Terima kasih banyak ^^

  8. Antjeliasari berkata:

    Saya juga kak, dapat kiriman dari Amerika serikat, ada jam tangan, ipon leptop pehiasan dan sejumlah uang, terus di telopon oleh agen harus bayar pajak sebanyak 7juta baru bisa dikirim paketnya suruh di transver uangnya ke no rek. Yg dikirim ke saya,, aku takut itu penipuan kak jadi saya tidak meresponnya lagi, kalau pengiriman dari luar AS kira kira berapa lama ya, ini kok 2 aja pengirimannya

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Halo Kak.. kalo merasa tidak beli dan tidak ada teman yang mengabari bahwa dirinya mengirimkan paket sejumlah tersebut, jangan diterima dan jangan kirim apa pun ya Kak.
      Paket dari luar negeri biasanya memakan waktu minimal satu minggu bahkan satu bulan lamanya untuk tiba di Indonesia.

      1. Mahpiyah berkata:

        Halo saya mau tanya temen saya kirim barang dari London dia bilang dari sana dia sudah bayar tetapi di sini saya harus bayar lagi ini benar apa penipuan yang di kirimkan adalah tas sepatu jam tangan dan sejumlah uang kira kira berapa uang yang harus saya bayar dan ini penipuan atau bukan terimakasih

        1. Anisa Juniardi berkata:

          Halo kak, itu penipuan ya Kak, pihak sana memang membayar untuk biaya pengiriman dan kita pun juga bayar cukai + EMS, tetapi tidak mungkin kalau mengirim uang dalam bentuk fisik. Kan bisa ditransfer. Hati-hati ya kak. Lagi banyak modus yang sama.

  9. Maya berkata:

    Saya juga kak,kemarin teman saya dr paris mau mengirimkan hadiah berupa tas,jam tanagan,perhiasan,sandal,hp dan sejumlah uang dolar,tapi saya disuruh membayar sejumlah uang 3 juta katanya untuk biaya kirimnya,dia mengirim resi dan video pengiriman paketnya juga kak,saya tny pake jasa apa ktnya fedex,trs stlh saya cek video paketan yg dia krm,tnyta Dhl ,tp saya tdk tf,trs nmrnya saya blokir kak,saya takut kalau itu penipuan,apa nanti barqng2 tsb akan tetap dikirim ke alamat saya ya kak,soalnya saya takut kalau ditagih,mohon penjelasannya 🙏🙏

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak Maya.. dari cerita Kak Maya, mimin cuma kasih masukan sedikit.
      Jika memang uang pajaknya senilai 3 juta, bisakah teman kakak ngasih informasi jumlah nilai barang?
      Sebenarnya kalo harga hp, tas, jam tangan belasan juta sih dan total sampe puluhan juta (katakanlah di atas 20juta), bisa sekali biaya bea masuk sampe 3 juta.
      Tapi coba dicermati baik baik, tanggal barang dikirim dan diproses pihak pengiriman dengan tanggal barang sudah sampai di Indonesia.
      Pengiriman Paris ke Indonesia minimal 1 bulan lebih lamanya.
      Dan pastikan itu hadiah dalam rangka apa, karena belakangan ini sedang marak penipuan berkedok hadiah jam tangan, hp, dan tas, Kak Maya.
      Untuk pengiriman fedex dan DHL jg dikenakan ongkir, tapi setahu mimin gak sampai segitu tingginya.
      Barang gak akan dikirim ke alamt kakak sebelum kakak transfer untuk bea masuk ke pihak bea cukai, jadi tenang aja Kak.
      Menurut mimin kemungkinan itu penipuan berkedok hadiah dr luar negeri. Tindakan kakak sudah benar dengan memblokir nomor tersebut.

  10. Fatmawati berkata:

    hai kak.saya mau minta saran nya.sqya dapat kiriman paket dari luar negeri . Thailand.berupa hp dan sejumlah uang.tqpi saya di suruh membayar jasa pengiriman nya di Indonesia.sejumlah 3 juta rupiah.tapi saya takut itu penipuan.apa yg harus saya lakukan ya.?? terimakasih sebelumnya

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak. Kami rasa itu penipuan ya karena bea masuk atau pajak cukai itu harus dihitung dulu dari jenis barang dengan persenan tertentu. Tidak bisa langsung ditentukan 3 juta rupiah. Dan biasanya yang menginfokan adalah akun resmi pajak bea dan cukai. Terima kasih^^

  11. Nurul hikmah berkata:

    Apakah menerima uang dari negara swiss harus membayar biaya transfer mba…kata teman saya dia ingin mengirimkan uang sebesar 50.000 us dollar dan saya harus membayar biaya transfer sebanyak 1 jta.apakah itu bisa termasuk penipuan mba?

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Mbak Nurul. Setiap pengiriman dari luar negeri memang harus bayar bea masuk alias pajak bea cukai. Namun kalo uang dollar 50rb itu kan bisa ditransfer pakai kartu kredit atau kartu debit bahkan lewat payPal.
      Dan biasanya pun kalo dipaketin tidak ada uang maupun biaya transfer. Yang ada adalah biaya pengiriman dan bea masuk ^^

  12. T berkata:

    Iya mohon penjelasan nya aq jga dpt kenalan dri london tiba2 kirim k wa terus dia seperti pura2 suka sama sya dan dia bilang mau ngasih hadiah di situ ada tas uang rupiah seperangkt perhiasan jm tangn hp ipone cincin dia bilang udah kirim cuman g jelas pake paket jasa kiriman apa besoknya ada tlp dri jsa pelayanan pengiriman hrs byr 7jt gimana itu apakh itu penipuan atau memang benar
    Orngnya terus2an nyuruh k aq pergi utk bayar dan paketnya bwa
    Trims

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak Tuti. Menurut kami itu penipuan karena tidak mungkin biaya pengiriman sebesar itu untuk paket tersebut. Bahkan semahal iPhone saja pajaknya hanya ratusan ribu saja.
      Sebaiknya langsung blokir akun WA tersebut Kak daripada terganggu.

    2. Eva Herawati berkata:

      Ke aku juga ada yang seperti ini, seperti suka ke saya ters ngirim paket tas, iPhone dan uang dollar,, terus kurir nya minta uang 4 juta untuk biaya imigrasi..
      Terus saya bilang di dalam paket nya ada uang ambil saja yang itu untuk membayar,, eh malah disangka pencucian uang..
      Bagaimana ini ..
      Apakah itu penipuan?
      Mohon penjelasannya

      1. Anisa Juniardi berkata:

        Hai Kak Eva, kalo menurut mimin itu penipuan ya Kak.
        Kakak korban kesekian kalinya karna banyak juga yang sudah ketipu sampai 10 juta.
        Padahal prosedur dari bea cukai dan kurir tidak seperti itu asal memberikan nominal.
        Jadi, saran saya sebaiknya diblokir saja Kak.
        Selama kakak tidak menerima paket dan tidak melakukan pemesanan secara sah (tertulis), maka tidak bisa dikategorikan tindak pencucian uang.

  13. Allisia berkata:

    Kak,saya mendapat kiriman paket dari london berupa,tas,sepatu,hp,dan uang dolar dari teman saya,dia mengatakan jangan memberi tahu pihak agen tentang apa yang ada didalam itu selain tas,sepatu dan hp. Memang tertera disana dikenakan pajak 2 juta untuk biaya lokal. Saya telah mentranfer uang tersebut ke agen,lalu dia meminta lagi untuk mentransfer 2 juta.karena pihak bea cukai mengetahui bahwa ada dolar di dalam nya yang cukup banyak. Jadi bagaimana solusiny kak

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak, sekarang lagi marak sekali pengiriman paket dari luar negeri dengan menyuruh penerima mentransfer nominal sampai jutaan rupiah.
      Dan sepertinya Kakak terkena penipuan karena jumlah transfer tersebut rinciannya harus jelas sesuai dengan patokan nilai bea masuk dari pajak dan bea cukai.
      Dan biasanya kakak hanya perlu mentransfer uang pajak ke bea cukai bukan ke agen mana pun.

  14. Edi Prabowo berkata:

    Halo kaka. Bagaimana cara kita mengetahui bahwa orang yang menghubungi kita mengaku dari pihak bea cukai dan meminta transfer adalah benar orang tersebut dari pihak bea cukai ? Dan bagaimana cara menghubungi pihak bea cukai untuk konfirmasi kedatangan paket?

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak, untuk mengetahui mereka dari bea cukai atau tidak, bisa langsung ke halaman pengaduan Bea Cukai Kak. Silakan klik link ini ya https://www.beacukai.go.id/pengaduan.html atau bisa ke Telepon: 0800-100-3545 (Bebas Pulsa) dan SMS: 0821-30-202045. Semoga membantu ya Kak Edi ^^.

  15. Santi berkata:

    Saya jg dapat kenalan dari luar negeri blm sebulan saya kenal dia blng maw kirimin hadiah iphone jam tangan tas dan beberapa uang dolar trus baru dua hari ada WA blnk barang ibu sdh sampai di indonesia tp ibu harus membayar dl 7jt baru di kirim paketnya sebenarnya itu penipuan atw bagaimn mbak….

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Mbak Santi, itu jelas penipuan ya Mbak.
      Dan biasanya ini kayak sindikat sih Mbak. Jadi mereka tuh beli nomor atau daftarin nomer dengan kode luar negeri (Misa +1 dan lain-lain) padahal mereka orang Indonesia.
      Itu jelas penipuan Mbak. Sebaiknya cepat diblokir nomor yang bersangkutan. Terima kasih^^

  16. Edi Prabowo berkata:

    Terima kasih atas pencerahannya kaka

    1. Anisa Juniardi berkata:

      sama-sama Mas Edi ^^

  17. Edi Prabowo berkata:

    Halo kk maaf tanya lagi,bisakah membayar dan mengabil paket langsung ke pihak bea cukai bukan melalui transfer ? Takut kena tipu jika melalui transfer.

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Sebenarnya bisa Mas. Langsung aja ke kantor atau kepabean terdekat Mas.. nanti biasanya kalo dah dikroscek dan konfirmasi dari sana uangnya bisa ditransfer juga di tempat.

  18. Ade berkata:

    Halo teman-teman semua, setelah baca blog ini dan melihat komentar teman-teman rasanya kok sedang marak-maraknya ya modus pengiriman hadiah dari kenalan yang berada di luar negeri. Saya juga begitu, kenal seseorang dari IG baru seminggu, lalu tetiba ingin mengirimkan hadiah untuk saya padahal dia tinggal di US (mengaku begitu, nomor handphone-nya sih betul). Apakah sebaiknya saya percaya dan mengirimkan alamat saya? Sejujurnya saya takut karena saat saya mencoba tanya harga barang tersebut, dia mengelak terus. Bilangnya kepada saya, kira-kira kena bea cukai 500USD (sekitar 7 juta untuk kurs saat ini). Apakah teman-teman punya saran bagaimana caranya melakukan background check? Dia tidak punya LinkedIn soalnya, hanya IG saja dan nomor WhatsApp.

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai kak, kalo menurut saya sebaiknya diblokir saja kenalan kakak di IG.
      Jujur ya Kak, saya juga punya teman bule dan kami sudah berteman selama 4 tahun lamanya. Dan ga ada yang namanya baru kenalan selama 1 minggu mereka udah mau kirim-kirim hadiah, karena bule itu terutama laki-laki justru lebih logis ketika mengirimkan hadiah. Kecuali kakak (maaf) pacar atau sahabatnya yang udah kenal lama banget. Mereka juga orangnya lebih menghargai privasi kak jadi biasanya malah nggak bakal bincang bincang soal uang pada pertama kenalan, apalagi baru seminggu. Saran saya sih sebaiknya blokir akun IG maupun WA-nya. Karena itu jelas-jelas penipuan. Kalo pun ada bea cukai, itu yang menginformasikan langsung dari pihak bea cukai, bukan temen kakak 🙂 Semoga membantu ya.

  19. Bambang berkata:

    Hallo kak selamat malam.
    saya punya teman kenalan di medsos, orang Dubai kerja di Pelayaran. dia mengirim sebuah paket 22 Item : Sepatu Branded, Pakaian, Jam Mewah, Hp, jam tangan Laptop merk Apple. + Uang Dolar. dan saya harus merahasiakan kepada pihak pengirim bahwa di dalam nya ada uang 150.000 dolar.
    pengirim dari Dubai tanggal 13 sampai Indonesia tanggal 14. dan di tanggal 14 saya di wa temen yang tadi, bahwa paket sudah tiba di Indonesia. dan meminta saya untuk mengirim uang Pajak sebesar 10jt. temen saya itu maksa harus bayar pajak itu dengan alasan agar paket tersebut segera di kirim ke alamat saya. terus saya transfer tuh duit 10juta kepada pihak beacukai yang dikasih nomor temen saya. dan pas di cek di bea cukai, ada uang Dollar dalam jumlah besar, dan saya harus membuat surat sertifikat uang Dollar sebesar 25jt. agar uang dollar tersebut bisa digunakan di Indonesia. dan temen saya menyuruh saya untuk membayar biaya tersebut.
    masih panjang ceritanya.

    kira2 itu penipuan apa bukan ya kak. Terima kasih

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Mas Bambang. Itu sudah jelas sekali penipuan ya. Karena bea cukai tidak sembarangan menggeledah barang kiriman dari luar negeri dan pengiriman dari dubia ke Indonesia juga tidak akan secepat itu seperti pengiriman antar kota dalam Provinsi.
      Haduh, sayang sekali Mas Bambang uang 10 jutanya. Semoga dapat ganti yang lebih baik di kemudian hari ya Mas 🙂 Nomor bea cukai yang resmi bisa dicek di Google ya Mas.. jangan terima nomor dari teman atau lainnya sebelum kroscek sendiri. Itu saran kami.

  20. Edi Prabowo berkata:

    Nah ini opsi yang paling aman,bukan asal transfer ke orang tak jelas. Ok thankz kk

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Sama-sama Mas Edi ^^

  21. Ristianti berkata:

    Saya juga dapat kiriman luar negri dan sampai saat ini meminta transferan dan bisakah bapak melacak nonor wa orang itu mohon bantuannya ini nomornya +02348104893934 say tanya jasa pemgiriman fed ex

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak Ristianti, kalo boleh tahu yang WA minta transfer nomor tersebut atau siapa ya Kak?
      Kalo berdasarkan pengecekan kami, nomor tersebut bukanlah milik bea cukai ^^

  22. Nurul Mustafidah berkata:

    Maaf kak saya mau bertanya karna ini membuat saya resah takut jika ini penipuan, saya mendapat kirim paket dari luar negeri saya di suruh transfer 17 jt lebih agar paket segera di terima saya, informasi dari pihak jasa kirim paket mereka tidak bisa mengantar paket karena tertahan bea cukai dan harus melakukan pembayaran clerance biasanya untuk pembayaran clerance atau import duty card apa benar bisa mencapai segitu.

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak.. apakah kakak sebelumnya menmbeli barang dari luar negeri atau ada teman dekat yang mengirimkan barang?
      Memang benar kalau paket yang masuk ke Indonesia harus membayar bea cukai dulu, tapi harus dilihat juga barangnya apa. Setau saya, pajak bea cukai ga sebesar itu bahkan untuk HP saja tidak terlalu mahal bea masuknya. Hati-hati ya kak atas penipuan, karena sekarang sedang marak sekali.

  23. Ina berkata:

    Sya ingin bertanya ya kak, saya pnya teman di IG, baru 2 hari sudah ingin mengirim barang mewah, dan dia berpesan didalam paket ada uangnya, untuk membayar paket. Bagaimana sikap saya kak, apa harus saya blokir sekarang.

    1. Anisa Juniardi berkata:

      BLOKIR SEKARANG MBAK. LANGSUNG BLOKIR!! Maap, kesplok nggak jebol cuma geregetan kak wkwkwk. Itu jelas penipuan Kak. lagi marak banget kak sindikat alias penipu di media sosial pake akun foto bule terus follow gajelas Kak.

  24. Linda yani berkata:

    Hay kak aku mempunyai kenalan dari Jerman dan dia ingin kasih hadiah cincin buat pertunangan kita dan dia memasukkan sejumlah uang 20 dolar lalu tadi pagi ada pesan masuk katanya sudah berada di perusahaan yang Ng wa saya perusahaan (Fedex) dia meminta uang 1jt untuk biaya ongkir aku kirimkan uangnya lalu dia bilng menemukan sejumlah uang 20 dolar,dan dia marah terhadap saya karena kata dia tidak boleh memasukkan uang kedalam paketan,dan dia harus menukar uang itu menjadi uang rupiah dia juga ngirim bukti kalau uang itu d tukarkan lewat bank lalu dia menyuruh saya untuk membuat tambahan biaya pertukaran uang seharga 2jt mbkk aku takut itu penipuan apakah itu penipuan apa bukan?

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak Linda. Itu jelas penipuan ya Kak. Sekarang lagi modus banget begini.
      Kalo boleh tahu kenal berapa lama ya Kak? Kalo memang beneran mau tunangan, seharusnya dia daatang dulu ke Indonesia untuk menyatakan keseriusannya.
      Bertemu keluarga dan menikmati sebentar culture di sini.
      Kalo kenal dari sosmed dan belum ada 1 tahun, sebaiknya berhati-hati.

  25. raffi berkata:

    hallo kak
    adik perempuan saya punya kenalan cowok dilondon lewat media sosial. mereka berdua sudah saling chatting. cowok tersebut suka sama adik saya. mau ngirim iphone, sepatu, perhiasan, dan ada uang di dlm nya melalui jasa pengiririman fedex. dia juga sudah ngirim bukti reciept nya. saat barang diterima harus bayar dulu 3jt.
    kira2 itu modus penipuan atau bukan?

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak Raffi. Itu jelas penipuan ya Kak. Mohon diberitahukan pada adiknya untuk segera blokir bule tersebut karena mereka seperti sindikat yang selalu mencari korban dan salah satunya dari Indonesia. Bukti tersebut bisa dipalsukan dan dibuat oleh mereka sendiri Kak.

  26. raffi berkata:

    hallo kak
    adik perempuan saya punya kenalan cowok dilondon lewat media sosial. mereka berdua sudah saling chatting. cowok tersebut suka sama adik saya. mau ngirim iphone, sepatu, perhiasan, dan ada uang di dlm nya melalui jasa pengiririman fedex. dia juga sudah ngirim bukti reciept nya. saat barang diterima harus bayar dulu 3jt.

  27. W.budisantoso berkata:

    Klo dapat kiriman berupa kotak deposit atau boleh di bilang seperti brankas itu kira2 biaya nya berapa ya mas?

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Halo Kak Budi. Sebelumnya (maaf) brankas tersebut dikirim dari mana? dan Menggunakan pengiriman apa ya? Karena untuk nominal tentu kami tidak tahu pastinya, tetapi menurut aturan bea masuk 17.5% untuk seluruh total dari pembayaran bea masuk 7.5% pajak PPN 10%.

  28. Alkahtani berkata:

    Pagi mbak, saya mau tanya , saya dapat kiriman paket yang berat nya 250kg dari teman saya yang bekerja ukraina, dan setelah paket nya sampai, saya harus bayar pajak cukai nya sebesar 11 juta, saya dapat informasi dari petugas jasa ekspedisi nya, saya bingung mau bayar tapi sayang uang nya , apakah itu wajar dengan paket seberat 250kg, pembayaran nya harus sebesar itu ?

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak Alkahtani, paket berat 250 gram tetapi harus bayar 11 juta.
      Rasanya kurang masuk akal ya Kak. Soalnya untuk pembayaran barang yang datang dari luar negeri dihitung bea masuknya dan biaya pengemasannya.
      Nah, kalo boleh tahu pakai ekspedisi apa ya kak? Karna kan bisa dicek dulu itu nomor shipping atau nomor resinya.

  29. Vitasafira berkata:

    Kak saya dapat kenalan dari Korea, sudah sekitar 2 minggu, chatingan hari-hari dan dia menyukai saya, terus mengejar saya di media sosial, dan katanya untuk membuktikan serius nya dia mengirim kan saya Tas, perhiasan, jam, dan sepatu bahkan IPhone,
    Dia berkata itu akan sampai dalam waktu 3 hari seperti yang tertera di bukti Nota yang dia kirim, tapi saya merasa itu mustahil sampai dengan begitu cepat, bahkan perkenalan begitu cepat,
    Dan dia bahkan mengirim bukti pengiriman barang dan bukti pada saat dia menyerah kan barang ke pihak jasa kirim
    Mohon saran nya kak?

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak Fira, sekarang lagi marak banget ya penipuan begini terutama di Instagram. Mereka mengambil PP atau gambar orang lain seperti orang Korea, Orang Amerika berprofesi dokter, dan memperlihatkan sebagai sosok yang kaya raya dan terasa tertarik sama korbannya.
      Fyi ya Kak, pengiriman dari luar negeri ke Indonesia memakan waktu 7 hari-2 minggu itu paling cepat, dan rata-rata bisa satu bulan baru sampai karena pengurusan dokumen, dll tidak mudah.
      Saran saya, kakak langsung blokir akun atau kontak orang tersebut Kak. Mohon berhati-hati ya dengan modus seperti ini 🙂

  30. Komang purnama lestari berkata:

    Halo KK, saya ada orang baru kenal di ig,trus dya meminta no wa saya, dan saya langsung kasi, baru beberapa hari kenal, dia katanya sudah membelikan saya hadiah dan mengirimkannya ke saya, orang ini katanya kerja di London tapi asal Thailand,tapi udah dua hari lamanya sudah ada yg mnlpon saya seorang kurir, dan menyuruh saya segera membayar bea cukai sebesar 3 juta, kalau tidak barang tersebut tidak akan dikirim.
    Dan saya bilang sama orang yg mengirimkan hadiah ini ,saya disuruh membayar dulu , katanya isi hadiah saya beberapa pakaian, tas, dan isi beberapa puluh ribu dolar,dan saya dikirimkan foto barang dan uang sama vidio saat dia ketempat pelayanan untuk mengirimkankan barang saya tersebut, dan dia menyuruh saya ,jangan sampai tahu kurirnya kalau hadiah tersebut isi uang di dalamnya,tapi saya lihat dari no telepon temen yg saya kenal ini, bner no telepon Thailand saya lihat dari google +66.
    Apa saya harus mempercayainya atau tidak?

  31. Komang purnama lestari berkata:

    +62 831-6856-1574 ini nomer kurir yang menyuruh saya membayar biaya cukai nya kk sebesar 3 juta, dan dia mengirimkan saya no rekening
    Nama perusahaannya detrack freight delivery courier service
    Apa saya harus mempercayainya apa tidak

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak Komang, ini sudah jelas penipuan ya Kak. Silakan blokir dan putus kontak/hubungan dengan nomor dan akun tersebut. Sekarang sedang marak penipuan di IG.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *