Viral! Belanja Online Pakai Voucher Dibatalkan Otomatis Oleh Tokopedia, Apa Alasannya?

Anisa 30 Jan 2023 2 Menit 0

ADVERTISEMENT

Baru-baru ini pengguna platform sekaligus aplikasi belanja online Tokopedia sedang dihebohkan dengan kehadiran voucher shopping yang memberikan potongan harga senilai Rp100.000.

Kode voucher tersebut pun beredar luas di jagat media sosial dengan kode TMRW100PEKR6X50 dan TMRW1002TJH7GP8. Kedudanya diklaim dapat dipakai lebih dari satu kali transaksi.

Seperti unggahan tweet pemilik akun Twitter bernama @lucu2809 yang mengatakan jika ada dua voucher belanja Tokopedia dengan masing-masing potongan harga senilai Rp100.000 untuk membeli sejumlah produk di e-Commerce tersebut tanpa ada batasan kategori tertentu.

Itu artinya pengguna dapat memanfaatkan voucher belanja untuk memborong bergagai kategori produk dengan minimum pembelian Rp150.000.

Sayangnya ketika kedua voucher tersebut dijajal dan dicoba oleh beberapa pengguna lain, pembelian barang yang sudah masuk dalam proses pemesanan produk, tiba-tiba dibatalkan secara otomatis oleh sistem Tokopedia.

Pengguna yang merasa gagal saat checkout barang dengan kedua kode voucher tersebut kemudian beramai-ramai mempertanyakannya lewat Twitter. Mengingat belum lama ini fitur top up e-money Mandiri di Tokopedia juga sempat bermasalah selama lebih dari dua minggu.

Dilansir dari Kompas.com, Ekhel Chandra Wijaya selaku Head of External Communications Tokopedia pun akhirnya angkat suara. Menurutnya, pembatalan tersebut dilakukan Tokopedia karena transaksi yang menggunakan kedua prmo yang beredar saat ini dianggap tidak memenuhi ketentuan promo.

“Sejumlah transaksi tidak dapat diproses melalui Tokopedia dikarenakan tidak memenuhi syarat dan ketentuan promo yang berlaku,” ujarnya pada Sabtu (28/1/2023).

Selain karena tidak sesuai dengan kebijakan promo e-Commerce, Ekhel sendiri tidak menyebut atau pun mengungkapkan alasan keduanya (promo voucher) dapat beredar luas di masyarakat. Alih-alih menjawab rasa penasaran konsumen, Ekhel memilih untuk meminta maaf kepada para pengguna setia Tokopedia.

Dirinya juga menyebut jika dana untuk memesan produk yang dibatalkan oleh sistem akan dikembalikan seperti kebijakan sebelumnya.

“Kami memohon maaf kepada para pengguna yang tidak bisa melanjutkan transaksi. Uang yang telah dibayarkan oleh pembeli, akan tetapi gagal bertransaksi, sepenuhnya sudah dikembalikan oleh Tokopedia sesuai prosedur,” tutup Ekhel sebagai jawaban atas keluhan serta keresahan yang dirasakan oleh pelanggan Tokopedia.

Kode Voucher dengan awalan TMRW sebenarnya merupakan kupon yang disediakan bagi pengguna e-banking UOB untuk bertransaksi pada 28 Januari. Jadi, seluruh pengguna layanan digital bank tersebut dapat menggunakannya tanpa ada batasan kategori produk, bahkan dapat melakukan checkout barang lebih dari 10 kali transaksi di Tokopedia.

Namun karena mengacu pada ketentuan promo, Tokopedia harus membatalkan transaksi sejumlah pelanggan pada 29 Januari lalu.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber:

  • Ramai Belanja Pakai Voucher Dibatalkan Otomatis, Ini Penjelasan Tokopedia – https://money.kompas.com/read/2023/01/28/211559326/ramai-belanja-pakai-voucher-dibatalkan-otomatis-ini-penjelasan-tokopedia
  • Ramai Belanja Tokopedia Pakai Promo Potongan Rp 100 Ribu, Dibatalkan Secara Otomatis – https://detiksumsel.com/ramai-belanja-tokopedia-pakai-promo-potongan-rp-100-ribu-dibatalkan-secara-otomatis/
  • otis Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Penjelasan Tokopedia Soal Belanja Pakai Kode Voucher Dibatalkan Otomotis – https://jateng.tribunnews.com/2023/01/29/penjelasan-tokopedia-soal-belanja-pakai-kode-voucher-dibatalkan-otomotis
Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *