Advertisement

Batam Manfaatkan Gedung PLUT Untuk Bangkitkan Sektor UMKM

Diterbitkan pada
28 Januari 2022
Waktu membaca
2 Menit

Batam – Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) telah di resmikan oleh Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) untuk para UMKM. Tujuannya dibangun gedung tersebut, supaya para sektor UMKM di Batam bisa bangkit dan berkembang.

Gedung PLUT ini bisa dimanfaatkan untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam berinovasi dan memasarkan produknya secara luas.

Baca Juga : UMKM di Bolmong Akan Berpartisipasi di Festival Look Boalemo

Seperti yang disampaikan oleh Suleman Nababan, selaku Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam, ketika ditemu di Kantor PLUT Bengkong, Batam, Selasa (25/1/2022).

Beliau mengatakan bahwa Gedung PLUT ini dibangun sejak tahun 2018, dengan menggunakan dana khusus dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Seperti dilansir di ulasan.co, Selasa (25/1/2022), Ia juga mengungkapkan bahwa Gedung PLUT bisa dimanfaatkan para pelaku UMKM di batam untuk memperkenalkan produk-produknya yang nantinya akan dipajang di galeri gedung tersebut.

“Tujuan kita untuk memperkenalkan produk-produk UKM. Kalau bisa jangan hanya dipajang, tapi juga sampai transaksi penjualan,” ungkapnya.

Selain itu, Gedung PLUT juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan pelatihan dan pendampingan pelaku UMKM di Kota Batam supaya lebih terarah.

“Kita juga nanti akan undang masyarakat, untuk hadir ke gedung ini melaksanakan pelatihan dan pembinaan tentang UMKM,” ujarnya.

Menurutnya, Kota Batam mempunyai banyak potensi yang besar dalam transaksi bisnis. Hal ini karena kota tersebut letaknya sangat strategis dan juga merupakan perbatasan dari beberapa negara yaitu Singapura dan Malaysia.

“Potensinya besar terjadi transaksi bisnis. Mengingat kita dekat dengan tetangga. Selain itu, kita juga kota industri,” ungkapnya.

Beliau juga mengharapkan, dengan dimilikinya gedung PLUT bisa membuat dampak yang positif untuk masyarakat, khususnya Kota Batam.

“Bisa menambah pemasukan UMKM setelah dilanda pandemi Covid-19. Yang kecil bisa jadi menengah. Menengah bisa jadi besar. Itulah kita hadirkan pendamping di sini,” ujarnya.

Selain itu, Ia meminta dukungan kepada stakeholder untuk mengembangakan UMKM di Kota Batam ini.

“Seperti BPOM, Dinas Kesehatan, Kementerian Agama untuk sertifikat halal, karena ini nanti akan berkaitan satu dengan lainnya. Apalagi ada produk makanan, harus tahu kapan masa konsumsinya,” tambahnya.

Baca Juga : Penerapan Travel Bubble, Jadi Ajang Promosi Produk UMKM di Bintan

Beliau juga berpesan bagi masyarakat yang mempunyai produk, bisa langsung mendatangi gedung PLUT, supaya produk tersebut dipajang dan bisa dipamerkan.

“Yang paling penting intinya, sudah ada NIB (Nomor Izin Berusaha). Kalau tidak ada kita bantu urus di sini,” tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Ulasan.co dengan judul “Gedung PLUT Sarana Bangkitkan Sektor UMKM Kota Batam”

Link sumber : https://ulasan.co/gedung-plut-sarana-bangkitkan-sektor-umkm-kota-batam/

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *