Advertisement

Cara Membuat Blog WordPress Dengan Domain Sendiri, Jadi Makin Profesional

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
01 September 2022
Waktu membaca
5 Menit

Membuat website blog jadi kebutuhan banyak orang. Makannya, banyak yang mencari cara membuat blog WordPress dengan domain sendiri. Kamu juga bisa lho.

Blog ini bisa membantu marketing dan strategi SEO perusahaan. Selain itu, blog juga bisa jadi wadah menyalurkan hobi.

Nah, domain sendiri ini bisa membuat website mu semakin mudah tampil di halaman pertama mesin pencarian. selain itu website juga akan tampil lebih profesional dan lebih mudah diingat.

Makin banyak yang mengunjungi Blog WordPress mu, uang yang kamu dapatkan juga makin banyak.

Di sini kita akan membahas dua cara membuat blog WordPress dengan domain sendiri:

  • Hosting pihak ketiga
  • Upgrade paket WordPress/beli domain WordPress

Simak sampai selesai supaya bisa tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing.

1) Menggunakan Jasa Hosting untuk Membuat Blog WordPress

Salah satu cara yang paling banyak digunakan untuk membuat blog WordPress adalah dengan menggunakan jasa hosting. Ada juga yang menyebut ini dengan “wordpress.org”

Ini berbeda dengan wordpress.com yang menyediakan blog wordpress gratis, wordpress.org menyediakan platform Content Management System (CMS).

Supaya orang lain bisa mengakses blog, diperlukan jasa hosting. Biasanya penyedia jasa hosting akan menawarkan paket jasa hosting sekaligus dengan pembelian domain dan email custom.

Beberapa jasa hosting yang bisa kamu gunakan:

Mereka akan menawarkan berbagai paket yang bisa membantumu membuat blog WordPress. Mulai dari menyediakan server website WordPress mu supaya online, hingga membantu desain dan migrasi WordPress.

Kalau sebelumnya sudah memiliki WordPress gratis dan ingin memindahkannya ke website dengan domain custom, jasa migrasi ini akan sangat membantu.

Tapi kalau membuat website dari awal/dasar, bisa ikuti langkah berikut.

Langkah Pertama: Buat Blog Website Local Host

Sebelum membuat website yang bisa diakses di internet, kita bisa membuat website offline dulu secara local host.

Local host maksudnya data website tersebut ada di komputermu sendiri, jadi tidak perlu jasa hosting untuk membuat website bisa diakses.

Ini berguna untuk membuat dan mengembangkan website sebelum diupload ke server online. Sehingga ketika kamu sudah menemukan jasa hosting, website yang online sudah nampak bagus.

Lalu, bagaimana cara membuat website dengan wordpress di localhost? Untuk membuat website WordPress local host, diperlukan platform yang membantu untuk membuat web server, database, dan interpreter.

Berikut Platform Web server yang bisa kamu gunakan

Setelah mendownload dan menginstal platform tersebut, kamu perlu menyesuaikan berbagai pengaturan supaya WordPress bisa diakses di browser.

Selain platform local host, kamu juga membutuhkan CMS WordPress kamu bisa download wordpress.org di website officialnya

Setelah platform web server dan WordPress terpasang dan setelannya disesuaikan dengan benar, barulah kamu bisa mengembangkan blog website sesukamu. Kamu bisa menambah plugin dan memilih tema WordPress mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Langkah Ketiga: Sewa Jasa Hosting

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa jasa hosting yang bisa digunakan untuk membuat website localhost supaya bisa online dan diakses dari internet.

Dari penyedia jasa hosting tersebut, kamu bisa membeli domain yang kamu inginkan untuk websitemu. Ketika membeli jasa hosting, ada berbagai pilihan besaran resource hosting web server.

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *