Advertisement

30+ Contoh Usaha Kecil-Kecilan Modal Kecil Menjanjikan 2022

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
12 Januari 2022
Waktu membaca
8 Menit

Ada lebih dari 30 peluang usaha kecil-kecilan modal kecil yang menjanjikan di 2022. Ada yang untuk remaja, pelajar, mahasiswa, di desa, dan seterusnya. Usaha kecil-kecilan ini juga bisa saja menjadi peluang usaha sampingan.

Oleh karena itu, simak terus artikel ini sampai selesai. Agar tidak ketinggalan sedikit pun informasi terkait peluang usaha kecil-kecilan. Sebelum itu, mari simak dulu tips memulai usaha kecil-kecilan.

Tips Memulai Usaha Kecil-Kecilan

Agar usaha kecil-kecilan yang kamu bangun bisa berkembang, ada beberapa tips yang mungkin bisa kamu lakukan. Berikut ini tips sebelum memulai usaha kecil-kecilan.

1. Pastikan Pasar

Tips yang yang pertama, jangan lupa untuk memastikan pasar. Kira-kira saja, setelah kamu membuka usaha kecil-kecilan, ada yang beli atau tidak, ada yang tertarik atau tidak.

2. Buat Catatan Keuangan

Jangan lupa juga untuk mencatat segala yang berurusan dengan uang, baik uang masuk atau keluar. Jangan sampai, misalnya, uang itu kamu campur dengan uang gaji bulanan.

3. Promosi

Terakhir, buat promosi meski hanya sebulan sekali saja misalnya. Kamu bisa mencoba berbagai trik promosi. Seperti misalnya beli 1 dapat 2, diskon 50%, dan sebagainya.

Usaha Kecil-Kecilan Modal Kecil

Khusus kamu yang hanya memiliki modal kecil, coba saja peluang usaha kecil-kecilan di bawah ini. Modalnya tidak lebih dari 500rb. Berikut ini peluang usaha kecil-kecilan modal kecil di 2022.

1. Jualan Gorengan

Jualan gorengan bisa menjadi alternatif buat kamu yang ingin hanya memiliki modal kecil saja. Meski usaha kecil-kecilan, dengan jualan gorengan kamu bisa mendapat untung besar.

2. Jualan Ayam Goreng

Harga 1 kilo ayam biasanya tidak sampai 50rb. Kamu bisa memulai dengan hanya menjual 5 kilo terlebih dulu. Sisanya, kamu bisa memanfaatkan peralatan dapur seperti wajan, kompor, dan sebagainya. Usaha kecil-kecilan ini cukup menjanjikan, apalagi banyak peminatnya.

3. Jualan Roti Bakar

Untuk membuka atau memulai jualan roti bakar ini, modal yang dibutuhkan mungkin tidak sampai 500rb. Khusus untuk gerobaknya sendiri, kamu bisa memanfaatkan jasa sewa gerobak terlebih dulu. Biaya sewanya berkisar 10-15rb per hari.

Dengan begitu, kamu sudah bisa membuka usaha kecil-kecilan yang satu ini meski hanya dengan modal kecil. Kamu bisa berjualan di depan rumah atau menyewa teras minimarket.

4. Jualan Kue Ulang Tahun

Terakhir, usaha kecil-kecilan dengan modal kecil yang bisa kamu coba dalah dengan menjual kue ulang tahun. Khusus kue ulang tahun, buka kue-kue yang lain. Dengan begitu, biasanya orang malah akan langsung inget kamu ketika mau membeli atau memesan kue ulang tahun.

Usaha Kecil-Kecilan untuk Remaja

Remaja biasanya terkenal dengan kekuatan fisiknya. Jadi, pekerjaan apa pun cocok untuk kalangan yang satu ini. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini usaha kecil-kecilan di 2022 untuk remaja.

1. Buka Angkringan

Peluang usaha kecil-kecilan yang pertama untuk remaja adalah buka saja angkringan. Peluang yang satu ini sangat menjanjikan dan menguntungkan. Apalagi lagi jika kamu buka angkringan lengkap di dekat-dekat kampus atau pondok pesantren.

Kata siapa membuka angkringan butuh modal yang besar. Di tahun 2022 sudah banyak orang yang menyediakan paket jasa sewa gerobak angkringan lengkap dengan makanan-makanannya.

2. Jualan Minuman Juz

Minuman juz, baik itu juz buah maupun sayuran, sepertinya menjadi minuman yang banyak sekali peminatnya. Mungkin, karena selain sehat, juga harganya yang cenderung murah. Dengan modal blender, kamu sudah bisa membuka usaha kecil-kecilan yang satu ini di 2022.

3. Jualan Kebab

Kebab sebenarnya bukan makanan asli Indonesia, tetapi asal Turki. Namun, karena rasanya yang enak dan bumbu-bumbu yang dipakai juga tidak jauh berbeda dengan bumbu-bumbu masakan Indoensia, makanan yang satu cukup memiliki banyak peminat di Indonesia.

Agar kamu bisa membuka atau memulai jualan kebab dengan modal yang kecil, kamu bisa bekerjasama dengan teman-teman kamu untuk membuka peluang bisnis makanan asal Turki ini.

4. Jualan Bakso Malang

Berbeda dengan bakso Solo atau bakso Wonogiri, bakso Malang memiliki ciri khas sendiri. Bakso Malang biasanya dilengkapi pangsit yang gurih atau siomay. Selain itu ada juga tahu putih.

Jika modal kamu benar-benar terbatas, kamu bisa mencari orang atau teman yang mau diajak kerjasama dengan sistem pembagian hasil. Di tahun 2022, biasanya ada banyak orang mau diajak kerjasama. Apalagi jika berpeluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

5. Jualan Cireng atau Cilok

Jajanan asal tanah sunda ini sudah sangat terkenal karena rasanya yang enak dan cocok untuk lidah orang-orang Indonesia. Apalagi untuk para anak-anak muda. Ditambah hargnya yang murah, biasanya dijual mulai 3 ribu, juga bisa menjangkau semua kalangan.

6. Jualan Siomay dan Batagor

Selain Cireng atau Cilok, jualan siomay dan batagor juga bisa jadi usaha kecil-kecilan yang cukup menjanjikan dan menguntungkan. Ciri khas sambal kacangnya yang gurih, sangat cocok sebagai jajanan yang di makan di siang dengan minum es kelapa muda.

6. Jualan Seblak

Makanan dengan ciri khas bumbu kencurnya ini juga salah satu makanan yang sedang hits di 2022. Dengan campuran bakso, jamur, sosis, dan rasanya gurih, membuat makanan ini banyak dicari.

Untuk jualan seblak sendiri, kamu tidak butuh modal yang besar. Dengan modal 700 ribu saja sepertinya sudah cukup. Kamu bisa memanfaatkan jasa sewa gerobak untuk sementara.

7. Buka Warung Kopi

Buka saja warung kopi kecil-kecilan di depan rumah jika modal kamu terbatas atau kecil. Kamu bisa undang teman untuk datang atau melakukan sedikit promosi melalui media sosial. Jangan lupa untuk menambah wifi gratis agar semakin banyak orang yang tertarik.

8. Jualan Tahu Crispy

Jualan tahu crispy juga bisa jadi salah satu usaha kecil-kecilan lho. Untungnya juga tidak kalah besar dengan usaha kecil-kecilan yang lainnya. Apalagi jika kamu punya lebih dari 100 cabang tahu crispy di setiap kota-kota besar di Indonesia. Bisa dipastikan akan sangat menguntungkan.

9. Jualan Singkong Keju

Singkong keju, makanan desa yang diolah menjadi makanan kota dan banyak juga peminatnya. Rasanya yang kriuk di luar dan lembut di dalam bisa menjadi cemilan yang tepat untuk sekedar ngobrol atau nongkrong. Apalagi ditambah dengan rasa keju yang gurih.

10. Jualan Koran

Buat kamu yang memiliki waktu luang di pagi hari, bisa mencoba usaha kecil-kecilan yang satu ini. Di pagi hari biasanya banya orang yang berangkat kerja Kamu bisa menjualnya di lampu merah saat mereka semua berhenti. Tunjukkan saja headline, barangkali saja mereka tertarik untuk membaca.

11. Jualan Nasi Goreng

Khusus kamu yang bisa masak, terutam masak nasi goreng, coba saja peluang usaha kecil-kecilan ini. Agar tidak terlalu mengeluarkan banyak modal, kamu bisa jualan nasi goreng di depan rumah. Nasi gorng biasanya di jual di malam hari, bukan pagi hari, jangan keliru.

12. Jualan Nasi Uduk

Jika nasi goreng dijual di malam hari, maka nasi uduk biasanya dijual di pagi hari. Meskipun ada beberapa warung penyetan yang biasanya menyediakan nasi uduk juga. Tidak banyak orang yang menjual nasi uduk. Jadi peluang  yang satu ini masih terbuka lebar.

13. Jualan Lotek atau Gado-Gado

Terakhir, peluang usaha kecil-kecilan untuk remaja adalah jualan lotek dan gado-gado. Makanan yang satu ini biasanya jadi salah satu pengganti makan siang. Rasanya gurih dan cukup mengenyangkan.

Usaha Kecil-Kecilan untuk Pelajar

Selain untuk para remaja, ada juga peluang usaha kecil-kecilan yang khusus untuk para pelajar. Berikut ini peluang usaha kecil-kecilan di 2022 untuk pelajar yang mungkin bisa dicoba.

1. Jualan Pulsa & Paket Data

Pelajar mana yang saat ini tidak pakai HP. Hampir semua pelajar saat ini pakai HP, tidak seperti pelajar-pelajar dulu. Buat kamu yang masih pelajar, kamu bisa memanfaatkan itu dengan berjualan pulsa sekaligus paket data ke teman-teman sekelas kamu.

2. Jualan Sosis & Bakso Bakar

Selain jualan pulsa dan paket data, buat kamu yang masih pelajar juga bisa mencoba usaha kecil-kecilan dengan jualan sosis dan bakso bakar saja di depan rumah setelah pulang sekolah.

3. Jualan Kaos

Mencoba untuk jualan kaos juga tidak ada salahnya. Terutama adalah kaos-kaos tertentu yang lagi tren. Seperti kaos Mobile Legend misalnya. Kamu cukup memesan ke konveksi dan terima jadi saja.

Usaha Kecil-Kecilan di Rumah Menguntungkan

Cukup dari rumah saja sudah bisa dapat penghasilan tambahan. Berikut ini pluang usaha kecil-kecilan di rumah yang menguntungkan dan menjanjikan di 2022.

1. Jasa Buat Landing Page

Selain undangan onlien, kamu bisa mencoba peluang pembuatan landing page. Peluang yang satu ini juga bisa kamu kerjakan dari rumah. Cukup dengan modal laptop dan koneksi internet.

2. Jual Kerajinan Tangan

Ada banyak jenis kerajinan tangan yang bisa dijadikan usaha kecil-kecilan. Seperti misalnya tas rajut, tas, kalung, tempat alat tulis, dan seterusnya. Kamu tinggal pintar-pintar saja memasarkannya.

Usaha Kecil-Kecilan Makanan

Bisnis makanan tidak harus selalu dalam porsi besar. Bisnis makanan juga bisa dilakukan kecil-kecilan. Berikut ini adalah usaha kecil-kecilan makanan di 2022 yang mungkin bisa kamu coba.

1. Jualan Aneka Kerupuk

Banyak jenis kerupuk yang bisa menjadi usaha kecil-kecilan makanan. Mulai dari kerupuk petis, kerupuk emping, dan seterusnya. Untungnya lagi, bisa dijual secara mentah atau matang.

2. Jualan Aneka Jajanan Pasar

Selain jualan aneka kerupuk, kamu juga bisa menjual anek jajanan pasar. Kamu bisa menjual jajanan langsung sendiri atau bisa juga dititipan ke tempat-tempat tertentu. Biasanya ada tempat-tempat tertentu yang memang menerima jajanan pasar.

3. Jualan Aneka Keripik

Terakhir, kamu juga bisa menjual aneka keripik. Peluang usaha kecil-kecilan ini cukup menjanjikan. Rasa keripik yang gurih biasanya banyak dicari untuk sekedar cemilan dan sebagainya.

Usaha Kecil-Kecilan untuk Laki-Laki

Usaha kecil-kecilan lain adalah khusus untuk para laki-laki. Laki-laki itu biasanya selain punya tenaga yang kuat juga tahan ngantuk. Berikut ini adalah usaha kecil-kecilan untuk laki-laki di 2022.

1. Buka Toko Kelontong

Pilihan lain usaha kecil-kecilan untuk laki-laki adalah dengan membuka toko kelontong. Banyak di desa atau kota toko kelontong yang kecil-kecilan karena hanya sekedar untuk sampingan saja.

2. Rental PS

Terakhir, khusus para laki-laki, kamu juga bisa membuka rental PS di rumah. Cukup 1 atau 2 PS saja agar tidak terlalu merepotkan. Rental PS itu termasuk yang bisa ditinggal. Anak-anak biasanya main PS dalam jangka waktu paling tidak 1 jam. Seringnya malah 2 jam.

Usaha Kecil-Kecilan di Desa

Jualan di desa harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan mereka. Seringnya adalah hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan pokok. Berikut ini usaha kecil-kecilan di desa di tahun 2022 yang bisa kamu coba.

1. Jual Sayuran

Coba perhatikan tukang-tukang sayur keliling baik di desa maupun kota. Rata-rata atau kebanyakan adalah laki-laki. Peluang ini layak kamu coba karena potensi menguntungkannya tinggi.

Lebih-lebih jualan sayur itu mudah. Kamu tinggal pergi ke pasar di pagi hari kemudian keliling desa atau komplek perumahan sampai jam 10 atau 11 siang saja misalnya.

2. Jasa Potong Rambut

Peluang usaha kecil-kecilan lain di desa adalah jasa atau tukang potong rambut. Di desa, tukang jasa potong rambut biasanya di bayar 10 ribu untuk setiap kali memotong rambut. Meski cukup murah, jasa potong rambut cukup menjanjikan karena masih belum banyak yang buka.

3. Ternak Hewan

Peluang usaha ternak ini sangat menjanjikan di desa. Sangat cocok dengan lingkungan desa yang masih asri. Kamu bisa beternak kambing, ayam, hingga ikan sekalipun dalam jumlah yang kecil dulu.

Usaha Kecil-Kecilan untuk Mahasiswa

Jadi mahasiswa itu harus benar-benar mengatur waktu. Selain harus kuliah setiap hari, juga harus mengerjakan tugas yang tidak sedikit. Jadi usaha untuk mahasiswa juga harus bisa menyesuaikan itu semua. Berikut ini usaha kecil-kecilan untuk mahasiswa di 2022.

1. Freelance Penulis

Peluang usaha kecil-kecilan untuk mahasiswa yang pertama adalah menjadi freelance penulis. Kamu bisa menjadi penulis SEO dan copywriter. Selain itu kamu juga bisa menulis opini. Kirimkan saja tulisan opini tersebut ke media-media nasional maupun online.

2. Menjadi Blogger

Peluang usaha kecil-kecilan untuk mahasiswa yang kedua adalah menjadi blogger. Dengan menjadi blogger kamu bisa mendapatkan penghasilan dengan dua cara. Cara yang pertama adalah melalui ads seperti Google Ads. Sedangkan cara yang kedua dengan jual saja blog yang kamu bangun.

3. Jualan Buku 

Terakhir, sudah bukan rahasia lagi, kalau jualan buku bisa secara online sekarang. Dengan dukungan markeplace dan media sosial, jualan buku semakin lebah mudah kini. Tidak ada salahnya juga untuk mencoba usaha kecil-kecilan untuk mahasiswa yang satu ini.

Usaha Kecil-Kecilan Online

Peluang usaha online semakin hari semakin banyak. Di era serba digital seperti sekarang ini, hampir semua jenis usaha bisa dilakukan secara online. Termasuk usaha kecil-kecilan sekalipun. Berikut ini peluang usaha kecil-kecilan online di 2022.

1. Menjadi Dropshiper atau Reseller

Peluang usaha kecil-kecilan online di 2022 yang pertama adalah menjadi dropshiper atau reseller. Kedua peluang tersebut sangat menjanjikan asal barang atau produk yang kamu pilih benar-benar sedang dibutuhkan.

Seperti misalnya ketika pandemi, kamu bisa menjadi dropshiper atau reseller masker. Untungnya lagi, sekarang kamu bisa dengan mudah menjadi dropshipper di Shopee. Sehingga kamu tidak pelu repot-repot mencari produk-produk tertentu.

2. Jasa Buat Undangan Online

Kamu jago desain dan bisa membuat website? Tidak ada salahnya untuk mencoba jasa buat undangan online. Peluang ini semakin ke sini semakin banyak peminatnya, apalagi di 2022. Peluang ini juga bisa dibilang akan semakin menjanjikan di masa depan.

FAQ

  • Modal 50 ribu bisa buat usaha apa?

Modal 50 ribu bisa buat seperti misalnya jasa setrika, jasa cuci pakaian, atau cuci helm. Kamu bisa membaca artikel lain kami terkait peluang usaha modal kecil 50 ribu.

  • Apa contoh usaha kecil?

Jual sayuran, jual aneka gorengan, jual aneka kerupuk, dan masih banyak lagi. Kamu bisa kunjungi website kami PintarJualan.id. Ada banyak sekali artikel yang sudah dibuat terkait peluang usaha.

Akhir Kata

Demikian kira-kira usaha kecil-kecilan di 2022 yang mungkin salah satunya bisa kamu coba. Akhir kata, terima kasih telah berkunjung ke website kami PintarJualan.id.

Jangan lupa juga untuk membanikan artikel ini ke teman-teman kamu atau siapa saja yang menurut kamu membutuhkan. Semoga bermanfaat…

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *