Advertisement

Ingin Jualan Pakaian Untuk Lebaran? Ini Tips Larisnya!

Diterbitkan pada
08 Maret 2022
Waktu membaca
3 Menit

Pintarjualan.id – Bisnis pakaian di saat momen lebaran masih menjadi peluang usaha yang menjanjikan dan bisa memberikan keuntungan yang fantastis. Tapi, tidak asal jualan saja, ya. Ada beberapa tips jualan pakaian untuk lebaran supaya bisa laris manis.

Dengan didukung perkembangan teknologi yang semakin canggih, bagi pemula yang ingin memulai usaha pakaian semakin mudah dilakukan.

Semua bisa dilakukan dalam genggaman saja, yaitu hanya secara online dengan memanfaatkan berbagai platform. Misalnya saja platform media sosial Instagram, Facebook, Tiktok, dan ecommerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya.

Tidak mau kalah dengan ecommerce, kini media sosial pun memberikan fitur khusus untuk bertransaksi. Seperti TikTok Shop dan Instagram Shopping. Jadi tidak hanya untuk mempromosikan saja, tapi bisa langsung melakukan transaksi seperti halnya di ecommerce.

Bisnis pakaian saat menjelang lebaran, saat ini masih berpeluang besar untuk mendapatkan keuntungan. Nah, ada beberapa tips rahasia supaya bisnis fashion untuk lebaran bisa sukses dan laris. Langsung saja lihat tips berikut ini :

Baca Juga : Restock.id Dukung Pembiayaan Fashion Brand Lokal Hadapi Ramadhan

1. Riset Target Pasar dan Produk

Tips jualan pakaian saat lebaran yang pertama yaitu harus melakukan riset target pasar dan produk. Jadi, wajib ketahui dulu tujuan dari penjualan barang tersebut.

Cara riset target pasar atau pembeli ini bisa dengan menganalisis dan memperkirakan siapa saja yang akan membeli dan menggunakan produk tersebut. Apakah anak-anak, remaja, ibu-ibu, atau pria dewasa.

Saran dari kami, lebih baik targetkan untuk wanita dewasa atau sebuah keluarga. Karena dari data yang kami peroleh di Google Trend, kebanyakan produk yang terjual adalah gamis muslim dan baju sarimbitan (kembar) untuk satu keluarga.

Jika sudah menentukan target pasar/pembeli, selanjutnya menentukan produk fashion dengan disesuaikan umur. Pahami model trend fashion terbaru di tahun 2022 untuk lebaran dan riset model apa saja yang sangat laris.

Untuk menentukan produk, kamu bisa melihat referensi di ecommerce atau media sosial. Lihatlah produk apa saja yang paling laris dan banyak diminati sesuai kalangan yang telah ditentukan.

2. Menyusun Rancangan Bisnis

Bagi penjual pemula, wajib menyusun rancangan bisnis untuk masa yang akan datang. Tips ini harus dilakukan, karena tidak hanya fokus untuk menjual produk saja. Namun, ada planning opsi lainnya jika penjualan tidak sesuai dengan ekspektasi.

Rancangan bisnis yang dilakukan yaitu dari pengelolaan modal, keuntungan tiap produk, dan perkiraan produk terjual dalam kurun waktu tertentu.

Menyusun rancangan bisnis ini sangat berguna jika produk telah berhasil mencapai penjualan dalam skala besar dan luas.

3. Selalu Update Trend Model Terkini

Tips yang ketiga yaitu selalu up to date mengenai model terbaru pakaian lebaran di tahun 2022.

Misalnya seperti jilbab pashmina dengan bahan ceruty yang sedang tren, kemudian ada gamis ruffle, celana kulot, dan lain sebagainya.

Tips untuk penjual supaya bisa selalu update trend fashion kekinian yaitu :

  • Memanfaatkan media sosial untuk melihat barang yang sering dipakai orang-orang.
  • Menggunakan ecommerce dan lihat produk mana yang terlaris dan sedang trend di tahun ini.

Model fashion ini cepat sekali bergantinya, maka dari itu perlu melihat dahulu produk apa saja yang sedang tren mendekati Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Jangan sampai ketinggalan tren, ya. Karena bisa mempengaruhi penjualan menjadi tidak selaris penjual yang lain.

Baca Juga : Tips Jualan Online Ramadhan, Ide Produk, & Cara Promosinya

4. Teknik Marketing Untuk Promosikan Produk

Cara jualan pakaian untuk lebaran yaitu dengan menerapkan teknik marketing. Tidak hanya pada penjualan online saja, namun penjualan secara konvensional membutuhkan teknik marketing, lho!

Hal ini supaya produk kamu bisa lebih dikenal orang hingga bisa menarik konsumen tetap.

Jika penjualan dilakukan dengan cara online, maka perlu membuat tampilan toko semenarik mungkin supaya meningkatkan kepercayaan pembeli.

Tips jualan online Ramadhan supaya lebih laris dan menarik yaitu dengan memberikan nama toko yang jelas, bio, deskripsi produk yang lengkap, dan foto produk yang menarik.

Jika penjualan secara konvensional, teknik marketing yang dilakukan bisa dengan cara komunikasi verbal atau langsung ke konsumen. Hal ini bisa memungkinkan konsumen kembali untuk membeli barang.

Untuk meningkatkan penjualan, bisa mempromosikan produk dengan cara iklan. Saat ini iklan di media sosial dan di ecommerce bisa dilakukan dengan mudah. Misalnya di Instagram Ads, Facebook Ads, Shopee, Tokopedia, dan lainnya.

Untuk cara iklan produk, kami sudah membahas di tulisan kami sebelumnya yaitu cara iklan di Shopee. Jika penasaran, bisa lihat di link berikut ya Cara Iklan di Shopee Gratis.

Artikel ini telah tayang di murianews.com dengan judul “Ini Kiat Tokcer Buat yang Mau Bisnis Pakaian untuk Lebaran”

Link Sumber : https://www.murianews.com/2022/03/07/276543/ini-kiat-tokcer-buat-yang-mau-bisnis-pakaian-untuk-lebaran

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *