Tiktok for Business sering digunakan oleh sebagian masyarakat di dunia, bahkan di Indonesia untuk menghasilkan cuan.
YA, TikTok Bisnis dinilai sangat cocok untuk para content creator, termasuk bagi pemula yang ingin membangun branding, memasarkan sebuah produk, dan ingin masuk FYP TikTok.
Walaupun demikian, faktanya masih banyak orang yang belum mampu membedakan akun pribadi (creator account) dengan Business for Tiktok.
Padahal jika kamu tahu jenis akun ini, banyak sekali lho fitur dan keunggulannya yang bisa dimanfaatkan.
Nah, apa itu TikTok Bisnis, manfaaf, kelebihan, dan kekurangannya? Cari tahu lebih detail di artikel ini yuk!
1. Apa itu TikTok for Business?
TikTok for Business (Akun Bisnis TikTok) adalah sebuah akun publik atau akun profesional TikTok yang menyediakan beragam fitur pemasaran digital lewat aplikasi. Akun ini sangat cocok untuk membangun personal branding, citra merk, dan menciptakan strategi bisnis yang masif.
Nah, di dalam akun Bisnis Tiktok, banyak fitur canggih yang dapat digunakan oleh pengguna untuk menjangkau penonton lebih luas. Sebut saja:
- Fitur analisis untuk mengetahui jumlah tayangan video, tampilan profil, dan engagement dari hari ke hari, serta menemukan video inspirasi untuk membuat konten.
- Memilih kategori profil akun sesuai dengan niche atau minat content creator
- Pusat Kreatif yang berisi rekomendasi serta contoh konten yang inspiratif dan bisa dipelajari
- Fitur Dapatkan Prospek untuk mengumpulkan informasi dari pelanggan, terhubung lebih dekat dengan pelanggan, serta mengelola informasi pelanggan
- Alat Promosi yang lengkap sebagai pengganti aplikasi penambah followers TikTok, sehingga pengguna bisa mengumpulkan pengikut lebih banyak
- Fitur QnA untuk menjaga interaksi antara content creator dengan para followers di TikTok
Dengan akun Bisnis ini, para pengguna bisa memperoleh penayangan lebih banyak dan cepat ketimbang pakai akun pribadi.
So, kalau kamu mau tahu rahasia cara jadi artis TikTok yang viral dan populer, beralihlah ke Akun Bisnis TikTok!
2. Manfaat TikTok for Business
Ada banyak manfaat TikTok for Business bagi pengguna yang ingin brand-nya dikenal masyarakat secara luas.
Inilah beberapa manfaat TikTok untuk bisnis online di era digital!
ADVERTISEMENTS
2.1. Membangun Brand
Brand bisa diartikan sebagai jati diri, citra, dan ciri khas dari produk, jasa, atau content creator itu sendiri.
Misalnya branding yang dibangun oleh merek Scarlett Whitening menggambarkan produk yang lekat dengan gaya feminin serta mampu mencerahkan kulit.
Merk tersebut selalu menampilkan background produk yang lebih didominasi warna pastel seperti baby pink, ungu, peach, dan lain-lain.
Makanya sangat mudah diingat oleh pelanggan dan konsumennya.
Nah, dalam bidang marketing, branding akan meninggalkan kesan bagi pengguna atau penonton sehingga mudah mengingat produk serta ciri khas kamu sebagai content creator.
Makin kuat branding yang kamu bangun, makin cepat kamu bisa dapat uang dari TikTok.
ADVERTISEMENTS
2.2. Dapat Inspirasi Konten
Salah satu manfaat adanya TikTok for Business adalah pengguna bisa mendapatkan inspirasi video berdasarkan kategori konten yang diunggah setiap hari.
Contoh: kamu suka mengunggah konten tutorial memasak dan wisata kuliner.
Nah, TikTok akan memberikan inspirasi tren video tentang kuliner dan tata cara memasak makanan yang bisa dicontoh agar konten milikmu lebih baik di masa depan.
Trik ini juga bisa kamu terapkan jika mau dapat uang di TikTok Live.
ADVERTISEMENTS
2.3. Menganalisis Tayangan Video
Manfaat yang paling terasa saat menggunakan Akun Bisnis TikTok yaitu pengguna bisa menganalisis dan mengelola tampilan video.
Mulai dari menganalisa ketertarikan penonton terhadap konten yang kamu buat hingga waktu paling banyak video tersebut dilihat.
Misalnya saja, dari 20 konten DIY yang kamu unggah, ternyata penonton lebih suka 15 konten yang berkaitan dengan daur ulang plastik.
Nah, dari sanalah kamu bisa menaikkan followers dengan mengunggah konten yang serupa.
ADVERTISEMENTS
2.4. Mempromosikan Konten
Setelah mendaftar akun ke TikTok for Business, pengguna dapat mempromosikan konten dan profil TikTok pakai fitur TikTok Ads.
Fitur ini sangat berguna bagi pengguna baru atau pemula yang baru saja merintis bisnis online di TikTok.
Baca Juga
Tarifnya pun cukup terjangkau, yakni per harinya pengguna hanya perlu membayar Rp30-60 ribu rupiah.
Lewat promosi konten, video yang kamu unggah akan mendapatkan jumlah penayangan sebanyak 100 ribu hingga jutaan views.
3. Perbedaan Akun TikTok for Business dan Creator
Tahukah kamu ada beberapa perbedaan akun Creator dan Bisnis? Inilah beberapa hal yang membedakan keduanya!
Pertama, Tiktok for Business dilengkapi oleh fitur analitik untuk memonitor tayangan video dan menganalisa pengikut setiap bulannya.
Berbeda dengan akun Creator yang tidak dibekali oleh fitur analitik, sehingga content creator tidak dapat menganalisa follower dan minat penonton.
Kedua, referensi audio, sound, dan musik yang disuguhkan oleh TikTok for Business sangatlah terbatas.
Berbeda dengan akun TikTok for Creator (pribadi) yang berisi lagu-lagu viral, sound unik, dan referensi musiknya jauh lebih beragam.
Ketiga, dengan beralih ke akun TikTok for Business, pengguna bisa daftar TikTok Shop dan menyoriti (highlight) produk secara langsung di aplikasi, sehingga pembeli bisa checkout secara langsung.
Sedangkan TikTok akun pribadi tidak menyediakan olah fitur sejenis itu (sifatnya terbatas).
Kelima, kamu bisa menghubungkan akun Bisnis TikTok dengan Sprout Social agar mudah melakukan penjadwalan konten, memantau kalender, dan mengawasi performa media sosial kamu.
Perbedaan yang kelima ini merupakan kelebihan akun Bisnis TikTok yang tidak ada pada akun pribadi (creator).
4. Cara Membuat Akun TikTok for Business
Sekarang ketahui dulu yuk cara membuat akun TikTok for Business bagi pemula!
- Buat akun TikTok personal (pribadi) atau login TikTok
- Kalau sudah jadi, silakan klik menu Profil di pojok kanan bawah
- Lalu klik ikon garis tiga di pojok kanan atas
- Klik Pengaturan dan Privasi
- Pilih menu Akun
- Klik Alihkan ke Akun Bisnis
- Selanjutnya klik Berikutnya sampai habis
- Pilih kategori konten. Contoh: Blog Pribadi
- Klik Berikutnya dan masukkan alamat email (opsional) atau bisa Lewati
- Kemudian klik Buat Sekarang
- Akun bisnis pun sudah jadi, yeay!
Setelah akun dibuat, kamu bisa manfaatkan TikTok for Business untuk memasarkan konten, produk, dan tentunya berjualan.
5. Tips Tiktok for Business Untuk Mendapatkan Cuan
Bagi kamu yang mau pakai TikTok for Business untuk mencari cuan, usaha sampingan, dan sebagainya, sebaiknya ikuti tips berikut.
- Bikin video secara konsisten (minimal 3 kali dalam satu minggu) agar jumlah views makin naik
- Pastikan setiap video yang dipublikasikan, ada pesan yang mau kamu sampaikan ke penonton
- Tambahkan audio serta teks untuk memperjelas isi konten yang diunggah
- Daftar TikTok Ads untuk mempromosikan video yang kamu buat supaya jangkauannya lebih besar dan cepat
- Gunakan musik yang disarankan atau direkomendasikan oleh TikTok agar konten bisa masuk FYP
- Apabila tersedia template, kamu bisa coba pakai fitur tersebut agar konten lebih menarik
- Gunakan aplikasi edit video seperti CapCut yang terhubung langsung dengan TiKtok
- Daftar TikTok Affiliate untuk menghasilkan sumber pemasukan yang stabil
- Manfaatkan akun Bisnis TikTok untuk menjual produk atau jasa kamu sembari mencantumkan keranjang kuning TikTok Shopagar audiens bisa membeli produk tersebut secara langsung
- Untuk mengatasi beberapa kendala, kamu bisa langsung mengadukannya pada TikTok Business Center dan Manager.
Perlu diingat ya bahwa tidak ada hasil yang instan selama kamu memulainya dari awal.
Jadi harus terus belajar membuat konten dan konsisten untuk satu hingga tiga niche video saja.
FAQ
TikTok for Business untuk apa?
Akun Bisnis Tiktok atau TikTok for Business merupakan platform yang disediakan oleh TikTok agar dapat digunakan oleh pengguna untuk memasarkan produk, membangun brand, dan menyusun strategi promosi secara komprehensif.
Apakah TikTik for business gratis?
Hingga 2023 saat ini, penggunaan TikTok for Business gratis (free). Berbeda kondisi jika pengguna mendaftar promosi, maka harus bayar biaya iklan dari Rp30-60 ribu rupiah per hari seusai kebutuhan brand.
Akhir Kata
Pada dasarnya akun TikTok for Business bisa digunakan secara gratis oleh setiap pengguna.
Walaupun beberapa referensi musiknya terbatas, tetapi selama konten yang kamu unggah dibuat secara original maka audiens akan terus menantikannya.
Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar peluang bisnis dan media sosial dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.
Sumber:
- TikTok for Business – https://www.tiktok.com/business/id
- Pusat Bisnis TikTok – https://business.tiktok.com/id
- Pengalamn tulisan di atas merupakan hasil pengamatan dan riset penulis selama menggunakan aplikasi TikTok agar menghasilkan artikel yang insightful bagi pembaca.
Sangat baik
waww.. ini Melody Jeketi kah?