Point of Sale Adalah? Ketahui Pengertian dan Tips untuk Mengoptimalkannya

Mufid Hanif 06 Jan 2023 4 Menit 0

Ketika membuka toko atau cafe, salah satu yang menjadi perhatian adalah point of sale. Apa sih sebenarnya point of sale?

Mungkin bagi yang mengerti bahasa Inggris sudah bisa menebak artinya, ya. Point, artinya titik atau tempat, sementara sales artinya penjualan.

Ya, secara harfiah, point of sales artinya titik tempat penjualan berlangsung, atau gampangnya ya kasir tempat konsumen bayar dalam bentuk aplikasi POS yang sebelumnya sudah pernah kami bahas. Tapi sebenarnya point of sales lebih dari itu, loh.

Apa yang dimaksud dengan point of sale? Bagaimana cara kerja nya?

simak terus artikel ini hingga selesai. 🙂

Apa itu Point of Sale?

Point of sale (POS) adalah sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan transaksi penjualan di sebuah toko atau bisnis. Sistem ini biasanya terdiri dari komputer, printer, mesin kasir, dan kartu kredit/debit reader.

Penggunaan POS memungkinkan pelanggan untuk membayar dengan menggunakan kartu kredit atau debit, serta memudahkan pelacakan penjualan, pembelian, dan keuangan bisnis secara keseluruhan.

POS juga biasanya dilengkapi dengan fitur untuk mengelola stok barang dan mencetak nota atau struk pembayaran untuk pelanggan.

Point of sale adalah ketahui pengertian dan tips untuk mengoptimalkannya (2)

Fungsi Point of Sale

Fungsi utama dari sistem POS adalah untuk mempermudah dan mengoptimalkan proses transaksi penjualan di sebuah bisnis. Dengan menggunakan POS, bisnis dapat dengan mudah menerima pembayaran dari pelanggan dengan menggunakan kartu kredit atau debit, serta mencatat setiap transaksi penjualan secara terperinci.

Selain itu, sistem POS juga membantu dalam pengelolaan stok barang, karena bisnis dapat dengan mudah melihat jumlah stok barang yang tersedia, serta menambah atau mengurangi stok barang sesuai dengan permintaan pelanggan.

POS juga memudahkan bisnis dalam mengelola keuangan secara keseluruhan, karena sistem ini dapat menghitung pajak yang harus dibayarkan, serta menghasilkan laporan penjualan harian, mingguan, bulanan, atau tahunan yang dapat membantu dalam perencanaan bisnis.

Dengan demikian, sistem POS membantu bisnis untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam melakukan transaksi penjualan, serta memudahkan dalam mengelola keuangan dan stok barang.

Fitur yang biasanya ada pada sistem POS atau aplikasi kasir antara lain:

  1. Pembayaran dengan kartu kredit atau debit
  2. Pencatatan penjualan dan pembelian
  3. Pengelolaan stok barang
  4. Pencetakan nota atau struk pembayaran
  5. Pencatatan pajak
  6. Laporan penjualan harian, mingguan, bulanan, atau tahunan
  7. Integrasi dengan sistem pembelian dan persediaan
  8. Integrasi dengan sistem loyalty atau program keanggotaan
  9. Fitur untuk mengelola meja dan pesanan untuk restoran atau bar
  10. Fitur untuk mengelola booking atau reservasi untuk hotel atau kamar penginapan.
  11. Namun demikian, fitur yang disediakan oleh setiap sistem POS bisa berbeda-beda tergantung pada
  12. kebutuhan bisnis yang ingin dilayani.

Namun demikian, fitur yang disediakan oleh setiap sistem POS bisa berbeda-beda tergantung pada kebutuhan bisnis yang ingin dilayani.

Model bisnis yang berbeda membutuhkan fitur yang berbeda. Misalnya, POS di cafe mungkin membutuhkan fitur tambah pesanan, reservasi, dan split bill.

Tetapi untuk toko bangunan, fitur yang lebih dibutuhkan adalah pembayaran cicilan dan inventarisasi.

Nah, ekosistem pos ini umum ditemui sebagai bagian dari aplikasi bisnis.

Tips Menggunakan Aplikasi POS Secara Optimal

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan penggunaan sistem POS di usaha Anda:

Pastikan sistem POS yang Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Pilih sistem yang memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, seperti integrasi dengan sistem pembelian, laporan penjualan, atau integrasi dengan program keanggotaan.

  1. Pelajari cara menggunakan sistem POS dengan baik. Pastikan semua staf Anda memahami cara menggunakan sistem POS dengan benar, agar proses transaksi penjualan dapat berjalan lancar.
  2. Pastikan koneksi internet yang stabil. Koneksi internet yang stabil sangat penting untuk menjamin kelancaran proses transaksi yang menggunakan sistem POS.
  3. Selalu perbarui software sistem POS. Pastikan sistem POS yang Anda gunakan selalu diperbarui dengan versi terbaru, agar sistem dapat bekerja dengan optimal dan tidak terjadi masalah.
  4. Gunakan sistem POS yang dilengkapi dengan fitur keamanan yang baik. Pastikan sistem POS yang Anda gunakan dilengkapi dengan fitur keamanan yang baik untuk melindungi data bisnis dan pelanggan Anda.
  5. Latih staf Anda untuk menangani masalah yang mungkin terjadi dengan sistem POS. Pastikan staf Anda memahami cara mengatasi masalah yang mungkin terjadi dengan sistem POS, seperti masalah koneksi internet atau masalah lainnya, agar proses transaksi tidak terganggu.

Sering Ditanyakan Terkait Point of Sale [FAQ]

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Point of Sale?

Point of Sale (POS) adalah sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan transaksi penjualan di sebuah toko atau bisnis. Sistem ini biasanya terdiri dari komputer, printer, mesin kasir, dan kartu kredit/debit reader.

Bagaimana cara kerja Point of Sale?

  1. Pembeli datang ke kasir
  2. Kasir memasukkan data barang yang dibeli ke input POS
  3. POS akan menghitung total pembayaran
  4. Kasir memberitahu total harga dan menanyakan metode pembayaran
  5. Pembeli membayarkan kepada kasir
  6. Kasir memvalidasi ke sistem POS hingga struk dicetak
  7. Barang dan struk pembelian diserahkan kepada pembeli

Apa itu aplikasi POS dan fungsinya?

Aplikasi POS adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola transaksi penjualan di sebuah toko atau bisnis. Aplikasi POS adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola transaksi penjualan di sebuah toko atau bisnis.

Akhir Kata

Begitulah maksud dari point of sales hingga tips menggunakannya. Sekarang sudah tahu kan point of sale adalah tempat di mana konsumen membayarkan produk.

Penggunaan sistem POS dapat membantu usaha Anda untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam melakukan transaksi penjualan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan sistem POS di usaha Anda, sehingga proses transaksi dapat berjalan dengan lancar dan bisnis Anda dapat berkembang dengan baik.

Pastikan untuk selalu memperbarui dan memperhatikan keamanan sistem POS yang Anda gunakan, agar bisnis Anda tetap aman dan terlindungi.


Anda bisa meninggalkan komentar dan memberikan masukan melalui media sosial @pintarjualan.id di Instagram dan Tips Pintar Jualan di Facebook. Yuk, baca artikel menarik lainnya di pintarjuaan.id seputar Keuangan atau artikel lainnya dari Hanif Mufid. Untuk informasi lebih lanjut atau ada keperluan sesuatu silakan hubungi kami via admin@pintarjualan.id


sumber:

  • Jubelio
Bagikan ke:
Mufid Hanif
Ditulis oleh

Mufid Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.