Mau buat channel YouTube tetapi bingung memulainya dari mana? Kamu bisa mencari tahu dulu ide konten YouTube paling diminati sebagian besar masyarakat di Indonesia.
Setelah itu, baru deh pikirkan ide nama channel YouTube, kemudian belajar teknik pengambilan video, memperdalam internet marketing, dan lain-lain.
Bagi pemula yang baru saja merambah dunia konten video, sebaiknya tidak memikirkan cara dapat adsense YouTubeterlebih dahulu, tetapi fokus pada produksi serta kualitas konten.
Nah, apa saja kira-kira ide konten YouTube yang bermanfaat dan paling diminati masyarakat? Simak penjelasannya berikut!
1. Apa itu Ide Konten YouTube?
Ide konten YouTube adalah jenis dan ciri khas video yang dibuat oleh YouTuber untuk dipertontonkan ke masyarakat agar mampu membentuk dan menaikkan personal branding channel.
Contoh: Diary Mistery Sara, Jurnal Risa, dan RJL 5 fokus pada konten jenis horor. Sedangkan Kimbab Family, Fadil Jaidi, dan lainnya fokus pada konten daily vlog.
Secara tidak langsung ide konten YouTube ini akan mempengaruhi selera dan opini masyarakat terhadap content creator.
Nah, ide konten YouTube ini nantinya akan mempengaruhi proses monetisasi atau gaji YouTuber setiap kali melakukan penarikan AdSense.
2. Tujuan Membuat Ide Konten YouTube
Walaupun banyak kategori atau ide konten yang sama antara satu YouTuber dengan yang lain, tetapi setiap content creator pastinya punya keunikan dan pembawannya masing-masing.
Contoh saja, konten telling story sebuah kasus yang dibawakan oleh Nessie Judge lebih ke serius dan menegangkan. Sementara Hirotada Radifan lebih condong pada pembawaan yang fun, ala-ala gosip, dan punya gaya khas anak tongkrongan.
Dari sini dapat ditarik garis besar bahwa tujuan ide konten YouTube adalah
- Mendapatkan pasar atau penonton yang cocok dengan konten kreator
- Mencetak personal branding di masa depan
- Membuat konten lebih fokus dan terarah sesuai kategori atau flow content
- Memudahkan proses monetisasi atau daftar Google AdSense YouTube
- Memperbesar peluang untuk collab dengan konten kreator lain
ADVERTISEMENTS
3. Daftar 10 Ide Konten YouTube yang Bermanfaat dan Paling Diminati
Sebenarnya ada begitu jenis konten YouTube yang jadi favorit masyarakat. Bahkan exposure publiknya cukup besar.
Apa saja ide konten YouTube paling diminati masyarakat Indonesia dan luar negeri?
ADVERTISEMENTS
3.1. Konten Kuliner
Konten YouTube kategori kuliner punya pasar yang sangat besar di Indonesia. Bahkan tiada matinya.
Menonton tayangan kuliner bagi sebagian besar masyarakat Indonesia dipercaya mampu menaikkan selera makan, mengikuti tren produk yang sedang populer di pasaran, dan mampu melepas stres.
Lewat ide konten kuliner, kamu bisa menjelaskan cita rasa makanan, review secara jelas dan detail, menampilkan proses saat menyantapnya, dan memberi tahu lokasinya.
Banyak bisnis kuliner dan makanan yang mengalami kemajuan setelah didatangi oleh sejumlah YouTuber tanah air.
ADVERTISEMENTS
3.2. Review Produk
Review produk adalah salah satu konten YouTube paling diminati karena memberitahukan spesifikasi sebuah barang secara jelas.
Kamu bisa mengulas produk sebuah barang secara mendetail disertai harga belinya, dengan begitu bisa jadi referensi bagi penonton.
Tak lupa masukkan link Shopeee Affiliates Program di kotak deskripsi bawah konten supaya ada penghasilan yang masuk di akun afiliasi kamu.
ADVERTISEMENTS
3.3. Trip dan Traveling
Selain kuliner, konten jalan-jalan atau traveling juga sangat disukai oleh masyarakat Indonesia.
Sebab, lewat rekaman tersebut, penonton akan mendapat pengetahuan tentang tempat-tempat baru yang ditampilkan, dan serasa diajak menjelajahi tempat yang dikunjungi (liburan virtual).
Agar konten trip dan traveling kamu jadi konten YouTube paling diminati oleh penonton, kamu dapat memberitahu spot yang dikunjungi, harga tiket, transportasi yang digunakan, dan makanan khas tempat tersebut.
3.4 Konten Memasak
Jika kamu punya hobi mengolah makanan, ide konten YouTube memasak ini sangat direkomendasikan. Sebab, memasak bisa jadi ide konten YouTube tanpa bicara dengan menambahkan teks serta musik sebagai BGM.
Apalagi sekarang banyak pengguna internet yang lebih suka melihat tutorial memasak daripada membaca resep karena bisa melihat eksekusinya secara langsung.
Supaya kamu mendapatkan banyak penonton, cobalah kasih tips dan trick memasak yang mudah, mengedukasi, dan beberapa hal yang tidak penonton dapatkan di konten YouTube lainnya.
3.5. Berkebun dan Bertani
Akhir-akhir ini publik menaruh perhatian pada konten berkebun yang dianggap sangat menyenangkan dan menyegarkan mata.
Sebab, dengan menonton aktivitas berkebun, penonton bisa relaksasi sambil menikmati pemandangan hijau nan menyenangkan.
Konten YouTube paling diminati ini tidak memerlukan banyak modal, akan tetapi kamu harus banyak melakukan riset, eksperimen tanah, tutorial merawat tanaman, perlihatkan aktivitas memetik hasil panen, dan lain-lain.
Setelah diunggah, jangan lupa share video YouTube ke WhatsApp ya!
Baca Juga
3.6. Tips Game
Dunia gamers juga masih menjadi kategori sekaligus ide konten YouTube yang paling banyak diminati oleh kalangan remaja hingga dewasa, terutama kaum laki-laki.
Hal ini dikarenakan memainkan game merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari internet.
Makanya, kamu juga bisa mencontoh video-video game dengan memberikan tutorial memenangkan sebuah tantangan, mendapatkan senjata andalan, serta tips-tips bermain game agar naik level lebih tinggi.
3.7. Konten Vlog Harian (Daily Vlog)
Siapa sih yang tidak suka menonton konten vlog harian atau daily vlog? Kenyataannya video ringan dengan menampilkan hidup sehari-hari juga ramai ditonton oleh masyarakat.
Mengapa demikian? Karena penononton bisa melihat kehidupan nyata para artis/influencer/YouTubers yang mereka sukai tanpa harus bertemu di real life.
Untuk membuat daily vlog, kamu harus mampu menyuguhkan ciri khas yang bisa memancing ketertarikan penonton. Misalnya melakukan hal-hal seru, QNA (tanya jawab), berbagi pikiran, memberikan informasi ringan, dan lain-lain.
3.8. Review Film
Ide konten YouTube selanjutnya yang bisa dijajal adalah review film atau konten spoiler.
Walaupun sebagian masyarakat tidak menyukainya, tetapi melihat statistik YouTube saat ini, peminat video ulasan review film masih menunjukkan minat yang lumayan tinggi.
Terutama review film Korea, Jepang, Thailand, India, dan Amerika.
Tujuan dari video review film adalah memberikan rekomendasi tontonan yang wajib dilihat oleh para subscribers berdasarkan genre yang mereka sukai.
3.9. PodCast
Jika diperhatikan lebih detail, konten kategori podcast juga makin menjamur belakangan ini.
Banyak manajemen milik artis dan selebriti yang membuat channel YouTube dengan mengundang berbagai narasumber untuk menceritakan sudut pandang/kisah/pengalamannya.
Biar konten makin ramai, umumnya pemilik rumah akan mengundang narasumber yang sedang viral atau populer.
Apakah kamu mau mencobanya?
3.10. Konten Horor
Horor memang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia. Bahkan apa pun kejadiannya, hampir selalu dikaitkan dengan mistis, misteri, dan kisah horor.
Kendati demikian, ide konten YouTube paling diminati seperti ini sebenarnya agak berisiko karena tidak bisa dikerjakan sendirian.
Selain berisiko, juga berbahaya bagi keselamatan konten kreator.
Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa membuat konten horor seperti Kembara Sunyi, RJL 5, dan sebagainya dengan membawakan pengalaman horor yang dialami oleh orang lain.
Jadi, tetap aman dan bisa digarap di rumah!
4. Cara Agar Sukses di Youtube Dengan Ide Konten Yang Kamu Miliki
Bagaimana cara agar sukses jadi YouTuber dengan ide konten yang kamu miliki?
- Konsisten dengan ide konten YouTube yang telah direncanakan dan dibuat sejak awal
- Tingkatkan kualitas editing konten agar makin menarik dilihat
- Bagikan konten setelah dibuat ke beberapa platform seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan lain-lain.
- Bikin durasi minimal 15 menit ke atas
- Tambahkan teks dalam video supaya teman tuli bisa ikut menyaksikannya
- Buat jadwal upload konten supaya penonton bisa mengaktifkan lonceng pemberitahuan
- Terima saran dan kritik dari penonton agar penyajian konten makin berkualitas
- Dari video tersebut, buatlah short video YouTube/jadikan Reels Instagram, bikin cuplikannya di TikTok, dan sebagainya
FAQ
Bingung mau bikin konten apa yang paling bagus di YouTube?
Konten yang paling banyak dicari dan bisa dijadikan inspirasi adalah konten story telling beberapa kasus menggemparkan di dunia, konten memasak, konten tutorial make up, konten produk skincare, konten traveling, daily vlog, pendidikan, game, dan masih banyak lagi. Sesuaikan dengan passion dan hobi yang kamu jalani.
Konten apa saja yang bisa menghasilkan uang di YouTube?
Konten-konten seperti mempertontonkan binatang lucu, review produk, gosip dan kasus-kasus viral, haul, kuliner, horor, podcast, dan sebagainya dapat menghasilkan banyak pendapatan bahkan mencapai 1,5 miliar per bulannya.
Kesimpulan
Itulah beberapa contoh ide konten YouTube paling diminati yang bisa kamu coba mulai dari sekarang.
Yang penting, jangan takut memulai dan mencoba sejak dini untuk mencari pasar kamu sendiri ya.
Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.
Referensi:
- 31 easy YouTube video ideas to get more views in 2023 – https://uppbeat.io/blog/youtube-video-ideas/
- 100 Best Youtube Channel Ideas for Beginners for 2023 – https://www.simplilearn.com/tutorials/social-media-marketing-tutorial/youtube-video-ideas