10 Tips Pentingnya Melindungi Brand untuk Sukses Jangka Panjang

Anisa 19 Jan 2024 3 Menit 0

Brand adalah aset berharga bagi setiap perusahaan. Maka dari itu, membangun dan merawatnya adalah langkah penting untuk memastikan keberlanjutan bisnis.

Apalagi dalam era digital yang terus berkembang, Perlindungan Merek dalam Brand tidak hanya menjadi kebutuhan, tetapi juga sebuah kewajiban.

Mengapa begitu? Karena brand merupakan wajah atau identitas bagi suatu perusahaan. Selain itu, proses pembentukan dan pengembangannya juga memerlukan waktu, tenaga, biaya tak sedikit.

Inilah alasan pentingnya melindungi brand dalam jangka panjang. Namun bagaimana caranya?

Tips Melindungi Brand yang Efektif

Tips pentingnya melindungi brand

Dalam artikel ini, kami akan merekomendasikan 10 tips penting untuk melindungi brand kamu, mulai dari Cek Merek Dagang secara berkala dan mengamankan reputasi bisnis yang kamu bangun dengan susah payah.

Berikut tips penting untuk melindungi brand sebuah bisnis:

1. Pahami Nilai Unik Brand Kamu

Sebelum melangkah lebih jauh, pahami nilai unik yang membedakan brand kamu dari yang lain. Singkatnya, value (nilai) yang unggul dari brand kamu dibandingkan dari milik kompetitor.

Nilai pada brand adalah pondasi sekaligus identitas yang akan membantu menentukan bagaimana kamu ingin dilihat oleh pelanggan atau masyarakat luas.

2. Buat dan Terapkan Guidelines Brand yang Jelas

Buat pedoman brand yang jelas dan pastikan seluruh tim kamu memahaminya.

Tips kedua Ini mencakup penggunaan logo, warna, tipografi, dan elemen desain lainnya. Dengan memiliki panduan yang konsisten, kamu dapat memastikan informasi yang disajikan dan pesan brand benar-benar tepat sasaran.

3. Aktif di Media Sosial

Media sosial adalah alat yang sangat efektif untuk membangun brand, tetapi juga dapat menjadi tempat hancurnya reputasi.

Oleh karena itu, penting untuk selalu memantau aktivitas di berbagai platform ini. Selanjutnya, tanggapi feedback atau respon dari audiens dengan cepat, dan pastikan konten yang dibagikan sesuai dengan nilai brand kamu.

Untuk memantau aktivitas di media sosial terkait konten-konten yang viral, isu yang sedang berkembang, dan meningkatkan awareness brand, kamu bisa memanfaatkan social media listening tools.

4. Lakukan Pemantauan Online

Selalu ada potensi risiko di dunia digital dan bisa saja terjadi pada brand mana pun, termasuk brand kamu sekali pun. Jadi, pemantauan online secara teratur dapat membantu kamu mendeteksi potensi ancaman yang berpeluang merugikan brand kamu.

Sebut saja seperti penggunaan nama domain yang mirip atau konten negatif yang berkaitan dengan brand kamu.

5. Investasikan dalam Keamanan Digital

Lindungi brand kamu dari serangan cyber dengan mengamankan situs web dan data pelanggan. Sudah bukan rahasia lagi bahwa website merupakan salah satu metode branding suatu perusahaan dan menyimpan data banyak pelanggan.

Untuk itu, pastikan kebijakan keamanan yang kuat dan terus-menerus dengan memperbarui sistem keamanan website kamu.

Jika website tersebut diretas oleh pihak tak bertanggung jawab, maka kepercayaan dari pelanggan akan hilang, merusak reputasi perusahaan, mempengaruhi pelayanan, dan rugi finansial.

6. Lindungi Kekayaan Intelektual

Merek dagang, paten, dan hak cipta adalah bagian penting dari brand yang kamu bangun.

Pastikan untuk mendaftarkan dan melindungi kekayaan intelektual Anda agar terhindar dari pelanggaran hak.

7. Bersikap Transparan

Transparansi adalah kunci untuk membangun kepercayaan pelanggan. Bersikaplah transparan tentang produk atau layanan kamu, tanggapi masalah dengan jujur, dan berikan informasi yang dibutuhkan kepada pelanggan.

Dengan bersikap transparan pada pelanggan, maka kepercayaan pelanggan meningkat, loyalitas terjaga, dan tentunya berdampak positif terhadap brand atau merek yang kamu bangun.

8. Edukasikan Karyawan Kamu

Tim internal adalah garda terdepan yang melindungi brand kamu karena merekalah yang akan berhubungan, baik langsung dan tidak langsung dengan pelanggan.

Jadi, pastikan karyawan memahami pentingnya melindungi brand dan berikan pelatihan secara teratur mengenai kebijakan dan praktik terbaru yang harus mereka laksanakan.

9. Pantau Kompetitor Kamu

Selalu waspada terhadap apa yang dilakukan oleh pesaing kamu. Mulai dari kampanye produk, peningkatan pelayanan, dan inovasi yang mereka lakukan.

Kewaspadaan terhadap para kompetitor tidak hanya membantu brand serta produk kamu tetap relevan di pasar, tetapi juga memungkinkan kamu untuk merespon dengan cepat jika ada upaya merugikan dari pihak lain.

10. Gunakan Layanan Merek yang Terpercaya

Tips pentingnya melindungi brand

Mebiso menyediakan layanan lengkap untuk melindungi brand kamu secara menyeluruh dan terstruktur.

Dengan mengandalkan platform ini, kamu dapat melakukan pengecekan merek secara rutin dan melindungi merek dagang kamu lebih efektif.

Yuk, cek merek dan lindungi merek kamu dengan Mebiso untuk memastikan keberlanjutan brand kamu di pasar yang kian kompetitif!

Kesimpulan

Melindungi brand tidak dapat dilakukan dalam sekejap bahkan dalam satu kali jalan, tetapi merupakan bagian dari perjalanan yang harus dikerjakan secara terus-menerus.

Dengan menerapkan tips di atas, kamu dapat membangun pondasi yang kuat untuk melindungi brand kamu dari berbagai ancaman.

Jangan lupa untuk secara teratur mengevaluasi dan memperbarui strategi perusahaan untuk melindungi brand kamu sesuai dengan perubahan perilaku konsumen dan dalam industri.

Lindungi brand kamu, dan kamu akan membangun pondasi yang kokoh untuk kesuksesan jangka panjang. Jangan lupa untuk Cek Merek dan Lindungi Merek di Mebiso untuk langkah ekstra dalam menjaga keamanan brand kamu.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *