Tingkatkan Penjualan melalui WhatsApp CRM: Maksimalkan Potensi Bisnis Kamu

Anisa 22 Des 2023 5 Menit 0

ADVERTISEMENT

Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness di tengah masyarakat adalah menggunakan WhatsApp CRM. Apa itu?

WhatsApp CRM adalah sistem penggabungan atau integrasi antara aplikasi WhatsApp Business dengan layanan CRM untuk mengatur, memantau, dan mengelola aktivitas yang berkaitan dengan layanan pelanggan, pemasaran, kampanye, dan lain-lain.

Keberadaan WhatsApp CRM dinilai cukup ampuh untuk mengoptimalkan potensi suatu bisnis, terutama bagi perusahaan yang menggunakan media sosial sebagai alat untuk marketing.

Contoh nyata bisa kamu lihat sekarang, betapa banyaknya aplikasi bisnis online shop yang diintegrasikan dengan sistem CRM karena cukup berhasil untuk mencapai target penjualan dalam rentang waktu tertentu.

Mau tahu bagaimana WhatsApp CRM sangat berpengaruh terhadap prospek perusahaan? Temukan jawabannya di artikel ini!

ADVERTISEMENT

1. Bagaimana Bisnis yang Potensial Itu?

cara mengoptimasi potensi bisnis dengan whatsapp crm
apa itu whatsapp crm

Tujuan utama menjalankan bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dengan mengorbankan berbagai sumber daya. Namun, apakah bisnis semata-mata hanya untuk memperoleh keuntungan saja? Tentu tidak.

Dapat dikatakan berjalan dengan baik jika suatu bisnis memiliki prospek yang menjanjikan atau bisa disebut dengan bisnis yang potensial.

Nah, apa itu bisnis potensial? Bisnis potensial adalah yang bisnis dapat bertahan lama (sustainable) dan mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi sampai kapan pun.

Namun seperti yang kamu ketahui bahwa untuk menjalankan suatu bisnis yang berkelanjutan tentu tidak mudah. Diperlukan berbagai usaha dan strategi bisnis yang tepat serta menghasilkan dampak positif bagi perusahaan ke depannya.

ADVERTISEMENT

1.1. Cara Memaksimalkan Potensi Bisnis

Untuk memaksimalkan potensi bisnis suatu perusahaan, pelaku bisnis harus menyusun strategi dengan tepat dan relevan.

Salah satunya adalah menggunakan dukungan teknologi yang mumpuni seperti WhatsApp CRM yang dapat digunakan untuk mengukur dan menganalisis seberapa efektif dan berhasilnya kampanye yang dilakukan oleh perusahaan.

WhatsApp CRM sendiri memberikan dua manfaat sekaligus dalam memaksimal potensi bisnis, yaitu:

  • Membantu meningkatkan jumlah penjualan.
  • Mengembangkan pemasaran yang lebih efisien dan efektif. 

Agar potensi bisnis jadi lebih optimal, memperluas jangkauan pasar lewat pemasaran digital sangatlah penting dan dibutuhkan untuk saat ini.

Sebab, dengan memaksimalkan jangkauan pasar dapat meningkatkan brand awareness atau kesadaran akan suatu merek, sehingga konsumen dapat mengenali apa yang ditawarkan oleh pelaku bisnis pada mereka.

Strategi ini juga akan jadi lebih efisien jika menggunakan fitur omnichannel yang ada pada WhatsApp CRM.

Selain itu, pelaku bisnis juga harus selalu menjaga kepuasan konsumen, karena usaha yang menghasilkan keuntungan besar sekali pun bisa runtuh jika tidak menjaga kepuasan pelanggan.

Artinya, jika perusahaan dapat menjaga tingkat kepuasan pelanggan, maka mereka sebagai konsumen juga tidak akan segan-segan untuk merekomendasikan produk yang digunakannya kepada orang lain. Dengan kata lain, kepuasan konsumen merupakan hal yang krusial bagi ketahanan bisnis. 

Singkatnya integrasi Whatsapp CRM dapat memaksimalkan potensi bisnis, tetapi semua strategi dan teknologi tersebut perlu diimbangi dengan konsistensi dan keuletan, sehingga bisnis dapat berjalan dengan optimal. 

ADVERTISEMENT

1.2. Karakteristik Bisnis di Era Digital

Berkembangnya dukungan teknologi di era digital memberikan peluang pada bisnis untuk berproses dengan baik.

Nah, potensi bisnis memiliki beberapa karakteristik dengan ciri-ciri umum seperti berikut:

  • Pertama, pastikan keberlangsungan bisnis punya jangka waktu yang lama, artinya bukan bisnis musiman yang dijalankan di waktu tertentu saja. Untuk menciptakan bisnis yang bertahan lama juga perlu didukung dengan konsumen yang loyal. Dengan demikian, bisnis harus selalu meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. 
  • Kedua, bisnis yang berpotensi pasti punya prospek keuntungan yang signifikan. Keuntungan ini selain ditentukan oleh tingkat penjualan yang tinggi, juga ditentukan oleh peluang yang dimiliki; apakah bisa terus berkembang secara luas atau tidak. Keuntungan juga perlu diimbangi dengan ide inovatif yang memiliki nilai jual tinggi. 

ADVERTISEMENT

2. Bagaimana Peran WhatsApp CRM Memaksimalkan Potensi Bisnis?

cara menggunakan whatsapp crm

Membangun bisnis diperlukan channel atau saluran pemasaran digital yang mampu menghubungkan ke segala aspek, mulai dari brand partner hingga konsumen.

Selain itu, membangun bisnis juga perlu dukungan teknologi yang baik agar strategi pemasaran dan penjualan bisa berjalan secara efektif. Salah satunya aplikasi yang mampu mendukung banyak hal. 

Salah satu aplikasi yang saat ini paling banyak digunakan untuk mengembangkan bisnis adalah Whatsapp Business. Mulai dari bisnis kecil skala rumahan, UMKM, hingga perusahaan skala besar menggunakan saluran ini karena fitur yang ditawarkan terbilang lengkap.  

Ditambah lagi pada Whatsapp Business dilengkapi fitur yang bisa memaksimalkan potensi bisnis serta meningkatkan penjualan seperti: 

  • Memiliki fitur whatsapp status dan broadcast message yang efektif sebagai alat pemasaran. 
  • Bisa diintegrasikan dengan CRM untuk proses penjualan otomatis yang lebih efisien. 

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *