Advertisement

14+ Ide Jualan Minuman di Bulan Puasa Modal Kecil Bisa Untung Berlipat

Diterbitkan pada
25 Maret 2022
Waktu membaca
9 Menit

Tinggal menghitung hari kita akan menyambut bulan puasa di tahun 2022. Peluang emas bagi kamu yang ingin berjualan, nih. Banyak sekali ide jualan minuman bulan puasa yang bisa kamu coba dengan modal kecil.

Sebelumnya kami sudah memberikan referensi dan ide jualan makanan menyambut lebaran. Kali ini sudah kami rangkum beberapa minuman terlaris dan banyak diburu orang pada saat menjelang buka puasa.

Jadi, kamu tidak pusing lagi untuk memikirkan bisnis minuman apa yang cocok dan pasti untung dijual nantinya. Modal yang dikeluarkan pun tidak banyak, kok. Namun keuntungan yang bisa didapatkan bisa berlipat, lho! Sungguh menggiurkan, ya?

Eits, sebelum ke pembahasan tersebut jangan lupa klik tombol Bookmark ( ⭐) di pojok kanan atas browser supaya sewaktu-waktu bisa membacanya kembali.

Nah, kalau sudah penasaran apa saja minuman buka puasa untuk jualan yang laris dan cuan banyak, simak pembahasan dibawah ini sampai selesai. Lets go!

Ide Jualan Minuman di Bulan Puasa Terlaris

Momentum bulan Ramadhan merupakan momen yang bagus untuk berjualan. Baik jualan minuman dan makanan takjil, jualan produk fashion, perlengkapan ibadah, dan masih banyak lagi.

Tidak dipungkiri, keuntungan jualan saat bulan puasa hingga lebaran memang berbeda dengan bulan-bulan biasanya. Keuntungannya sangat fantastis, bahkan bisa berkali kali lipat. Maka dari itu, bisnis ini bisa dijadikan peluang usaha sampingan yang menjanjikan.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk memulai berjualan saat bulan puasa, kami ada rekomendasi minuman yang cocok dijual untuk berbuka puasa. Rekomendasi yang kami berikan dijamin laris karena memang banyak peminatnya.

Penasaran ide jualan minuman di bulan puasa dengan modal kecil? Yuk, simak berikut ini :

1. Es Buah

es buah ide jualan di bulan ramadhan-min

Ide jualan minuman di bulan Ramadhan yang pertama yaitu es buah. Godaan terbesar orang berpuasa yaitu menahan lapar dan haus. Apalagi jika cuaca sangat panas, tentu orang-orang akan ngabuburit atau berburu minuman yang menyegarkan.

Es buah merupakan salah satu minuman yang banyak peminatnya. Untuk itu, jika kamu ingin jualan es buah saat bulan puasa dijamin tidak akan sepi pelanggan. Karena es buah ini sangat menarik perhatian dengan warna khas pink dipadukan dengan aneka buah-buahan.

Apalagi membayangkan rasanya yang segar dan manis dari campuran susu, sirup, dan buah-buahan yang segar. Pasti akan banyak orang yang berbondong-bondong membelinya.

2. Es Degan/Kelapa Muda

Es kelapa muda atau sering disebut dengan es degan merupakan salah satu ide jualan takjil ramadhan yang wajib dicoba. Minuman ini banyak diminati karena rasanya yang menyegarkan dan juga penyajiannya tidak ribet.

Walaupun hanya berisi air degan dengan bulir kelapa muda, tapi rasanya enak dan menghilangkan rasa haus dengan seketika. Apalagi jika sehabis makan yang manis-manis, es kelapa ini mampu membersihkan rasa yang tertinggal di mulut.

Selain itu, kelapa muda juga dikenal mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Jadi, tidak usah khawatir kalau jualan es kelapa muda kamu akan sepi, ya. Karena dijamin akan kebanjiran pembeli.

Bahan-bahan yang dibutuhkan juga simpel dan mudah didapatkan. Yaitu hanya kelapa muda, gula, sirup, dan es. Mudah dan simpel kan? Modalnya yang perlu dikeluarkan juga kecil.

3. Es Pisang Ijo

es pisang ijo

Minuman untuk bulan puasa yang cocok untuk dijual selanjutnya yaitu es pisang ijo. Minuman ini sangat identik dijual pada bulan puasa, bahkan menjadi salah satu primadona minuman yang sering diburu orang-orang.

Es pisang hijau terbuat dari buah pisang yang dibalut dengan tepung warna hijau. Selain itu ditambahkan bubur sumsum, sirup, dan es batu. Sehingga selain menyegarkan, minuman ini juga bikin kenyang, lho!

Kalau kamu tertarik jualan minuman ini, dijamin habis ludes terjual, deh. Yuk, cobain!

4. Es Cendol Dawet

Masih saja bingung mencari jualan apa yang cocok untuk buka puasa? Es cendol dawet sudah pasti favorit banyak orang. Sudah pasti masyarakat indonesia tidak asing lagi dengan minuman satu ini.

Minuman khas banjarnegara yang sering disebut dawet ayu ini memang berbeda dengan minuman lainnya. Es cendol dawet ini merupakan minuman yang terbuat dari santan kelapa, gula merah, es, dan cendol dawet yang dibuat dari tepung beras, tapioka dan pandan.

Memang untuk membuat minuman ini sedikit susah dibagian pembuatan cendol. Tapi, jika sudah berjualan pasti dagangan kamu akan diborong pembeli. Karena warnanya cendol yang hijau dan kenyal saat dimakan menjadikan minuman ini banyak digemari oleh semua kalangan. 

5. Es Thai Tea Boba

jualan minuman es thai tea boba

Kini para pengusaha minuman telah banyak berinovasi dan sudah pintar melihat target pasar. Nah, salah satu minuman kekinian yang sedang booming yaitu boba. Minuman boba ini merupakan topping untuk berbagai minuman seperti thai tea, milk tea, milkshake, kopi, dan lainnya.

Boba inilah yang menjadi daya tarik orang untuk membeli. Baik dari kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa. Bentuknya yang bulat, kenyal, dan rasanya yang manis dari gula aren sangat nikmat dihidangkan untuk berbuka puasa.

Membuat boba sendiri caranya cukup mudah dan bahan yang diperlukan mudah ditemukan. Yaitu hanya perlu tepung tapioka dan gula aren. Namun, jika kamu malas membuatnya, bisa membeli yang langsung jadi di toko bahan minuman.

6. Es Kopi Dalgona

Minuman es kopi dalgona sempat viral di TikTok dan media sosial lainnya. Banyak orang yang berbondong-bondong untuk mencoba membuat es kopi dalgona sendiri dirumah. Namun, memang cukup lama dan susah karena harus mengaduk kopi hingga berbentuk seperti krim.

Es kopi dalgona bisa dijadikan ide jualan minuman di bulan puasa yang menguntungkan, lho! Apalagi saat ini banyak sekali peminat kopi.

Untuk lebih mudahnya, kamu bisa membuat sendiri dengan bantuan mixer untuk membuat krim kopinya. Bahan yang diperlukan juga mudah yaitu hanya kopi bubuk, susu full cream, gula, dan es batu.

Supaya lebih bervariasi, kamu bisa juga menambahkan varian rasa dalgona lain. Misalnya seperti taro, coklat, greentea, red velvet, dan lainnya. Selain rasanya yang segar pasti banyak juga orang yang tertarik untuk mencobanya.

7.  Aneka Jus Buah

Aneka macam jus buah bisa dijadikan ide yang cocok untuk berjualan menjelang buka puasa. Buah-buahan yang laris dan sering dijadikan jus yaitu seperti jus jambu, mangga, sirsak, alpukat, buah naga.

Minuman ini banyak diminati, karena selain sebagai pelepas dahaga juga bisa menyehatkan tubuh. Cara membuatnya pun sangat mudah dan bahan-bahan yang digunakan bisa ditemukan dengan mudah.

Cukup dengan menyiapkan aneka buah yang akan dijus, ditambahkan gula, susu, dan es batu. Kamu juga bisa langsung mengemas dalam cup sedang untuk langsung siap dijual. Sangat simpel dan mudah kan? Yuk, cobain!

8. Es Kuwut

es kuwut

Minuman es kuwut dilihat saja sudah segar apalagi saat mencobanya langsung. Minuman es kuwut ini banyak sekali kita temukan saat menjelang berbuka puasa. Karena memang es kuwut menjadi salah satu es yang menjadi pilihan banyak orang untuk diteguk saat berbuka puasa.

Es kuwut ini terbuat dari serutan buah timun yang dipadukan dengan sirup dan es batu. Cita rasa yang khas, manis, dan segar sangat cocok untuk menemani buka puasa.

Maka dari itu, dengan jualan es kuwut kamu akan mendapatkan keuntungan yang besar. Apalagi modal yang dikeluarkan kecil. Jadi, kamu tidak usah khawatir lagi untuk jualan es ini.

Selain itu, bahan yang mudah dan cara membuatnya yang simpel bisa kamu coba untuk dijadikan referensi jualan nanti saat bulan Ramadhan. Apalagi minuman ini terbuat dari sayur timun yang jelas menyehatkan tubuh, lho!

9. Sup Buah

Selain es buah, ada juga sup buah. Tentu kedua minuman tersebut berbeda, ya. Kalau sup buah ini biasanya disajikan dalam mangkuk yang besar dan isian buahnya lebih banyak. Sup buah tidak hanya laris pada saat bulan puasa saja, namun di hari-hari biasa juga masih banyak dicari orang, lho!

Rasanya yang manis dengan perpaduan susu kental, sirup, gula ditambahkan aneka macam buah menjadikan es ini sangat memikat banyak orang. Apalagi jika disajikan menjelang buka puasa, sudah pasti banyak orang yang menyukainya.

Usaha sup buah saat ini memang sudah banyak yang menjual. Sehingga tingginya pesaing menjadikan sulit untuk meningkatkan penjualan. Namun, tenang saja kamu bisa memberikan inovasi yang berbeda dengan sup buah yang lainnya. Misalnya dengan tambahan topping es krim, boba, regal, dll.

Jadi, kamu tinggal mengkreasikan saja minuman sup buah yang berbeda dengan pesaing lainnya. Dipastikan akan banyak orang yang penasaran dan tertarik untuk membelinya.

10. Es Mojito

Ide usaha yang cocok untuk pemula yang ingin berjualan saat bulan puasa bisa mecoba es mojito sebagai andalannya. Minuman ini merupakan minuman tradisional koktail yang berasal dari Kuba. Rasanya asam dan segar karena dibuat dari campuran jeruk nipis dan mint.

Saat ini minuman mojito sudah banyak yang mengoperasikannya. Yang awalnya hanya berisi campuran jeruk nipis dan mint, sekarang ditambahkan dengan berbagai warna macam mint dan buliran selasih.

Minuman ini sangat cocok dan bisa dijadikan pilihan yang pas untuk mengatasi haus setelah berpuasa sehari penuh. Biasanya minuman ini sering kita temukan di restoran-restoran. Namun, menjelang buka puasa banyak juga yang menjualnya.

Nah, untuk itu minuman ini bisa dijadikan ide yang menarik untuk berjualan saat bulan Ramadhan. Bahan yang mudah ditemukan dan cara membuatnya cukup mudah dan simpel. Apalagi peminatnya juga banyak, dijamin jualan kamu akan laku keras deh..

11. Es Oyen

es oyen

Ide jualan minuman bulan puasa selanjutnya yaitu es oyen. Minuman ini berasal dari Bandung dan sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Es oyen mudah ditemukan di berbagai titik tempat, ciri khasnya yaitu gerobak warna biru dengan tulisan es oyen. Kata “Oyen” ini sebenarnya berasal dari nama penjual es yang pertama kali menjual es ini puluhan tahun yang lalu.

Es ini berisi berbagai macam isian yaitu durian, nangka, kelapa muda, ketan hitam, tape, kolang kaling, dan roti tawar. Wah, tentu sangat menggiurkan!

Peminat es oyen ini juga sangat banyak. lho! Jadi, jika kamu berminat untuk jualan es oyen tidak perlu lagi untuk mencari pelanggan. Karena sudah pasti pelanggan akan datang dengan sendirinya.

Minuman ini juga tidak hanya laris pada saat momen bulan puasa saja, melainkan pada bulan-bulan seperti biasa juga akan laris pembeli. Jadi, kamu yang akan melanjutkan jualan selepas bulan Ramadhan tidak perlu khawatir tidak akan laku, ya.

12. Susu Kurma

Peluang usaha bisnis rumahan paling menjanjikan yaitu dengan menjual olahan kurma salah satunya yaitu susu kurma. Saat bulan Ramadhan tiba, buah kurma merupakan makanan identik yang harus ada untuk menemani berbuka puasa maupun sahur.

Hal ini karena buah kurma merupakan salah satu buah yang dianjurkan oleh Nabi untuk dimakan waktu berbuka dan sahur. Khasiat buah kurma ini sangat bermanfaat untuk tubuh dan menjaga perut kita agar tahan lapar.

Maka dari itu, kini banyak sekali olahan buah kurma yang menjadikan minuman susu kurma. Cara membuatnya pun cukup mudah dan simpel. Kamu bisa membuatnya sendiri dirumah.

Hanya dengan bahan baku kurma, susu, dan sedikit gula kemudian blender menjadi satu dan simpan di kulkas. Kamu bisa menjualnya dalam bentuk botolan supaya lebih menarik pembeli.

Susu kurma ini sangat banyak dicari pada saat menjelang buka puasa. Maka dari itu, jika kamu berjualan minuman susu kurma pasti bisa laris manis dan laku keras. Omzet yang didapatkan juga dipastikan melimpah, lho. Yuk, buktikan!

13. Alpukat Kocok

Buah alpukat biasa dimakan langsung , namun juga tidak kalah enak jika dibuatnya menjadi es alpukat kocok. Minuman ini merupakan jajanan bulan puasa yang unik dan menjadi trend minuman kekinian yang banyak peminatnya.

Rasanya yang manis, gurih dan creamy menjadi minuman ini begitu menyegarkan dan cocok dihidangkan untuk berbuka puasa. Maka dari itu, minuman ini merupakan salah satu ide jualan yang bisa menjadi ladang rupiah untuk para pebisnis saat bulan puasa.

Untuk membuatnya, kamu hanya perlu menyiapkan es serut, buah alpukat, susu coklat, krimer, dan kocok menjadi satu. Bisa juga dengan dipadukan dengan berbagai varian topping seperti milo, oreo, regal, boba, dan lainnya.

Semakin banyak topping, kamu bisa mematok harga yang lebih tinggi. Keuntungan yang akan kamu dapatkan juga bisa semakin banyak.

Supaya es alpukat kocok kamu banyak peminatnya, pastikan buah yang kamu gunakan sudah matang dan masih segar, ya. Hal ini untuk membuat rasa alpukat segar dan nikmat saat disantap pembeli. Selamat mencoba~

14. Es Cappucino Cincau

es cappucino cincau

Ide jualan minuman yang terakhir yaitu es cappucino cincau. Minuman ini pasti sudah tidak asing lagi terdengar di kuping kalian. Dengan perpaduan cappucino ditambahkan dengan cincau memberikan sensasi yang berbeda. Tentu saja rasanya enak dan menyegarkan.

Banyak orang yang menyukai es cappucino cincau, mulai dari kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat es ini pun sangat simpel dan mudah didapatkan. Yaitu hanya bubuk cappucino, cincau, gula, dan es batu.

Kalau kamu saat ini seorang mahasiswa yang butuh uang tambahan, dengan jualan es cappucino cincau bisa menjadi peluang usaha mahasiswa menjanjikan.

Modal yang dibutuhkan untuk jualan ini juga kecil, dan dapat dipastikan kamu akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Apalagi minuman ini terbuat dari bubuk, jadi kamu tidak perlu khawatir akan basi.

Selain itu, untuk menarik pembeli bisa ditambahkan beberapa macam topping pilihan. Misalnya seperti oreo, ice cream, susu coklat, parutan keju, dan masih banyak lagi. Selamat mencoba, ya!

Penutup

Demikianlah 14 ide jualan minuman bulan puasa yang bisa kamu jadikan referensi untuk memulai usaha menjelang bulan Ramadhan nanti. Semoga bisa bermanfaat, ya.

Ohya, jangan lupa untuk bagikan postingan ini ke teman, kerabat, keluarga, dan media sosial kamu, ya. Supaya mereka juga bisa membaca dan mengetahui beberapa referensi ide jualan yang cocok menjelang bulan puasa.

Nah, sampai disini apakah masih ada pertanyaan? Jika ada, bisa kamu tulis di “kolom komentar” dibawah ini. Kami akan menjawab sesegera mungkin sesuai dengan pengalaman dan pengetahuan kami.

Selain di blog, kami juga aktif membagikan konten di Instagram, lho! Yuk, buruan follow IG kami di @Pintarjualan.id. Aktifkan juga lonceng (🔔) notifikasi supaya kamu tidak ketinggalan info terbaru dari kami.

Mungkin sampai disini dulu, ya. Terimakasih sudah membaca, See you 🙂

 

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *