PPOB Adalah? Ketahui Arti, Contoh Aplikasi, & Fiturnya

Mufid Hanif 10 Jan 2023 3 Menit 0

Mungkin banyak yang belum tahu PPOB adalah apa? Sekarang, semakin banyak kebutuhan tagihan dan pembayaran yang bisa dilakukan secara online. Salah satu cara membayar tagihan pembayaran dengan mudah yaitu dengan PPOB.

PPOB (Payment Point Online Bank) adalah sistem pembayaran online yang memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara online.

Mirip dengan aplikasi omnichannel e-commerce yang menjembatani banyak platform marketplace, PPOB menyatukan banyak channel pembayaran dari berbagai instansi untuk memudahkan pembayaran tagihan.

Tentunya ini cara yang lebih praktis daripada datang ke kantor PLN, kantor PDAM, atau ke kantor Telkom untuk melakukan pembayaran.

Apa arti, fitur dan contoh aplikasi PPOB? Simak artikel in hingga selesai ya. 🙂

Arti PPOB

Seperti yang sudah sempat dibahas sebelumnya, PPOB adalah singkatan dari Payment Point Online Bank. Singkatnya, PPOB merupakan sistem atau point di mana kamu bisa melakukan berbagai pembayaran, seperti membayar tagihan, mengisi ulang pulsa, token, voucher, dan lainnya.

Berbagai fitur pembayaran yang biasanya dilayani oleh PPOB antara lain:

  • Membayar tagihan listrik (PLN), air (PDAM), telepon, dan internet.
  • Mengisi ulang pulsa telepon seluler dan paket data
  • Membeli voucher game online
  • Transfer Semua Bank
  • Membayar uang sekolah atau uang kuliah.
  • Membayar biaya keanggotaan atau iuran.
  • Bayar Tiket
  • Asuransi

Dengan hadirnya PPOB, jadi tidak perlu pergi ke bank ataupun kantor instansi yang bersangkutan. Cukup gunakan aplikasinya, atau gunakan warung/gerai yang menawarkan jasa PPOB untuk melakukan pembayaran atau pembelian dari aplikasinya.

Ini juga bisa jadi peluang bisnis bagi kamu untuk mengistal aplikasi PPOB dan menawarkan jasa bayar token.

Contoh Aplikasi PPOB

Jika kalian menggunakan aplikasi E-Wallet dan platform e-Commerce sebenarnya tidak sedikit yang memiliki fitur PPOB. Misalnya ShopeePay, Tokopedia, BukaLapak, Dana, dan masih banyak lagi.

Selain itu, mobile banking juga mendukung pembayaran untuk PPOB, misalnya untuk membayar IndiHome.

Namun, bisa juga menggunakan aplikasi lain yang memang didesain untuk digunakan sebagai agen penjual PPOB.

Apa saja aplikasi yang bisa membantumu untuk melakukan pembayaran online hingga menjadi agen PPOB?

1. BukuWarung
Aplikasi ppob - bukuwarung

Buku warung adalah platform untuk UMKM yang menyediakan pencatatan pembayaran serta memfasilitasi pembayaran, tagihan, dan pembelian.

Sebagai aplikasi keuangan untuk perkembangan bisnis, pencatatan keuangan, dan pembayaran digital, BukuWarung cocok digunakan untuk agen pembayaran token, pulsa, dan PPOB.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk Top-Up w-Wallet, paket internet, dan tagihan bulanan.

Yang spesial dari aplikasi ini, pencatan keuangan dan pengelolaan stok barang bisa dilakukan cukup dari aplikasi.

Jadi, stok barang di warung bisa dikelola dengan mudah. Kerennya lagi, laporan keuangan bisa diekspor ke dalam bentuk PDF.

2. Kioser
Aplikasi ppob - kioser

Bagi yang sudah mengikuti Pintarjualan sejak lama, pasti tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Ya, aplikasi ini bisa digunakan untuk kirim dari e-Wallet tanpa perlu upgrade ke GoPay Plus, OVO Premier, atau DANA Premium.

Seperti namanya, aplikasi ini cocok digunakan bagi penjaga kios. Termasuk juga bagi pemilik warung dan toko kelontong, bisa juga mengembangkan warungnya untuk berjualan pulsa, voucher, token listrik, dan voucher game online.

Dengan cara pendaftaran yang mudah, aplikasi ini bisa digunakan seketika. Jadi, bagi kamu yang ingin berjualan pulsa, paket data, maupun kebutuhan lainnya, kamu bisa menggunakan aplikasi ini.

fitur pembayaran melalui QRIS yang ada di apliaksi ini tentunya akan memudahkanmu ketika menerima pembayaran dari dompet digital.

3. Paytren
Aplikasi ppob - paytren

Bagi yang sering mengikuti kajian Ustad Yusuf Mansur, pasti sudah familiar dengan aplikasi ini, kan? jangan khawatir, aplikasi Paytren kini tidak terkait dengan MLM, kok.

Paytren adalah aplikasi pembayaran online yang dikembangkan oleh PT Veritra Sentosa Internasional. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara online, seperti membayar tagihan, mengisi ulang pulsa, dan lainnya.

Paytren juga menyediakan fitur tambahan seperti bertransaksi dengan menggunakan QR code, mengelola keuangan pribadi, dan lainnya.

Sering ditanyakan terkait PPOB [FAQ]

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering dilayangkan terkait PPOB. Mungkin kamu memiliki pertanyaan yang sama?

Bisnis PPOB itu apa?

Bisnis PPOB (Payment Point Online Banking) adalah berjualan produk digital, seperti pulsa, paket data, voucher game, token listrik, pembayaran telkom, dan masih banyak lagi

Apakah bisnis PPOB menguntungkan?

Bisnis PPOB relatif menguntungkan, karena modal yang diperlukan tidak banyak. Terutama pada lokasi strategis di mana banyak rumah tangga yang perlu membayar token listrik, tagihan internet, pulsa, paket data, maupun kebutuhan lainnya.

Apa itu produk digital PPOB

Produk digital yang bisa dibayarkan melalui PPOB adalah tagihan langganan internet, voucher game, paket data, dan masih banyak lagi.

Akhir Kata

Begitulah penjelasan pengertian PPOB hingga contoh aplikasi PPOB. Sekarang sudah mengertikan PPOB adalah apa?

Dengan demikian, PPOB merupakan solusi yang praktis dan aman bagi kamu yang ingin melakukan transaksi keuangan secara online.

Berbagai transaksi keuangan kapan saja dan di mana saja jadi bisa dilakukan asalkan kamu terhubung dengan internet. Selain itu, sistem pembayaran online ini juga memiliki keamanan yang tinggi untuk melindungi data dan transaksi.

Makanya, kalau kamu ingin lebih mudah dan nyaman dalam melakukan transaksi keuangan, kamu bisa menggunakan aplikasi PPOB yang tersedia di pasaran. Bahkan, kamu juga bisa membuka usaha jual pulsa, voucher, dan paket data dengan aplikasi tersebut.

Semoga artikel ini membantu dan sampai bertemu di artikel Pintarjualan berikutnya.


Anda bisa meninggalkan komentar dan memberikan masukan melalui media sosial @pintarjualan.id di Instagram dan Tips Pintar Jualan di Facebook. Yuk, baca artikel menarik lainnya di pintarjuaan.id seputar Bisnis, Keuangan, atau artikel lainnya dari Hanif Mufid. Untuk informasi lebih lanjut atau ada keperluan sesuatu silakan hubungi kami via admin@pintarjualan.id


sumber:

  • Jurnal Enterpreneur
  • Google Play
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Mufid Hanif
Ditulis oleh

Mufid Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.