Cara Mengelola Pesanan Online di Tokopedia, Shopee, dan TikTok [Panduan Lengkap]

Hanif 15 Feb 2023 5 Menit 0

ADVERTISEMENT

Bagi yang ingin memulai bisnis online, pasti harus tahu cara mengelola pesanan online pada platform yang digunakan. Mengelola pesanan online menjadi suatu hal yang penting bagi pemilik online shop agar bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengelola pesanan online di beberapa platform eCommerce dan online shop, seperti Shopee, Tokopedia, dan TikTok, serta memberikan tips umum dalam mengelola online shop dan bisnis secara baik.

Ini dia cara mengelola pesanan online di berbagai platform eCommerce yang populer di Indonesia.

ADVERTISEMENT

Cara Mengelola Pesanan Online di Shopee

Shopee adalah salah satu platform e-commerce yang sangat populer di Indonesia. Dengan lebih dari 100 juta pengguna, Shopee menjadi tempat yang tepat bagi Anda yang ingin memulai bisnis online.

Namun, bagaimana cara mengelola pesanan online di Shopee dengan baik? Ikuti langkah-langkah di bawah untuk memproses pesanan yang masuk.

Sebelumnya, pastikan Anda memiliki aplikasi Shopee Seller yang sudah terinstall di ponsel Anda, ya.

  1. Masuk ke aplikasi Shopee dan masuk ke Shopee Seller
    mengelola pesanan online - aplikasi shopee seller
  2. Pilih menu “Penjualan Saya“.
  3. Setelah itu, akan muncul daftar pesanan yang sudah diterima. Pilih pesanan yang ingin diurus, kemudian klik “Proses“.
  4. Cek kembali detail pesanan, termasuk alamat pengiriman, jumlah barang, dan metode pengiriman yang dipilih oleh pembeli.
  5. Lakukan pengemasan dan pengepakan barang secara rapi dan aman, lalu kirimkan pesanan sesuai metode pengiriman yang dipilih oleh pembeli.
  6. Setelah pesanan dikirimkan, jangan lupa untuk mengkonfirmasi pengiriman di aplikasi Shopee Seller.

Begitulah cara memproses pesanan yang masuk di Shopee. Setelah pesanan diproses, nomor resi bisa dikirimkan kepada pembeli agar mereka bisa melakukan pelacakan. Jangan lupa, cetak resi Shopee agar bisa ditempel ke packaging.

Sementara untuk mengelola keuangan termasuk ketika mau mencairkan, gunakan Shopee Seller Balance.

Jika Anda ingin mengakses menu Shopee Seller Center di HP layaknya ketika membuka di komputer, Anda juga bisa membukanya melalui browser di HP dengan mengaktifkan tampilan desktop.

mengelola pesanan online - mengakses situs web shopee seller di hp mode desktop

Gunakan dua jari yang mencubit layar untuk melakukan zoom in dan zoom out dan geser untuk navigasi layar. Dengan begitu, Anda bisa mengakses menu Shopee Weller Web yang tidak muncul di Aplikasi Shopee.

Pastikan kesesuaian kurir, waktu pengiriman, dan pengemasan yang tepat ketika mengelola pesanan agar pihak eCommerce bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan pelanggan pun puas.

ADVERTISEMENT

Cara Mengelola Pesanan Online di Tokopedia

Setelah membahas langkah-langkah mengelola pesanan online di Shopee, sekarang saatnya membahas cara yang sama untuk platform e-commerce lainnya. Salah satunya adalah Tokopedia.

Tokopedia adalah salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia dengan lebih dari 100 juta produk yang tersedia. Jika Anda memiliki bisnis online di Tokopedia, mengelola pesanan dengan efektif dan efisien dapat membantu bisnis Anda tumbuh dan sukses.

Oleh karena itu, mari kita lihat langkah-langkah yang perlu diambil untuk mengelola pesanan online di Tokopedia.

  1. Buka aplikasi Tokopedia Seller yang sudah terinstal di ponsel Anda.
  2. Pilih menu “Penjualan” dan kemudian pilih pesanan yang ingin diurus.
    mengelola pesanan online di aplikasi tokopedia seller
  3. Cek kembali detail pesanan, termasuk alamat pengiriman dan jumlah barang.
  4. Lakukan pengemasan dan pengepakan barang secara rapi dan aman, lalu kirimkan pesanan sesuai metode pengiriman yang dipilih oleh pembeli.
  5. Jangan lupa untuk memasukkan nomor resi pengiriman pada aplikasi Tokopedia Seller dan mengkonfirmasi pengiriman.

Pastikan bahwa aplikasi yang digunakan sudah diupdate ke versi terbaru. Selain itu, aktifkan notifikasi pesanan sehingga ketika pesanan dan pesan masuk, Anda dapat segera menanggapi.

Setelah pesanan diproses, nomor resi bisa dikirimkan kepada pelanggan. Selain itu, siapkan juga label untuk paket dengan mencetak resi pengiriman sesuai dengan kurir yang digunakan.

ADVERTISEMENT

Cara Mengelola Pesanan Online di TikTok

Selain Shopee dan Tokopedia, platform media sosial TikTok juga mulai menjadi tempat yang populer untuk berjualan online. Dalam platform ini, para penjual dapat membuat video promosi produk yang kemudian akan dilihat oleh jutaan pengguna TikTok.

Mirip seperti Tokopedia yang memiliki aplikasi tersendiri untuk mengelola pesanannya, TikTok juga memiliki aplikasi TikTok Seller yang harus didwonload terlebih dahulu.

Setelah download, login ke akun TikTok untuk bisa menjual dan mengelola jualan di TikTok. Alternatifnya, bisa juga menggunakan TikTok Seller Center versi Web untuk mengakses menu dan fitur pengelolaan toko.

Cara mengelola pesanan online di TikTok adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan Anda sudah mengaktifkan fitur “Shop” pada akun TikTok Anda.
  2. Setelah ada pesanan masuk, Anda akan menerima notifikasi melalui aplikasi TikTok.
  3. Pastikan Anda mengecek detail pesanan, termasuk alamat pengiriman dan jumlah barang.
  4. Lakukan pengemasan dan pengepakan barang secara rapi dan aman, lalu kirimkan pesanan sesuai metode pengiriman yang dipilih oleh pembeli.
  5. Jangan lupa untuk memberikan nomor resi pengiriman pada pembeli agar mereka dapat melacak status pengiriman barang.

Pastikan pengaturan pesanan sudah aktif agar dapat menerima pesanan dari pelanggan. Selain itu, pantau stok produk secara teratur dan pastikan produk yang diiklankan selalu tersedia, sehingga pelanggan tidak kecewa saat memesan produk yang tidak tersedia.

ADVERTISEMENT

Cara Mengelola Pesanan Online di Online Shop

Setiap platform online shop memiliki cara yang berbeda dalam mengelola pesanan online. Pastikan Anda sudah memahami cara kerja platform yang Anda gunakan.

  1. Cek pesanan yang masuk secara teratur dan pastikan Anda mengecek detail pesanan, seperti alamat pengiriman dan jumlah barang.
  2. Lakukan pengemasan dan pengepakan barang secara rapi dan aman, lalu kirimkan pesanan sesuai metode pengiriman yang dipilih oleh pembeli.
  3. Pastikan Anda memberikan nomor resi pengiriman pada pembeli agar mereka bisa melacak pesanan
  4. Serahkan barang yang dikirmkan ke petugas kurir.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *