Advertisement

30+ Cara Menghasilkan Uang dari HP untuk Pelajar Tanpa Modal

Diterbitkan pada
13 Mei 2022
Waktu membaca
8 Menit

Cara menghasilkan uang dari HP sangat mudah dan praktis. Bahkan untuk pemula maupun pelajar, bisa melakukannya tanpa modal sepeserpun.

Apalagi kini semua orang mempunyai handphone. Selain digunakan untuk komunikasi, handphone juga bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misal seperti belanja online, bayar tagihan, dan lainnya.

Perkembangan teknologi yang pesat membuat kita bisa menghasilkan uang dimana saja dan kapan saja. Hanya dengan modal HP dan kuota internet, kita bisa mendapatkan pundi-pundi uang dengan mudah.

Nah, penasaran bagaimana caranya? Sebelum itu, klik dulu tombol “Bookmark” (⭐) di pojok kanan atas browser supaya kamu bisa menyimpan postingan ini.

Kalau sudah, langsung simak pembahasannya dibawah ini. Check it out..

Cara Menghasilkan Uang dari HP Untuk Pemula & Pelajar

Terdapat 30+ cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula. Bahkan dalam sehari kita bisa mendapatkan uang minimal 500rb, 1 juta, bahkan 25 juta.

Semua orang bisa mencoba cara yang kami rekomendasikan dibawah ini. Berikut ini 30+ cara mendapatkan uang dari HP dan internet untuk pelajar atau pemula tanpa modal.

1. Menjadi Dropshipper

Cara menghasilkan uang dari HP yang bisa dicoba yaitu menjadi dropshipper. Bagi kamu yang tidak punya waktu luang untuk berjualan, alternatif yang bisa digunakan untuk mencari tambahan uang yaitu dropshipper.

Apalalagi kini banyak platform online yang bisa digunakan untuk berjualan dengan sistem dropship. Misalnya di e-commerce Shopee dan Tokopedia.

Kita bisa melakukan dropship dari Shopee ke Shopee maupun dropship Tokopedia ke Shopee. Cara ini dapat dilakukan tanpa modal sepeserpun.

Jadi, kita hanya menjual barang dari supplier dan menawarkannya ke pembeli dengan mengambil keuntungan sesuai yang kita inginkan. Sangat mudah kan?

2. Memanfaatkan Tiktok

logo tiktok

Cara mendapatkan uang dari Tiktok sangat mudah dan cepat. Aplikasi ini terbukti bisa menghasilkan uang, lho!

Adapun beberapa cara yang bisa kita coba untuk mendapatkan uang dari Tiktok, antara lain :

  • Sponsored Content Post.
  • Donasi atau Payout Coins.
  • Jasa Pengelola Akun atau TikTok Manager.
  • Jual Beli Akun TikTok.
  • TikTok Marketing.
  • Influencer Marketing.
  • TikTok Influencer.
  • Promosi Musik.

Seperti yang kita tahu, Tiktok merupakan aplikasi yang sangat populer di dunia. Media sosial ini berkembang sangat pesat.

Awalnya Tiktok hanya media sosial biasa yang digunakan content creator untuk membuat video singkat. Namun, kini banyak sekali fitur yang ada di Tiktok.

Bahkan, kini ada Tiktok Shop juga yang bisa digunakan untuk belanja online.

Ohya, yang sedang viral saat ini adalah memberikan gift saat melakukan live streaming. Gift ini diberikan oleh followers yang sedang menonton live streaming di Tiktok.

Gift berupa sticker ini harganya juga bermacam-macam, lho! Bahkan ada yang mencapai 7 juta, seperti gift dengan karakter singa.

3. Menggunakan Aplikasi Penghasil Uang

Pernah mendengar ada aplikasi yang bisa menghasilkan uang? Mungkin banyak orang yang belum percaya mengenai cara mendapatkan uang dari APK. Tapi faktanya benar ada, lho!

Dibawah ini kami berikan aplikasi di Android yang bisa kamu coba untuk menghasilkan tambahan uang.

Ya, walaupun hasilnya tidak seberapa namun jika kita konsisten bisa menghidupi biaya kebutuhan sehari-hari.

Misalnya seperti untuk bayar pulsa, internet, tagihan listrik, hingga tip untuk driver ojek online.

Adapun 10 aplikasi penghasil uang yang kami rekomendasikan, sebagai berikut :

  • Google Opinion Rewards
  • Mobile Premier League
  • Money App
  • Snack Video
  • Gift Wallet
  • Buzz Break
  • Cash App
  • Baca Plus
  • Helo
  • Neo+

4. Menggunakan Game Penghasil Uang

Bermain game adalah salah satu cara yang santai di waktu luang. Namun, selain sebagai pelepas kebosanan game juga bisa menghasilkan uang, lho!

Dibawah ini ada rekomendasi game yang bisa menghasilkan uang :

  • Greedy Dragon
  • Coin Republic
  • Island King
  • Wealth Words
  • Hago
  • Play Gamer
  • Mager
  • MPL [Mobile Premier League]

Kamu bisa mencoba game-game diatas dan memainkannya di waktu santai. Ada banyak sekali hadiah yang didapatkan dari bermain game tersebut.

Ada yang bisa diuangkan dan ada yang hanya berupa koin untuk membeli internet, pulsa, tagihan dll.

5. Menjadi Content Creator (Youtube, Instagram, Tiktok)

menghasilkan uang dari hp dengan menjadi content creator

Cara mendapatkan uang 25 juta dalam sehari yang sangat mungkin dilakukan yaitu dengan menjadi content creator.

Content creator merupakan pekerjaan yang sedang trend saat ini. Pekerjaan ini sangat menjanjikan dan bisa menghasilkan uang. Baik menjadi content creator Tiktok, Youtube, dan Instagram.

Cukup dengan konsisten membuat konten yang menghibur dan bermanfaat kamu bisa menjadi content creator. Banyak platform yang digunakan untuk membagikan konten.

Lantas, dari mana uang akan masuk? Dari konten yang dibuat, kita akan mendapatkan bayaran.

Misalnya konten di Youtube. Jika banyak yang menonton dan subscribe channel kamu, maka kamu berhak mendapatkan uang bayaran dari Youtube.

Tapi jangan lupa untuk daftar Google Adsense Youtube hingga di monetisasi, ya. Supaya uang kamu bisa segera cair ke rekening.

6. Membuka Jasa Bimbel Online

Cara menghasilkan uang dari hp untuk pelajar tanpa modal selanjutnya yaitu dengan membuka jasa bimbingan belajar secara online.

Pandemi Covid-19 menjadikan kegiatan belajar mengajar sedikit terganggu. Banyak ibu yang mengeluh karena tidak bisa mendampingi kegiatan belajar mereka dengan sistem daring/online.

Maka dari itu, peluang besar bagi kamu untuk memanfaatkan momentum ini sebagai cara dapat uang tambahan yang mudah.

Kamu bisa menawarkan jasa les private semua pelajaran untuk jenjang-jenjang tertentu yang mampu saja. Untuk harga dan waktu bisa ditentukan sendiri, ya.

Biasanya mereka per 2 jam mematok dengan harga 50 ribu. Ya, sangat lumayan kan.

7. Menjadi Influencer

Seorang bisa disebut sebagai influencer jika bisa memberikan pengaruh untuk banyak orang. Baik itu pengaruh positif maupun pengaruh negatif.

Menjadi influencer tidak harus dari kalangan artis, selebriti, atau publik figur. Jika kamu bisa berpengaruh kepada banyak orang, maka bisa disebut dengan influencer.

Untuk menjadi influencer bisa melalui platform media sosial seperti Tiktok, Instagram, Facebook, dll.

Terus konsisten untuk membuat konten yang menarik di media sosial. Selain itu perlu juga untuk menaikkan jumlah followers kamu.

Lalu apa keuntungan menjadi influencer? Akan banyak endorse dan iklan dari berbagai perusahaan yang melirik kamu sebagai iklan dan identitas di suatu produk perusahaan tersebut.

Bahkan sangat mungkin jika kamu akan mendapatkan uang 1 juta dalam sehari tanpa modal hanya dengan menjadi influencer.

8. Menjadi Selebgram

Selain menjadi influencer, bisa juga menghasilkan uang dengan cara menjadi selebgram.

Jika kamu mempunyai followers di Instagram mencapai ribuan hingga jutaan, jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan ini, ya.

Menjadi selebgram tentu akan banyak dikenal orang. Selain itu, akan datang banyak job iklan, endorse, hingga promosi produk.

Biasanya kamu akan diajak bekerjasama dengan suatu brand untuk memberikan testimoni atau mempromosikan produk dari brand tersebut.

Sebagai selebgram, kamu juga bisa mematok harga pembuatan konten tersebut sesuai dengan followers dan view.

Jika sukses, keuntungan yang akan didapatkan bisa mencapai jutaan rupiah dalam sehari. Tentu sangat menggiurkan ya?

9. Kontribusi Foto

Hobi menjadi fotografer? Jangan lupa, karya foto kamu bisa dijual melalui berbagai platform, lho!

Jadi, jangan hanya disimpan di memori saja, ya. Manfaatkan platform Shutterstock untuk menghasilkan uang dari HP dengan karya foto-foto kamu.

Yang paling penting adalah hasil karya kamu estetik, berkualitas tinggi, dan terlihat unik.

Ya, memang sudah banyak fotografer profesional yang menggeluti bidang ini untuk mencari tambahan uang. Namun, tidak ada salahnya mencoba cara ini walaupun kamu masih pemula.

Sebenarnya selain platform Shutterstock, ada situs lain yang bisa digunakan untuk menjual hasil jepretan kamu. Diantaranya yaitu Twenty20, Foap, Snapwire, Scoopshot, dan EyeEm.

Nah, jika kamu ingin melakukan hal ini tapi tidak ada keahlian dalam fotografi, bisa belajar lewat online, kok.

Bagi pemula, banyak platform kursus online yang bisa digunakan untuk belajar. Ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Jika ingin gratis, cukup lihat di Youtube orang yang sudah profesional di bidang fotografi. Selamat mencoba, ya~

10. Membuka Jasa Desain

Kini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan desain. Baik untuk kebutuhan branding perusahaan, logo, konten media sosial, banner, dan masih banyak lainnya.

Walaupun kamu masih pelajar atau mahasiswa, bisa saja menekuni bidang ini untuk mencari tambahan uang jajan.

Skill desain ini bisa dilatih mulai sekarang. Banyak sekali video pembelajaran yang membahas mengenai desain. Baik di youtube, platform belajar gratis, dan media sosial.

Sebagai desainer, harus mampu menguasai beberapa tools untuk membantu membuat desain. Yaitu Photoshop, Figma, Canva, dan CorelDraw.

Banyak sekali tawaran kerja di bidang ini. Tapi jika tidak ada waktu luang, bisa membuka jasa desain untuk berbagai keperluan.

Nah, saat ini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa desain ini terutama di bidang IT. Misalnya desain UI/UX mobile, design website, illustrator, dan masih banyak lainnya.

Setiap proyek desain yang kamu buat, hasilnya sangat menakjubkan, lho! Bahkan kamu bisa meraih penghasilan puluhan juta dalam satu proyek saja.

11. Gabung Jadi Affiliate Marketing

Apa sih affiliate marketing? Kenapa bisa menghasilkan uang?

Jadi, program affiliate marketing sedang trend saat ini. Sistem dari program ini hanya membagikan produk penjual ke konten dengan memberikan kode referral.

Jika ada pembeli yang berhasil membeli produk tersebut dengan kode referal kamu, maka kamu berhak mendapatkan komisi. 

Nah, sekarang ini banyak platform e-commerce yang mendukung program ini. Seperti Shopee Affiliate Program, Tiktok Affiliate, Tokopedia, dan masih banyak lagi.

Jumlah komisi yang didapatkan tentu berbeda-beda. Semakin banyak orang yang membeli produk tersebut menggunakan kode referral kamu, maka semakin banyak pula keuntungan yang didapatkan.

Misalnya saja di Tiktok Affiliate Program. Komisi yang didapatkan per produk yang berhasil terjual yaitu 10% dari harga produk.

Selain itu, keuntungan lainnya yaitu kamu berhak dapat barang gratis dari Tiktok Shop yang digunakan untuk melakukan promosi produk.

12. Membuka Jastip (Jasa Titip)

Jasa titip atau sering disebut dengan jastip adalah bisnis tanpa modal namun bisa menghasilkan uang yang menjanjikan.

Caranya yaitu hanya membutuhkan smartphone dan media sosial. Biasanya barang-barang jastip merupakan barang yang langka dan susah ditemukan didaerah tersebut.

Misalnya seperti makanan oleh-oleh daerah, pakaian atau produk fashion yang cepat sekali habisnya, dan jenis lainnya yang susah dicari.

Cukup dengan mempromosikan di media sosial atau ke kerabat mengenai barang-barang jastip yang bisa dipilih.

Tentu saja setiap produk, kamu harus mengambil keuntungan. Tergantung dengan harga beli barang.

13. Mengisi Survey Online Berbayar

Cara menghasilkan uang dari internet selanjutnya bisa melakukan pengisian survey online berbayar. Cara ini tidak memerlukan skill khusus.

Hanya cukup mengisi survei, kamu bisa dengan mudah mendapatkan komisi. Nah, komisinya bisa berupa uang, uang dollar, voucher, hadiah barang, dan masih banyak lagi.

Apalagi kini banyak perusahaan yang membutuhkan survei online untuk kebutuhan penelitian perusahaanya.

Walaupun hasilnya tidak cukup besar, namun jika konsisten bisa menghasilkan uang yang besar, lho! Adapun beberapa website yang menyediakan survey berbayar, antara lain :

  • Surveytime.io
  • SendEarnings
  • i-Say, dll

14. Usaha Barang Thrift/Preloved

Sudah Tahu Apa itu Bisnis Thrift Shop

Cara cari uang tambahan untuk pelajar yang cocok adalah memulai usaha barang preloved. Usaha bisnis jualan thrift shop baju bekas sedang hype di kalangan anak muda.

Bisnis ini hanya menjual barang-barang bekas yang masih layak pakai. Jika, kamu berhasil mendapatkan barang branded bekas, keuntungan yang didapatkan bisa berkali-kali lipat, lho!

Untuk memulainya, bisa dengan menjual barang milik pribadi dulu yang sudah tidak digunakan. Barulah mencari barang ke supplier yang terpercaya.

Bisa juga melalui website thrift yang terpercaya yaitu :

  • Carousel
  • Tinkerlust
  • Jualo

Bisnis ini banyak ditemukan di media sosial Instagram. Maka dari itu, untuk mempromosikannya wajib mempunyai akun Instagram khusus thrift shop.

15. Jasa Admin Sosmed

mendapatkan uang dari jasa admin sosmed

Cara menghasilkan uang dari hp android atau iphone dengan mudah tanpa modal yaitu dengan membuka jasa pengelola sosial media.

Merambatnya media sosial ke semua kalangan menjadikan para pelaku bisnis kewalahan dalam mengurus akun media sosialnya.

Apalagi jika akun itu untuk berbisnis. Sangat penting untuk melakukan update story atau upload konten setiap harinya.

Karena jika tidak, maka dapat dipastikan akun media sosial tersebut lama-lama followersnya akan menurun. Selain itu, banyak followers yang mulai tidak mempercayai bisnis kamu.

Maka dari itu, dengan adanya jasa admin sosial media sangatlah dibutuhkan oleh para pelaku bisnis. Pekerjaanya cukup mudah dan simpel. Garis besarnya hanya mengurus sosial media seperti upload produk, update story, balas komentar, balas DM, dan lainnya.

Supaya menghasilkan banyak uang, kamu bisa melakukan pekerjaan ini tidak hanya 1 akun saja. Namun beberapa akun, sehingga pendapatan kamu akan terus bertambah.

16. Penulis

Cara menghasilkan uang dari hp untuk pelajar mulai SMP, SMA, hingga mahasiswa yaitu menjadi penulis. Kini menjadi penulis artikel sangat banyak dicari oleh banyak perusahaan.

Penulis freelance bisa digunakan sebagai pekerjaan sampingan yang menjanjikan. Banyak perusahaan yang membutuhkan penulis untuk membuat content, menulis content, dan menulis informasi lainnya untuk strategi marketing.

Sebagai penulis, hanya perlu mengasah kreatifitas dan keterampilan copywriting yang baik dan benar. Jika banyak klien yang tertarik bekerja sama, maka penghasilan kamu sebagai freelance penulis akan melebihi pegawai tetap sekalipun.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai cara menghasilkan uang dari HP untuk pemula, pelajar tanpa modal sekalipun. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi, ya.

Ohya, selain di blog ini kami juga aktif di media sosial Instagram, lho! Jangan lupa follow IG kami di @Pintarjualan.id dan nyalakan lonceng (🔔) notifikasinya, ya.

Nah, jika ada informasi yang kurang lengkap atau ingin diskusi dengan kami langsung, bisa ngobrol dengan kami di kolom komentar.

Sebarkan informasi diatas melalui tombol bagikan ke media sosial. Supaya mereka mengetahui cara mudah mendapatkan uang hanya melalui internet.

Sekian dari kami, sampai jumpa di artikel menarik kami lainnya, ya. Thank you 🙂

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *