Cara Mengaktifkan Gopay Paylater,Bayar Tagihan,Biaya Layanan & Denda

Diterbitkan pada
15 November 2021
Waktu membaca
6 Menit

Tahukah kamu apa itu GoPay Paylater dan bagaimana cara mengaktifkan GoPay Paylater? Yuk kalau belum tahu kenalan dulu dengan fitur yang sedang popular ini.

GoPay PayLater adalah fitur pembayaran baru yang telah dirilis oleh aplikasi Gojek. Fungsi dari fitur GoPay PayLater ini dapat melakukan pembayaran pascabayar (beli sekarang, bayar nanti) untuk pengguna terpilih Gojek.

Jadi singkatnya, kamu dapat menggunakan GoPay Paylater untuk bertransaksi di aplikasi Gojek/Gopay kemudian membayar tagihan di akhir bulan.

Sampai disini cukup paham bukan? Nah, dibawah ini kami ulas beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh menggunakan GoPay Paylater.

  • Pesan Goride/Gofood atau layanan di aplikasi Gojek sekarang, lalu bisa bayar di akhir bulan.
  • Proses pendaftaran tidak perlu isi form untuk pengguna terpilih.
  • Dapat digunakan kapanpun dan dimanapun.
  • Dijamin aman untuk bertransaksi.
  • Limit pinjaman hingga 1 juta.
  • Biaya layanan gratis pada bulan pertama.

Setelah mengetahui manfaat dari GoPay Paylater pasti kamu tergiur untuk mendaftar kan? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai cara mengaktifkan GoPay Paylater, bayar tagihan, biaya layanan dan denda berikut ini.

Cara Mengaktifkan GoPay PayLater

Untuk dapat menikmati layanan GoPay Paylater dari Gojek, tentunya kita harus mendaftar dan mengaktifkan terlebih dahulu. Lalu, bagaimana sih cara mengaktifkan GoPay Paylater? Tenang, dibawah ini akan kamu ulas secara lengkap cara mengaktifkan GoPay Paylater dengan mudah. Yuk ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Download dan Install Aplikasi Gojek di Playstore

Pastikan kamu sudah mempunyai Aplikasi Gojek ya, kalau belum kamu bisa download dan install di Playstore. Jadi didalam aplikasi Gojek sudah berisi layanan GoPay dan GoPay Paylater. Setelah installasi selesai, kamu cukup melakukan aktivasi GoPay.

2. Mulai Transaksi dengan GoPay

Setelah GoPay kamu aktif, kamu dapat melakukan pengisian saldo GoPay. Kalau belum tahu cara Top Up GoPay kamu bisa baca artikel disini Cara Top Up GoPay Lewat m-Banking, ATM, Minimarket [Lengkap].

Jika GoPay kamu sudah aktif dan terisi saldo, coba gunakan untuk transaksi apapun yang kamu inginkan. Kamu bisa juga mencoba untuk membeli Gofood menggunakan Gopay untuk memastikan GoPay kamu sudah berjalan lancar.

3. Menunggu Undangan dari GoPay PayLater

Sebenarnya tidak ada syarat khusus untuk melakukan aktivasi GoPay Paylater. Kamu hanya cukup menunggu notifikasi dari aplikasi Gojek bahwa kamu berhak menikmati dan mulai mengaktifkan GoPay Paylater.

 Note : Hanya pengguna terpilih yang dapat menggunakan fitur GoPay Paylater. Tidak ada seleksi dan syarat ketentuan lain untuk menjalankan GoPay Paylater.

4. Aktivasi GoPay PayLater

Sudah menerima undangan GoPay PayLater? Saatnya untuk melakukan aktivasi sekarang juga! Cara mengaktifkan GoPay PayLater dapat kamu lihat panduan dibawah ini.

  • Buka aplikasi Gojek di Smartphone kamu dan klik “Activate GoPayLater”

activate gopaylater

  • Masukkan kode 6 digit angka kode OTP yang telah dikirimkan melalui SMS ke smartphone kamu.
  • Baca informasi yang muncul mengenai GoPayPaylater dan Klik “Daftar Sekarang”.
  • Selanjutnya, lengkapilah data diri seperti Nama,upload KTP, tanggal lahir, NIK, alamat dll.
  • Tunggu sebentar hingga pendaftaran kamu disetujui kemudian klik “Oke, lanjut”.
  • Terakhir yaitu TTD (Tanda Tangan Digital) di bingkai yang telah tersedia.

tutorial aktivasi gopay paylater

5. Gunakan GoPay PayLater Sekarang!

Setelah berhasil mengikuti tutorial cara mengaktifkan GoPay Paylater diatas, kamu dapat langsung melakukan transaksi menggunakan GoPay Paylater.

Dengan menggunakan metode pembayaran GoPay PayLater, kamu bisa memesan layanan pada aplikasi Gojek seperti Goride, Gocar, Gofood, Bayar tagihan (listrik, pulsa, data internet) dan masih banyak lagi.

Baca Juga :

Cara Bayar Tagihan GoPay PayLater

Berikut ini langkah-langkah yang dapat kamu tempuh untuk melakukan pembayaran tagihan GoPay Paylater. Tentunya kamu jangan sampai telat melakukan pembayaran ya! Karena kamu bisa mendapatka denda juga lho!

Tapi tidak usah khawatir, pihak Gojek akan selalu memberikan notifikasi peringatan jika kamu akan memasuki jatuh tempo. Yuk langsung saja simak cara bayar tagihan GoPay PayLater berikut ini  :

1. Cek Total Tagihan GoPay PayLater

Setelah melakukan pembayaran pesanan kamu menggunakan GoPay PayLater, jangan lupa untuk mengecek tagihan kamu ya. Kamu bisa langsung saja membuka pada halaman GoPay Paylater dan melihat total tagihan yang akan kamu bayar. Pada halaman ini kamu dapat mengetahui juga riwayat pesanan kamu, dan limit saldo pada bulan tersebut.

cek total tagihan

2. Bayar Tagihan GoPay PayLater

Setelah cek tagihan GoPay Paylater kamu, Yuk bayar tagihannya dengan cara dibawah ini ya.

  • Masuk ke aplikasi Gojek, kemudia klik “Bayar”.
  • Akan muncul riwayat tagihan dari pesanan kamu, kemudian klik “Bayar Tagihan”.
  • Maukkan “PIN” Gojek kamu.
  • Tunggu sampai muncul notifikasi “Pembayaran berhasil”.

bayar tagihan gopaylater

 Note : Jangan lupa untuk Top Up Gopay kamu ya sebelum membayar tagihan, supaya pembayaran dapat segera terselesaikan dengan lancar.
 

Informasi Biaya Layanan, Denda, & Limit GoPay Paylater

1. Biaya Layanan/Bunga

Biaya layanan atau bunga yang dibebankan oleh pengguna GoPay Paylater adalah 2,5% sampai 5%. Berikut ini contoh ilustrasi biaya layanan GoPay PayLater :

  • Pengguna dengan limit Rp. 250.000
LimitRp. 250.000
Biaya layanan5%
TotalRp. 12.500
  • Pengguna dengan limit Rp. 500.000
LimitRp. 500.000
Biaya layanan2,5%
TotalRp. 12.500

Jadi kesimpulannya, biaya layanan yang diberikan pengguna awal dengan limit Rp.250.000 akan tetap sama walaupun limit yang digunakan akan naik menjadi Rp.500.000. Sangat rendah bukan? Coba bandingkan dengan aplikasi pinjaman online? Pasti berbeda.

2. Denda Jika Terlambat Membayar

Jangan sampai kamu terlambat membayar tagihan GoPay PayLater kamu ya? Nah, dibawah ini beberapa informasi dan skema mengenai denda yang akan kamu tanggung jika terlambat membayar di GoPay PayLater :

  • Jatuh tempo GoPay PayLater adalah di tanggal akhir bulan.
  • Terdapat tambahan waktu 5 hari setelah jatuh tempo.
  • Jika setelah jatuh tempo belum membayar, akan didenda Rp. 2000/hari.
  • Denda akan ditambahkan ke total tagihan mulai tanggal 6 pada bulan berikutnya.
  • Denda akan terus bertambah setiap harinya jika tidak segera dilunasi.

Sampai disini cukup jelas kan? Dibawah ini akan kami berikan ilustrasi jika kalian telat membayar tagihan dan dikenakan denda, yuk simak!

Pengguna X telat membayar 17 hari :

Total Transaksi PayLaterRp. 30.000
Biaya layananRp. 12.500
Telat membayar17 hari
Tambahan waktu5 hari
Denda12 hari x Rp. 2000
Total yang dibayarRp. 60.000

Dari ilustrasi diatas, seharusnya total denda yang harus dibayar pengguna X adalah Rp.66.500 (30.000+12.500+24.000). Tapi ada aturan dari aplikasi GoPay PayLater yaitu “Total tagihan tidak boleh lebih dari transaksi PayLater”. Jadi pengguna X cukup membayar Rp.60.000 (30.000+12.500+17.500).

3. Limit

limit gopaylater

Mungkin banyak yang bertanya-tanya berapa sih limit yang diberikan GoPay Paylater? Jadi setiap pengguna GoPay PayLater memiliki limit yang berbeda-beda yaitu mulai dari,

  • Rp. 250.000
  • Rp. 500.000
  • Rp. 1.000.000

Mengapa setiap pengguna mempunyai limit yang berbeda-beda? Hal itu terjadi jika semakin banyak dan sering kamu melakukan transaksi pada aplikasi Gojek menggunakan Gopay, maka limit kamu akan terus maksimal Rp.1000.000.

Baca Juga :

Penyebab GoPay PayLater dibekukan & Cara Mengatasinya

Pada penjelasan diatas sudah dijelaskan secara lengkap cara mengaktifkan GoPay PayLater, membayar tagihan, dan informasi denda, limit, secara lengkap. Namun tidak menutup kemungkinan jika GoPay PayLater kamu dibekukan. Lalu apa penyebab akun GoPay Paylater kamu dibekukan? Yuk cari tahu penyebabnya dibawah ini :

1. Penyebab

  • Sistem Gojek telah menemukan aktivitas yang mencurigakan pada akun kamu.
  • Pengguna melakukan login dan logout terlalu sering, karena bisa dicurigai akan melakukan hack pada sistem atau yang lain.
  • Sistem GoPay PayLater sedang error.

2. Cara Mengatasi

Diatas, kita sudah mengetahui poin-poin yang dapat menyebabkan GoPay Paylater kamu dibekukan. Nah langsung saja kita akan bahas cara mengatasi permasalahan diatas. Yuk simak cara yang dapat kamu tempuh agar GoPay PayLater kamu dapat kembali digunakan.

  • Kunjungi “hamalan bantuan” pada Aplikasi Gojek.
  • Siapkan syarat yaitu Screen Shoot dan penjelasan lengkap keluhan, No.Hp & Email pada akun Gojek kamu.
  • Jika keluhan belum ditanggapi, kamu bisa menghubungi Call Center 50849000 atau email : customerservice@go-jek.com
  • Datang ke kantor Gojek terdekat di kota Anda.

Hanya cara diatas yang dapat kamu lakukan agar akun Gopay kamu dapat kembali normal. Untuk panduan alur lebih lengkapnya kalian bisa mengunjungi https://www.gojek.com/gopay/alur-komplain-go-pay/.

Note : Penyelesaian keluhan pada akun GoPay Paylater kamu akan ditangani maksimal 20 hari kerja.

FAQ

  • Bagaimana cara mendapatkan GoPay PayLater?

GoPay PayLater hanya dapat digunakan untuk pengguna setia Gojek yang terpilih. Cara agar kamu dapat mendapatkan fitur ini yaitu dengan meningkatkan transaksi menggunakan Gopay.

  • GoPay PayLater dapat digunakan dimana?

Layanan yang dapat kamu gunakan dengan metode pembayaran menggunakan GoPay PayLater yaitu GoRide, GoFood, GoCar, GoSend, GoTix, GoTagihan, GoPulsa, Rekan Usaha GoPay, dan GoBluebird.

  • Apakah GoPayLater dapat digunakan di QRIS?

Sementara ini, GoPayLater belum tersedia pada layanan pembayaran kode QR (QRIS).

  • Apakah ada syarat untuk menggunakan GoPay PayLater?

Tidak ada syarat khusus untuk menggunakan GoPay PayLater. Jika kamu akun Gopay kamu sudah aktif dan sering melakukan transaksi, tunggu saja undangan dari GoPay PayLater.

Kesimpulan

Sudah paham kan penjelasan mengenai cara mengaktifkan GoPay PayLater, Bayar Tagihan, Biaya Layanan hingga Denda. Kamu dapat menggunakan GoPay PayLater jika sudah menerima undangan dari pihak Gojek dan pastikan akun Gojek kamu sudah aktif ya!

Limit yang dapat kamu gunakan untuk bertransaksi juga sangat bervariasi yaitu dari Rp. 250.000- Rp. 1000.000 tergantung berapa banyak transaksi kamu. Setelah berhasil menggunakan layanan GoPay PayLater jangan sampai kamu terlambat dalam membayar ya, karena ada denda 2,5% jika terlambat.

Jika terjadi masalah mengenai akun GoPay Paylater kamu dapat menghubungi call center yang sudah disebutkan diatas. Sangat lengkap dan menarik ya pembahasan kali ini!

Jika kamu memiliki pertanyaan lain mengenai GoPay Paylater, kamu dapat menulisnya di kolom komentar ya! Ikuti terus perkembangan informasi dan trik,tips lainnya hanya di PintarJualan.id.

Follow akun instagram kami dan dapatkan informasi mengenai tips jualan online dan pengetahuan lainnya disini @PintarJualan.id. See youu and byebyee!

 

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *