Cara Komplain Paxel dan Aturan Mengajukan Klaim via CS

Anisa 12 Jul 2022 4 Menit 1

Bagi pengguna jasa pengiriman tanah air seperti Paxel, penting rasanya untuk tidak hanya mengetaui persoalan cek resi paket, tetapi juga sistematika komplain apabila terjadi masalah barang.

Tak berbeda jauh dari jenis ekspedisi Indonesia lainnya, rupanya beberapa persoalan dan kasus juga sempat dialami oleh beberapa ch (customer) Paxel.

Mulai dari barang rusak, pengiriman tidak sesuai waktu yang ditargetkan, dan penjemputan barang yang dinilai terlambat.

Akibatnya sejumlah pengguna harus mengajukan komplain dan klaim di saat itu juga agar tidak mengecewakan konsumennya.

Syarat dan Kebijakan Klaim Paket Paxel

Beberapa alasan yang bisa diajukan oleh pengguna Agar bisa mengajukan komplain dan klaim paket:

1. Paket Makanan Ternyata Basi

Makanan frozen food

Pengguna yang punya usaha makanan kekinian dapat mengajukan klaim apabila paket tersebut basi karena estimasi tidak sesuai dengan kesepakatan.

Dengan kata lain ada kemunduran atau proses penjemputan paket yang terlambat dari hero atau kurir Paxel.

Klaim juga dapat dilakukan dalam waktu maksimal 3 x 24 jam (3 hari) setelah status paket on delivered.

Yang berarti pengguna dapat komplain sesudah paket diterima oleh konsumen.

Kurang dari waktu tersebut, pengguna Paxel belum diperkenankan untuk mengambil klaim barang.

Sebaliknya, apabila telah melewati masa pengajuan klaim, maka pihak Paxel tidak akan menindaklanjuti pengajuan tersebut karena dianggap hangus.

Contoh: Pengguna paxel menggunakan layanan Paxel Instan, akan tetapi barang baru saja sampai setelah 5 jam berselang semenjak picked up.

Keterlambatan itu mengakibatkan makanan punya customer menjadi basi, sehingga bisnis kuliner yang baru dibangunnya menghadapi kriris kepercayaan konsumen.

Nah, setelah barang sampai ke tangan konsumen, barulah pengguna layanan Paxel mengajukan komplain sekaligus klaim.

ADVERTISEMENTS

2. Paket Mengalami Kerusakan

Paket rusak

Selain basi, paket yang mengalami kerusakan, kecacatan, dan perubahan bentuk selama proses pengiriman juga bisa komplain.

Dengan ketentuan barang tersebut sudah dikemas sesuai syarat dan kelayakan menurut Paxel serta tahan di suhu luar ruangan selama 14 jam.

Pengguna juga harus melengkapi bukti berupa:

  • Kartu identitas seperti KTP/SIM/Paspor
  • Foto yang menunjukkan barang rusak atau bagian-bagian pada barang yang mengalami kecacatan (penyok, pecah, mengelupas, dan sebagainya)
  • Bukti transaksi berupa bukti transfer, bukti pembayaran paket, invoice, dan sebagainya.

ADVERTISEMENTS

3. Paket Sulit Dilacak & Hilang

Sulit melacak paket hilang

Permasalahan berikutnya yang kerap dialami oleh pengguna yakni hilangnya paket selama proses pengantaran barang.

Beberapa problem itu juga kerap dialami oleh ekpedisi JNT, JNE, Si Cepat, dan lainnya yang mendapati persoalan serupa.

Namun, meskipun sudah dilacak sekali pun, sebagian pihak kurir juga tidak tahu menahu letak keberadaan paket.

Bahkan terkadang antara status yang tertera pada invoice dengan keberadaan barang secara real time sangat berbeda.

Hal-hal seperti inilah yang membuat pengguna merasa kesulitan untuk melacak paketnya yang hilang.

Walhasil harus dibantu secara langsung oleh pihak kurir yang akan mencari informasi melalui sejumlah wilayah drop off point.

Tata cara komplain Paxel untuk paket yang hilang juga hampir sama dengan poin kedua, yakni pengguna harus mencantumkan beberapa dokumen penting sebagai data pendukung.

Cara tersebut juga dilakukan oleh beberapa pengguna saat komplain paket ke ID Express.

ADVERTISEMENTS

Cara Komplain Paket Paxel Bermasalah

Berikut media atau sarana yang paling sering dan direkomendasikan bagi pengguna Paxel yang ingin komplain langsung!

ADVERTISEMENTS

Komplain via Chat WhatsApp

Media seperti WhatsApp merupakan sarana sekaligus cara komplain Paxel yang paling sering serta direkomendasikan.

Walaupun Paxel punya nomor WA pusat, akan tetapi setiap customer diharapkan mengajukan komplain paket ke nomor WA lokal.

Maksudnya, mengirim pesan ke nomor WA Paxel domisili setempat atau kurir asal kantor drop off point yang bertugas pick up.

Inilah deretan nomor WhatsApp lokal yang berhasil dikumpulkan oleh tim Pintarjualan.id

Cabang PaxelKontak WhatsApp
Paxel Solo0822-2317-6019
Paxel Yogyakarta08954-10557746
Paxel Semarang0813-2664-4020
Paxel Mojokerto0859-3655-2266
Paxel Magelang0855-7467-0318
Paxel Madiun0855-7467-0318
Paxel Kediri0812-3151-5588
Paxel Jember0821-4363-5858
Paxel Malang0855-7476-0318
Paxel Surabaya0855-7476-0318
Paxel Denpasar0855-7476-0318
Paxel Medan0855-7476-0328
Paxel Cirebon0855-7476-0318
Paxel Jakarta Pusat0855-7476-0318
Paxel Jakarta Barat0855-7476-0318
Paxel Jakarta Timur0855-7476-0318
Paxel Bekasi0855-7476-0318
Paxel Tangerang0855-7476-0318
Paxel Makassar0855-7476-0318
Paxel Banyuwangi0813-3927-5858
Paxel Kuningan0811-1112-1232
Paxel Pekalongan0821-3385-2544
Paxel Tasikmalaya0813-1313-2903
Paxel Garut0813-1313-2903

Silakan kontak nomor di atas ya.

Format komplain bisa diatur sebagaimana mestinya.

Contoh:

“Halo Admin Paxel, di sini saya ingin menyampaikan keresahan perihal barang yang belum sampai pada konsumen saya. Padahal seharusnya dengan pengiriman same day per hari ini, barang telah diterima. Sebab, kurir melakukan penjemputan pada pagi hari pukul 10.00. Sedangkan ini sudah lewat dari 24 jam dan rute juga hanya antar kota saja. Mohon dibantu pelacakan dan status barang saya”.

Apabila jawaban dirasa kurang puas, cobalah untuk melakukan panggilan langsung.

Komplain Paket Lewat e-Mail

Selain komplain via WhatsApp, pengguna juga dapat mengajukan pertanyaan maupun memberikan komentar perihal paket lewat e-mail.

Berbeda dari kontak WA lokal, Paxel hanya menggunakan satu alamat email untuk seluruh ekspedisi di tingkat cabang.

Customer dapat langsung mengirimkan komplain ke customer empathy (customer service) khusus klaim ke wehearyou@paxel.co

Langsung saja ajukan keresahan dengan mencantunkan subjek permasalahan dan mengutarakan penjelasan secara terperinci.

Gunakan Media Eksternal

Ketika cara-cara di atas kurang memuaskan, setiap pengguna juga dapat memanfaatkan eksistensi media eksternal.

Misalnya menuliskan kritikan dan komplain ke media konsumen.

Platform ini berisi keluhan dan keresahan banyak konsumen dari berbagai tempat yang merasa adanya ketidakjelasan terhadap barang miliknya.

Bahkan beberapa konsumen dari jasa kurir lainnya juga mengajukan hal serupa.

Sebut saja seperti pengajuan komplain Anteraja, Si Cepat, J&T, dan sejenisnya.

Dari banyaknya keluhan yang masuk akan dijadikan pertimbangan oleh pihak ekspedisi sebagai pembaruan sekaligus insight ke depan.

Komplain ke Kurir

Metode berikutnya yang bisa dimanfaatkan secara langsung oleh customer Paxel yaitu komplain pada kurir/hero mereka.

Jadi pastikan untuk meminta nomor salah satu kurir ketika mereka datang mengambil barang.

Tujuannya untuk berjaga-jaga walaupun sudah ada nomor resmi per tiap kantor cabang.

Datangi Kantor Cabang Drop Off Point Terdekat

Jika seluruh cara sudah dilakukan dan tidak membuahkan hasil, pengguna bisa langsung mendatangi kantor cabang Paxel.

Atau biasa dikenal dengan nama Paxel Home (Daerah Cabang).

Customer dapat mengecek alamatnya melalui Gmaps masing-masing dengan mengetikkan kata kunci “Kantor Cabang Paxel (Nama kota)”.

Semoga berhasil ya!

FAQ

Q: Apakah Paxel menyediakan asuransi bagi pengguna?

A: Paxel memberikan fasilitas berupa asuransi dengan pengiriman paket sampai Rp1000.000,00. Program tersebut dimaksudkan mampu memberikan keringanan dan ganti rugi yang dapat diklaim sewaktu-waktu.

Q: Barang apa saja yang bisa dikirim melalui Paxel?

A: Aneka jenis makanan, makanan hewan berkemasan, dokumen atau surat, peralatan olahraga, barang-barang untuk perawatan kecantikan, aksesori, perlekangkapan otomotif untuk mobil & motor, dan lainnya.

Penutup

Nah, semoga pembahasan topik tentang ekspedisi khususnya cara komplain Paxel di atas memberikan pencerahan bagi pengguna ang hendak berlangganan Paxel ya.

Pastikan untuk memberikan packing yang aman pada paket agar tidak mudah rusak saat di perjalanan.

Terima kasih banyak.

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

1 Comments

  1. Avatar of seo services seo services says:

    Appreciate you sharing, great article post.Much thanks again. Fantastic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *