Cara Memblokir Kontak Whatsapp Diam-Diam Tanpa Ketahuan

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
28 Desember 2021
Waktu membaca
5 Menit

Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan di Whatsapp adalah Blokir Kontak. Fitur tersebut sangat bermanfaat jika kamu sering menerima konten bermasalah atau spam. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan langkah-langkah Cara Memblokir Kontak Whatsapp.

Kontak Whatsapp yang sudah diblokir tersebut tidak akan bisa lagi mengirim konten bermasalah dan span. Bahkan, bukan hanya itu. Kontak tersebut juga tidak akan bisa memanggil kamu atau video call kamu. Jadi, fitur blokir kontak Whatsapp ini menag sangat bermanfaat.

Selain memberikan langkah-langkah Cara Memblokir Kontak Whatsapp, di akhir artikel, seperti biasa, kami juga akan mencoba menjawab beberapa pertanya terkait dengan fitur blokir kontak Whatsapp secara umum. Oleh karena itu, ikuti terus artikel ini sampai selesai.

Efek Blokir Kontak Whatsapp

Kontak yang sudah kita blokir sudah tidak akan bisa mengirim pesan, panggilan, video call, last seen, status onlien, status, hingga foto profil kita. Bahkan, ketika kontak tersebut mencoba mengirimi kita pesan, maka yang terlihat hanya cetang satu, bukan centang dua.

Setelah memblokir kontak Whatsapp, kita juga sudah tidak bisa lagi mengirim pesan, panggilan, dan video call ke nomor tersebut. Selain itu, kita juga tidak bisa melihat last seen, status onlien, status, hingga foto profil dari kontak yang kita blokir tersebut.

Kita bisa kembali lagi mengirim pesan, panggilan, video call, last seen, status onlien, status, hingga foto profil dari kontak yang kita blokir tersebut setelah kita membuka blokirnya. Hal tersebut belaku tidak saja di HP Android, namun juga di HP iPhone.

 

 

Cara Blokir Kontak Whatsapp di Android

Tanpa berlama-lama lagi, berikut di langkah-langkah cara blokir kontak Wha  tsapp di android atau HP dengan sistem operasi andorid. Baik itu Samsung, Xiomi, Oppo, dan seterusnya.

  1. Buka aplikasi Whatsapp;
  2. Pilih tanda Titik Tiga pada pojok kanan atas;
  3. Pilih Setting;
  4. Pilih Account;
  5. Pilih Privacy;
  6. Scroll ke bawah lalu pilih Block Kontak;
  7. Pilih ikon seperti Ikon Profil yang ada di pojok kanan atas;
  8. Pilih Kontak yang mau diblokir;
  9. Tunggu sebetar sampai kontak tersebut masuk ke dalam daftar kontak yang diblokir;
  10. Selesai.

Selain cara tersebut, ada juga cara lain yang jauh lebih mudah dan simpel. Cara ini juga berlaku untuk semua HP dengan sisitem operasi android, baik Samsung, Xiomi, Oppo, dan seterusnya.

1. Buka aplikasi Whatsapp;
2. Pilih ikon Search atau Pencarian yang ada disebelah tanda Titik Tiga;
3. Ketik atau tulis nama kontak yang mau diblokir di kolom tersebut;
4. Pilih Kontak atau buka kontak tersebut;

Cara Memblokir Kontak Whatsapp Pilih Kontak

5. Setelah kontak terbuka, pilih tanda Titik Tiga yang ada di pojok kanan atas;

Cara Memblokir Kontak Whatsapp Pilih Titik Tiga

6. Pilih More;

Cara Memblokir Kontak Whatsapp Pilih More

7. Pilih Block;

Cara Memblokir Kontak Whatsapp Pilih Block

8. Selesai.

Cara Blokir Kontak Whatsapp di iPhone

Cara blokir kontak Whatsapp di iPhone tidak jauh berbeda dengan cara blokir kontak Whatsapp di HP Android. Namun, jika masih bingung, ikuti saja langkah-langkah berikut ini;

  1. Buka aplikasi Whatsapp;
  2. Pilih Logo Pencarian Kontak yang ada di pojok kanan atas;
  3. Pilih Kontak yang mau diblokir;
  4. Setelah itu akan muncul tampilan seperti mau membuat pesan baru;
  5. Buka Profil kontak pada tampilan tersebut;
  6. Scroll ke bawah lalu pilih Blokir Kontak;
  7. Akan muncul pop up, tinggal pilih Blokir;
  8. Selesai.

Untuk memblokir kontak di iPhone kamu hanya perlu membuka kontak tersebut atau profil kontak yang mau kamu blokir tersebut. Setelah itu tinggal scroll ke bawah lalu pilih Blokir Kontak.

Cara Cek Kontak yang Diblokir

Cara cek kontak yang diblokir ini khusus untuk para pengguna HP andorid. Caranya mungkin akan sedikit berbeda jika HP yang kamu gunakan adalah HP iPhone. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini langkah-langkah cara cek kontak yang diblokir;

  1. Buka aplikasi Whatsapp;
  2. Pilih tanda Titik Tiga pada pojok kanan atas;
  3. Pilih Setting;
  4. Pilih Account;
  5. Pilih Privacy;
  6. Scroll ke bawah lalu pilih Block Kontak;
  7. Setelah itu akan terlihat daftar kontak yang kamu block;
  8. Selesai.

 

 

Tanda-Tanda Kontak Diblokir

Ada paling tidak 7 tanda jika kontak kamu telah diblokir oleh pengguna Whatsapp lain. Mulai dari Centang satu hingga tidak bisa melihat deskripsi profil kontak yang memblokir kamu. Berikut ini adalah 7 tanda kontak sudah diblokir oleh pengguna Whatsapp lain;

  1. Centang Satu

Tanda yang pertama centang satu. Untuk dapat meyakinkan hal tersebut, kamu bisa meminjam HP teman kamu untuk mengirim pesan ke kontak yang sama. Jika pesan yang dikirim oleh teman kamu centang dua, berarti kontak kamu sudah diblokir oleh kontak tersebut.

  1. Foto Profil Tidak Terlihat

Selain centang satu, tanda lain untuk melihat apakah kontak kamu diblokir oleh orang tertentu atau tidak adalah dengan melihat foto profilnya. Jika foto profil tidak terlihat, maka besar kemungkinan kontak kamu telah diblokir oleh kontak tersebut.

  1. Tidak Terhubung Ketika Melakukan Panggilan

Tanda yang ketiga adalah tidak bisa terhubung ketika melakukan panggilan. Meski sudah mencobanya berkali-berkali, namun tetap tidak bisa terhubung. Maka besar kemungkinan kontak kamu sudah diblokir oleh kontak yang kamu hubungi tersebut.

  1. Tidak Bisa Melihat Last Seen

Whatsapp memiliki satu fitur yang bernama Last Seen. Fitur tersebut berfungsi untuk melihat kapan terakhir kali orang lain membuka Whatsapp. Namun, tanda ini bisa saja salah karena salah satu pengaturan dalam Whatsapp bisa untuk mengaktifkan fitur tersebut.

  1. Tidak Bisa Melihat Status Online

Selain tidak bisa melihat last seen, kamu juga tidak bisa melihat status online jika kontak kamu sudah diblokir oleh orang tersebut. Pengaturan default Whastapp memungkinkan kita untuk melihat status online ketika mereka memang sedang membuka Whatsapp.

  1. Tidak Bisa Melihat Status

Status ini tidak sama atau berbeda dengan status online. Status ini adalah salah fitur Whatsapp yang bisa kita gunakan untuk membagikan momen sehari-hari kita misalnya. Namun, tidak bisa melihat status bukan berarti kontak kamu sudah diblokir.

Sama seperti pengaturan Last Seen, pengaturan Status juga memungkina kita untuk menyembunyikan status yang kita buat kepada orang-orang tertentu. Jadi, tidak bisa melihat status bukan merupakan tanda kuat bahwa kontak kamu sudah benar-benar diblokir.

  1. Deskripsi Tidak Terlihat

Terakhir, tidak bisa melihat deskripsi profil. Secara default, pengauran Whatsapp akan menampilakn deskripsi profil. Jika kamu tidak bisa melihat deskripsi profil orang-orang tertentu, maka besar kemungkinan kontak kamu sudah diblokir oleh orang-orang tersebut.

FAQ

  • Apakah kalau kita memblokir kontak Whatsapp akan ketahuan?

Jawaban singkatnya adalah pasti ketahuan. Ada tanda-tanda ketika ketika memblokir kontak. Tanda-tanda itu bisa diketahui dengan mudah oleh kontak yang kita blokir.

  • Bisakah kita memblokir secara otomatis nomor yang tidak kita kenal?

Sampai hari ini, jawaban kami tidak bisa. Untuk memblokir sebuah nomor, paling tidak kita mengathaui nomor tersebut. Kecuali, mungkin, pihak-pihak berwenang.

  • Aplikasi apa yang bisa digunakan untuk memblokir kontak?

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk memblokir kontak adalah Trucaller. Aplikasi tersebut bisa didownload melalui Play Store secara cuma-cuma, alias gratis.

 

 

Penutup

Demikian langkah-langkah cara memblokir kontak Whatsapp. Kamu bisa menggunakan fitur blokir kontak tersebut jika memang setiap hari menerima pesan atau panggilan yang bermasalah atau spam. Jangan ragu, karena Whatsapp sendiri yang sudah menyedikan fitur tersebut.

Rasanya kecil kemungkinan jika Whatsapp membuat fitur yang tidak bermanfaat atau tidak berguna. Setiap fitur yang Whatsapp berikan pasti sudah dengan perhitungan yang benar-benar matang.

Akhir kata, terima kasih sudah berkunjung ke website kami dan membaca artikel ini sampai selesai. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar semakin banyak orang yang tidak menerima pesan-pesan atau panggilan yang bermasalah atau spam.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *