Cara Daftar AkuLaku di HP Agar Dapat Limit Kredit Besar

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
03 Desember 2021
Waktu membaca
5 Menit

Cara daftar AkuLaku hingga dapat limit kredit yang lumayan besar itu mudah. Selain itu, prosesnya juga bisa terbilang cepat dan simpel. Cukup hanya dengan HP atau smartphone saja.

Akulaku adalah platform perbankan dan keuangan digital terkemuka di Asia Tenggara yang beroperasi di 4 negara. 4 Negara tersebut adalah Indonesia, Filipina, Vietnam, dan Malaysia.

Melalui aplikasi AkuLaku kita bisa membeli barang-barang elektronik kapan saja dan dari mana saja. Mulai dari HP hingga laptop, semua ada di AkuLaku.

Keunggulan AkuLaku

Salah satu dari kelebihan AkuLaku adalah bisa membeli barang dengan cara kredit tanpa harus memakai atau memilki kartu kredit. Cukup dengan eKTP dan nomor HP yang aktif.

Sayangnya, kelebihan itu tidak bisa Anda dapatkan jika belum memliki akun AkuLaku. Oleh karena itu, simak tulisan Cara Daftar AkuLaku ini hingga selesai.

Baca juga:

Tapi, sebelum membahas cara daftar AkuLaku di HP atau smartphone sampai dapat limit kredit yang lumayan besar, simak dulu sedikitnya 5 keunggulan Akulaku.

  1. Syarat Mudah
  2. Bisa dapat kredit sampai Rp15 juta
  3. Tenor hingga 15 bulan
  4. Pencairan cepat, hanya beberapa menit
  5. Aman dan terpercaya

Cara Daftar AkuLaku

Sebelum daftar AkuLaku, alangkah baiknya Anda siapkan HP android atau iOS dan jaringan internet. Baik jaringan internet GSM atau wifi, keduanya bisa.

Cara Daftar AkuLaku Download Aplikasi

1. Install aplikasi AkuLaku

Jika Anda pengguna baru atau baru pertama kali mendownload/menginstal AkuLaku, maka akan muncul Otorisasi Privasi seperti gambar di bawah ini. Lewati proses tersebut dengan cara klik OK.

Otorisasi Privasi AkuLaku

2. Klik Daftar di Aplikasi AkuLaku

Setelah proses yang pertama tadi Anda lewati, maka akan muncul tampilan halaman depan AkuLaku. Di dalam tampilan tersebut ada plihan Login atau Daftar. Anda cukup pilih Daftar.

Cara Daftar AkuLaku Daftar

3. Masukan Nomor HP

Masukan nomer HP Anda yang aktif lalu klik Daftar. Jika nomer Anda memasukkan nomor HP yang tidak aktif maka kode verifikasi tidak akan masuk ke HP Anda.

Masukkan Nomor HP

4. Masukan Kode Verifikasi

Masukan kode verifikasi yang Anda dapatkan melalui SMS. Proses ini terkadang sedikit mengalami gangguan. Seperti misalnya Anda tidak menerima kode dalam waktu cepat.

Verifikasi Nomor HP

5. Buat Password

Jika proses verifikasi kode tadi bisa Anda lalui, maka proses selanjutnya adalah membuat kata sandi atau password. Pastikan kolom kata sandi atau password terisi dengan benar.

6. Daftar AkuLaku Selesai

Semua proses pendaftaran akun AkuLaku sudah Anda lalui. Dari mendownload aplikasi hingga membuat kata sandi atau password. Anda sudah bisa mengajukan kredit sekarang.

Daftar AkuLaku Lewat Website?

Apakah bisa daftar AkuLaku bisa melalui website? Hingga saat ini kami tidak menemukan informasi terkait cara melalkukan pendaftaran AkuLaku melalui website resminya.

Cara Dapat AkuCicil di AkuLaku

Akucicil adalah layanan belanja cicilan yang disediakan oleh Akulaku. Layanan tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Anda bisa dengan mudah berbelanja tanpa kartu kredit.

Meski mudah, ada beberapa syarat yang musti terpenuhi sebelum Anda mengajukan kredit di AkuLaku. Beberapa syarat tersebut adalah sebagai berikut;

  1. Pemohon memiliki e-KTP
  2. Berumur minimal 23 tahun
  3. Tinggal di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, JawaTengah, Jawa Timur dan DIY Yogyakarta
  4. Melaporkan slip gaji 3 bulan terakhir
  5. Khusus untuk pengusaha harus mmelampirkan fotokopi NPWP atau daftar rekening koran.

Jika syarat-syarat tersebut sudah terpenuhi, Anda bisa langsung mengajukan kredit di AkuLaku. Berikut ini langkah-langkah pengajuan kredit di AkuLaku, siapkan e-KTP;

  1. Buka AkuCicil.
  2. Klik Pengajuan Limit Kredit.
  3. Isi semua informasi pribadi.
  4. Isi informasi kontak darurat.
  5. Isi informasi pekerjaan.
  6. Setelah proses tersebut Anda akan mendapatkan limit virtual.
  7. Upload foto KTP dan foto dengan memegang KTP, kemudian masukkan NIK.
  8. Lengkapi foto yang dibutuhkan dan pastikan jelas dan benar.
  9. Selesaikan proses otorisasi akun Facebook atau BPJSTKU.
  10. Kirimkan semua data yang diperlukan dan tunggu hasil verifikasi
  11. Kirimkan semua data yang diperlukan dan tunggu hasil verifikasi lolos.

Di Akulaku, limit kredit biasanya mulai Rp.4 jutan dan bisa mencapai Rp15 juta dengan tenor yang bervariatif. Mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan. Bahkan ada yang sampai 15 bulan.

Penting untuk diketahui bahwa AkuLaku menerapakan sistem bunga harian. Jika Anda telat membayar cicilan, maka Anda harus membayar denda sesuai dengan jumlah keterlambatan.

Sudah Daftar AkuLaku Tapi Gagal Kredit

Tidak semua bisa mendapatkan kredit dari AkuLaku. Ada juga yang gagal saat mencoba mengajukan kredit ke AkuLaku. Berikut ini penyebab yang bisa membuat pengajuan kredit gagal.

1. Foto Tidak Jelas

Foto tidak jelas merupakan penyebab yang sering terjadi. Bukan karena kamera HP atau smartphone yang tidak bagus, melainkan juga karena KTP atau foto itu sendiri yang memang tidak jelas.

2. Info Data Diri Tidak Lengkap

Pastikan saat input info data diri selengkap mungkin dan benar. Jika tidak, itu bisa jadi salah satu penyabab kenapa Anda gagal dapat kredit dari AkuLaku.

3. Belum Cukup Umur 

Batas minimal usia agar bisa mendaftar di Akulaku adalah 23 tahun. Jika Anda belum berumur atau kurang dari 23 tahun, maka Anda tidak bisa melakukan pendaftaran di Akulaku.

4. Nomor HP Tidak Aktif

Nomor HP yang tidak aktif tidak mungkin bisa menerima SMS. Padahal AkuLaku melakukan verifikasi di awal pendapatkan dengan cara mengirimkan kode melalui SMS.

Penyebab kegagalan pengajuan kredit di AkuLaku tidak selalu sama di setiap pengguna. Singkatnya, penyebab pengajuan kredit gagal di AkuLaku adalah sebagai berukut;

  1. Tidak memberikan data diri yang lengkap
  2. Data diri palsu
  3. Mengirimkan foto KTP buram
  4. Masih belum cukup umur
  5. Belum memiliki pekerjaan
  6. Nomor HP

Cara Bayar Tagihan AkuLaku

Anda bisa membayar tagihan AkuLaku melalui ATM BRI, BCA, BNI, Mandiri. Selain itu Anda juga bisa membayar tagihan AkuLaku melalui m-Bangking, Alfamart, Indomart, dan GoPay.

Kelemahan AkuLaku

Dengan segala kemudahannya, ada juga beberapa kelemana AkuLaku. Salah satu kelemahan yang sangat jelas adalah adanya bunga yang tinggi dan sistem denda jika telat membayar cicilan.

FAQ

  • Apakah AkuLaku Aman?

Soal keamanan, Anda tidak perlu khawatir. Otoritas Jasa Keuangan atau OJK sudah mengawasi AkuLaku. AkuLaku bukan semacam atau termasuk pinjol ilegal yang sempat ramai kemarin.

  • Daftar AkuLaku Dapat Limit Kredit Berapa?

Setiap akun akan mendapat limit kredit yang berbeda-beda. Limit kredit biasanya mulai Rp.4.000.000 hingga Rp.15.000.000. Tenor cicilannya sendiri mulai dari 3, 6, 9, sampai 12 bulan.

  • Berapa Bunga Pinjaman di AkuLaku?

Akulaku mematok biaya admin bulanan sebesar 1 persen dari pokok pinjaman atau kredit. Selain itu, ada bunga per bulan sebesar 1,5 persen dari kredit tersebut.

Penutup

Begitu kira-kira step by step atau langkah-langkah cara daftar AkuLaku di HP atau smartphone sampai dapat limit kredit yang lumayan besar. Prosesnya mudah, simpel, dan cepat.

Pada dasarnya ada 4 proses yang harus Anda lalui agar dapat kredit dari AkuLaku. Mulai dari daftar, ajukan, isi data, dan mendapat persetujuan dari pihak AkuLaku.

Harus diingat, bahwa AkuLaku mematok biaya admin bulanan sebesar 1 persen dari pokok pinjaman atau kredit. Ada juga bunga per bulan sebesar 1,5 persen dari kredit.

Akhir kata, semoga tulisan ini bisa sedikit membantu. Jika Anda masih penasaran dengan AkuLaku, Anda dapat menghubungi call center customer services AkuLaku di 1500920.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *