Review 5 Jasa Ekspedisi Kirim Barang Terbaik di Indonesia [2021]

Penulis
Ayu Triworo
Diterbitkan pada
03 Juni 2021
Waktu membaca
8 Menit

Salah satu peran penting dalam berbisnis online adalah tentang memilih jasa ekspedisi kirim barang yang tepat. Dalam artian, tidak boleh sembarangan menentukan siapa yang akan mengantar barang dari toko Anda.

Tau mengapa? Kurir atau jasa pengiriman adalah perantara antara penjual dan pembeli, yang menjamin sampainya barang ke tangan pembeli. Sistem pengiriman barang berpengaruh besar dalam menentukan kepuasan customer ketika berbelanja di toko Anda.

Jadi, sangat penting memilih partner yang tepat untuk jasa ekspedisi supaya customer puas, dan bisnis pun semakin lancar. Permasalahannya adalah Anda mungkin mendapati banyak sekali jasa pengiriman barang, baik yang berskala kecil maupun besar, dari yang murah sampai mahal.

Dari sekian nama, adakah yang layanan serta kualitasnya bisa diandalkan? Adakah yang 100% dapat dipercaya? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak apa saja sih jasa ekspedisi kirim barang terbaik di Indonesia lewat artikel berikut.

Jasa Ekspedisi Kirim Barang Terbaik di Indonesia

Dalam berjualan online, setidaknya terdapat 3 aspek penting yang saling berkaitan satu sama lain, yakni:

  1. Penjual (toko online)
  2. Kurir / Jasa Pengiriman / Jasa Ekspedisi
  3. Pembeli

Tidak seperti berjualan offline, bisnis online membutuhkan perantara untuk mengantarkan barang ke pembeli, yaitu kurir atau jasa pengiriman. Mereka inilah yang akan menentukan apakah barang sampai ke pembeli dan apakah barang terkirim dengan aman.

Seiring berkembangnya bisnis online, industri jasa kirim juga semakin tumbuh pesat. Tidak heran, ada banyak macam macam jasa pengiriman barang. Dari jasa pengiriman barang besar, kecil, kirim barang dalam kota seperti Gojek atau Grab sampai jasa pengiriman barang antar pulau.

Lantas, apa saja jasa pengiriman terfavorit yang bisa dijadikan partner terpercaya dalam memulai bisnis digital? Berikut kami akan review 5 jasa ekspedisi yang menawarkan kualitas pelayanan hampir sempurna. Baik dari segi penilaian, jumlah pengguna, kualitas layanan sampai harga. Simak terus ya.

J&T Express – Akses Mudah & Cepat

J&T

Sebagai new comer, J&T baru berkiprah selama kurang lebih 6 tahun di bidang pengiriman barang. Namun, perusahaan yang berdiri bulan  Agustus 2015 ini semakin berkembang serta mendapat hati di masyarakat.

Nama dan popularitasnya menyaingi para dedengkot jasa ekspedisi dalam negri, sebut saja POS, TIKI atau JNE. Bahkan, jasa pengiriman barang J&T mencapai rerata sampai 200 ribu paket tiap harinya. Total pengiriman barang di J&T juga sempat memperoleh capaian tertinggi di tahun 2019.

Layanan ekspedisi di J&T terdiri dari 2 macam, yaitu Reguler dan Satu Hari Sampai. Selengkapnya simak dulu apa saja kelebihan dan kekurangan J&T berikut.

Kelebihan

  • Sistem tracking atau pelacakan tepat waktu.
  • Jangkauan luas ke seluruh daerah di Indonesia dan tanpa perantara.
  • Hotline service 24 jam.
  • Tidak ada hari libur (Minggu dan tanggal merah tetap buka).
  • Bekerja sama dengan sejumlah partner ternama meliputi Shopee, Garuda Indonesia Cargo, dll.
  • Harga J&T ongkir terjangkau dan bersahabat.
  • Ada fitur check paket J&T, J&T satu hari sampai serta fitur lainnya.
  • Menyediakan akses mudah lewat aplikasi dan web.
  • Menyediakan klaim asuransi.
  • Pengiriman barang terbilang cepat.

Kekurangan

Dilihat dari beberapa keluhan pengguna, ternyata J&T memiliki kekurangan khsusunya dalam bidang pelayanan dari pihak CS. Selain itu, banyak yang mengeluhkan bahwa aplikasi yang ditawarkan kurang memadai dengan notifikasi yang kurang jelas.

J&T

Jumlah Kantor Cabang+-1.500
Jam Operasional KantorSetiap hari pukul 08.00 – 20.00 WIB
Jam Operasional KurirSetiap hari pukul 08 – 20.00 WIB
Jam Operasional Ekspedisi24 jam

Selengkapnya mengenai jadwal jam kerja J&T bisa dilihat di sini.

JNE Express, Banyak Opsi Pengiriman

JNE

JNE merupakan salah satu pioneer sekaligus jasa ekspedisi terbesar di Indonesia. Perusahaan yang didirikan sejak 26 November 1990 ini fokus pada pengiriman paket.

Cabang JNE sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia, baik di daerah perkotaan maupun terpencil. penggunanya di marketplace juga sangat masif. Mayoritas seluruh marketplace menyediakan opsi pengiriman dengan JNE.

Hanya saja, jasa pengiriman barang JNE terbilang cukup mahal jika dibandingkan perusahaan ekspedisi lainnya. Namun, JNE menyediakan beberapa opsi paket pengiriman yang bisa digunakan baik untuk penjual maupun pembeli. Beberapa paket layanan pengirimannya adalah sebagai berikut:

  1. Reguler (REG)
  2. Yakin Esok Sampai (YES)
  3. Ongkos Kirim Ekonomis (OKE)
  4. Super Speed / super cepat (SS)
  5. PESONA
  6. Dan masih banyak lagi.

Sebelum menggunakan jasa dari JNE, sebaiknya kenali terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan JNE di bawah ini.

Kelebihan

  • Waktu pengiriman cepat.
  • Memiliki kantor cabang paling banyak dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
  • Tersedia banyak pilihan untuk layanan paket yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan budget.
  • Menawarkan akses lebih mudah lewat aplikasi MyJNE atau website.
  • Layanan CS yang responsive dan buka 24 jam.
  • Ada jaminan garansi atau uang kembali untuk paket khusus.
  • Menyediakan opsi pengiriman barang atau surat berharga.
  • Sistem pelacakan yang akurat serta mudah diakses.
  • Tersedia fitur bayar di tempat atau COD.
  • Biasanya ada banyak promo free ongkir di marketplace dengan JNE.
  • Tersedia banyak fitur dan layanan seperti cek resi, cek ongkos kirim, JNE Cashless, JNE trucking, cargo, dan lain-lain.

Kekurangan

Di samping kelebihan JNE di atas, kami mendapati banyak dari pengguna mengalami tarif JNE yang dinilai mahal dan kendala terkait pengiriman barang. Waktu pengiriman barang cenderung lebih lama dan melebihi estimasi.

Selain itu, kerap terjadi eror atau masalah saat melakukan prosedur tracking JNE atau lacak resi JNE. Untuk menangani masalah semacam ini Anda bisa menggunakan alternatif lain yang lebih mudah dan praktis. Yaitu dengan menggunakan plugin ongkos kirim yang bisa langsung terhubung di marketplace.

Tertarik? Selengkapnya bisa cek di sini.

JNE

Jumlah Kantor7.000 kantor layanan
Jam Operasional KantorSenin – Jumat pukul 08.00 – 19.30 WIB

Sabtu pukul 08.00 – 15.00 WIB

Minggu pukul 08.00 – 14.00 WIB

Jam Operasional KurirSenin – Minggu pukul 08.00 – 17.00 WIB

Info jadwal selengkapnya ada di artikel ini.

TIKI – Murah, Cepat & Terpercaya

Tiki

Jasa pengiriman barang antar pulau selanjutnya adalah TIKI. Pasti tidak asing dengan jasa ekspedisi kirim barang yang satu ini bukan? Berdiri sejak September 1970, Tiki sudah lebih dulu berkecimpung di dunia pengiriman barang di dalam dan luar negri.

Bahkan, perusahaan inilah yang melahirkan salah satu jasa ekspedisi terbesar di Indonesia, JNE. Terinspirasi dari suksesnya JNE, Tiki hadir dengan penambahan kantor pelayanan serta sistem pengiriman. Alhasil, Tiki sukses menjadi salah satu jasa pengiriman barang murah yang diminati oleh masyarakat.

Tak cukup sampai di situ, Tiki juga menyediakan cukup banyak pilihan paket pengiriman yang bisa disesuaikan dengan pengguna. Berikut daftar paket layananTiki:

  1. Same Day Service (SDS)
  2. One Night Service (Tiki ONS)
  3. Two Days Service (TDS)
  4. Holiday Delivery Services (HDS)
  5. Economy (ECO)
  6. International (INT)
  7. Reguler.

Untuk review Tiki lebih lanjut, bandingkan kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Kelebihan

  • Tarif pengiriman barang di Tiki relative lebih murah dibanding jasa ekspedisi yang lain.
  • Menyediakan banyak layanan atau paket pengiriman.
  • Dinilai lebih berpengalaman dalam dunia pengiriman barang.
  • Ada fitur aplikasi gratis untuk menjemput dokumen atau barang tanpa membayar dengan layanan JEMPOL (Jemput Online).

Kekurangan

Mengenai kelemahan Tiki, banyak pengguna yang kurang puas dengan pelayanan customer service nya. Layanan CS online Tiki kadang susah dijangkau. Tiki juga belum mengembangkan pelayanan di daerah peLosok atau terpencil. Untuk sementara, pelayanannya masih fokus pada kota-kota besar.

Kekurangan lainnya adalah tidak adanya konfirmasi tentang status barang milik customer yang menyulitkan proses lacak kiriman barang Tiki. Namun, Anda tidka perlu khawatir karena bisa melakukan cek resi dan cek tarif Tiki otomatis menggunakan Plugin Ongkoskirim.

TIKI

Jumlah Kantor450 kantor cabang

3.000+ gerai

Jam Operasional KantorSenin – Jumat pukul 0700 – 19.00 WIB

Sabtu pukul 08.00 – 16.00 WIB

Minggu pukul 09.00 – 16.00 WIB

Jam Operasional KurirSenin – Sabtu pukul 08.00 – 17.00 WIB

Simak lebih lengkap mengenai jasa kirim Tiki di sini.

Baca Juga:

Pos Indonesia – Jangkauan Terluas

Pos Indonesia

Siapa yang tak kenal dengan jasa pengiriman barang, surat dan postal service satu ini?

Nama yang  sangat familiar di telinga warga Indonesia sebab cikal bakalnya sudah berdiri jauh sebelum merdeka, yakni sejak tahun 1746. Sampai pada Juni 1995, namanya berubah menjadi PT Pos Indonesia dan menjadi salah satu anak perusahaan BUMN.

Selain kiprahnya yang sudah sangat professional. Pos Indonesia kini menjadi salah satu kurir teraman dan terbaik dalam negri. Perusahaan tersebut juga terus berinovasi dengan tambahan berbagai layanan serta fitur yang memanjakan.

Berikut sejumlah paket pengiriman yanga da di Pos Indonesia.

  1. Paket Express.
  2. Paket Kilat Khusus.
  3. Paket Kurir Reguler
  4. Paket Jumbo Ekonomi.
  5. Paket Kirim QComm.
  6. Paket Kirim Q9 ATAU Kyu Nain Sameday Service.

Ingin menggunakan Pos Indonesia sebagai partner ekspedisi Anda? Yuk pahami terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurangan pengiriman dengan Pos Indonesia.

Kelebihan

  • Jangkauan pengiriman paling luas, bahkan sampai daerah terpencil sekalipun.
  • Kantor cabang tersedia di setiap kecamatan.
  • Tarif untuk kiriman dalam negri seragam dan selalu uptodate.
  • Menyediakan layanan digital online yang mudah diakses kapan dan dimana saja.
  • Lebih terpercaya dan bertanggungjawab jika ada kendala dalam pengiriman.
  • Tarif lebih murah dan bersaing.
  • Menawarkan layanan ekspedisi ke luar negri dengan ongkos paling terjangkau.
  • Timbangan lebih akurat.
  • Terhitung lebih murah untuk pengiriman barang yang lebih kecil karena memakai standar per gram bukan per kg.
  • Mudah cek barang dengan aplikasi cek resi Pos Indonesia.
  • Call center Pos Indonesia bisa dijangkau 24 jam.

Kekurangan

Terlepas dari keunggulan di atas, Pos Indonesia ternyata baru akhir-akhir ini menyediakan layanan online. Di samping itu, kebanyakan masyarakat mengenal perusahaan ini sebagai jasa kirim surat, bukan barang atau ekspedisi.

Beberapa pengguna juga mengeluhkan kurang adanya pemberitahuan dari pihak Pos Indonesia ketika ada pengiriman barang.

Pos Indonesia

Jumlah Kantor4.500 kantor cabang

58.700 gerai

Jam Operasional KantorSenin – Kamis pukul 07.30 – 19.00 WIB

Jumat & Sabtu pukul 07.30 – 19.00 WIB

Minggu pukul 07.30 – 13.00 WIB

Jam Operasional KurirSenin – Sabtu pukul 08.00 – 16.00 WIB

Jadwal jam kerja Pos Indonesia lebih lengkap, cek di sini.

SiCepat Ekspres – Praktis, Mudah & Murah

Sicepat

Salah satu pemain baru yang eksistensinya melejit diantara para pebisnis online maupun pegiat e-commerce. Yups, SiCepat memang masih perusahaan kemarin sore karena baru hadir sejak tahun 2014. Tapi jangan salah, kurir yang satu ini tidak kalah bersaing dengan perusahaan ekspedisi papan atas lainnya seperti JNE dan J&T.

Kenapa bisa begitu? SiCepat terbilang cukup tanggap teknologi. Perusahaan ini terus maju dan memberikan berbagai opsi yang mudah dan praktis untuk para pebisnis e-commerce. Di samping itu, SiCepat menjadi salah satu kurir yang menyediakan jasa kirim paket murah ke luar Jawa.

SiCepat memberikan banyak sekali pilihan layanan jasa pengiriman barang, yaitu sebagai berikut:

  1. SiCepat Go
  2. SiUntung
  3. Gokil (Cargo Kilat)
  4. Halu
  5. COD
  6. Sicepat Syariah.
  7. Sicepat Klik.
  8. BEST (Besok Sampai Tujuan)
  9. HELO (Heboh 3 Kilo)

Selain memiliki banyak sekali layanan menarik, SiCepat juga memiliki kelebihan lainnya. Simak keuntungan menggunakan SiCepat serta beberapa kelemahannya berikut ini.

Kelebihan

  • Layanan Pickup Delivery atau ambil barang langsung oleh kurir dari lokasi pelanggan.
  • Ada layanan 15 jam pengiriman (15 hours delivery).
  • Tersedia fitur digital untuk pengecekan resi dan request resi.
  • Timbangan lebih akurat.
  • Sistem pembayaran lebih praktis dan fleksibel.
  • Inisiatif pihak perusahaan untuk menyelesaikan setiap permasalahan secara kekeluargaan.
  • Bisa meminta ganti rugi jika terjadi masalah.
  • Pengiriman cenderung lebih cepat jika dibandingkan kurir lainnya.

Kekurangan

Sejauh ini, tidak ada banyak keluhan mengenai pelayanan kirim barang milik Si Cepat. Namun, beberapa pengguna memiliki masalah berkenaan pengiriman barang yang telat. Barang sampai ke rumah melebihi estimasi.

Sicepat

Jumlah Kantor730 gerai
Jam Operasional KantorSenin – Sabtu pukul 09.00 – 16.00 (20.00 / 22.00) WIB

Minggu pukul 10.00 – 18.00 WIB

(beda lokasi beda jam kerja)

Jam Operasional KurirSenin – Sabtu pukul 07.00 – 21.00 WIB

Minggu / Hari Libur pukul 07.00 – 17.00 WIB

Jadwal selengkapnya cek di sini.

Baca Juga:

Kesimpulan

Setiap jasa pengiriman memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda hendak memilih partner terbaik untuk berbisnis, ada baiknya pertimbangkan beberapa aspek berikut.

  • Tarif ongkir.
  • Jangkauan pengiriman.
  • Rating dari user yang pernah menggunakan.
  • Ketersediaan di marketplace.
  • Kemudahan dalam mengakses (apakah tersedia layanan online).
  • Jam kerja (fleksibel atau tidak).
  • Ada tidaknya asuransi.
  • Fitur serta layanan pengiriman (terbatas atau lengkap).
  • Menawarkan layanan online atau tidak.
  • dan lain sebagainya.

Dari beberapa poin di atas, silakan lihat dan bandingkan dengan review beberapa jasa pengiriman pada artikel ini. Dengan mereview, memilah dan memilih, harapannya Anda tidak salah pilih menggunakan jasa pengiriman terburuk untuk partner berbisnis online.

Demikianlah ulasan mengenai 5 jasa ekspedisi kirim barang terbaik di Indonesia. Apabila menurut Anda artikel ini bermanfaat, klik tombol Bookmark dan simpan untuk bahan referensi. Jangan lupa baca juga artikel lainnya pada blog ini untuk menambah pengetahuan Anda.

Mau upgrade pengetahuan tentang jualan? Follow juga IG @PintarJualan.id, like, comment serta share ilmu bermanfaat dari tim PintarJualan di platform medsos Anda. Sebarkan kepada orang-orang yang membutuhkan di sekeliling Anda.

Akhir kata, sepertinya cukup itu saja. Terima kasih sudah membaca hingga akhir artikel ini, semoga mendapat pencerahan 🤗.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ayu Triworo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *