Modal Usaha Angkringan Lengkap dengan Keuntungannya (+Tips)

Anisa 12 Jun 2023 5 Menit 2

ADVERTISEMENT

Tingginya minat masyarakat terhadap bisnis kuliner dan makanan membuat usaha angkringan juga ikut melejit dari tahun ke tahun. Apalagi modal usaha angkringan terbilang sedikit.

Dikutip dari UMKM Indonesia, menurut hasil riset Statista, pendapatan bisnis kuliner pada tahun 2025 diprediksi akan mengalami peningkatan sebesar 10,79%.

Berkaca dari perkiraan tersebut, membuka usaha angkringan bisa jadi opsi paling tepat mengingat budaya masyarakat Indonesia yang gemar nongkrong saat malam hari hingga larut.

Apalagi keuntungan yang diperoleh dari bisnis ini bisa mencapai Rp200-Rp300 ribu per malamnya. Menggiurkan bukan?

Jika Anda berminat untuk membuka usaha angkringan, simak tips dan modal yang harus disiapkan pada artikel ini.

ADVERTISEMENT

1. Mengapa Bisnis Angkringan?

Modal usaha angkringan modern

Bisnis angkringan merupakan salah satu usaha dengan modal kecil yang bisa dilakukan oleh para pemula sekali pun. Seseorang bahkan bisa mengantongi keuntungan Rp200-Rp300 ribu per malamnya hanya dengan modal 3-5 juta saja.

Angkringan sendiri berasal dari Bahasa Jawa yakni ‘angkring’ yang berarti tempat dan alat untuk menjual makanan keliling berbentuk melengkung ke atas.

Dahulu usaha angkringan dilakukan dengan cara berkeliling, akan tetapi lambat laun masyarakat mengubahnya menjadi gerobak yang menetap di suatu tempat karena dinilai lebih efektif dan mampu mendatangkan pelanggan tetap untuk terus kembali.

Salah satu angkringan yang paling terkenal adalah Jogja. Jumlahnya diperkirakan mencapai 6.000 ribu lebih yang tersebar di berbagai wilayah secara merata.

Tak heran kalau usaha angkringan menjadi peluang bisnis di Yogyakarta yang paling menguntungkan.

Mau coba? Simak tips dan modal usaha angkringan di bawah ini.

ADVERTISEMENT

2. Tips Membuka Usaha Angkringan

Jika Anda berminat untuk merintis usaha angkringan, mari ikuti tips lengkanya berikut:

ADVERTISEMENT

2.1. Pilih Lokasi yang Strategis

Memilih lokasi yang tepat dan strategis sangat menentukan usaha angkringan Anda akan ramai atau sepi.

Bagaimana kriteria lokasi yang tepat dan strategis?

  • Di sekitar tempat tersebut belum ada yang membuka angkringan (Anda satu-satunya)
  • Lokasinya berada di pinggir jalan utama atau jalan besar
  • Hindari membuka angkringan di dalam gang sempit dan kecil
  • Tersedia tempat parkir

Jika target utama pengunjung Anda adalah kalangan mahasiswa, maka bukalah angkringan di sekitar kampus.

Apabila target Anda adalah masyarakat umum, cobalah untuk memilih tempat yang ramai dilalui oleh kendaraan dan lahan yang luas agar pengunjung bisa memilih ingin duduk di dalam tenda gerobak atau lesehan pakai tikar.

ADVERTISEMENT

2.2. Urus Izin Usaha

Walaupun Anda membuka usaha angkringan di pinggir jalan raya, pastikan Anda telah mengantongi izin dan kelayakan usaha untuk berdagang di daerah tersebut.

Mengurus surat izin usaha (SIUP) akan membuat bisnis angkringan Anda aman dari razia satpol PP dan punya kredibilitas yang bisa dipertanggungjawabkan.

Umumnya pengurusan izin usaha ini bisa dilakukan secara online lewat website dinas setempat atau datang langsung ke kantornya.

Contoh: pemilik kafe atau angkringan di Surabaya yang ingin mengurus surat izin usaha bisa datang ke UPTSA Siola atau daftar online ke Surabaya Single Window.

ADVERTISEMENT

2.3. Siapkan Menu yang Lengkap

Biaya modal usaha angkringan

Menu yang lengkap mampu membuat pengunjung merasa puas dan betah memilih makanan yang mereka sukai.

Nah berikut menu khas angkringan yang sebaiknya Anda sajikan di atas gerobak:

  • Nasi kucing
  • Nasi teri sambal trasi
  • Nasi oseng
  • Nasi orek tempe
  • Nasi sambal cumi
  • Nasi bakar isi ayam kemangi
  • Nasi kuning
  • Nasi jinggo
  • Nasi ati ayam
  • Aneka sundukan atau menu tusuk (sate telur puyuh, sate usus, sate jamur, sate sosis ayam, sate cumi, sate bakso bakar, sate kerang, sate kepala ayam, sate ceker, sate jeroan, sate babat, dan sebagainya)
  • Aneka gorengan (mendoan, tahu, bakwan, tahu isi, pisang goreng, rolade, combro, singkong goreng, dan lain-lain)
  • Aneka lauk pilihan seperti otak-otak, ayam goreng, ayam krispi, tahu dan tempe bacem, telur balado, telur goreng, serta masih banyak lagi
  • Snack atau jajanan seperti jadah bakar, klepon, onde-onde, lumpia basah, martabak telur, piscok, pangsit goreng, dan sebagainya

Nah, untuk minumannya Anda bisa menyajikan beragam menu yang sehat dan nikmat seperti:

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

2 Comments

  1. Untuk mereka yang ingin menguruskan badan tanpa diet, pola hidup sehat melalui olahraga teratur, tidur yang cukup, makan seimbang, hingga teknik mindfulness bisa menjadi solusi. Jangan lupakan juga faktor stres dan pentingnya hidrasi. Akar rambut yang kuat adalah kunci untuk mencegah kerontokan, dan ini bisa didukung dengan cara alami seperti menggunakan ramuan tradisional, minyak zaitun, makanan yang kaya nutrisi, pijat kepala, dan juga memperhatikan kebiasaan sehari-hari seperti penggunaan cat rambut.

    1. Avatar of anisa Anisa berkata:

      Iya min, iya siap. Minjulita bakal memperhatikan kesehatan rambut mulai dari sekarang biar nggak kentang. Makasih dah mampir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *