Advertisement

Bingung Mengatur Keuangan Jelang Bulan Puasa? Begini Tips Mudahnya!

Diterbitkan pada
11 Maret 2022
Waktu membaca
2 Menit

Jakarta – Sebentar lagi kita akan menyambut bulan Ramadhan 2022. Biasanya bulan ini menjadi salah satu periode yang membutuhkan banyak pengeluaran. Nah, ada beberapa tips mengatur keuangan jelang bulan puasa, lho!

Mike Rini, selaku Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) mengungkapkan bahwa anggaran bulan Ramadhan tidak jauh berbeda dengan bulan-bulan pada umumnya.

Baca Juga : 10 Aplikasi Pembukuan dan Keuangan Terbaik Serta Manfaatnya

Yang menjadi faktor mengapa bulan Ramadhan pasti membutuhkan pengeluaran yang banyak yaitu karena naiknya harga bahan pokok.

Sebetulnya, jika seseorang sering mengutamakan menabung, maka sisa dari pemasukan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan lain yang tidak terduga.

“Memang ada sedikit kepanikan saat mau menjelang bulan puasa ya terutama ibu rumah tangga. Kenapa bisa begitu? Kok bisa-bisanya bulan puasa makin boros? Sehingga setiap tahun hampir terjadi pertanyaan ini bagaimana mengatur keuangan di bulan puasa,” ungkap Mike saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Rabu (9/3/2022).

Menurutnya, jika seseorang sudah membiasakan diri untuk menyisihkan pendapatannya sebesar 30%, maka sisa dana dari pendapatan bisa digunakan untuk memenuhi anggaran belanja. Termasuk juga anggaran belanja selama bulan puasa.

“Yang menimbulkan kepanikan adalah kok anggaran bulan puasa atau pengeluaran malah melonjak sih atau sama aja. Sama saja pengeluarannya dengan bulan biasa aja udah bikin heboh, heran kenapa kok malah sama aja ya apalagi kalau kebablasan,” ungkapnya.

Baca Juga : Jelang Bulan Ramadhan, Yuk Intip Insight Google Untuk Usaha & Jualan

Ia menambahkan, salah satu faktor yang menyebabkan pengeluaran membengkak saat bulan Ramadhan yaitu adanya euforia saat berbuka puasa.

Yang seharusnya anggaran keuangan bisa lebih hemat, namun pada kenyataannya justru sebaliknya. Maka dari itu tips mengatur keuangan bulan puasa yaitu termasuk memperbaiki kebiasaan euforia saat berbuka puasa.

“Salah satu yang saya perhatikan karena adanya euforia ketika orang berbuka puasa. Logikanya gak makan siang kan malah makin irit, ini mah enggak sama aja atau bahkan bisa lebih boros gitu,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di okezone.com dengan judul “Jangan Panik! Ini Cara Mudah Atur Keuangan Jelang Bulan Puasa”

Link Sumber : https://economy.okezone.com/read/2022/03/10/622/2559278/jangan-panik-ini-cara-mudah-atur-keuangan-jelang-bulan-puasa?page=2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *