Ghozali Raup Miliaran Rupiah dari NFT Foto Selfie di OpenSea

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
14 Januari 2022
Waktu membaca
2 Menit

Jakarta – Nama Ghozali Everyday mendadak viral lantaran berhasil raup miliaran rupiah dari penjualan NFT di OpenSea. Siapa sangka, hanya bermodal foto selfie, ia kini menjadi seorang miliarder.

Pemuda berusia 22 tahun asal Semarang tersebut mengumpulkan foto sejak berusia 18-22 tahun. Foto-foto itu adalah hasil selfienya di depan komputer.

“Saya mengambil foto diri saya sejak berusia 18 hingga 22 tahun (2017-2021). Itu benar-benar gambar saya berdiri di depan komputer hari  demi hari”, ungkap Ghozali dikutip dari akun Ghozali Everyday di OpenSea.

Dalam rentang waktu tersebut, Ghozali berhasil mengumpulkan 933 foto selfie di depan komputer. Semua foto tersebut kemudian ia unggah ke akun Ghozali Everyday di OpenSea.

Per 14 Januari 2022, harga tertinggi NFT Ghozali di OpenSea mencapai 66,634 ETH atau setara dengan kurang lebih 3 miliar rupiah. Sedangkan harga termurahnya 0,249 ETH atau setara dengan kurang lebih 11 jutaan.

Salah satu artis sekaligus streamer asal Indonesia yang membeli NFT foto selfie Ghozali adalah Reza Arap. Melalui akun instagramnya, ia mengatakan membeli NFT tersebut dengan harga Rp18,6 juta.

“Bought one Ghozalis last night gor $1.3k (Membeli satu NFT Ghozali tadi malam $1.3k)”, tulis Reza Arap dalam akun instagram @ybrap, Kamis (13/01//2022).

Dari akun twitter @Ghozali_Ghozalu, Ghozali mengatakan, selama tiga hari dimuat di OpenSea, ada 311 NFT yang sudah terjual. Ia menambahkan, agar foto-foto dirinya tidak disalahgunakan.

“It’s been 3 days and left 331 NFT sold out now because for the next few years I won’t be listing You can do anything like flipping or whatever but please don’t abuse my photos or my parents will very disappointed to me I believe in you guys so please take care of my photos”, tutur Ghozali di akun twitternya @Ghozali_Ghozalu, Rabu (12/01/2021).

Simpang-siur terkait pendapatan Ghozali pun akhirnya dijawab oleh Chef Arnold Purnomo. Menurutnya, pendapatan Ghozali hanya berkisar 1 miliar rupiah. Tidak mencapai 13-14 miliar.

“Artisnya atau siapa yg listing NFT cuma dapet harga jual awal dan % royalties di setiap transaksi. Buyers yang set harga jual setelah beli. Jadi punten Gozali gak bikin 13-14 M. Kurang lebih cuma 1M”, ungkap juri Master Chef Indonesia tersebut pada Insta Story, Kamis (13/01/2022).

Banyak pihak memuji Ghozali karena berhasil raup miliaran rupiah dari hasil penjualan NFT. Salah satunya adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno.

“Seperti yang dilakukan Ghazali Everyday (@Ghozali_Ghozalu), seorang mahasiswa yang iseng menjual 933 foto Selfi dirinya sendiri selama 5 tahun sejak berusia 18-22 tahun dengan fose yang sama di salah satu platform digital”, tulis Sandi di akun twitternya @sandiuno pada Kamis (13/01/2021).

Selain itu, Menteri yang akrab dengan sapaan Sandi tersebut juga menambahkan, “Sadar atau tidak, dunia sudah mulai berubah, kini platform digital seperti NFT (Non-Fungible Token) bisa menghasilkan banyak uang”, lanjut Sandi di akun twitter yang sama Kamis (13/01/2021).

Platform NFT kini bisa menjadi salah satu peluang usaha online atau digital yang menjanjikan. Di era yang serba digital, foto selfie bisa menghasilkan uang.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *