√ 5 Cara Logout Whatsapp dengan Cepat, Aman, dan Mudah

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
29 Desember 2021
Waktu membaca
5 Menit

Masih tentang Whatsapp, pada artikel ini kami akan memberikan langkah-langkah Cara Logout Whatsapp dengan cepat, aman, dan mudah. Barangkali saja ada sebagian dari para pengguna Whatsapp yang belum mengetahui cara logout dari aplikasi Whatsapp.

Di akhir artikel, seperti biasa, kami juga akan menjawab beberapa pertanyaan terkait dengan logout Whatsapp secara umum. Seperti menjawab pertanyyan kenapa Whtasapp Web bisa logout sendiri. Sebelum itu,  mari simak dulu alasan kenapa harus logout dari Whatsapp.

Kenapa Harus Logout?

Sepertinya sangat jarang orang dengan sengaja logout lalu login kembali. Mengingat bahwa dalam aplikasi Whatsapp sendiri tidak ada pilihan untuk Logout. Kecuali jika kita logout dari Whatsapp Web, karena fungsinya hanya menampilkan akun kita yang ada di HP.

Selain itu nomor HP yang kita daftarkan di Whatsapp biasanya juga sudah lama digunakan dan sudah banyak yang menyimpan nomor tersebut. Sehingga sangat disayangkan jika kita harus logout dari akun ita. Apalagi jika harus sampai menghapusnya.

Namun terkadang ada hal-hal yang mengharuskan kita untuk logout atau keluar dari aplikasi tersebut. Seperti ketika harus ganti nomor HP, HP hilang, dan sebagainya. Oleh sebab itu, dengan alasan tertentu mau tidak mau kita harus logout dari aplikasi Whatsapp yang sedang kita gunakan.

Cara Logout Whatsapp di HP Android

Tidak adanya pilihan logout di Whatsapp, bukan berarti kita tidak bisa logout dari aplikasi tersebut. Paling tidak ada dua cara yang dapat kita lakukan untuk logout dari aplikasi tersebut di HP android. Ikuti langkah-langkah berikut ini jika ingin logout dari Whatsapp;

  1. Sebelum logout, pastikan chat sudah dibackup;
  2. Buka Setelan atau Setting yang ada di HP;
  3. Pilih Aplikasi atau Application atau Pengaturan Aplikasi;
  4. Scroll atau tarik ke bawah dan pilih Whatsapp;
  5. Pilih Paksa Berhenti atau Force Stop;
  6. Klik Hapus Data dan Hapus Cache atau Clear Data dan Clear Cache;
  7. Akun Whatsapp secara otomatis akan logout;
  8. Selesai.

 

 

Sedangkan cara yang kedua adalah dengan menghapus aplikasi Whatsapp. Cara ini sebenarnya lebih praktis dibandingkan yang pertama. Hanya saja kita harus menginstall ulang aplikasi Whatsapp kembali. Berikut cara menghapus aplikasi Whatsapp dari HP android agar bisa logout;

  1. Pastikan chat Whatsapp sudah dibackup;
  2. Tekan dan Tahan pada aplikasi Whatsapp;
  3. Pilih Uninstall;
  4. Download atau Install kembali Whatsapp;
  5. Buka aplikasi Whatsapp;
  6. Whatsapp kosong alias sudah berhasil logout;
  7. Selesai.

Catatan tambahan: Cara untuk menghapus aplikasi Whatsapp atau aplikasi apa pun di HP androird tidak selalu sama. Cara menghapus aplikasi Whatsapp di HP Samsung misalnya, tidak sama dengan menghapus aplikasi Whatsapp di HP Xiomi atau Oppo.

Cara Logout Whatsapp di iPhone

Bagi para pengguna iPhone yang ingin logout, tidak ada cara lain selain menghapus aplikasi Whatsapp tersebut dari perangkatnya. Caranya sama dengan cara kedua yang digunakan untuk logout di HP android. Jika masih bingung, berikut langkah-langkahnya;

  1. Pastikan chat Whatsapp sudah dibackup;
  2. Tekan dan Tahan pada aplikasi Whatsapp sampai muncul tanda Silang kiri atas aplikasi;
  3. Akan muncul pop up, cukup pilih Delete;
  4. Download atau Install kembali Whatsapp melalui App Store;
  5. Buka aplikasi Whatsapp;
  6. Whatsapp kosong alias sudah berhasil logout;
  7. Selesai.

Selain itu, ada juga cara lain untuk menghapus aplikasi Whatsapp di iPhone. Caranya adalah dengan masuk ke Setting, lalu pilih General. SKemudian pilih iPhone Storage. Setelah itu akan muncul aplikasi-aplikasi yang terinstall di iPhone. Tinggal pilih Whatsapp lalu Delete App.

Cara Logout Whatsapp di Whatsapp for Desktop

Whatsapp for Deskop adalah aplikasi Whtasapp yang bisa diisntal di laptop, PC atau komputer. Dari segi tampilan sama dengan Whatsapp Web. Kita dapat login dan logout sewaktu-waktu di kedua aplikasi tersebut. Baik Whatsapp for Desktop maupun di Whtasapp Web.

Pada Whatsapp for Desktop atau Whatsapp Web sendiri sudah disediakan pilihan untuk logout, tidak seperti di HP. Jadi kita tidak perlu bingung jika ingin logout dari for Desktop atauWhatsapp Web. Cara logoutnya sangat mudah, ikuti saja langkah-langkah berikut ini;

1. Buka Whatsapp for Desktop atau Whatsapp Web;

2. Klik Titik Tiga pojok kanan atas yang ada di jendela obrolan;

Cara Logout Whatsapp Web - Pilih Titik Tiga

3. Pilih Log Out;

Cara Logout Whatsapp Web - Pilih Logout

4. Selesai.

Cara logout dari Whatsapp for Desktop atau Whatsapp Web jauh lebih mudah karena sejak awal aplikasi tersebut hanya digunakan atau difungsikan sebagai alternatif. Tujuannya untuk membuka Whatsapp dengan tampilan atau interface yang lebih besar ketimbang HP.

 

 

Cara Logout Whatsapp di HP yang Hilang

Siapa yang senang jika HP hilang? Tanpa kita sadari mungkin jatuh dari saku atau malah dicuri. Selain karena HP itu sendiri, ada yang lebih disayangkan lagi yaitu file-file atau dokumen penting yang kita simpan di memori HP. Salah satunya adalah chat-chat penting yang ada di Whatsapp.

Secara default satu akun Whatsapp tidak bisa dibuka dengan dua HP secara bersamaan. Jika kita login Whatsapp pada HP kedua, maka akun Whatsapp di HP pertama akan logout secara otomatis. Berikut ini langkah-langkah cara logout Whatsapp di HP yang hilang;

  1. Hal yang pertama musti dilakukan adalah datang ke kantor penyedia layanan seluler yang digunakan untuk meminta kartu perdana baru dengan nomor yang hilang;
  2. Install aplikasi Whatsapp di di HP yang baru;
  3. Buka aplikasi Whatsapp;
  4. Masukkan nomor yang hilang lalu klik Next;
  5. Setelah itu, akan muncul pemberitahuan bahwa nomor sudah terdaftar dan pertanyaan apakah ingin memindahkan akun Whatsapp tersebut, pilih Continue;
  6. Masukkan kode verifikasi yang diterima melalui SMS;
  7. Jika sebelumnya Two-Step Verification atau Verifikasi Dua Langkah diaktifkan, maka masukkan PIN sebanyak enam digit;
  8. Selanjutnya akan diberi tawaran Restore atau Pemulihan;
  9. Seteah itu isi info Profil dan klik Next;
  10. Tunggu hingga proses Initializing selesai;
  11. Setelah proses tersebut selesaia, maka akun Whatsapp yang ada di HP yang hilang secara otomatis akan logout;
  12. Selesai.

Catatan tambahan: Restore atau Pemulihan adalah tawaran yang sifatnya opsional. Jika ingin memulihkan chat lama yang ada di HP yang hilang maka pilih restore. Jika tidak bisa diskip. Chat yang dipulihkan sendiri tergantung pada kapan terakhir kita membackup chat Whatsapp.

FAQ

  • Apakah Whatsapp bisa dilogout?

Sebenarnya dalam aplikasi Whatsapp tidak ada pilihan untuk logout. Akan tetapi ada 2 pilihan jika kamu ingin logout. Caranya yang pertama dengan menghapus data dan cache Whatsapp yang ada di setelan HP. Sedangkan cara yang kedua adalah dengan menghapus aplikasi Whatsapp.

  • Ketika Whatsapp diuninstall apakah chat akan hilang?

Ketika Whatsapp diuninstall, chat akan hilang atau tidak tergantung pada penggunanya. Jika sebelum Whatsapp dihapus ia telah melakukan pencadangan, maka otomatis chat tidak akan hilang karena ada backup yang tersimpan di Google Drive.

Sedangkan jika pengguna tidak membackup chat sebelumnya, tentu chat akan hilang semua. Kamu bisa membaca artikel kamu terkait Cara Membackup Whatsapp untuk mengathua bagaimana langkah-langkah cara membackup chat Whatsapp.

  • Kenapa Whatsapp yang eror chatnya bisa hilang?

Chat bisa saja hilang saat Whatsapp eror. Salah satu penyebabnya karena data dan cache yang tersimpan otomatis di aplikasi Whatsapp kita terhapus. Bisa karena kesalahan dalam melakukan pembersihan cache atau bisa juga karena Whatsapp kita corrupt.

  • Kenapa Whatsapp Web tiba-tiba bisa logout sendiri?

Secara default sistem Whatsapp Web memang akan dengan sendirinya logout ketika kita menutup browser. Sistem tersebut bertujuan untuk menjaga keamanan akun Whatsapp kita. Agar tidak ada atau mencegah orang lain mengakses akun kita.

  • Bagaimana cara agar tetap login di Whatsapp for Desktop?

Centang atau ceklist pilihan tetap login yang ada di bawah barcode scan QR. Dengan cara tersebut, kita tidak perlu lagi login saat membuka Whatsapp for Desktop. Secara otomatis kita akan langsung login ke akun Whatsapp tanpa harus scan koder QR terlebih dulu.

 

 

Akhir Kata

Demikian informasi terkait cara logout Whatsapp dengan mudah dan aman. Jika sewaktu-waktu ada hal yang mengharuskan kita untuk logout, kita tidak perlu bingung lagi karena telah mengetahui caranya.

Akhir kata, terima kasih sudah berkunjung ke website kami dan membaca artikel ini sampai selesai. Jangan lupa juga untuk membaca artikel lain dari kami terkait dengan Whatsapp. Terutama adalah artikel terkait Cara Backup Chat Whatsapp.

Satu lagi, jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada siapa pun. Barangkali saja ada yang sedang membutuhkan. Sekaligus memberitahu mereka bahwa Whatsapp bisa dilogout dengan beberapa cara, meski tidak langsung dari aplikasi bawaannya.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *