10 Ide Konten Youtube Paling Diminati dan Bermanfaat

Anisa 02 Mar 2023 5 Menit 0

Mau buat channel YouTube tetapi bingung memulainya dari mana? Kamu bisa mencari tahu dulu ide konten YouTube paling diminati sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Setelah itu, baru deh pikirkan ide nama channel YouTube, kemudian belajar teknik pengambilan video, memperdalam internet marketing, dan lain-lain.

Bagi pemula yang baru saja merambah dunia konten video, sebaiknya tidak memikirkan cara dapat adsense YouTubeterlebih dahulu, tetapi fokus pada produksi serta kualitas konten.

Nah, apa saja kira-kira ide konten YouTube yang bermanfaat dan paling diminati masyarakat? Simak penjelasannya berikut!

1. Apa itu Ide Konten YouTube?

Ide konten YouTube adalah jenis dan ciri khas video yang dibuat oleh YouTuber untuk dipertontonkan ke masyarakat agar mampu membentuk dan menaikkan personal branding channel.

Contoh: Diary Mistery Sara, Jurnal Risa, dan RJL 5 fokus pada konten jenis horor. Sedangkan Kimbab Family, Fadil Jaidi, dan lainnya fokus pada konten daily vlog.

Secara tidak langsung ide konten YouTube ini akan mempengaruhi selera dan opini masyarakat terhadap content creator.

Nah, ide konten YouTube ini nantinya akan mempengaruhi proses monetisasi atau gaji YouTuber setiap kali melakukan penarikan AdSense.

2. Tujuan Membuat Ide Konten YouTube

Walaupun banyak kategori atau ide konten yang sama antara satu YouTuber dengan yang lain, tetapi setiap content creator pastinya punya keunikan dan pembawannya masing-masing.

Contoh saja, konten telling story sebuah kasus yang dibawakan oleh Nessie Judge lebih ke serius dan menegangkan. Sementara Hirotada Radifan lebih condong pada pembawaan yang fun, ala-ala gosip, dan punya gaya khas anak tongkrongan.

Dari sini dapat ditarik garis besar bahwa tujuan ide konten YouTube adalah

  • Mendapatkan pasar atau penonton yang cocok dengan konten kreator
  • Mencetak personal branding di masa depan
  • Membuat konten lebih fokus dan terarah sesuai kategori atau flow content
  • Memudahkan proses monetisasi atau daftar Google AdSense YouTube
  • Memperbesar peluang untuk collab dengan konten kreator lain

3. Daftar 10 Ide Konten YouTube yang Bermanfaat dan Paling Diminati

Sebenarnya ada begitu jenis konten YouTube yang jadi favorit masyarakat. Bahkan exposure publiknya cukup besar.

Apa saja ide konten YouTube paling diminati masyarakat Indonesia dan luar negeri?

3.1. Konten Kuliner

Cara mencari ide konten youtube

Credit: nex carlos on youtube

Konten YouTube kategori kuliner punya pasar yang sangat besar di Indonesia. Bahkan tiada matinya.

Menonton tayangan kuliner bagi sebagian besar masyarakat Indonesia dipercaya mampu menaikkan selera makan, mengikuti tren produk yang sedang populer di pasaran, dan mampu melepas stres.

Lewat ide konten kuliner, kamu bisa menjelaskan cita rasa makanan, review secara jelas dan detail, menampilkan proses saat menyantapnya, dan memberi tahu lokasinya.

Banyak bisnis kuliner dan makanan yang mengalami kemajuan setelah didatangi oleh sejumlah YouTuber tanah air.

3.2. Review Produk

Review produk adalah salah satu konten YouTube paling diminati karena memberitahukan spesifikasi sebuah barang secara jelas.

Kamu bisa mengulas produk sebuah barang secara mendetail disertai harga belinya, dengan begitu bisa jadi referensi bagi penonton.

Tak lupa masukkan link Shopeee Affiliates Program di kotak deskripsi bawah konten supaya ada penghasilan yang masuk di akun afiliasi kamu.

3.3. Trip dan Traveling

Ide konten youtube yang menarik

Credit: mikevisuals on youtube

Selain kuliner, konten jalan-jalan atau traveling juga sangat disukai oleh masyarakat Indonesia.

Sebab, lewat rekaman tersebut, penonton akan mendapat pengetahuan tentang tempat-tempat baru yang ditampilkan, dan serasa diajak menjelajahi tempat yang dikunjungi (liburan virtual).

Agar konten trip dan traveling kamu jadi konten YouTube paling diminati oleh penonton, kamu dapat memberitahu spot yang dikunjungi, harga tiket, transportasi yang digunakan, dan makanan khas tempat tersebut.

3.4 Konten Memasak

Jika kamu punya hobi mengolah makanan, ide konten YouTube memasak ini sangat direkomendasikan. Sebab, memasak bisa jadi ide konten YouTube tanpa bicara dengan menambahkan teks serta musik sebagai BGM.

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *