Jadi Produk Terlaris di Tokopedia dan Shopee, Penjualan Lato-lato Tembus 57x Lipat

Anisa Juniardi 05 Jan 2023 2 Menit 0

Dari akhir Desember 2022 hingga memasuki awal Januari 2023, permainan lato-lato masih menjadi produk terlaris di Tokopedia dan Shopee usai viral di kalangan masyarakat, terutama anak-anak dan dewasa.

Kepopuleran mainan tersebut bahkan makin tak terbendung usai Gubernur Jawa Barat dan Presiden Republik Indonesia, Ridwan Kamil & Joko Widodo turut memainkannya ketika sedang berada di Subang dalam rangka peresmian bendungan Sadawarna.

Walhasil permintaan akan lato-lato di pasaran ikut mengalami peningkatan drastis. Terutama di marketplace seperti Tokopedia dan Shopee.

Penjualan lato-lato di Tokopedia untuk satu online shop bahkan mampu mencapai angka 2 ribu hingga 10 ribu.

Begitu pula dengan sejumlah toko online di Shopee yang mampu menjual mainan dengan nama lain nok-nok ini lebih dari 30 ribu pcs.

Melihat fenomena tersebut tentunya dapat diindikasikan bahwa peningkatan tren lato-lato sangat mempengaruhi konversi penjualan para seller berbagai e-commerce.

Penjualan Lato-lato di Tokopedia & Shopee Naik 57x Lipat

Ekhel Chandra Wijaya selaku Head of External Communications Tokopedia menyampaikan jika ada penemuan yang cukup menarik tentang tren belanja online masyarakat memasuki tahun 2023.

Salah satu yang paling mengejutkan adalah penjualan lato-lato meningkat, bahkan tembus 57 kali lipat.

“Di Tokopedia, penjualan lato-lato melonjak hampir 57 kali lipat saat momen pergantian tahun 2022 ke 2023,” ungkap Ekhel pada Rabu (4/1/2023).

Selain lato, Ekhel juga mengungkapkan jika banyak subkategori produk lain yang diburu masyarakat saat libur Nataru, terutama menjelang 2023.

“Perlengkapan Kebersihan, Minuman, Makanan Jadi (makanan siap saji), Perawatan Tubuh dan Kecantikan hingga Daging dan Seafood menjadi beberapa subkategori dengan kenaikan transaksi paling tinggi di periode tersebut,” jelas Ekhel yang juga diterbitkan melalui kanal Siaran Pers halaman blog Tokopedia.

Melalui pernyataan Ekhel, dirinya mengelompokkan 5 kategori yang paling laris beberapa hari menjelang 2023.

1. Makanan paling laris di Tokopedia NOW!

Sejumlah makanan seperti bumbu masak, beras putih, daun bawang, sosis, dan makanan cepat saji menjadi produk yang paling banyak di-checkout oleh konsumen.

2. Jas Hujan

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Indonesia selalu diguyur hujan memasuki kuartal ke-III tahun 2022. Permintaan masyarakat terhadap jas hujan mengalami pertumbuhan sebanyak 1,5 kali lipat.

3. Mainan Lato-lato

Lato-lato atau tok-tok disebut menjadi primadonanya Tokopedia saat ini karena keviralannya mampu mendorong permintaan pasar hingga mencapai 57 kali lipat. Jumlah tersebut dinilai sangat tinggi apabila dibandingkan tahun sebelumnya.

4. Perlengkapan Pesta dan Kerajinan Tangan

Produk seperti perlengkapan pesta dan craft (kerajinan tangan) juga turut meroket mengingat budaya perayaan tahun baru tidak dapat dilepaskan oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Ditambah lagi saat natal biasanya masyarakat cenderung untuk mengirimkan hampers ke teman dan kolega mereka.

Produk paling ramai dan dicari adalah konfeti, goodie bag, hampers, perlengkapan jahit, dan gantungan kunci.

5. Barang Berdasarkan Jarak Pengiriman

Produk kesekian yang juga paling banyak diborong oleh pengguna Tokopedia yakni snack atau cemilan ringan samosa isi daging pada 31 Desember 2022.

Sementara produk bahan masakan yang dibeli pertama kali pada 1 Januari 2023 adalah daging iris siap pakai.

Pengiriman terjauh pada 31 Desember 2022 berasal dari Medan, Sumatera Utara ke Jayapura, Papua dan pengiriman terjauh pada 1 Januari 2023 berasal dari Binjai, Sumatera Utara ke daerah Mimika di Papua.

Sebagai penutup, Ekhel pun mengungkapkan, jika Tokopedia akan selalu berusaha membantu masyarakat dalam menemukan berbagai produk yang dibutuhkan lewat terobosan yang dilakukan oleh marketplace.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber:

  • Tren Belanja Nataru: Transaksi Hampers di Tokopedia Melonjak Lebih dari 14 Kali Lipat – https://www.tokopedia.com/blog/tren-belanja-nataru-transaksi-hampers-di-tokopedia-melonjak-lebih-dari-14-kali-lipat-rls/
  • Lagi Viral, Penjualan Mainan Lato-Lato Naik 57 Kali Lipat di Platfom Belanja Online – https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5171925/lagi-viral-penjualan-mainan-lato-lato-naik-57-kali-lipat-di-platfom-belanja-online
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa Juniardi
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

I love being I am. Menulis dan membaca pada ruang yang telah disediakan oleh Tuhan. Iya. Saya seorang content writer SEO dan yeaah.. here we go

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.