Advertisement

Melalui Kegiatan Bazar, UMKM Mataram Sambut MotoGP Mandalika 2022

Diterbitkan pada
21 Januari 2022
Waktu membaca
2 Menit

Mataram, 21 Januari 2022 – Pemkot Mataram optimis menyambut event MotoGP yang diadakan di Sirkuit Mandalika tahun 2022 dengan menyiapkan kegiatan bazar untuk UMKM.

Tercatat sudah ada puluhan penggiat UMKM yang telah disiapkan oleh pihak Dinas Koperasi Perindustrian dan Usaha Kecil & Menengah Kota Matarm untuk turut serta dalam event Bazar di Sirkuit Pertamina Mandalika.

Dedi Supriadi selaku Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Usaha Kecil Menengah Kota Mataram menyampaikan, pelaku UMKM yang disiapkan bergabung dalam bazar MotoGP sudah ada sekitar 60, Kamis (20/01).

Ia menambahkan, jumlah tersebut bertambah dua kali lipat dibanding event bazar pada kegiatan World Superbike (WSBK) 2021 sebelumnya yang hanya ada 20 UMKM.

Bersama Kepala Bidang UMKM Mataram, Mamluatul Chair, mereka menjelaskan bahwa proses persiapan UMKM saat ini sedang dalam masa pendataan.

Baca Juga: Optimis! Maluku Baileo Exhibition Bakal Bawa Angin Segar bagi UMKM

Berdasarkan hasil koordinasi bersama dengan Pemprov NTB, 80% dari total kuota pelaku UMKM yang boleh ikut serta adalah yang bergerak di bidang kuliner atau olahan pangan.

“Sementara 20 persennya merupakan pelaku UMKM di bidang kerajinan serta pakaian,” ujarnya. Pelaku UMKM kerajinan meliputi para pengrajin perak, emas dan mutiara.

Dan untuk pengrajin pakaian akan melibatkan para pengusaha tenun, kain Sasambo serta kain khas Mataram yang dapat dijadikan buah tangan bagi penonton.

Dedi mengatakan, beberapa kerajinan mungkin tidak akan dilibatkan, seperti Cukli, sebab dianggap kurang pas dengan event MotoGP. Menurutnya, penonton dan tamu cenderung lebih membutuhkan makanan dan kerajinan yang bisa dijadikan oleh-oleh seperti mutiara dan pakaian khas.

Untuk ketentuan olahan makanan yang hendak diikutkan dalam gelaran tersebut adalah yang sudah mengantongi ijin produk secara legal. Nantinya tetap akan ada proses seleksi untuk menentukan produk makanan yang diijinkan ikut serta.

Baca Juga: Program Talenta Wirausaha BSI Dorong Ekosistem Muslimpreneur

“Selain itu, pemerintah setempat juga lebih memprioritaskan pelaku UMKM yang memiliki Kartu Kependudukan (KTP) Kota Mataram. Hal ini kami lakukan karena banyak pelaku UMKM luar daerah dan ber-KTP luar kota yang berdomisili dan membangun usaha di Mataram”, tambahnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, pihak pemerintah melakukan proses pendataan sekaligus sosialisasi terhadap para penggiat UMKM. Pemerintah menghimbau supaya para pelaku UMKM bersiap dalam mengikuti event bazar yang ditaksir memiliki lebih dari 70.000 orang tersebut.

Artikel ini telah tayang di Ulasan.co dengan judul “Bazar UMKM Mataram Sambut MotoGP Mandalika 2022”.

Link sumber: https://ulasan.co/bazar-umkm-mataram-sambut-motogp-mandalika-2022/

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ayu Triworo

More than delighted to help people grow their business better everyday by crafting best strategic of digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *