Cara Belajar Internet Marketing, Teknik Tepat Buat Penjualan Meningkat

Mufid Hanif 04 Okt 2022 6 Menit 0

Sekarang, makin banyak orang yang menggunakan media sosial. Mengutip dari KataData, Orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 3,2 jam sehari di media sosial. Makannya, semakin banyak calon marketer yang mencari cara belajar internet marketing.

Dengan teknik internet marketing yang tepat, produk yang diiklankan pun bisa lebih dikenali oleh target audience yang sesuai. Penjualan pun bisa semakin meningkat.

Makannya, Internet marketing ini menjadi hal yang penting di era digital ini. Bagaimana cara memulai belajar internet marketing? Mari kita mulai dari pembagian fokus internet marketing dan skillset yang biasanya dimiliki oleh internet marketing.

Pertama: Pilih Fokus Internet Marketing

Sebelum belajar lebih jauh mengenai Internet Marketing, ada baiknya calon marketers mengetahui lingkup dalam marketing itu sendiri. Marketing itu luas sekali, lho!

Internet marketing - divisi marketing

Ada banyak marketing channels dan divisi dalam digital marketing itu sendiri. Tidak semua produk, perusahaan, atau agensi menggunakan semua teknik marketing yang ada. Karena masing-masing teknik memiliki karakteristik, keunggulan, dan kekurangan yang berbeda-beda.

Kamu bisa memilih dan mendalami mana yang sekiranya sesuai dengan dirimu atau produk yang akan kamu pasarkan. Ini dia divisi digital marketing menurut webfx dan marketbusinessnews.

a. Social Media Marketing

Seperti yang sudah dijabarkan di atas, sekarang banyak orang yang menggunakan media sosial. Bahkan tidak jarang, yang pertama kali di buka ketika bangun tidur dan sebelum tidur adalah HP.

Makannya, media sosial menjadi media marketing yang efektif untuk berbagai produk. Apalagi, membuat akun media sosial itu gratis.

Kalau kamu ingin menggunakan Social Media Marketing, ada banyak media sosial populer yang bisa dipilih. mulai dari TikTok, Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, LinkedIn, dan Youtube. Kamu tidak harus menggunakan semuanya, tetapi pilih lah beberapa media sosial yang sekiranya banyak digunakan oleh target market mu.

Keuntungan dari Social Media Marketing adalah untuk membangun brand voice dan karakteristik dari brand mu.

b. Social Media Advertising

Pernah beli produk gara-gara lihat iklannya di media sosial? Banyak kok orang yang juga beli produk gara-gara melihat iklan di media sosial.

Berbeda dari sebelumnya yang hanya membuat akun dan membuat konten sesuai bahasa brand nya, untuk beriklan di media sosial, perlu membayar ke pihak media sosialnya.

Keunggulan dari social media advertising atau sering disebut ads adalah iklan yang ditampilkan biasanya berupa targeted ads. Jadi, iklan yang ditampikan bisa sesuai dengan umur, gender, dan karakter demografis lainnya. Bahkan bisa lebih spesifik lagi.

Misalnya, pengguna baru saja mencari produk tertentu di Google Search, algoritma mesin pencari akan memberikan laporan ke Google Ads kalau penggunanya sedang mencari produk tertentu. produk tersebut akan muncul di Google Ads. Begitu juga Facebook Ads yang bisa menarget calon pembeli secara spesifik.

c. Influencer Marketing/KOL Marketing

Kalau kamu mengikuti selebgram, pasti sudah familiar dengan teknik marketing yang satu ini. Seperti namanya, influencer marketing adalah teknik marketing yang melibatkan influencer, KOL, atau akun media sosial yang memiliki follower banyak.

Tidak hanya selebgram, tetapi atlet terkenal juga cukup sering ditemui untuk menjadi brand ambassador. Teknik ini bisa menjaring banyak fans untuk ikut menggunakan brand atau produk yang digunakan oleh idolanya.

Marketing dengan menggunakan KOL ini memiliki banyak keuntungan. Mengutip dari grin.co, KOL bisa membantumu untuk tetap terhubung dengan audiens yang tepat.

Keunggulan lain dari KOL marketing atau influencer marketing adalah biasanya meninggalkan kesan mendalam dan kebanggaan tersendiri bagi penggunanya. Contohnya, “Kobe Bryant mainnya keren, Sepatunya apa sih? Pakai juga ah” atau “Pakai make up nya Awkarin, pasti bisa cantik kayak dia

Kalau kamu orang yang suka di belakang panggung, kamu bisa jadi KOL Specialist atau KOL management. tetapi kalau kamu orang yang jadi pusat perhatian, kamu bisa jadi KOL nya di Instagram maupun TikTok.

d. Content Marketing

Pernah ingin beli produk setelah melihat review produk di YouTube, blog, infografis atau konten TikTok? Nah, ini adalah salah satu bagian dari Content Marketing.

Konten Marketing fokus untuk membagikan hal bernilai dan informasi yang relevan dengan industri kepada audiens. Dengan konten yang relevan dan berkualitas, bisnismu pun bisa dikenal semakin banyak orang yang tertarik sambil membuat mereka terhibur dan teredukasi dengan konten yang kamu berikan.

e. Web design

Website adalah hal vital untuk online marketing, terutama untuk brand-brand besar. Website bertindak layaknya pusat dari bisnis, atau muka bisnis di dunia maya. Kehadiran website resmi sering menjadi patokan apakah perusahaan tersebut perusahaan yang benar-benar serius atau tidak.

Makannya, alamat website hingga desain website yang bagus jadi hal penting dalam website. Tidak hanya enak dilihat, website yang baik juga harus nyaman dijelajahi sekaligus meninggalkan kesan positif.

Oh iya, kalau kamu membutuhkan jasa web design, kamu bisa menghubung salah satu web designer yang sudah lama berkecimpung di bidangnya. Langsung saja, hubungi Tonjoo.

f. SEO

Di era Google ini, hal yang pertama kali dilakukan ketika seseorang ingin tahu tentang hal baru adalah melalui Google. Ngaku deh, kamu juga gitu kan?

Makannya, ketika suatu produk tampil di halaman teratas Google, produk tersebut memiliki potensi untuk semakin dikenal banyak orang.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Mufid Hanif
Ditulis oleh

Mufid Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com