Cara Mengaktifkan Tokopedia Paylater dengan GoPayLater Gojek

Diterbitkan pada
12 November 2021
Waktu membaca
6 Menit

Sudah pernah melakukan transaksi lewat GopayLater di Tokopedia? Apakah kamu sedang bingung mencari cara mengaktifkannya? Kamu berada di artikel yang tepat! Kali ini kami akan memberikan tutorial cara mengaktifkan Tokopedia Paylater dengan GoPaylater Gojek.

Caranya sangat mudah dan cukup sederhana lho! Cukup dengan menyambungkan GoPay & GoPayLater pada aplikasi Tokopedia. Namun, pastikan kamu telah mengaktifkan PIN Gopay supaya pembayaran berjalan dengan lancar.

Keuntungan lain yang kamu dapatkan dengan mengaktifkan fitur Tokopedia Paylater dengan GopayPaylater Gojek yaitu kamu bisa membayar berbagai tagihan tanpa susah payah. Selain itu, kamu bisa mendapatkan cashback 20% menggunakan Gopay dan cashback 30 ribu menggunakan GoPayLater.

Untuk informasi selengkapnya cara mengaktifkan fitur Tokopedia Paylater dengan GoPayLater Gojek, kamu bisa membaca tutorial dibawah ini !

Cara Daftar & Mengaktifkan GoPayLater Gojek

Langkah awal sebelum menyambungkan Tokopedia Paylater dengan GoPayLater Gojek yaitu, pastikan kamu telah berhasil mendaftar dan mengaktifkan GoPaylater dahulu. Nah, dibawah ini cara yang bisa kamu tempuh untuk mengaktifkan GoPaylater Gojek :

tutorial mengaktifkan gopay paylater

  1. Login aplikasi Gojek Klik “GoPayLater”, dan Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan melalui sms.
  2. Baca informasi yang tertera mengenai GoPayLater lalu klik “Daftar Sekarang”.
  3. Isi form data diri, unggah foto KTP dan foto selfie menggunakan KTP.
  4. Tunggu beberapa saat hingga data kamu telah diproses dan klik “Oke,lanjut”.
  5. Lakukan TTD (Tanda Tangan Digital) pada aplikasi Gojek.
  6. Dan berhasil!

Baca Juga :

 

Cara Mengaktifkan Tokopedia Paylater Dengan GoPayLater Gojek

Setelah berhasil mengikuti cara mengaktifkan GoPayLater Gojek diatas, langkah selanjutnya yaitu menyambungkan Tokopedia Paylater dengan GoPayLater Gojek.

Dibawah ini cara untuk mengaktifkannya :

Mengaktifkan Tokopedia Paylater dengan gojek paylater

  1. Buka dan login pada aplikasi Tokopedia di smartphone. Klik “Banner GoPayLater”
  2. Kemudian klik “Sambungkan Sekarang” supaya dapat ditambahkan kedalam metode pembayaran.
  3. Pastikan nomor telpon yang kamu gunakan sama dengan yang didaftarkan pada GoPayLater. Kemudian klik “Lanjut”.

isi pin tokopedia paylater

4. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan melalui sms ke smartphone kamu dan klik “Konfirmasi”.

5. Masukkan PIN GoPayLater yang telah kamu buat. Kemudian klik “Konfirmasi”.

7. Dan berhasil ! Kamu dapat langsung menggunakannya untuk “Mulai Belanja” di Tokopedia.

Cara Pembayaran Menggunakan GoPaylater di Tokopedia

Jika sudah berhasil tersambung dengan GoPayLater di Tokopedia, kamu dapat langsung berbelanja lho ! Belum tahu caranya? Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini :

cara pembayaran Gopaylater tokopedia

  1. Pilih barang yang ingin kamu beli, Klik “Bayar” menggunakan “GoPayLater”.
  2. Masukkan PIN GoPayLater kamu, dan klik “Konfirmasi”.
  3. Tunggu sebentar hingga proses pembayaran selesai.
  4. Akan muncul notifikasi berhasil pada layar smartphone kamu.

Jika kamu belum tahu cara Top-Up di Gopay untuk pembayaran GoPayLater, kamu bisa baca disini Cara Top Up GoPay Lewat m-Banking, ATM, Minimarket [Lengkap].

Note : Saat hendak berbelanja, pastikan saldo GoPay kamu cukup ya, jika tidak memenuhi maka pembayaran tidak dapat berhasil.

Cara Pembayaran Tagihan GoPayLater di Gojek

Perhatikaan tanggal jatuh tempo saat kamu berhasil melakukan pembayaran di GoPayLater. Terkadang tagihan GoPayLater muncul setiap bulannya pada saat jam 00.00 di hari terakhir. Lalu bagaimana cara membayarnya? Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya :

pembayaran tagihan Gopaylater tokopedia

  1. Buka dan “login” aplikasi Gojek. Tekan “Bayar” dan akan muncul informasi rincian tagihan GoPayLater kamu.
  2. Masukkan nominal yang akan dibayarkan.
  3. Tekan “Bayar Tagihan”.
  4. Masukkan 6 digit “PIN” Gojek.
  5. Selamat ! Pembayaran berhasil.

Cara Menghapus Akun GoPayLater

Akun GoPayLater tidak bisa dihapus atau dinonaktifkan secara langsung. Hanya satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menonaktifkan GoPayLater, yaitu dengan mengubah metode pembayaran di aplikasi Gojek.

Perlu diingat dan pastikan bahwa kamu tidak mempunyai tagihan yang harus dibayar sebelumnya. Masih bingung caranya? Yuk simak langkah-langkah dibawah ini :

  1. Masuk dan “login” ke aplikasi Gojek di smartphone kamu.
  2. Klik menu “Eksplore”.
  3. Klik menu “Pengaturan/Setting”.
  4. Klik menu “Atur metode pembayaran”.
  5. Pilihlah metode pembayaran selain menggunakan GoPayLater.

Jika cara diatas sudah berhasil, maka kamu tidak bisa menggunakan fitur GoPayLater lagi untuk melakukan pembayaran.

Apa Penyebab Gagal Pakai GoPayLater di Tokopedia?

Pada pembahasan diatas kita sudah menjelaskan cara mengaktifkan Tokopedia Paylater ke GoPayLater Gojek. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa kita sering gagal menggunakannya.

Beberapa masalah tak terduga memang sering terjadi saat kita akan memakai GoPaylater di Tokopedia, misalnya saat menggunakan untuk pembayaran namun gagal terus menerus. Lalu, apa sih penyebab gagal menggunakan GoPaylater di Tokopedia?

Yuk cari tau penyebabnya dibawah ini :

  • Saat proses menyambungkan tidak terdapat notifikasi jika GoPay PayLater berhasil disambungkan.
  • Pastikan Limit saldo GoPay PayLater kamu cukup pada saat melakukan pembayaran di Tokopedia.
  • Cek koneksi internet kamu, dan pastikan stabil untuk mengakses fitur GoPayLater.
  • Sistem aplikasi dari Gojek maupun Tokopedia sedang trouble.
  • Belum melakukan Update aplikasi di Gojek maupun Tokopedia.

Bagaimana Mengatasi Gagal Pakai GoPayLater di Tokopedia?

Jika diatas sudah dijelaskan penyebab gagal mengaktifkan GoPayLater di Tokopedia, maka disini akan kami jelaskan cara mengatasi jika kalian gagal mengaktifkan GoPayLater di Tokopedia. Simak solusi yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Yuk langsung saja lakukan hal seperti dibawah ini :

  1. Sudah Berhasil Menghubungkan GoPayLater ke Tokopedia

Pastikan kamu sudah mendapatkan notifikasi berhasil menggunakan GoPayLater pada aplikasi Tokopedia dan Gojek ya! Jika masih ragu-ragu kalian bisa mencobanya terlebih dahulu.

Pada umumnya proses menghubungkan Tokopedia Paylater dengan GoPayLater Gojek tidak begitu lama, namun perlu pastikan bahwa akun GoPayLater sudah terverifikasi oleh pihak Tokopedia.

  1. Limit Saldo Sudah Terisi dan Cukup untuk Transaksi

Solusi yang kedua yaitu, pastikan dan cek bahwa limit saldo pada GoPayLater kamu lebih dari cukup untuk melakukan transaksi. Bagaimana jika limit tidak cukup? Maka kamu harus melunasi tagihan yang ada dahulu sebelum belanja yang lain.

  1. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Pada permasalah ketiga ini yaitu karena koneksi internet kamu lambat. Biasanya pada saat-saat tertentu perangkat HP kita mengalami koneksi yang tidak stabil. Jika kita menggunakan Wifi pastikan koneksinya internetnya juga lancar ya! Atau kamu bisa mencari lokasi yang sinyalnya cepat untuk mengakses internet.

  1. Update Aplikasi Gojek dan Tokopedia

Solusi yang terakhir yaitu melakukan Update aplikasi pada Gojek dan Tokopedia. Hal ini dilakukan agar sistem pembayaran GoPayLater dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala. Jadi, kamu wajib melakukan Update rutin melalui Playstore kamu ya!

5. Menghubungi Customer Service/Call Centre

Jika langkah-langkah diatas tetap tidak bisa menyelesaikan, kamu bisa menghubungi Customer Service atau Call Center dari GoPayLater. Berikut ini informasi mengenai pengaduan permasalahan GoPayLater :

FAQ

Untuk menambah pemahaman mengenai GoPaylater Tokopedia dan Gojek, yuk simak FAQ berikut ini :

  • Apakah GoPayLater sudah terdaftar di OJK?

GoPayLater sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Gojek juga melakukan kerjasama dan bermitra denga PT. Mapan Global Reksa dari Findaya. Jadi Findaya merupakan perusahaan P2P (peer-to-peer) dan juga sudah diawasi oleh OJK.

  • Skema pembayaran dan tanggal jatuh tempo GoPayLater.

Tanggal jatuh tempo GoPayLater yaitu pada tanggal terakhir setiap bulannya, bisa tanggal 29,30, atau 31. Pastikan kamu membayar tagihan sebelum jatuh tempo agar tidak terkena denda.

Jika kamu terlambat membayar, akan diberikan tambahan waktu untuk melunasi yaitu selama 5 hari. Notifikasi peringatan pembayaran akan diingatkan di Aplikasi kamu.

  • Berapa Limit GoPayLater?

Limit merupakan jumlah uang bulanan yang diberikan kepada pengguna GoPayLater untuk membayar transaksi. Jumlah limit yang akan kamu terima yaitu sesuai dengan riwayat pembayaran GoPayLater. Jadi setiap pengguna GoPayLater memiliki limit yang berbeda-beda.

  • Berapa Biaya menggunakan GoPayLater?

Biaya penggunaan GoPayLater yaitu sekitar Rp. 7.500- Rp. 49.000/bulan. Biaya tersebut tergantung dengan limit masing-masing pengguna dan disesuaikan dengan limit terbaru.

  • Apa saja jenis biaya GoPayLater?

Terdapat 2 jenis biaya dalam GoPayLater yaitu :

  1. Biaya bulanan GoPayLater : Setelah uji coba gratis menggunakan GoPayLater, kamu akan mendapatkan biaya bulanan yang muncul satu kali setiap bulan setelah melakukan transaksi di GoPayLater. Biaya ini akan meminta persetujuan dahulu sebelum kamu melakukan transaksi pertama di GoPayLater.
  2. Biaya keterlambatan/denda : Jika kamu mengalami keterlambatan pembayaran setelah melewati jatuh tempo dengan masa waktu penambahan 5hari, maka kamu akan mendapati denda. Biaya denda tersebut adalah Rp. 2000/hari yang akan dimulai setelah melewati 5 hari jatuh tempo.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengaktifkan Tokopedia Paylater dengan GoPayLater Gojek. Cara yang sudah dijelaskan diatas sangat lengkap dan wajib kamu coba ya!

Jika terdapat pertanyaan mengenai pembahasan diatas, bisa kamu tulis di kolom komentar dibawah. Jika artikel ini bermanfaat klik tombol share ke media sosial kalian agar teman-teman medsos kalian dapat membaca juga!

Jangan lupa untuk klik tombol Bookmark dibagian pojok kanan atas browser, supaya kamu tidak ketinggalan artikel menarik dari PintarJualan.id. Kami juga ada instagram juga lho, yuk Follow @PintarJualan.id disana banyak postingan keren mengenai jualan online, informasi ekspedisi, dan juga e-commerce.

Sampai disini dulu yaa, bye bye!

 

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *