Cara Meningkatkan Peluang Kesuksesan Usaha Kecil, Ikuti 5 Tips ini

Hanif 09 Feb 2023 4 Menit 0

ADVERTISEMENT

Merintis usaha kecil bukan perkara mudah. Perlu cara meningkatkan peluang kesuksesan usaha kecil supaya usaha yang kamu tekuni bisa berkembang dengan sehat.

Usaha kecil merupakan salah satu sumber ekonomi yang penting di negara-negara berkembang. Namun, menjalankan usaha kecil tidak selalu mudah dan memerlukan perjuangan yang keras.

Salah satu kunci kesuksesan dalam usaha kecil adalah meningkatkan peluang kesuksesan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peluang kesuksesan usaha kecil.

Bagaimana cara meningkatkan peluang kesuksesan usaha kecil? simak langkahnya di bawah 🙂

ADVERTISEMENT

1. Melakukan Riset Pasar untuk Mengetahui Kebutuhan dan Preferensi Konsumen

Potensi peluang biasanya tersembunyi di balik pasar yang ada. Untuk mengetahuinya, maka perlu dilakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan dan preferensi konsumen.

Dengan riset pasar, maka informasi tentang pasar, termasuk informasi tentang konsumen, pesaing, dan lingkungan bisnis dapat diketahui. Sehingga, usaha kecil bisa menjawab kebutuhan dan preferensi konsumen dan menentukan produk atau jasa yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Seperti ungkapan yang umum dalam bisnis, berempati kepada konsumen adalah kunci dalam menghasilkan produk yang memiliki peluang tinggi

Dengan mengetahui kebutuhan dan preferensi konsumen, usaha kecil dapat menyesuaikan produk atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan keinginan konsumen.

Riset pasar bisa dilakukan mulai dari hal-hal sederhana, seperti mengamati calon konsumen di sekitarmu dan produk yang sudah lebih dulu beredar. Bisa juga dengan menyimak komunitas atau group yang memiliki minat tinggi terhadap produk yang akan kamu tawarkan.

Di situ, tren kebiasaan pengguna maupun tren produk yang lagi banyak diminati bisa kamu ketahui.

Cara meningkatkan peluang kesuksesan usaha kecil

Alternatifnya, bisa juga dengan menggunakan survei, wawancara, focus group discussion. bisa juga dengan menggunakan data demografi, ekonomi, dan data online.

Hasil dari riset pasar yang dilakukan akan membantu usaha kecil dalam mengetahui tren pasar, positioning brand dan produk, menentukan harga yang sesuai, serta menentukan strategi pemasaran yang efektif.

ADVERTISEMENT

2. Menjalin Kerja sama dengan Vendor atau Mitra Bisnis yang Tepat

Selain hubungan dengan pasar yang menjadi basis konsumen yang sebelumnya sudah dibahas, hubungan dengan mitra bisnis seperti vendor juga perlu diperhatikan.

Menjalin kerja sama dengan mitra bisnis, seperti vendor atau supplier yang tepat dapat membantu usaha kecil dalam meningkatkan peluang kesuksesan. Kerjasama dengan vendor atau mitra bisnis yang tepat dapat memberikan banyak keuntungan bagi usaha kecil, seperti:

  • Hubungan baik yang memberikan keuntungan bagi masing-masing pihak
  • Biaya yang lebih efisien yang dapat membantu usaha kecil dalam menghemat biaya, seperti dengan cara berbagi biaya produksi atau membeli bahan baku dalam jumlah besar yang dapat menurunkan harga.
  • Risiko yang lebih rendah: Kerjasama dengan vendor atau mitra bisnis dapat membantu usaha kecil dalam mengurangi risiko bisnis, seperti dengan cara membagi risiko produksi atau membagikan risiko pasar.

Oleh karenanya, menjalin mitra bisnis atau vendor yang tepat menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membangun usaha kecil.

ADVERTISEMENT

3. Berikan Perhatian dan Puaskan Pelanggan

Kembali lagi ke pelanggan, setelah berhasil mendapatkan porsi pasar, jangan hanya fokus pada ekspansi pelanggan, tapi juga menjaga dan mempertahankan pelanggan lama. Dalam marketing, ini disebut dengan customer retention.

Customer retention adalah proses yang digunakan untuk menjaga dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Ini merupakan bagian penting dari keberhasilan bisnis karena pelanggan yang sudah setia dengan brand mu bisa menjaga brandmu tetap bertahan dalam masa krisis.

Untuk beberapa kasus, pelanggan yang sudah ada juga lebih murah dan lebih mudah untuk dijadikan pembeli kembali daripada harus mencari pelanggan baru.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan customer retention, diantaranya :

  • Menyediakan layanan pelanggan yang memuaskan: Memberikan layanan yang baik dan memuaskan kepada pelanggan dapat meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan dan meningkatkan kemungkinan pelanggan untuk kembali berbelanja.
  • Membuat hubungan personal dengan pelanggan: Membuat hubungan personal dengan pelanggan dapat meningkatkan tingkat kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap bisnis.
  • Menawarkan program loyalitas atau diskon: Menawarkan program loyalitas atau diskon dapat meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan dan meningkatkan kemungkinan pelanggan untuk kembali berbelanja.

Sekali lagi, berempati kepada pelanggan memang menjadi salah satu hal penting yang harus selalu ditekankan dalam bisnis, terutama untuk menjaga customer retention. Karena pelanggan yang puas dan setia lebih mungkin untuk kembali berbelanja, meningkatkan pembelian, dan merekomendasikan bisnis kepada orang lain.

ADVERTISEMENT

4. Rutin Melakukan Evaluasi

Evaluasi adalah salah satu rutinitas bisnis yang bisa digunakan sebagai cara meningkatkan peluang kesuksesan bisnis. Dalam evaluasi, kita bisa merefleksi apa saja pencapaian usaha yang telah dilakukan dan introspesksi apa saja kekurangan yang bisa diperbaiki.

Dengan memperbaiki hal-hal tersebut, peluang kesuksesan bisnis bisa semakin besar.

Meski bersyukur itu adalah keharusan, namun sikap tidak mudah puas dalam bisnis juga penting untuk mendapatkan peluang lebih.

Dalam evaluasi, melakukan analisis data yang tersedia seperti data keuangan, data penjualan, dan data pelanggan dapat membantu usaha kecil dalam mengetahui kinerja bisnis dan menentukan area yang perlu diperbaiki.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *