Cara Cek Total Belanja di Shopee Selama 2022, Seberapa Banyak?

Anisa Juniardi 12 Nov 2022 3 Menit 0

Bagaimana cara cek total belanja di Shopee? Mengingat sekarang sudah mendekati akhir tahun, sehingga kamu perlu memeriksa kembali jumlah pengeluaran secara menyeluruh.

Terlebih lagi bagi ibu rumah tangga yang harus mencatat segala pengeluaran dan melakukan rekap keuangan setiap bulan, bahkan setiap tahunnya.

Metode ini sangat penting untuk mengelola dan mengendalikan aktivitas belanja online di marketplace yang terkadang justru disepelekan oleh sebagian orang.

Padahal berapa pun nominalnya pasti mempengaruhi laju keuangan dalam kehidupan sehari-hari. Apakah kamu sudah mengeceknya? Kalau belum, coba terapkan langkah-langkah berikut!

Cara Cek Total Belanja Produk di Shopee Selama 1 Tahun

Kamu bisa melihat total transaksi produk di Shopee melalui menu Pesanan Saya. Begini cara melihat total belanja barang di Shopee dengan mudah dan cepat!

  1. Buka aplikasi Shopee dan masuk ke akun seperti biasanya (kamu boleh login Shopee via web atau pun PC)
    Cara melihat riwayat belanja di shopee
  2. Klik profil dan pilih Pesanan Saya
  3. Klik SemuaCara memeriksa aktivitas belanja di shopee
  4. Seluruh transaksi akan ditampilkan oleh sistem secara lengkap

Setelah itu kamu pun bisa melihat berapa jumlah total belanjaan selama 2022 ini dari atas ke bawah.

Di Shopee sendiri menyediakan 7 status pesanan yang meliputi:

  • Semua = menampilkan seluruh barang yang berhasil di-checkout selama satu tahun, beberapa bulan terakhir, dan keseluruhan produk tanpa terkecuali.
  • Belum Bayar = berisi peringatan tentang produk yang menunggu untuk dibayar. Misalnya pembayaran lewat indomaret atau alfamart
  • Dikemas = barang sedang dikemas dan dalam proses packing oleh pemilik online shop
  • Dikirim = barang sedang dikirim oleh ekspedisi pengiriman yang ada di Indonesia dan telah bekerja sama dengan Shopee
  • Selesai = barang diserahkan pada pembeli oleh jasa kurir yang bersangkutan dan telah dikonfirmasi oleh pembeli itu sendiri
  • Dibatalkan = pesanan dibatalkan oleh pembeli karena tidak sesuai dengan deksripsi produk yang ditulis oleh penjual di Shopee, kurang puas dengan tampilannya, barang terlambat, dan lain-lain. Kamu bisa baca tata cara membatalkan pesanan di Shopee sekaligus persyaratannya di blog kami!
  • Pengembalian barang = setelah pembatalan disetujui, pembeli dapat mengembalikan barang pesanannya ke penjual atau melakukanretur dan refund di waktu yang sama.

Begitulah cara cek total belanja di Shopee yang terbaru saat ini. Kamu bisa melihatnya setiap bulan apabila sering bertransaksi di marketplace mana pun, terutama Shopee.

Pentingnya Melihat Total Belanja di Shopee

Mengapa penting melihat jumlah belanja kamu selama satu tahun? Ternyata praktik ini sangat penting dan berdampak besar pada laporan keuangan rumah tangga maupun keluarga lho!

  1. Menandai eksistensi produk — setelah melihat riwayat belanja, kamu bisa mengetahui apakah nama-nama online shop tersebut kembali melakuakn restok barang atau tidak
  2. Mencatat biaya belanja — mencatat seluruh jumlah transaksi juga penting untuk merencanakan keuangan di masa depan atau di tahun berikutnya. Apabila tahun ini banyak pengeluaran untuk belanja fashion, mungkin tahun depan harus dikurangi agar tidak menganggu kas rumah tangga
  3. Melihat efisiensi produk — kamu juga dapat mengukur dan menimbang, seberapa efektif dan efisienkah produk yang dibeli? Apabila membeli saja tetapi tidak pernah digunakan, sebaiknya kurangi kebiasaan tersebut karena akan merusak manajemen keuangan pribadi
  4. Memeriksa metode pembayaran dan tagihan — bukan hanya jumlah total belanja saja yang dilihat, tetapi kamu juga harus memperhatikan; selama satu tahun tersebut, apakah metode pembayaran yang paling banyak dipakai? Misalnya ShopeePay, ShopeePayLater, ShopeePayPinjam, dan sejenisnya. Jika ternyata lebih banyak menggunakan SPayLater, maka akan ada tagihan yang harus dipenuhi. Usahakan untuk tetap seimbang antara pengeluaran dan pemasukan karena ketika cicilan terhenti, kamu perlu menguras tabungan yang sudah diatur untuk keperluan darurat lainnya.

Lihat Riwayat Aktivitas 2022 lewat Kilas Balik Shopee

Cara cek total belanja di Shopee dengan cara lain juga dapat dilakukan melalui menu Kilas Balik Shopee.

Fitur ini dapat diakses hanya dengan menggunakan aplikasi Shopee saja, sehingga setiap tahunnya kamu bisa melihat segala sesuatu, aktivitas, kegiatan, dan lain-lain.

Misalnya terdapat barang kiriman yang tidak sesuai alamat, barang tidak jelas keberadaannya, dan peristiwa kurang mengenakkan lainnya.

Nah, untuk menggunakan fitur Kilas Balik Shopee kamu hanya perlu:

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Langsung menuju ke menu Kilas Balik Shopee di antara berbagai menu lainnya di halaman utama
  3. Lalu cek seluruh riwayat belanja dan hal lainnya selama 2022
  4. Setelah itu, selesai deh dan kamu dapat mengecek serba-serbi belanja di Shopee selama 2022

Simpulan

Sekarang pasti kamu tidak kesulitan kan karena sudah mengetahui cara cek total belanja di Shopee dalam waktu satu tahun bahkan setiap minggu dan bulannya!


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber: Tips dan cara di atas diperoleh setelah tim melakukan pengujian secara mandiri melalui website dan aplikasi Shopee.

Bagikan ke:
Anisa Juniardi
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

I love being I am. Menulis dan membaca pada ruang yang telah disediakan oleh Tuhan. Iya. Saya seorang content writer SEO dan yeaah.. here we go

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com