Advertisement

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Sudah Dikirim Mudah

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
25 Februari 2022
Waktu membaca
3 Menit

Buat kamu yang ingin membatalkan pesanan di Shopee setelah dikirim, kali ini kami akan memberikan cara membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dikirim.

Baik sebagai pembeli atau penjual, keduanya sama-sama bisa membatalkan pesanan yang sudah dikirim di Shopee. Dengan catatan mengikuti prosedur pembatalan pesanan Shopee.

Sebelum mengulas lebih dalam terkait cara membatalkan pesanan yang sudah dikirim, yuk simak dulu jenis pembatalan pesanan di Shopee dan syarat pembatalannya.

Jenis Pembatalan Pesanan di Shopee

Ada setidaknya 3 jenis pembatalan pesanan di Shopee, yaitu Instan, Non Instan, dan Otomatis. Pembatalan instan adalah pembatalan yang dilakukan 1 jam setelah pembayaran terverifikasi.

Sedangkan pembatalan non instan adalah pembatalan yang dilakukan dalam waktu 1 jam setelah pembayaran terverifikasi dan setelah penjual menginput nomor resi pengiriman.

Sementara pembatalan otomatis adalah pembatalan yang dilakukan secara otomatis oleh sistem Shopee jika penjual tidak mengirimkan pesanan setelah masa dikirim berakhir.

Ketentuan Pembatalan Pesanan di Shopee

Ada beberapa ketentuan yang harus diketahui sebelum membatalkan pesanan. Berikut ini beberapa ketentuan pembatalan pesanan di Shopee yang harus diperhatikan.

  1. Baik pembeli maupun penjual tidak bisa membatalkan pesanan jika status pesanan sedang Dikemas
  2. Jika pesanan belum dibayar, pembeli bebas mengajukan pembatalan pesanan
  3. Pengajuan pembatalan hanya bisa dilakukan sebanyak satu kali saja

Ketentuan tersebut mungkin bisa saja berubah seiring dengan syarat dan ketentuan yang diatur kembali atau diperbarui oleh pihak Shopee sendiri.


Buat kamu yang ingin menghapus akun Shopee tapi tidak tahu caranya, kamu bisa tulisan kamiCara Menghapus Akun Shopee untuk mengetahui caranya 😃


Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Cara membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dikirim sangat mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini jika kamu ingin membatalkan pesanan yang sudah dikirim.

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Pilih Saya, di pojok kanan bawah
  3. Setelah terbuka Halaman Akun
  4. Pilih Dikirim
  5. Pilih pesanan yang ingin dibatalkan.
  6. Klik tombol Batalkan Pesanan
  7. Setelah itu muncul pop up, pilih Ya
  8. Selesai

Cara tersebut adalah jika kamu sebagai seorang pembeli. Jika kamu sebagai seorang penjual, silakan ikuti cara di bawah ini untuk membatalkan pesanan yang sudah dikirim.

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Pilih Saya, di pojok kanan bawah
  3. Pilih Toko Saya, di pojok kiri atas
  4. Pilih Penjualan Saya
  5. Pilih Dikirim
  6. Pilih pesanan yang ingin dibatalkan.
  7. Klik tombol Jawab
  8. Pilih Konfirmasi
  9. Selesai

Bagaimana? mudah bukan cara membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dikirim? Namun, alangkah baiknya konfirmasi dulu jika mau membatalkan pesanan.

FAQ

  • Apa yang harus saya lakukan jika saya telah membatalkan pesanan tapi barang masih tetap dikirim oleh penjual?

Silakan hubungi customer service Shopee untuk memproses kembali pesanan tersebut. Beri tahu mereka bahwa kamu telah membatalkan pesanan yang dikirim tersebut.

  • Apakah paket COD bisa dibatalkan?

Bisa, pesanan dengan sistem pembayaran COD tetap bisa dibatalkan.Namun, tetap dengan prosesdur atau syarat dan ketentuan yang berlaku dari pihak Shopee.

  • Bagaimana cara membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dibayar?

Buka aplikasi Shopee dan pilih Saya yang ada di pojok kanan bawah. Setelah itu masuk ke halaman pesanan sedang Dikirim. Setelah itu tinggal klik Batalkan Pesanan.

  • Kapan dana akan dikembalikan setelah pembatalan pesanan?

Lama pengembalian dana tergantung metode pembayaran yang dipilih saat melakukan pembayaran. Paling cepat adalah 1 x 24 jam. Sedangkan paling lama bisa mencapai 7 – 14 hari.

Pengembalian dana paling cepat jika saat pembayaran memakai metode ShopeePay, Virtual Akun, Alfamart dan Indomaret, Manual Bank Transfer, Debit Online, dan One Klik.

Sementara pengembalian dana yang akan memakan waktu paling lama adalah jika saat pembayaran memakai metode kartu kredit dan cicilan kartu kredit.

Akhir Kata

Bagaimana? Apakah cara yang kami berikan sudah cukup jelas? Sangat penting, kamu harus tetap ikuti prosedur yang ditentukan oleh pihak Shopee.

Akhir kata, terima kasih telah berkunjung ke website kami PintarJualan.id dan membaca tulisan cara membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dikirim ini sampai selesai.

Satu lagi, jangan lupa juga untuk share tulisan ini dan baca juga tulisan-tulisan kami yang lain, semoga bermanfaat 😄


Sumber:

1. https://pintarjualan.id/cara-membatalkan-pesanan-shopee
2. https://pluginongkoskirim.com/cara-membatalkan-pesanan-di-shopee/

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *