Advertisement

Cara Iklan di Shopee Gratis Untuk Pemula (Anti Boncos)

Diterbitkan pada
02 Maret 2022
Waktu membaca
3 Menit

Kamu sering jual barang di Shopee, tapi tidak laku keras? Nah, kami punya solusinya. Yaitu dengan cara iklan di Shopee, kami akan sajikan caranya dengan gratis. Caranya sangat mudah kok, untuk itu simak tulisan ini sampai selesai, ya!

fitur iklan di Shopee sudah ada sejak tahun 2017 yang dikenal dengan Shopee MyAds atau Shopee Iklanku.

Supaya kamu tidak boncos dalam iklan di Shopee, ketahui dulu jenis-jenis iklan yang ada di Shopee. Yaitu ada iklan kata kunci (keyword), iklan produk serupa, dan iklan toko.

Nah, kamu wajib menentukan mana saja yang iklan yang paling cocok digunakan untuk meningkatkan penjualan di toko kamu, ya.

Dibawah ini kami sajikan bagaimana cara pasang iklan di Shopee untuk pemula sesuai masing-masing jenis iklan yang dipilih. Yuk simak berikut ini, Stay tuned!

Cara Pasang Iklan di Shopee

Seperti yang sudah dijelaskan diatas kalau iklan Shopee ada 3 jenisnya yaitu iklan kata kunci, toko, dan produk serupa.

Banyak juga pertanyaan-pertanyaan seperti bagaimana cara pasang iklan di shopee agar tidak boncos? berapa biaya pasang iklan di shopee? apakah iklan di shopee bisa lewat HP?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan kami jawab dibawah ini. Yuk simak!

1. Iklan Kata Kunci (Keyword)

Iklan di Shopee yang paling sering digunakan adalah iklan kata kunci atau keyword. Cara kerja iklan ini adalah ketika ada pembeli yang mencari produk dengan kata kunci yang sudah kamu pasang, maka produk kamu akan muncul dihalaman pertama pencarian, sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh calon pembeli.

Adapun beberapa keuntungan jika memilih jenis iklan kata kunci adalah sebagai berikut :

  1. Dapat memunculkan produk di halaman pencarian, sehingga lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli.
  2. Penjualan akan meningkat dan traffic akan naik.
  3. Biaya per klik iklan atau CPC (Cost Per Click) bisa diatur sendiri.

Lalu bagaimana cara pasang iklan kata kunci ini? Yuk, ikuti tutorial berikut ini :

  • Masuk ke halaman Seller Center.
  • Pilih produk yang akan diiklankan.
  • Tentukan berapa modal iklan dan lama periode iklan yang akan dipasang.
  • Tentukan kata kunci/keyword.
  • Kamu bisa pilih kata kunci otomatis yang disarankan oleh Shopee dengan klik “Pilih Otomatis”.
  • Jika ingin menggunakan kata kunci sendiri, bisa pilih opsi “Pilih Manual” dan atur kata kunci apa yang akan dimasukkan sesuai keinginan.
  • Tentukan sendiri biaya per klik iklan.
  • Jika ingin mengubah pengaturan iklan massal, maka cukup centang “Ubah Biaya Iklan Massal”, “Ubah Tipe Pencocokan Massal, atau “Hapus Massal”.
  • Klik Aktifkan Iklan.
  • Selesai!

Itulah tutorial mengaktifkan iklan kata kunci, untuk selanjutnya kita akan memberikan penjelasan iklan toko. Penasaran kan? Yuk, lihat part selanjutnya dibawah ini!

2. Iklan Toko

Tidak seperti iklan kata kunci yang bisa menampilkan produk di halaman utama pencarian, iklan toko ini akan menampilkan informasi singkat mengenai toko yang berupa nama toko dan foto profil toko.

Iklan toko ini akan ditampilkan di bagian atas halaman pencarian pembeli yang menuliskan kata kunci yang sesuai dengan produk yang kamu jual di Shopee.

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan iklan toko, yakni sebagai berikut :

  1. Dapat mengarahkan calon pembeli langsung ke toko dan mengakses produk apa saja yang terdapat di toko kamu.
  2. Meningkatkan popularitas toko karena berada di posisi paling atas.
  3. Meningkatkn penjualan jika banyak calon pembeli yang mengunjungi toko.

Lalu bagaimana cara pasang iklan toko di Shopee? Yuk, lihat langkah dibawah ini :

  • Gunakan foto profil dan slogan iklan yang relevan dengan produk.
  • Arahkan pembeli untuk langsung mengunjungi halaman kategori toko.
  • Pilih kata kunci yang relevan dengan toko. Atau bisa langsung pilih otomatis dari rekomendasi Shopee. 
  • Gunakan minimal 10 kata kunci yang relevan dengan produk atau bisa menggunakan kata kunci sinonim.
  • Masukkan biaya budget iklan.
  • Iklan siap tayang!

Setelah 2 minggu iklan tayang, lakukan pemantauan dan analisis terhadap traffic iklan yang sudah kamu buat.

Jika performanya meningkat, maka bisa ditambahkan biaya iklan tersebut. Jenis iklan yang terakhir yaitu iklan produk, nah akan kami bahas di part selanjutnya dibawah ini!

3. Iklan Produk Serupa

Iklan produk serupa akan muncul ketika calon pembeli mengklik iklan produk yang relevan atau sama dengan produk yang kita tawarkan di Shopee.

Iklan produk serupa juga akan tampil pada halaman rekomendasi supaya menjangkau pembeli yang tertarik pada produk yang sama tersebut.

Adapun beberapa keuntungan jika mengaktifkan iklan produk serupa, antara lain sebagai berikut :

  • Produk mudah dilihat calon pembeli karena akan muncul di halaman rekomendasi.
  • Dapat menjangkau calon pembeli yang lebih tertarget dan spesifik sesuai dengan ketertarikan mereka.
  • Dapat menentukan sendiri biaya modal iklan per klik.

Nah untuk cara pasang iklan produk serupa ini caranya sangat mudah. Kamu bisa lihat tutorialnya berikut ini :

  • Masuk ke halaman Seller Center
  • Klik Iklan Produk Serupa
  • Pilih produk mana yang akan diiklankan. Maksimal yaitu 50 produk.
  • Pilih pengaturan iklan, bisa pilih otomatis dari Shopee atau bisa pilih manual yaitu kamu sendiri yang akan mengelola dari modal, biaya iklan, dan periode iklan dari masing-masing produk.
  • Selesai, iklan siap ditayangkan!

Pastikan untuk selalu membantu berjalannya iklan, apakah performa toko semakin meningkat atau hanya stagnan saja.

Jika performanya biasa-biasa saja, maka bisa langsung segera dinonaktifkan, sehingga biaya iklan tidak keluar terlalu besar.

Penutup

Bagaimana, sampai disini sudah cukup paham kan? Itulah pembahasan mengenai cara iklan di Shopee untuk pemula dari iklan kata kunci, produk serupa, hingga toko.

Semoga bisa bermanfaat dan meningkatkan penjualan produk di toko Shopee milikmu, ya! Jangan lupa untuk share postingan ini ke teman-teman kalian sesama penjual Shopee, supaya mereka juga merasakan keuntungan.

Terimakasih sudah membaca, see you 🙂

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *