10 Strategi Pemasaran Produk Makanan yang Bisa Diterapkan

Anisa 14 Jun 2023 5 Menit 0

Merancang strategi pemasaran produk makanan sangat penting bagi bisnis kuliner kekinian yang saat ini digandrungi oleh masyarakat Indonesia.

Menurut hasil riset Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah usaha kuliner dan makanan yang tersebar merata di Indonesia berjumlah 11.223 pada 2020 lalu. Dari jumlah tersebut didominasi oleh rumah makan atau restoran sebanyak 8,042 (71,65%), katering (269 bisnis atau 2,40%), dan selebihnya usaha makanan lain-lain (21,912 atau 25,95%).

Banyaknya pengusaha di bidang kuliner membuat persaingan menjadi agak sengit dan ketat belakangan ini.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menyiapkan strategi bisnis yang ciamik untuk memperkenalkan dan memasarkan produk agar bisnis berkembang.

Apa strategi marketing yang paling efektif untuk memasarkan produk makanan?

1. Contoh Strategi Pemasaran Produk Makanan

Strategi pemasaran produk makanan adalah sebuah teknik atau cara memperkenalkan dan mempromosikan produk agar dikenal banyak orang sehingga terjadi aktivitas jual beli yang kontinyu.

Berikut ini contoh strategi pemasaran produk makanan yang paling direkomendasikan bagi Anda pemilik usaha kuliner dan makanan:

1.1. Tentukan Segmentasi Pasar

Saat Anda memulai bisnis makanan, entah sebagai dropshipper, reseller, atau supplier pastikan sudah mengetahui siapa target pasar yang dituju.

Misalnya Anda berjualan basreng pedas, maka target utama adalah kalangan muda-mudi yang doyan makan-makanan pedas.

Begitu juga Anda yang membuka rumah makan dengan konsep family resto, pasti sasaran utamanya adalah para keluarga. Walaupun tidak menutup kemungkinan ada anak-anak muda juga yang akan singgah di resto terebut.

Dengan menetapkan karakteristik dan segmentasi pasar, Anda bisa mengembangkan usaha lebih baik sekaligus membuat promosi yang menarik.

ADVERTISEMENTS

1.2. Buat Foto Produk yang Menarik

Analisis strategi pemasaran produk makanan

Contoh foto produk swiss house bakery | credit: instagram. Com/swisshousebakery. Id

Untuk menggaet pembeli, Anda harus menampilkan foto produk yang menarik rasa penasaran serta keinginan customer untuk membeli.

Anda bisa memotret produk makanan Anda menggunakan kamera HP atau lensa kamera, kemudian gunakan Canva untuk mengedit foto dan berikan sentuhan visualisasi yang lebih unik.

Sertakan caption, deskripsi produk, dan copywriting yang menarik saat Anda mengunggahnya di media sosial.

ADVERTISEMENTS

1.3. Pilih Kemasan Makanan yang Kekinian

Artikel strategi pemasaran produk makanan

Contoh kemasan donut yang kekinian | sumber: tokopedia. Com/shopnitz

Strategi pemasaran produk makanan yang juga penting dan harus diperhatikan oleh pengusaha adalah memilih kemasan model kekinian.

Contoh:jika dulu berjualan makanan menggunakan plastik mika biasa atau kardus kotak jadul, maka sekarang bisa menggunakan paper lunch box obosan kraft yang bisa dikustomisasi.

Anda juga dapat menambahkan stiker logo brand usaha disertai nomor telepon pemesanan agar banyak yang melakukan repeat order dengan mudah.

ADVERTISEMENTS

1.4. Promosikan Produk di Media Sosial

Cara promosi produk agar laris manis dan dikenal banyak orang dengan cepat saat ini adalah menggunakan media sosial.

Dengan menggunakan social media, strategi pemasaran produk makanan jauh lebih efisien karena mampu menjangkau calon pembeli dari berbagai daerah di Indonesia.

Anda bisa buat konten video TikTok, reels di Instagram dan Facebook, YouTube Short, dan postingan berupa foto produk setiap harinya.

Inilah beberapa contoh panduan cara memasarkan produk lewat media sosial:

Jika Anda punya anggaran lebih, cobalah gunakan jasa influencer dan selebgram untuk turut mempromosikan produk makanan yang Anda jual.

Selain jualan di media sosial, Anda juga bisa menjual produk makanan di Shopee dan Tokopedia.

ADVERTISEMENTS

1.5. Berikan Layanan Pesan-Antar

Strategi pemasaran produk makanan sejuk beku

Contoh pengantaran produk makanan lewat paxel | credit: instagram. Com/paxel. Co

Memberikan layanan pesan-antar atau delivery dapat menambah value usaha Anda. Tak heran strategi pemasaran produk makanan ini terbilang ampuh.

Mengapa demikian? Banyak pembeli dari kalangan ibu rumah tangga dan pekerja memilih menggunakan jasa kurir instan saat membeli makanan karena dinilai lebih praktis dan tidak mengganggu waktu mereka.

Oleh karena itu, Anda bisa bekerja sama dengan jasa kurir sehari sampai untuk mengirim makanan ke pelanggan.

Misalnya: Paxel, GoJek, Grab, Bluebird, dan lain-lain.

1.6. Cantumkan Alamat Usaha pakai Google Bisnis

Contoh strategi pemasaran 4p produk makanan

Contoh pemasaran produk makanan dengan google bisnis

Jika produksi makanan dilakukan di rumah atau toko, kedai, resto, kafe, dan sebagainya, usahakan Anda mendaftarkan bisnis tersebut di Google My Business.

Dengan mendaftarkan jenis bisnis dan alamat lengkapnya di Google Bisnis, para pelanggan bisa mencarinya dengan mudah melalui Google Maps, memberikan ulasan (review), penilaian, dan bertanya.

Keuntungan menggunakan Google My Business adalah usaha Anda makin terkenal dan mendapatkan pelanggan dari luar daerah.

1.7. Ikut Event UMKM

Strategi pemasaran produk makanan yang kini juga banyak dilakukan oleh pengusaha UKM dan UMKM adalah turut berpartisipasi dalam sebuah event atau pameran.

Mengikuti suatu event dan pameran akan membuat produk sajian nusantara yang Anda buat akan semakin dikenal oleh masyarakat luas, sehingga cocok untuk tahap promosi awal.

Contoh beberapa event kuliner yakni JF3 Food Festival: Food Festival Jakarta 2023, Ubud Food Festival, Festival Jajanan Minang, dan masih banyak lagi.

1.8. Daftarkan Usaha di Aplikasi Jual Makanan Online

Strategi pemasaran produk makanan khas daerah

Contoh strategi pemasaran produk makanan lewat grabfood

Mendaftarkan produk makanan ke aplikasi jual makanan online merupakan langkah tepat yang bisa Anda coba.

Strategi pemasaran produk makanan seperti ini cukup efektif untuk menaikkan branding dan akan meningkatkan penilaian konsumen terhadap makanan yang Anda tawarkan.

Apalagi sekarang hampir sebagian masyarakat suka memesan makanan melalui aplikasi karena sudah menjadi gaya hidup mereka sehari-hari.

1.9. Tambahkan Metode Pembayaran

Metode pembayaran di Indonesia cukup banyak dan lengkap, bahkan untuk melakukan transaksi saat berada di rumah makan, kedai kopi, resto, food court, dan lain-lain.

Makanya, tidak ada salahnya menambahkan opsi pembayaran bagi pelanggan agar mereka merasa termudahkan saat memesan produk makanan Anda.

Misalnya menambahkan metode pembayaran QRIS, transfer antar bank, pakai ShopeePay, dan sebagainya.

1.10. Adakan Kuis dan GiveAway

Strategi pemasaran produk makanan fungsional yang kurang tepat adalah

Contoh teknik promosi bittersweet_by_najla | credit: instagram. Com/bittersweet_by_najla

Anda bisa mengadakan kuis dan giveaway melalui media sosial untuk menjaring followers lebih banyak.

Strategi pemasaran produk makanan yang satu ini rupanya sangat ampuh untuk meningkatkan pengetahuan produk bagi sejumlah brand.

Anda bisa mengadakan kuis berhadiah pulsa atau saldo OVO/GoPay bagi pengguna dan minta mereka follow akun Anda. Selain itu, Anda juga bisa membagikan produk secara cuma-cuma saat mengadakan giveway sebagai ganti tester gratis.

Ketika followers akun Anda meningkat dan jumlahnya mencapai puluhan ribu, maka pemasaran produk juga jauh lebih cepat dikenal masyarakat luas.

2. Kenali Konsep Marketing Mix 4P

Marketing mix adalah konsep dasar dalam strategi pemasaran produk yang meluputi product (produk), price (harga), promotion (promosi), dan place (tempat).

Konsep ini merujuk pada dasar-dasar Anda melakukan strategi marketing yang terdiri dari:

  • Produk, yang berarti harus ada produk yang Anda jual, entah produk fisik atau digital dan pastikan produk ini menjawab kebutuhan masyarakat
  • Harga yang Anda tentukan haruslah lebih tinggi dari biaya produksi keseluruhan agar mendapatkan keuntungan. Pastikan juga harga yang Anda patok untuk pembeli tidak melebihi harga di pasaran
  • Promosi sangat penting untuk menunjang bisnis karena dengan mengenalkan produk pada masyarakat, maka Anda bisa mendapatkan pelanggan dan bisnis jadi berkembang
  • Tempat yang digunakan untuk membuka usaha, mendistribusikan produk, dan kegiatan bisnis sebaiknya berada di lokasi yang strategi agar mudah dijangkau oleh masyarakat

Dengan mengenali konsep marketing mix ini, Anda bisa memetakan jenis produk yang mau dikembangkan dan membuat inovasi, meninjau performa bisnis, dan tentunya evaluasi produk makanan yang diperjualbelikan.

FAQ

Apa strategi yang tepat untuk memasarkan produk makanan secara online?

Untuk memasarkan produk makanan secara online saat ini yang paling banyak dilakukan pebisnis adalah melalui Live Streaming TikTok, membuat konten reels di Instagram, mendaftarkan toko di marketplace, dan menjualnya melalui grup serta marketplace Facebook.

Adakah cara promosi produk makanan secara gratis?

Cara mempromosikan produk makanan secara gratis adalah melalui grup kuliner, grup jual beli di Facebook, Grup WhatsApp, tinggalkan komentar di postingan fanspage-fanspage besar, serta membuat konten yang nanti diunggah melalui media sosial.

Akhir Kata

Itulah strategi pemasaran produk makanan yang bisa Anda coba dan praktikkan saat ini.

Anda juga bisa jualan di Tokopedia karena kategori produk makanan cukup laris dan tinggi peminatnya di marketplace tersebut.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar peluang bisnis dan media sosial dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber:

  • Usaha Kuliner di Indonesia dalam Bingkai Statistik – https://goodstats.id/article/lebih-dari-10000-usaha-kuliner-ada-di-indonesia-bagaimana-statistiknya-OTIU5
  • Sebagian tulisan di atas merupakan hasil pengamatan dan riset penulis selama menggunakan media sosial untuk berjualan makanan agar menghasilkan artikel yang insightful bagi pembaca.
Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *