Advertisement

Produk UMKM Ludes Terjual di Pameran Maluku Baileo Exhibition 2022

Diterbitkan pada
08 Februari 2022
Waktu membaca
3 Menit

Ambon – Wakil Gubernur Maluku Barnabas Ordo menutup event pameran produk UMKM di ajang Maluku Baileo Exhibition 2022, Minggu (6/2/2022).

Pameran produk UMKM tersebut sudah digelar sejak tanggal 4 Februari 2022, sampai dengan ditutup oleh gubernur maluku pada acara pemukulan tifa tanggal 6 Februari 2022.

Baca Juga : Rehabilitasi Pasar Baru Magetan, Pemkab Beri 42 Gerobak UMKM Gratis

Pada acara tersebut juga kedatangan beberapa tokoh pejabat yang turut mendampingi yaitu Lucky Wattimury selaku Ketua DPRD Maluku, Sadli le selaku Pejabat Sekda Maluku, Surya Sabirin selaku Kadis PM – PTSP Maluku, Hadi Basalama selaku Penanggung Jawab MBE, dan Azis Tunny selaku Ketua BPD HIPMI Maluku.

Saat berlangsungnya acara tersebut sejak 4 Februari 2022 para UMKM di Maluku sangat antusias. Terdapat 66 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang turut berkontribusi pada acara pameran tersebut.

Selain fokus menjual produknya, para UMKM juga memanfaatkan ajang tersebut untuk memperoleh pasar baru.

Maluku Baileo Exhibition 2022 ini adalah ajang kerjasama antara Pemerintah Provinsi Maluku bersama Dekranasda Maluku dan BPD HIPMI Maluku yang direncanakan dengan diisi kegiatan Forum Bisnis dan Investasi, Sabtu (5/2/2022), yang bertempat di Ballroom Hotel Four Points by Sheraton.

Selama berlangsungnya pameran tersebut, ternyata tidak disangka produk UMKM Maluku ternyata banyak diminati oleh warga Kota Makassar.

Walaupun acara tersebut hanya berlangsung selama 3 hari, ratusan produk para pelaku UMKM laris dan kebanjiran ribuan pengunjung. Bahkan para pelaku UKM Makassar dengan Maluku saling bekerjasama untuk menjual produknya nanti di pasaran baru setelah pameran ini.

Beberapa jenis produk yang kebanjiran pengunjung diantaranya yaitu Juz Gandaria, Minyak Kayu Putih, Minyak Lawang, Minyak Jahe Merah, Minyak Atsiri, Krans Bunga Kering, ukiran Batok Kelapa, Mie Sagu, juga kerajinan tangan seperti Gelang, Kalung dan Kaligrafi.

Untuk produk tenun ikat khas maluku, bahkan ada pengunjung yang memesan banyak dengan berbagai macam variasi dan berniat untuk mengirimkannya menggunakan jasa ekspedisi kirim barang dari Maluku ke Makassar.

Dengan diadakannya pameran ini, diharapkan bisa mendorong para pelaku UMKM untuk terus maju dan mengembangkan produknya hingga laris di seluruh Indonesia bahkan di pasar Internasional.

Barnabas Orno selaku Wakil Gubernur Maluku, mengatakan bahwa beliau sangat terhormat saat diajak bekerjasama dengan Pemprov Sulawesi Selatan dan Pemkot Makassar. Terdapat banyak hal yang bisa dipelajari dari kerjasama yang terjadi diantara mereka untuk kemajuan UMKM.

“Kami dan seluruh masyarakat Maluku mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sulawesi Selatan dan Pemkot Makassar, yang telah menerima kami dengan tangan terbuka,” ungkap Wagub.

Pemilik UMKM Minyak Atsiri yaitu La Yapi yang berasal dari Wayame Ambon juga ikut serta dalam ajang Maluku Baileo Exhibition 2022. Ia mengaku bahwa mayoritas produknya habis terjual. Bahkan ada juga pembeli yang memesan ulang dagangannya.

“Maluku Baileo Exhibition beri kita punya langganan di Makassar. Produk yang dibeli secara cash. Banyak juga yang pesan via jasa pengiriman,” ujarnya.

Selain Yapi, pemilik UMKM Mie Sehat Cempaka yaitu Dyah Puspita juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya acara ini adalah momentum yang sangat penting. Terbukti produknya laris, bahkan tak sedikit pengunjung yang minta untuk dikirim dalam jumlah banyak.

“Kami puas dengan pameran ini. Daya beli masyarakat disini besar. Saya dapat pesanan besar. Malam ini kami akan kerjasama untuk pengiriman dalam jumlah besar ke Makassar,” katanya.

Baca Juga : Batam Manfaatkan Gedung PLUT Untuk Bangkitkan Sektor UMKM

Selain pelaku usaha bidang makanan atau minuman, UMKM Ma Ola dan Genusa Craft sebagai pelaku usaha produk rempah dan souvenir kerajinan juga mengalami hal yang sama.

Voni dan Nico merupakan binaan BPD HIPMI Maluku selaku pemilik dari Genusa Craft mengaku puas mengikuti pameran tersebut karena produknya laris.

“Sudah pasti, karya dan produk terangkat dengan agenda Maluku Baileo Exhibition ini. Kami harap kegiatan semacam ini digelar kembali di kota-kota besar lainnya di Indonesia,” katanya.

Artikel ini telah tayang di malukuterkini.com dengan judul “Produk UMKM di Ajang Maluku Baileo Exhibition 2022 Kebanjiran Peminat”

Link sumber : https://www.malukuterkini.com/2022/02/07/produk-umkm-di-ajang-maluku-baileo-exhibition-2022-kebanjiran-peminat/

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *