Terbukti, Inilah 5 Alasan Kaum Wanita Lebih Gemar Belanja Online Daripada Pria!

Anisa Juniardi 09 Jan 2023 3 Menit 0

Tren belanja online masih menjadi salah satu aktivitas yang paling digemari masyarakat Indonesia bahkan pasca pandemi Covid-19.

Hal tersebut dibuktikan oleh kegiatan belanja online yang mengalami peningkatan pesat dari tahun ke tahun. Seperti lato-lato yang menjadi produk terlaris di Tokopedia memasuki 2023.

Lebih daripada itu, di balik maraknya pemilihan belanja di marketplace ternyata terdapat fakta menarik bahwa wanita dinilai lebih tertarik dan suka belanja online dibandingkan kaum pria.

Kaum hawa bahkan disebut-sebut rajin melakukan checkout produk di e-commerce lebih dari 20 kali dalam setahun ketimbang pria yang hanya membeli barang kurang dari 15 kali dalam 12 bulan menurut data yang dirilis

Alasan kaum wanita lebih gemar belanja online

Source: gettyimages. Com/andreypopov

Menurut President of TrenSight Group, Marti Barletta mengungkapkan jika laki-laki lebih menyukai belanja produk sesegera mungkin. Sementara para wanita lebih memilih untuk melakukan seleksi atau pilah-pilih ketika belanja barang yang mereka inginkan guna mendapatkan yang paling sempurna.

Asumsi tersebut diukur dari cara kerja otak yang berbeda pada wanita dan pria.

Pria sangat mengandalkan kemampuan otak kirinya, sehingga membuat mereka lebih berorientasi pada proses pengerjaan.

Berbeda dengan wanita yang cenderung memanfaatkan korteks serebral (bagian otaknya) untuk mengerjakan tugas (lebih baik dalam mengenali dan mengendalikan emosi) mereka.

Tak heran jika kaum hawa memang menghabiskan waktu lebih banyak untuk scrollinge-commerce,online shop, dan marketplace daripada pria. Preferensi itulah yang membentuk beberapa latar belakang di bawah ini! wanita jauh lebih sering membeli produk via online dibandingkan pria.

1. Mudah Teralihkan oleh Produk Lain

Karena kebiasaan wanita yang gemar membandingkan harga produk dari e-commerce satu dengan yang lain, pikiran pun menjadi mudah teralihkan.

Dari semula ingin membeli produk A, akhirnya checkout produk lain juga yang bahkan tidak begitu dibutuhkannya.

Apalagi jika dari segi harga yang diincar lebih rendah dari perkiraannya.

2. Gampang Tergiru Promo dan Diskon

Produk dalam kategori promo atau diskon juga sangat menarik perhatian kaum wanita.

Alasannya cukup simple! Membeli produk dengan potongan harga tertentu akan memberikan nilai kepuasan dan rasa senang tersendiri.

Wanita akan menganggap mereka telah berhasil memboyong sejumlah produk di bawah harga perkiraan.

Entah produk tersebut diperlukan atau tidak.

3. Wanita Lebih Setia pada Pelayanan

Walaupun wanita sangat obsesif terhadap sebuah brand, terutama brand besar akan tetapi tidak dipungkiri jika mereka lebih condong pada pelayanan yang diberikan.

Berbeda dengan kalangan pria yang tidak terlalu memusingkan layanan dari sebuah brand, selama barang tersebut mampu menjawab kebutuhan dan ekspektasi mereka, maka akan tetap dibelinya.

4. Wanita Pro pada Produk Fesyen

Industri fast fashion didominasi oleh kalangan perempuan. Dari remaja hingga dewasa.

Tak ayal mereka dilabeli sebagai kelompok yang gemar mengakses aplikasi belanja online. Hanya saja jika diukur dalam tingkat tahunan, nominal belanja perempuan lebih rendah ketimbang para pria.

Sebab, para pria diketahui lebih sering belanja produk teknologi dengan intensitas yang rendah dengan harga beli yang tinggi.

Perempuan untuk mendukung gaya dan keperluan, laki-laki condong untuk memenuhi hobinya.

5. Terpengaruh Influencer dan Selebgram

Para influencer sekaligus selebgram di Indonesia memang diketahui memegang peranan penting untuk membesarkan sebuah brand.

Apa yang mereka makan, pakai, dan gunakan sehari-hari dapat mempengaruhi keinginan dan minat pengguna media sosial.

Terutama bagi kalangan wanita yang dinilai mudah terpengaruh oleh visualisasi yang ditampilkan oleh layar.

Ditambah lagi iming-iming lain seperti eksklusifitas dan harga beli produk tersebut.

Selain lima di atas, para wanita juga menganggap kalau belanja online merupakan satu dari sekian cara untuk healing dan mengobati rasa jenuh.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber:

  • How Men And Women Are Different When It Comes To Online Shopping – https://debutify.com/blog/how-men-and-women-are-different-when-it-comes-to-online-shopping/
  • Men vs Women Shopping Statistics, Behaviors & Other Trends – https://www.junglescout.com/blog/men-vs-women-shopping/
  • Men vs. Women. Who Runs the Online Shopping World? – https://belvg.com/blog/men-vs-women-who-runs-the-online-shopping-world.html
Bagikan ke:
Anisa Juniardi
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

I love being I am. Menulis dan membaca pada ruang yang telah disediakan oleh Tuhan. Iya. Saya seorang content writer SEO dan yeaah.. here we go

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.